29 Desember 2010

Resep Cake Marmer Kukus


Resep Cake Marmer Kukus

Sejak berhasil membuat Cake Kukus Coklat yang pernah saya posting sebelumnya, saya jadi  bernafsu untuk membuat varian cake kukus lainnya. Tidak seperti yang saya bayangkan bahwa membuat cake kukus itu sulit, ternyata setelah tahu tipsnya beberapa kali membuat cake kukus berakhir sukses. Hmm, bagi pemula seperti saya kemajuan ini sangat berarti. Memotivasi dan mengobarkan semangat. Sebuah ilmu apalah artinya jika tidak dibagikan dengan yang lain bukan? Terutama dibagikan ke mereka yang sampai saat ini masih saja gatot.com jika berhubungan dengan buat-membuat cake. So, di postingan kali ini saya tampilkan resep membuat cake marmer kukus beserta tips-tips-nya yang mudah. Tertarik? Yuk, lanjut! ^_^

Resep Cake Marmer Kukus

Tidak perlu berpanjang dan berlebar, berikut ini tips membuat cake berdasarkan pengalaman pribadi saya ya:
  1. Gunakan baking powder yang fresh dan belum kadaluarsa, jika anda tidak yakin dengan tanggal expired di kemasannya sebaiknya jangan digunakan. Baking powder dan baking soda merupakan booster utama cake yang kita buat agar mengembang sempurna jadi gunakan yang berkualitas dan masih baik kondisinya. Selama saya membuat cake, baking powder merk Hercules yang saya gunakan belum pernah mengecewakan. Sebelumnya saya berulangkali menggunakan merk-merk di luar itu yang banyak dijual di supermarket atau minimart dan berulangkali pula hasilnya mengecewakan hanya saja saat itu saya tidak tahu permasalahannya. Sejak menggantinya dengan Hercules dan selama saya membuatnya mengikuti instruksi dan takaran yang benar tidak ada lagi cake bantat.
  2. Ayak semua bahan kering (tepung, garam, baking powder) sebelum dicampur dengan bahan basah. Kocok bahan basah (gula, mentega, telur, emulsifier, vanilla ekstrak) terpisah hingga mengembang baru masukkan bahan kering dan aduk pelan-pelan dengan menggunakan spatula.
  3. Panaskan dandang kukusan sebelum digunakan supaya panasnya stabil. Gunakan api sedang untuk mengukus dan jangan membuka tutup dandang selama waktu pengukusan. Rata-rata cake kukus memerlukan waktu + 40 - 50 menit untuk memasaknya, jadi beri air cukup banyak pada dasar dandang hingga hampir menyentuh saringan kawat supaya air tidak habis selama proses mengukus yang cukup panjang.
  4. Olesi permukaan loyang cake dengan mentega agak banyak dan taburi tepung hingga semua permukan loyang tertutup untuk menghindari cake lengket pada loyang.
  5. Tutup permukaan kukusan dengan kain lap bersih agar uap air bisa terserap oleh kain dan tidak jatuh ke permukaan kue. 
  6. Jangan kukus dengan api terlalu besar agar permukaan cake tidak pecah.
Okeh, sejauh ini baru lima tips ini yang bisa saya bagi untuk anda, jika ada tips lainnya saya akan posting di artikel berikutnya.

Cake marmer ini sendiri merupakan salah satu cake kukus yang saya comot dari buku memasak Ny. Liem, 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati. Cake kukus ini lembut dan moist. Saya hanya menggunakan separuh resep saja sehingga loyang loaf yang saya gunakan tidak penuh. Untuk efek marmernya, saya akui karena adonan yang kental membuat agak sulit menciptakan lapisan marmer seperti yang ada di buku. Hasil akhir efek marmernya memang kurang maksimal. Resep asli menggunakan pasta coklat, untuk resep ini pasta coklatnya saya ganti dengan pasta black forrest, anda bisa menggantinya dengan coklat bubuk.   

Selamat mencoba!

Resep Cake Marmer Kukus

Cake Marmer Kukus
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Cake Marmer Kukus

Resep ini untuk satu resep, saya menggunakan 1/2 resep di bawah

Bahan:
- 190 gram mentega
- 190 gram margarine
- 12 gram cake emulsifier, misal: Tbm, Sp, Ovalet (saya menggunakan Ovalet)
- 275 gram gula halus
- 1/4 sendok teh garam halus
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh bubuk vanila
- 1 sendok makan rum bakar (saya tidak pakai)
- 4 butir telur
- 375 gram tepung terigu serba guna
- 1 sendok teh baking powder
- 225 ml susu cair
- 1 sendok makan pasta coklat atau coklat bubuk

Cara membuat:
Siapkan loyang, saya menggunakan loyang loaf, ukuran 24 x 10 x 7, beri olesan mentega dan tutup  dengan taburan tepung di seluruh permukaannya. 

Ayak bahan kering menjadi satu: tepung terigu, garam, baking powder.

Dalam mangkuk mixer, kocok mentega, margarine, gula, emulsifier dan vanila ekstrak, pertama dengan speed rendah agar tercampur kemudian rubah menjadi speed sedang hingga bahan mengembang dan adonan berubah warna menjadi putih. Masukkan telur satu persatu, pastikan telur tercampur merata dalam setiap penambahan. Kocok terus hingga tercampur rata. Matikan mixer.

Resep Cake Marmer Kukus

Tambahkan terigu dan susu cair bergantian, dengan menggunakan spatula aduk perlahan agar rata. Ambil kira-kira 1/4 adonan, beri pasta/bubuk coklat, aduk rata. 

Resep Cake Marmer Kukus

Tuang adonan putih dan coklat secara bergantian ke loyang hingga adonan habis. Kukus ke dalam panci pengukus yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup mulut kukusan dengan kain bersih agar uap air tidak menetes ke permukaan kue. Kukus selama 45 menit dengan api sedang hingga matang. Jangan membuka-buka tutup kukusan sebelum kue matang, karena kue akan gagal mengembang.

Note: Cake yang pecah di permukaanya umumnya karena api terlalu besar saat mengukus.

Resep Cake Marmer Kukus
Resep Cake Marmer Kukus

Angkat dan dinginkan selama 5 menit. Keluarkan cake dari loyang dan dinginkan sempurna di rak kawat. Potong-potong cake jika benar-benar telah dingin.

Cake  siap disajikan. Enjoy!

Source:
Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Cake Marmer Kukus




95 komentar:

  1. 1/2 resep yg diatas itu jadi berapa potong,mbk?

    BalasHapus
  2. Halo Mba Vida, saya sebenarnya agak-agak lupa berapa potong jadinya, kalo dilihat dari loyang loaf panjang 24 cm, mungkin sekitar 15 potong ya.

    BalasHapus
  3. klo pake gula pasir biasa bisa nggak, pengaruh nggak nanti sama hasil akhirnya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya rasa nggak pengaruh di tekstur cake. Hanya saja pastikan gula dikocok hingga benar-benar larut bersama dengan bahan lainnya.

      Hapus
  4. haloo mbak....
    mau tanya lagi dong, klo mentega sama margarine diganti sama blueband saja bisa nggak? makasih ya jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, bisa kok. Blueband adalah margarine dan bisa menggantikan fungsi mentega. Thanks.

      Hapus
  5. o ya mbak ngukus nya pake api sedang apa besar, makasih .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai api sedang saja ya dan jangan rubah2 api selama cake dikukus. Alias kudu stabil.

      Hapus
  6. mbak endang yg cantik .....
    cake nya sukses abis, lembut banget, cuma sayang nya bentuk nya mekrok atas nya tp nggak masalah kok bagian mekrok aku ratakan alias aku potong dan hasil nya aku puas bgt, nggak nyesel dech nyobain bikin, makasih bgt ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, coba lain kali jangan isi adonan terlalu tinggi supaya kuenya gak mekrok di atasnya hehehe. Tapi yang penting masih enak kan ya. Sukses ya ^_^

      Hapus
  7. Seneng sekali nemu blog ini, banyak resep2 cake yang dikukus...
    Makasi mbak, salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Lia, salam kenal juga dan senang blognya bisa bermanfaat. Sukses ya! ^_^

      Hapus
  8. Hai mba, salam kenal.., ak lg belajar bikin cake kukus nich..tp ak sering banget ga ngembang, alias bagian bawahnya selalu bantat..knp ya mba..? Tq ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Hmm, banyak faktor yang membuat cake gak ngembang, yang jelas ikuti instruksi dan bahan sesuai dengan resep. Jika masih baru belajar sebaiknya tidak melakukan modifikasi resep dulu. Dan banyak-banyak praktek membuat, lama2 pasti sukses kok. ^_^

      Hapus
  9. Hi, salam kenal ya.. Resep2 ny menarik skali.. Aku baru mau blajar bikin kue nih.. Jd maap ya klo nanya ny aneh2 ;) gula halus itu gula pasir yg lbi halus (castor sugar) apa gula yg kaya tepung (icing sugar) sih? Trus klo pasta coklat n vanili itu bisa pake yg kupu2 ga? Maklum jauh dr tanah air hikzz.. Thxxx a lot ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, gula halus yang dimaksud disini adalah castor sugar ya, jadi gula pasir yang dihaluskan. Sedangkan gula icing adalah gula halus yang ditambahkan zat pengeras sehingga ketika di tambahkan air akan cepat mengeras, biasa dipakai untuk menghiasa cookies atau cake. Jangan salah pakai ya, paling aman blender sendiri gula pasir hingga halus. Pasta coklat n vanila pakai merk apapun oke kok. ^_^

      Hapus
  10. Mba, klo cuma ada margarin 250 gram gmn nih hikzzz.. Bahan lain apa ya yg sbaik ny dikurangin jg? Thxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sebaiknya coba setengah resep saja dulu ya ^_^

      Hapus
  11. hallo mba..salam kenal. mau nanya. kalau untuk pengocokan bahan cair sampai mengembang itu patokannya apa yah? sampai seberapa putih atau mungkin ada patokan menitnya? terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sofi, salam kenal juga. Patokan saya biasanya sampai warnanya pucat, biasanya mentega kan berwarna kekuningan, nah saya akan kocok sampai berwarna putih, mengembang dan lembut. Saya nggak pakai patokan waktu karena beda mikser bisa memberikan beda hasil dalam waktu yang sama.

      Hapus
  12. Terima Kasih ya Mbak..postingnya keren2...buat pemula kayak saya yg baru tu cara make "mixer,pengocok telur, dan teman2nya.." tulisan mbak membantu bangeeeeettt... SUKSES TERUS BUAT ANDA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Najwa, salam kenal dan makasih atas komentarnya ya. Sip, senang jika JTT bisa membantu karena semua bermula dari pemula kan ya, lama-lama pasti bisa menjadi 'sang ahli' wakakaka. Kita belajar sama-sama ya Non. Sukses selalu juga ^_^

      Hapus
  13. Mbak resep telurny 4 ya mbak....apa cake nya lembut mbak scr ukurn teriguny lumyn bnyk...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lembut Mba, karena menteganya lumayan banyak, selain itu dikukus membuat cake lebih lembut drpd di panggang. Jangan kukus dengan api terlalu besar agar cake tidak pecah di bagian atasnya.

      Hapus
  14. Pingn nyoba bikin nih....buat cemilan kebetulan disini lg hujan...pokokny resep2 mbak top markotop gampng lg buatny hee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini juga lagi hujan terus dari pagi, dingin, laperrrr, mau bangun dr kasur tapi males wakakka, ayo dong Mba tularkan semangatnya hahhaa

      Hapus
  15. Ayo mbak bangun....ak aja yg ada ank kecil gak males loh hehehehe.....masa kalah ama ak secr mbak guru ak muridny....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak, okeh Mba Tri, ini saya lagi berusaha bangun, soalnya perut lapar banget hahah. Thanks atas semangatnya ^_^

      Hapus
  16. Mbak Endang cake ku gatot hiks....tp td emang uda ada firasat mau gagal hbsny ngocokny lum ngembng uda di campur telur....cake ini bs gak mbak pake teknik telur+gul yg di kocok ampe ngembng margarinny di cairin gt...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Tri, waah ikutan sedih cakenya gagal. Tapi kok nasib kita sama ya?? Kemarin saya juga gatot Mba bikin Japanese Cheesecake dari yogurt, wakakak gak karu2an dah, tapi sama saya juga dah firasat gagal ketika ada bahan yang lupa masuk. Saya rasa cake diatas bisa kok kalau mau pakai minyak/mentega cair, jadi gula dan telur dikocok sendiri sampai kembang. Atau Mba Tri pakai resep cake pisang zebra, ini linknya: http://www.justtryandtaste.com/2012/03/cake-kukus-pisang-zebra-hijau-coklat.html

      Ayo semangat lagi hahaha

      Hapus
  17. Halo Mbak, mm...berhubung liburan sekolah saya iseng nyoba buka internet n ketemu blog Mbak ini.
    Saya juga baca beberapa resep Mbak yg lain. Saya jadi tertarik untuk mencobanya.Tapi, apa maksudnya baking powder single acting dan double akting ya?

    Maaf merepotkan dan terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non, salam kenal dan thanks ya. Untuk BP, coba buka dibagian tips dan informasi, ada di bagian atas blog, disana saya menjelaskan detail mengenai BP dan perbedaannya. Selamat mencoba ya ^_^

      Hapus
  18. Hai mba Endang, td siang aku coba bikin kue ini dan sukses ^_^ thanks yaa resepnya. Aku pakai metode gula + telur dkocok dl sampai ngembang, dan mentega dilelehin.. Soalnya pake cara mentega campur gula pernah gagal, jd takut coba lagi.. Hehe.. Aku mw tanya, klo di adonan dtambah coklat chips, gmana caranya supaya coklatnya gak tenggelam ya? Td kucoba tambahin, tp banyak yang nempel di dasar loyang.. Jd kuenya agak lengket di loyang.. Thx -diana-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Diana, sip uji cobanya berhasil ya hehehe. Nah coklat chips biasanya tenggelam kalau adonan terlalu encer/ringan, kalau adonanya berat alias pekat baru coklat chips bisa tersebar rata. Coba lumuri coklat chips dengan tepung hingga permukaan coklat tertutup tepung dengan rata, masukkan coklat chips saat adonan akan dituangkan di loyang, langsung kue dipanggang. Jangan menunggu terlalu lama untuk memanggangnya karena chips akan keburu tenggelam.

      Hapus
  19. hi mba endang,
    mau share lagi mba. kali ini saya coba bikin cake marmer ini.alhamdilillah. . .berhasil mba. cakenya lembut banget. . . seneng rasanya walau awalnya khawatir gagal karena kok waktu mixer mentega,margarin,gula,ekstrak vanila dan sp kok ga putih2 ? jadi feeling aja,kira2 dah cukup lgsg masukin telurnya. tapi sptnya coklatnya kurang marmer mba,perlu diaduk dikit ya mba untuk dapat tekstur marmernya? pokoknya resep2 cake kukus dari mba endang ok bgt^_^ saya jadi `pd`untuk mencoba,suami saya yg tdk suka ngemil/makan kue jadi suka dan sering minta dibuatin kue ^_^.
    terima kasih ya mba --- offin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Offin, wah senang membacanya, thanks sharingnya ya. Nah kadang saya juga bingung kenapa kocokan mentega dan margarine plus gula gak mau putih wakakka, pengalaman sih kalau pakai mentega lebih cepat putih dibandingkan margarine. Supaya pola marmernya timbul, pakai lidi atau tusuk sate saja, ditusukkan ke adonan hingga dasar loyang kemudian gerakkan lidi membentuk lingkaran. Udah lama gak bikin cake kukus nihhh jadi pengen hiiks.

      Hapus
  20. Saya baru saja selesai mengeksekusi satu resep cake marmer panggang hasil browsing dan hasilnya bantat tat tat.. tidak bisa dimakan sama sekali kayak dodol yang mengandung banyak minyak,telurnya 8 butir.. Mentega 300 gram.. Sakit hati saya mba.. Hikss.. Tapi Saya udah pernah bikin ini,dan hasilnya sangat sukses.. Cuma.. tadi saya pingin kek yang versi panggangnya.. Btw ini bisa dipanggang ga mba en?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak, saya pernah trial secara sembarangan satu resep puding coklat di web. Gubrakkkk hasilnya jadi dodol yang kerassss gak ada lembut2nya acan. Kapok dah. Resep ini bisa dipanggang ya. ^_^

      Hapus
  21. udh prnh nyoba bikin versi kukusnya dan berhasil jd skrg pengen nyoba versi panggangnya..klo dipanggang komposisi semua bahanx ttp sama gak mba?trus susunya itu hrs full cream atau bisa SKM+Air?
    -Emhy-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Emhy, bisa dipanggang kok. komposisi gak berubah. resep2 cake ny. liem tetap moist dipanggang atau kukus. susu bisa skm plus air ya.

      Hapus
  22. kemarin udah nyoba bikin versi panggangnya mbak dan hasilnya sesuai dg harapan..kuenya lembut dan menteganya kerasa banget mskipun cm pake margarin Blue Band hehehe secara saya termasuk penggemar cake yg kaya akan butter..seneng banget deh bisa nemuin blognya mba.
    Oh iya saya jg prnh nyoba resep bolu kukusnya mba tp hasilnya gatot dan b'akhir di tmpat sampah.waktu dikukus sih bolunya mekar semekar-mekarnya tp pas dikeluarin dri kukusan eh kok malah menciut dan bantet mba, itu knp yah?
    -emhy-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, sori telat balasnya ya. Thanks sharingnya, untuk bolkus saya juga nyerah hehhehe, semua tips sudah saya tulis di resep dan mengenai berhasil atau tidak, semua bisa beda2 hasilnya ^_^

      Hapus
  23. Mba saya salah satu penggemar blog ini, saya sdh coba bikin resep diatas tp kok ga seperti digambar ya hasilnya. lebih seperti kue lam punya saya (agak basah) tp rasanya top markotop. saya menggunakan resep diatas 1/2 nya saja, karena saya tidak menggunakan mentega jd saya masukkan margarine 190gr. kira2 saya salah nya dimana ya Mba. Maklum saya br pertama kali bikin kue, hehehehehe. Thank's Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk air mungkin loyangnya ya, pastikan air kukusan gak nyiprat masuk ke dalam loyang atau loyang bocor ya.

      Hapus
  24. Mba endang, klo mau bikin ini tp di panggang sama gak resepnya? coz gak ada kukusan.. trus mw tnya mba endang loyang cupcakenya lucu beli di mana yha? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba,panggang saja, prosesnya sama ya, gak masalah kok. Hmm loyang yang mana ya heheheh, biasanya titan atau WT atau supermarket heheheh

      Hapus
  25. Itu loyang yg wrna hijau yg utk pie... Mbaakk aq kmrn buat pie strawberry tp aq pk cetakan pie yg diameter 20 tapi gagal kulitnya keras hikssss... Pengen nyoba lagiiii pnasaran... Tp pgn nyoba buat marmer ini... Sama pgn nyoba bwt cream cheese... Cm lom pnya kain nya jd masi di pending... Mba, cream cheese mba pk merk elle yha? Mhal gak mba? Brp kira2 harganya? Trrus mentega mba aq liat besar di foto bwt pie strawberry, pk mentega merk apa mba? Thankss mbaaa sry tanyanya banyak hehehhhehhe... O ya ada resep cake pk keju parut gak? Coz aq ga pny cream cheese hehehehehehhehe thanks alot

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu loyang silicon, beli di ace hardware. untuk harga cream cheese cek ke website Titan saja Mba, ada macem2 disana: http://www.titanbaking.com/
      Itu mentega kiloan, ukuran satu kilo. merk lupa karena kiloan, cek titan saja ya. untuk resep cake pakai keju parut banyak, coba cek ke daftar resep cake, saya sendiri lupa Mba ^_^

      Hapus
  26. Hi mba endanggg... Sy bru nyoba bikin cake marmer ini, nih bru slesai buat tapi cm pnya 2 telor jd bikin stengah resep aja.. N hasilnya saya bingung mba pas mau manggang brp derajat n brp lama.. Jd sy ikutin cara panggang cake yg lain 150 drajat 30 menit n 170 drajat 20 menit.. Hasilnya bgn atas udh kering pss gt.. Bgn bwhna ga tau kyk bantat ato kyk blum matang full.. Antara gt dhe... Udh gt wrna coklatna kebykan jd wrnana cenderung coklat hix rasana si enak cm bingung bgn bwhnya itu antara bantat atau stengah matang.. Sy krng ngerti jg hix hix.. Bw thx yha mba endang.. Itu titan beli ol shop toh... Beli butter ol shop bsa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Titan, toko TB biasa, tetapi bisa onlen shop juga, kalau saya biasanya datang langsung ke tokonya karena dekat rumah. telp saja Mba, tanya langsung.

      cake dipangang disuhu standar saja 170"C. saya biasanya pakai suhu ini dan gak pernah saya ubah2 suhunya saat pemanggangan.

      Hapus
  27. Malem mba Endang yg yummy spt resep2nya yg sll yummy... hehee ^_^... td aku cb resep ini versi panggang, hasilnya kt suami n anakku ueenak 2 jempol.. tp aku penasarannnn aja & mo nanya mba, aku cb versi ini hasil cakenya cenderung lembek/basah/lembab (tp gak parah) n ada hancurannya kalo diris, beda dg aku pake versi tanpa susu, terus telor putih dimixer smp kaku n terigunya jg di mixer hasilnya cake padat, apa ini berpengaruh yaa mba???... -mama nabila-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, hasilnya padat dan moist ya, tapi nggak rapuh, mungkin proses yang berubah mempengaruhi hasil. mengapa gak coba versi alsinya ya? ehehhehe

      Hapus
  28. hi mba,,,
    ak nyoba resep ini barusan,,, SPnya lupa ak masukin mba,, padahal uda kusiapin. makanya kq adonanQ g bisa nyatu telur sama margarinnya. ak baru sadar waktu cake udah masuk kukusan. Jadinya amburadul mba,,, T_T.

    next time mo bikin lagi ahh,,, masi mw coba2 resep yg lain di blog ini mba.

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indi, kalau pakai baking powder yang double acting biasanya tetap sukses ya walau tanpa SP. Moga next time sukses yaaaa, thanks sharingnya ya. ^_^

      Hapus
  29. Met malem mbak. Mau nanya nih, kalu SP, Ovalet, dsb nggak dipake apa ngaruh ya ke cake nya? Apa bakal bantat? Soalnya dirumah kurang suka yg pake gitu2an mbak. Makasih mbak atas jawabannya :) -Wita-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba wita, fungsinya untuk melembutkan cake ya. saya belum pernah skip bahan itu, kalau telurnya dikocok sampai kembang biasanya bisa tetap kembang walau diskip ya.

      Hapus
  30. Halo mbak.. salam kenal. Baru saja bikin ini stngh resep jg, tnp emulsifier krn ga pny.. alhamdulillah jadinya bagus dan enak..
    Mau tny mb, waktu potong ko ga bs rapi ya? Jd bekas potongannya kasar gtu. Knpa y mb? Trimakasih byk y mb atas share resep2 nya..
    Sinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba sinda, salam kenal juga ya mba. sebaiknya potong setelah cake benar2 dingin ya supaya rapi, tapi memang cake ini agak remah ya sehingga kurang rapi saat dipotong.

      Hapus
  31. Oya tnya 1 lg mb.. cake ini hasil akhirnya memang berminyak gitu kah mb?
    Sinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba sinda, yeppp mungkin karena takaran mentega dan margarinenya agak banyak ya, kalau mau kurang berminyak dikurangi saja masing2 jadi sekitar 150 gram ya.

      Hapus
  32. mbk endang aku udh bbrp nyoba resepnya,alhamdullilah berhasil trs. Sementara aku sm persis sm resep, biasane aku srg bereksperimen he....he..... recomended donk mbk, posting in resep yg dioven. biar naik levelnya he..he...mtr nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, cake ini bisa dioven juga lho. pakai suhu 170'C saja dan panggang selama 40 menit atau tes dengan tusuk lidi saja, kalau gak ada adonan yang melekat berarti sudah matang. Ada banyak cake menggunakan oven yg mudah di JTT silahkan di cek di daftar resep blog ya mba.

      Hapus
  33. halo mba endang, kalo aku mw manggang jd nya suhu brp trus brp lama ya?thanks ya hehe

    BalasHapus
  34. Hai mba, kenalkan saya polina. Saya coba ini dgn 1/2 resep dulu. Lalu pakai gula pasir. Juga pasta coklat saya ganti dgn skm coklat.
    Endeus...lejat. Yg saya suka, sama seperti kue yg dikukus lain. Rasanya tidak se mahteh kue yg di oven. Ini resep ke 3 yg saya praktekkan dr blog jtt. Sebelumnya, saya coba bolu pisang, cookies yg free gluten+casein. So far, rasa bisa dipertanggungjawabkan. Hohoooo....makasi loh mba.

    Ntar saya nyontek+sharing lg ya. Makasii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, sayang sekali komentar ini keselip dan terlupa untuk dibalas. Maaf ya, saya terlambat reply.

      Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  35. Seperti nama blognya just try & taste... Itulah yg aku lakukan hari ini, ga pernah bikin cake kukus.. Alhasil demi putri tercinta yg doyan ngemil akhirnya meluncur beli bahan2nnya & mengeksekusi bahan2 tsb.. Aku ikuti resepnya tp apa daya, bikin kue ditemani krucils2.. Alhasil krn kelupaan akhirnya pakai vanili 2x (kesalahan pertama), berhubung gula halus g ada jd pakai gula yg ada.. Kocokan pertama uda ngembang & warnanya berubah dimatikanlah mixernya egh pas dicek gulanya blm halus :( lalu ku kocokan kembali mixernya (kesalahan kedua) _dihati sdh yakin pasti bakal gagal_
    Giliran tiba masuk ke loyang dan dikukus... Api sedang tdk dimainkan, dimasak 45mnt.. Selesai kukus dibukalah pancinya dan wow ga nyangka kue ku besar ga bantet.. Senangnyaaaa (sementra), ku keluarkanlah dr panci dan kudinginkan sblm di eksekusi... Ada mgkn stgh jamn ku diamkan (krn aku lanjut cuci pakaian#curcol hihihi)
    Alangkah kagetnya aku pas mau di potong baru satu garis, OMG tengahnya blm matang msh ada adonannya padahal sblm kumatikan api sdh ku coba masukkan garpu & ga lengket.. Akhirnya kumasukkan kembali ke panci lalu ku kukuskan kembali... Namanya jg first alias perdana jd cocok deh namanya just try & taste :D
    Mba endang mau tanya, setelah kuceritakan panjang lebar.. Apakah yg salah dengan adonanku?? Maksudnya knp dtengahnya msh ada yg blm matang pdhl aku kukusnya jg 45mnt.. Aku bikin 1resep loh
    Oh ya lupa, walaupun gagal menurutku tp aku ga kapok krn memang cakenya ENAK banget loh rasanya jd ga kapok, putriku aja doyan bgt.. Oh ya lupa adik iparku mlh smpat makan yg adonan yg kurang matang itu katanya enak... Hehehe

    Mom's of deLdaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya.

      Untuk cake diatas, kasus mba bisa jadi cake ditengah bantat atau belum matang, waktu mengukus 45 menit minimal namun biasanya supaya aman selalu saya lebihkan jadi 1 jam untuk memastikan cake terkukus dengan baik.

      Cake kukus kelemahannya adalah dandang tidak boleh dibuka, sekali dibuka maka cake susah naik lagi. Jadi lebih baik berikan waktu lama untuk mengukus, untuk itu pastikan air di dandang cukup untuk mengukus selama 1 jam.

      Pakai api sedang cenderung kecil saja supaya cake naik dan matang dengan baik serta permukaannya tidak pecah.

      Moga next time sukses yaa hehheheh

      Hapus
  36. Halo mba.. Kalo aku ga pake butter, jd margarine aja, jumlah margarine nya kali 2 atau ttp 190gr? Thks...

    BalasHapus
  37. Mbak kue ini tekstur nya memang padat atau ga ya ? trs adonan hrs di mix brp lm br bs jd putih ? kog sy uda mix lamaaa bgt tp ga putih2 ya ? thanks Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekstur cakenya gak begitu padat ya, mengocok adonan mentega dll sampai pucat warnanya, klau mba pakai margarine nggak akan bs putih karena margarine warnanya kuning, jadi asal sudah smooth dan kembang serta warnanya pucat maka sudah cukup.

      ketika terigu masuk gak boleh diaduk lama2 hanya agar tercampur saja, terlalu lama mengaduk akan bantat dan padat

      Hapus
  38. Kemarin nyoba kue ini versi panggang. . .
    Tapii, karena baru banget pake otrik, atas dan bawah kue udah matang, tengah masih cair. . .
    next time coba lagiii deh. . .
    Thx resepnya yaa mbaa. .:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Risa, coba dasar loyang didoble dengan loyang lain supaya pansnya lebih stabil dan jangan pakai suhu terlalu tinggi, kalau permukaan sudah kecoklatan tetapi tengah cake belum matang, tutup permukaan cake dengan alumunium foil ya.

      Hapus
  39. Mba klo pake mentega putih bisa ga ya ? Tq

    BalasHapus
  40. Mbak Endang, saya sdh coba 1/2 resep hasilnya bantet. Padahal sdh mengikuti instruksi, jadi kepikiran apakah itu krn baking powdernya: pake merk Kupu-Kupu. Next time mau coba pake merk Hercules.
    Waktu mengukusnya pun sudah seperti instruksi: 40 menit.
    Wondering dimana yang salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, bs karena kurang mksimal mengocok mentega+gula dan telur, atau karena BPnya, saya tidak pernah pakai merk selain hercules dan so far cake selalu mengembang ya

      Hapus
  41. Terimakasih mba endang resepnya :). sempat takut gatot, krn dulu prnh gatot bantet pakai resep dari temen.resepnya g salah, yg salah saya buka tutup dandang. Tp sekarang berhasil sukses dg mengikuti semua tipsny mba endang. Saya coba 1/2 ukuran resep, pakai margarin aja g pake mentega, smpt bingung bedaan di mixer hingga putih akhirnya saya patokinn antara 15-20menit krn mixer saya ukuran kecil, dkukus 1 jam api sedang kecil tanpa d buka2 tutupnya. Sukses enak rasanya kaya cake marmer yg d panggang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Noor, thanks sharingnya ya, senag resepnya bershasil dicoba, sukses yaa

      Hapus
  42. Ini enaaakkkkkk bgt walo cuma pake blueband. Baru keluar kukusan anakku udh minta msh panas2 di potong abis 3 iris gede loyang loaf. Tobat. Gak sampe kue dingin udh ludes.
    Cake nya lembuttttt bgt. Suka sekali. Makasiii mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Soraya sharingnya ya, senang resepnya disuka ^_^

      Hapus
  43. Udh masuk kukusan lupa ngasi susu cair padahal udah disiapin huaaa huaaaa *nangis kejer* kepaksa diambil lg dari kukusan diaduk lg jdnya ga marmer tp coklat muda entah gmn jadinya deg2an nunggu hasilnya,efek bikin kue jam 1 malem gabisa tidur jdnya bloon,nyesek liat calon kue udh bagus bgt motifnya kepaksa jd polos ga jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakka, moga kuenya tetap oke ya Mba Ayu, saya juga sering melakukan hal yang samaaaa, ada satu atau dua bahan ketinggalan hehehhe

      Hapus
  44. Hallo mba endang....ini resep mba endang yg kesekian yg pernah aq coba & alhamdulillah nya berhasil...aq cuma bikin setengah resep.pakenya blueband aja.. Trus aq coba panggang..kuenya lembut bgt mba .. Mksh mba endang😀

    BalasHapus
  45. Mba endang lapor nih...rasanya enak...tp aq panggang...bgtu keluar dr oven cakep mba ngembang..tp knp 5 menit kmd nyiut ya mba...saya salah dimn nya ya...klo soal rasa..rasanya lembut bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bnyak faktor kue kempes mba, bs karena over mixing, atau pengembang yang digunakan kurang aktif, pakai BP double acting mba supaya sukses

      Hapus
  46. Hallo mba endang met pagi!! Mba Endang ak mw nyobain resep ini nnti bhn2 ud siap ..cm ak msh bingung nih bedain antara margarin sm mentega?cthnya merk ap ya mba?klo Blueband aj bs ga mba? Trus klo pke Blueband bs brrti ukuran 190 gram dikali 2 ya sesuai resep diatas?makasih ya mba Endang atas pencerahannya...have nice day!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mb Fitri,

      perbedaan margarine dan mentega bs dibaca dilink disini:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/04/cream-cheese-pound-cake-info-seputar.html

      Blueband itu margarine ya, bs pakai semua margarine, porsinya 190 x 2 ya.

      Hapus
  47. Oiya mba Endang 1 lg ketinggalan klo pke loyang 24x10x4 msh bs kan mba? Jd beda ditinggi loyang 3cm dr yg pny mba..thanks ya mba endang..:)

    BalasHapus
  48. Mba Endang uda nyobain smlm cm permukaannya bergelombang2 itu knp ya? pdhl ga ketetesan air.. kyknya siy ga bantet coz mang tinggi loyangnya cm 4 cm.. Jd Ada 2 Loyang@4cm(ak buat 1 resep). Apa adonannya hrs dikasih jarak (ga blh hampir penuh mengisi loyang)?oiya ad Yg blng penggunaan emulsifier itu ga bagus bwt kesehatan bnr ga ya mba endang?mang blh diskip ya?terima kasih bnyk Mba endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bergelombang kebanyakan karena api kebesaran mba, pakai api kecil saja saat mengukus. Coba cek artikel saya di tips mengukus cake disini:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/05/tips-sukses-mengukus-cake.html

      cake emulsi adalah bahan tambahan pangan, sebagaimana bahan sejenis jika bahan2 penyusunnya gak oke otomatis akan tdk bagus buat kesehatan. Tapi kalau kualitas dan brand-nya jelas dan mencantumkan bahan2 yang aman digunakan menurut saya tdk masalah.

      Hapus
  49. Hi mba endang.. aku baru nyoba marmer kukusnya. Aku pakai 1/2 resep. Aku mau tanya teksturnya setengah ke bawah lembab lembut, tapi setengah keatas ky meprul gitu ( ky misah2 gitu adonannya ), taste nya sedap, cuma aku ada ganjel dikit pas step awal waktu mixer gula halus, margarin , sp ,vanila, kok ga bisa putih ngembang ky waktu ngemix telur ya mba? Jadi aku udah ngemix sekitar 12menit tapi ga ngembang n pucat, langsung aku ke step berikutnya masukin telur satu persatu baru adonannya putih😂😂 mohon pencerahannya. Thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Marissca, kalau pakai margarine memang susah pucat seperti mentega, karena margarin warna dasarnya kan kuning. Tapi selama tekstur adonannya ngembang dan lembut sih berarti ok. Kalau adonan basah kebawah, bs jadi loyang merembes air dari kukusan yang mendidih dan meluap, merendam loyang mba. jadi pastikan air kukusan gak terlalu banyak isinya. atau cari loyang yang tanpa sambungan

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...