25 Desember 2010

Resep Laksa Ayam


Resep Laksa Ayam JTT

Laksa merupakan makanan mie berkuah dengan cita rasa bumbu yang kental yang berasal dari kultur Peranakan, dimana kultur ini merupakan gabungan dari China dan Malay (Malaysia, Singapura dan sedikit budaya Indonesia). Nama laksa sendiri tidak jelas diambil dari mana, ada beberapa teori yang mengatakan bahwa laksa diambil dari bahasa Hindi/Persian lakhshah, mengacu pada mie bihun yang dipergunakan, kata ini kemungkinan bermuara dari bahasa Sanskerta lakhsan yang artinya 'seratus ribu' (lakh). Tapi ada juga teori yang mengatakan bahwa nama laksa diambil dari bahasa Canton China yang artinya 'spicy sand' (pasir berbumbu), mengacu pada udang kering yang dihaluskan yang memberikan tekstur kasar seperti pasir pada kuah laksa. 

Resep Laksa Ayam JTT

Ada dua jenis laksa yang umumnya disajikan, kari laksa dan asam laksa. Kari laksa merupakan jenis laksa dengan kuah kari bersantan dan mie, sementara asam laksa adalah mie dengan kuah ikan yang bercita rasa asam. Umumnya mie yang digunakan adalah mie laksa yang terbuat dari tepung beras dengan ukuran yang tebal namun seringkali mie bihun juga dipergunakan. Nah kali ini saya akan mengajak anda untuk mencicipi jenis kari laksa, umumnya bahan kari laksa adalah  ikan, udang dan kerang tapi kali ini saya akan menggunakan ayam sebagai bahannya. Rasa laksa ini kaya akan bumbu dengan kaldu ayam dan santan yang gurih. Sedap sekali dinikmati panas-panas dengan sambal cuka yang super pedas.  

Yuk kita masak.

Resep Laksa Ayam JTT

Laksa Ayam
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Laksa

Untuk 4 porsi

Bahan:
- 200 gram mie bihun, siram air panas dan tiriskan
- 1/2 ekor ayam, potong-potong, lumuri dengan 1 sendok teh garam dan air jeruk nipis, diamkan 20 menit
- 2 genggam tauge, siram air panas sebentar dan tiriskan
- 10 butir telur puyuh, rebus, kupas kulitnya. Atau 2 butir telur ayam rebus, iris melintang tipis
- 2 liter air
- 200 ml santan kental

Bumbu dihaluskan:
- 6 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 1 sendok teh merica
- 1 1/2 sendok teh ketumbar sangrai
- 5 butir kemiri
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas kencur
- 1 ruas jahe
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- 1/2 sendok teh cengkeh bubuk
- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
- 1 sendok makan ebi kering 

Bumbu lainnya:
- 2 ruas lengkuas, pipihkan
- 2 batang serai, memarkan
- 4 lembar daun salam
- 5 lembar daun jeruk
- garam dan gula secukupnya
- minyak untuk menumis

Pelengkap:
- Sambal cuka
- Emping goreng
- 1 genggam daun kemangi, jika ada

Cara membuat:
Panaskan wajan, beri 2 sendok makan minyak. Tunggu hingga minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna, masukkan lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk. Aduk-aduk. Beri sedikit air supaya tidak gosong. Masak hingga bumbu matang. Sisihkan.

Resep Laksa Ayam JTT

Siapkan panci, beri 2 liter air. Masukkan ayam dan bumbu tumis, garam dan gula. Rebus ayam hingga empuk dan matang, angkat ayam dan sisihkan kaldunya. Suwir-suwir daging ayam, sisihkan.

Resep Laksa Ayam JTT

Masukkan santan kental ke dalam air rebusan. Masak dengan api kecil hingga mendidih dan biarkan 5 - 10 menit hingga santan benar-benar matang sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Cicipi rasanya. Angkat.

Resep Laksa Ayam JTT

Siapkan mangkuk, tata bihun dan tauge, siram dengan kuah laksa, tata telur dan suwiran ayam diatasnya. Sajikan dengan sambal cuka dan emping goreng.

Sambal cuka:
15 butir cabai rawit, rebus sebentar kemudian haluskan dan tambahkan dengan 1 sendok makan cuka. Beri 5 sendok makan air matang, aduk-aduk rata. 

Nikmati laksa selagi panas. Enjoy!

Sources:
Wikipedia, Laksa
Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Laksa



0 komentar:

Poskan Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...