11 Desember 2010

Resep Cupcake Ubi Jalar Ungu dengan Cream Cheese


Resep Cupcake Ubi Jalar Ungu dengan Cream Cheese

Aslinya resep kue ini menggunakan labu kuning sebagai bahan dasarnya tetapi karena ubi jalar ungu sisa donat masih banyak difreezer - resepnya pernah saya posting di Donat Ungu dari Ubi Jalar -  akhirnya saya modifikasikan si ubi sebagai penggantinya. Hasilnya oke lho! Kuenya mengembang dan moist, lembut di mulut. Rasa ubi jalarnya juga hampir tak terasa. Anda bisa menggunakan ubi jalar kuning atau putih selain warna ungu yang saya gunakan kali ini. Sebelum digunakan ubi jalarnya bisa anda kukus atau panggang di oven terlebih dahulu hingga empuk dan matang. Ubi kemudian dilumat hingga halus dan siap digunakan. Sisa ubi bisa masuk ke freezer untuk penggunaan berikutnya, atau... masuk ke mulut. Terserah anda. ^_^

Seharusnya hasil jadinya adalah cake karena dipanggang dalam loyang cake. Tetapi untuk kali ini saya coba memanfaatkan loyang muffin yang tidak pernah saya pergunakan karena diameter ukurannya yang terlalu besar. Jadilah cupcake. Untuk campurannya, di resep bisa menggunakan cream cheese, berhubung saya tidak punya cream cheese dan di kulkas masih ada sisa mascarpon cheese yang hampir kadaluarsa, akhirnya saya pakai untuk mengisi mini cake ini. Tetap lezat kok.

Jika anda tertarik untuk berkreasi dengan ubi jalar, ini resepnya. 

Resep Cupcake Ubi Jalar Ungu dengan Cream Cheese

Cupcake Ubi Jalar Ungu dengan Cream Cheese
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 loyang diameter 20 cm atau 12 cupcake  menggunakan loyang muffin diameter + 9 cm 

Bahan: 
- 200 gr tepung terigu serba guna/protein sedang
- 1 sendok teh baking powder double acting
- 1/4 sendok teh garam halus
- 1 sendok teh kayu manis bubuk
- 1/4 sendok teh pala bubuk
- 1/4 sendok teh cengkeh bubuk
- 150 - 200 gr ubi jalar, kukus dan haluskan
- 60 - 80  ml susu cair
- 200 gram gula pasir
- 113 gram mentega/margarine, suhu kamar 
- 2 butir telur ayam, suhu kamar
- 1 sendok teh vanili ekstrak 
- 50 gram kacang mete cincang, panggang + 5  menit dalam oven hingga kecoklatan dan harum.

Bahan Isi:
- 113 gram, cream cheese/mascarpone cheese, kondisi lunak/suhu ruang
- 50 gram gula pasir
- 1 butir telur
- 1 sendok makan tepung terigu serba guna

Cara membuat:
Persiapan
Panaskan oven, set di suhu 180' C. Letakkan rak di tengah. Siapkan loyang, olesi margarine dan alasi dengan baking sheet. Atau jika menggunakan loyang muffin seperti saya, olesi permukaan loyang dengan mentega dan beri tepung terigu hingga permukaan cetakan tertutup. Balikkan loyang dan ketuk-ketuk untuk membuang sisa tepung yang berlebihan.

Dalam mangkuk besar, campur dan ayak bahan-bahan kering (tepung terigu, baking powder, garam, kayu manis, pala dan cengkeh bubuk). Sisihkan.

Blender ubi jalar yang sudah dihaluskan dengan susu cair hingga smooth, sisihkan. 


Resep Cupcake Ubi Jalar Ungu dengan Cream Cheese

Isi: Masukkan cream cheese ke dalam mangkuk, dengan menggunakan hand mixer/mixer tangan  kocok dengan kecepatan rendah hingga lembut, kira-kira 2 menit. Masukkan gula pasir, kocok terus. Masukkan telur, kocok sebentar. Matikan mixer. Masukkan tepung terigu, dengan spatula aduk adonan seperlunya hingga rata. Sisihkan.

Dalam mangkuk mixer, kocok mentega dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga lembut dan mengembang, masukkan telur satu persatur. Pastikan telur tercampur dengan baik sebelum menambahkan telur berikutnya. Kocok hingga tercampur rata, masukkan vanilla ekxtract, kocok rata. Matikan mixer. 

Masukkan ubi jalar halus, dan kacang mete. Aduk rata dengan menggunakan spatula. Masukkan campuran terigu ke dalam adonan ubi jalar. Aduk seperlunya hanya agar tercampur rata.

Resep Cupcake Ubi Jalar Ungu dengan Cream Cheese

Masukkan 1 sendok makan adonan ubi ke dalam cetakan muffin, ratakan. Kemudian masukkan 1 sendok makan adonan cream cheese dan tutup adonan cream cheese dengan 1 sendok makan adonan ubi. Lakukan hingga semua cetakan terisi. 

Resep Cupcake Ubi Jalar Ungu dengan Cream Cheese

Panggang dalam oven selama 55 - 56 menit, hingga cake matang. Atau jika ditusuk dengan lidi pada bagian tengah kue, tidak ada adonan yang menempel di lidi. Angkat. 

Dinginkan kue hingga benar-benar dingin, baru kemudian lepas kue dari cetakan.

Siap untuk disantap. Enjoy!



2 komentar:

  1. Bisa dikukus nggak mbak? (hehehe...maksa nih, soalnya pengin nyoba bikin tapi gak punya oven) Btw,resep2 mbak Endang tipe saya banget (nggak punya modal tapi maunya makan enaaakkkk...) Makasih buanget ya mbak!! Q tunggu resep2 terbarunya, terutama yang kukus (gak punya oven dotcom) hehehe... Thanks.. (Arma)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Arma, yep bisa dikukus, skip saja penggunaan adonan isi ya, karena membuat cake menjadi rapuh. Thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...