26 Desember 2010

Resep Sate Sapi Bumbu Dendeng


Resep Sate Sapi Bumbu Dendeng JTT

Dulu waktu masih suka jalan ke Bandung dan mengunjungi factory outlet, ada satu FO yang suka saya datangi, Rumah Mode. Barangnya banyak dan lengkap, koleksinya juga bagus-bagus dan up to date.  Selain itu FO ini juga memiliki restoran yang menjual masakan khas Sunda yang lezat. Nasi timbel dan aneka lauk-pauk yang digoreng. Di depan restoran, berjajar gerobak-gerobak mini penjual aneka makanan lainnya, salah satunya adalah sate sapi. Daging sapinya dipotong ukuran besar dengan bumbu mirip dendeng, manis asin gurih. Ditemani dengan lontong dan siraman sambel kacang yang lezat. Wuihh, sedap! Tidak heran antrian pembelinya juga panjang dan lama.

Resep Sate Sapi Bumbu Dendeng JTT

Nah, kali ini saya akan mencoba membuatnya. Saya membumbui daging sapinya dengan bumbu dendeng yang manis gurih. Potong-potong daging agak tipis dan lebar, rendam dalam bumbu + 30 menit sehingga bumbu meresap. Saya memanggangnya menggunakan penggorengan datar tanpa sisi di sekelilingnya dan berlapis teflon, bisa untuk memanggang sate atau untuk membuat crepes dan pancakes. Sate sapi ini bisa langsung dinikmati begitu saja dengan nasi hangat atau dengan siraman sambal kacang dan lontong yang pulen. Bisa juga dengan saus kecap plus potongan cabai rawit dan bawang merah seperti yang saya sajikan. Hmm, segunung nasi bisa lenyap tak bersisa dalam sekejap.   

Kita masak saja yuk.

Resep Sate Sapi Bumbu Dendeng JTT

Sate Sapi Bumbu Dendeng
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 9 tusuk

Bahan:
- 300 gram daging sapi, cari yang lemaknya sedikit, bersihkan potong dadu
- 1 sendok makan margarine untuk dioleskan di daging saat dibakar

Bumbu dihaluskan:
- 1 1/2  sendok teh ketumbar, sangrai
- 1/4 sendok teh jinten
- 3 butir kemiri, sangrai
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 ruas lengkuas
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya
- 1 ruas jahe
- 1 ruas kunyit

Bumbu lainnya:
- 1/2 sendok teh merica bubuk 
- 2 sendok makan air asam jawa
- 3 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula jawa
- 1 sendok teh garam

Cara membuat:
Rendam daging sapi ke dalam bumbu yang telah dihaluskan  selama + 30 menit. Perendaman ini selain membuat bumbu meresap hingga ke dalam serat daging juga membuat daging menjadi lebih empuk sehingga cepat matang ketika dibakar. 

Resep Sate Sapi Bumbu Dendeng JTT
Resep Sate Sapi Bumbu Dendeng JTT

Tusuk potongan daging dengan menggunakan tusuk sate dan bakar diatas panggangan atau bara api. Saya menggunakan panggangan daging yang saya letakkan di atas kompor, praktis dan bersih. Oleskan margarine di daging. Panggang daging hingga warnanya menjadi kecoklatan dan kering. Angkat dan hidangkan.

Resep Sate Sapi Bumbu Dendeng JTT

Sate sapi lezat untuk dijadikan lauk begitu saja atau ditemani dengan sambal kecap yang diberi irisan cabai dan bawang merah. Hmm yummy!



11 komentar:

  1. sepintas hasil akhirnya baik secara taste maupun presentasi nantinya seperti sate tipat di Bali. Hanya saja di Bali rasanya akan dominan pedas. :) IMHO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah thanks atas infonya ya, belum pernah makan sate tipat hahahha, kalau ke bali saya maniak sate lilit, mantep banget. ^_^

      Hapus
  2. salam kenal mbak Endang...saya suka banget ngelihat resep2 punya mbak Endang, q blum pernah nyoba sih tapi ngihat aja dah bisa merasakan lezatnya hehe...q mau tanya mbak soal pemanggang yang praktis ini, merknya apa n beli dimana ya?selama ini q masaknya cuma goreng n kukus jadi bosen juga...tq infonya mbak.semoga sukses selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, untuk sate diatas saya pakai panggangan dari Ma**im, permukannnya pakai teflon sebenarnya mirip pan datar ya. beli di supermarket car**ur. Pakai pemanggang lainnya oke juga kok hehehe.

      Hapus
  3. Wah mbak kl ga ad panggangan seperti yg mbak pake bisa diganti apa ya? Saya cm ad teflon datar

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai panggangan apapun oke kok Mba, alat pembakar ikan dari kawat besi itu juga bisa, kalau teflonnya cukup lebar sehingga satenya masuk sih bisa dipakai, karena kalau kurang lebar, gagangnya ganjal di tepian teflon, dagingnya gak matang merata jadinya.

      Hapus
  4. Mbak kl dagingnya diganti ayam bisa gak ???

    BalasHapus
  5. Halo mbak endang, kpn nih bikin sate padang dari daging ayam/ sapi..aq pengen banget bikin..tp aq cm prcya sama resepnya mbak endang aja..soalnya resep jtt anti gagal :-) dtggu yaa mbak postingannya..makasih

    BalasHapus
  6. mbak endang, kalau dagingnya dari freezer gimana ya? maaf baru belajar masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Riyan, tidak masalah ya daging freeer oke juga kok buat sate dan masakan daging lainnya. Hanya untuk bakso saja memang kurang mantap.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...