30 Desember 2010

Resep Manisan Jeruk Kumquat


Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT

Saya masih ingat ketika masa kecil dulu di Tanjung Pinang, jika datang ke kerabat yang merayakan Imlek, maka aneka manisan dan coklat berjajar menggiurkan di atas meja. Salah satunya adalah manisan kumquat. Manisan dari jeruk kumquat ini memiliki penampilan yang sangat menarik, berbentuk oval dengan warna orange yang menyala terang. Kumquat yang disajikan saat Imlek diolah menjadi manisan dengan penambahan gula dalam pembuatannya. Seluruh buah, kulit dan biji terpakai dan menghasilkan manisan kumquat yang rasanya manis dengan wangi jeruk. So yummy!

Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT
Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT

Kumquat atau kingkit merupakan keluarga jeruk-jerukan (Rutaceae). Buahnya hampir mirip dengan jeruk keprok atau orange hanya saja ukurannya lebih kecil dan berbentuk oval. Ketika matang sempurna maka kulitnya yang berwarna hijau berubah menjadi kuning cerah. Saya sempat menanamnya satu pohon di dalam pot di pekarangan, selama dua tahun ini baru satu kali berbuah. Tampaknya jeruk bukan tanaman yang berjodoh dengan tangan saya. ^_^

Ketika minggu lalu saya ke toko buah di dekat rumah, saya menemukan kumquat yang dijual dalam kantung-kantung jala. Nah, berhubung manisan kumquat agak susah di temukan saya pun mencoba membuatnya sendiri. Tidak sulit ternyata dan hasilnya mantap. Walaupun jeruk kumquat ini ketika belum diolah masih berwarna kuning kehijauan setelah menjadi manisan berubah menjadi kuning cerah menggiurkan.

Berikut resepnya ya.

Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT

Manisan Jeruk Kumquat
Resep diadaptasikan dari Real Baking With Rose, Candied Kumquat

Bahan:
500 gram jeruk kumquat
400 gram gula pasir
400 ml air
1 sendok makan garam

Cara membuat:
Cuci bersih kumquat, buang bagian pangkal tempat tangkai buahnya, potong menyilang kumquat pada bagian ujungnya. Keluarkan bijinya dengan menggunakan tusuk gigi atau ujung pisau. Sebenarnya biji kumquat bisa dimakan dan rasanya tidak pahit, jadi tidak ada masalah jika anda bermaksud untuk menyertakan bijinya. Biarkan utuh untuk jeruk yang ukurannya kecil.

Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT

Masukkan jeruk ke dalam panci, beri air hingga permukaan jeruk tertutup air, tambahkan 1 sendok makan garam. Rebus hingga pisau mudah ditusukkan ke kulit jeruk. Tiriskan.

Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT
Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT

Rebus gula dan 400 liter air, aduk-aduk. Masak gula hingga larut dan mendidih. Jika telah mendidih hentikan mengaduk dan biarkan mendidih selama + 1 - 2 menit hingga agak mengental. Masukkan jeruk ke dalam larutan gula. Masak hingga jeruk terlihat agak transparant dan sirup gula mengental, kira-kira 1o menit.  Angkat manisan.

Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT
Resep Manisan Jeruk Kumquat JTT

Dinginkan manisan dan masukkan ke dalam stoples tertutup rapat. Simpan ke dalam kulkas. Manisan jeruk kumquat sedap dimakan begitu saja atau bersama dengan cake. Sedangkan  sirupnya bisa digunakan untuk campuran es jeruk. 

Enjoy!

Sources:
Wikipedia, Kumquat
Real Baking With Rose, Candied Kumquat



15 komentar:

  1. ketika mentimpan di dalam kulkas, apakah beserta air nya atau ditiriskan dulu? mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disimpan bersama air gulanya, jangan ditiriskan ya. airnya enak kok buat sirup.

      Hapus
  2. Mbak, itu bener hatus 400 liter air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, nggak ya, 400 ml air, sudah saya betulkan di resep. thanks yaaa ^_^

      Hapus
  3. Rasa seperti sengir2 / langunya gt bs ilang mba?

    BalasHapus
  4. mbak endang, selain dimakan langsung/pake cake, enaknya dicampur apa lagi ya? -Yuni-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, apa yaa wakakka, dicincang untuk topping es krim, atau smoothie keknya enak, campura cookies juga bisa, atau topping roti ya

      Hapus
  5. Selamat Pagi mba Endang..

    Mba Apakah manisan Kietna nya saya Boleh trial sesuai gambar. Karena sudah 3 bulan ini saya mencari manisan kietna tersebut. jika Ok sesuai dengan kriteria saya Continue Order ( untuk Resto Khas Medan ). jika tidak keberatan Boleh info ke Mobile saya : 08788 0663698 / 021 98845108.

    Terima kasih,

    Boy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Boy, saya membuat manisan ini sudah bertahun2 yang lalu dan tidak pernah membuatnya lagi. Saya juga tidak menjualnya ya Mas, jadi saya buat karena saya memang ingin mencoba saja. Maaf ya

      Hapus
  6. Wow ternyata mudah ya cara mengolahnya next time sy mau coba deh. Thanks mba endang sdh shared resep nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Novy, thanks sharingnya ya, kadang2 ketika musim jeruk kumkuat saya suka buat juga, enak buat camilan hehehhe

      Hapus
  7. pagi mba endang
    mba sy taunya jeruk kingkit itu yg warnany kalo tua merah marun sperti buah keres/kersen
    apakah jeruk kingkit spt itu bisa d buat manisan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, bs ya Mba, sama seperti jenis jeruk diatas ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...