05 Desember 2010

Resep Tahu Guling


Resep Tahu Guling

Makanan bernama tahu memang lezat serta sangat flexible untuk diolah menjadi aneka makanan. Tak terhitung berapa resep yang bisa dikaryakan dari bahan makanan yang satu ini. Misalnya saja tahu guling dari Tegal, tahu Slawi, tahu pong Sumedang yang lezat, tahu telur Surabaya, tahu bakso yang pernah saya posting sebelumnya dan tentunya masih banyak lagi. Cara memasaknya pun juga bisa beraneka ragam, di goreng, ditumis, dibakar atau dipepes, semua yummy! Selain lezat dan mudah pengolahannya tahu juga memiliki gizi yang sangat tinggi serta mudah dicerna. Memiliki kalori dan lemak yang rendah serta kandungan zat besi yang tinggi, cocok untuk yang sedang mati-matian berdiet seperti saya dan Tedy. Karena itu pula maka tahu memiliki peran penting dalam menu vegetarian (Wikipedia).

Tahu guling yang saya akan bagi resepnya kali ini sangat simple dan ringan. Rasanya juga segar karena ada taburan tauge diatasnya selain itu perasan air jeruk nipis di saus kecapnya memberikan cita rasa asam dan manis beradu dengan tahu yang gurih.  Diresep aslinya kacang goreng hanya sebagai taburan, disini saya modifikasi,  kacang gorengnya dihaluskan dan dijadikan sebagai campuran saus. Rasanya lebih mantap! Buat anda yang malas makan makanan yang berat tetapi tetap ingin perut terisi oleh hidangan yang sehat dan bergizi, menu ini bisa menjadi pilihan.

Yuk kita buat. 

Resep Tahu Guling

Tahu Guling
Resep diadaptasikan dari  buku Mudah Memasak Kuliner Nusantara, Gramedia

Untuk 4 porsi 

Bahan: 
- 500 gram tahu putih
- 125 gram tauge, seduh air panas sebentar, tiriskan
- 2 tangkai seledri, iris untuk taburan
- 2 sendok makan bawang merah goreng

Bahan saus kecap
- 5 sendok makan kecap manis
- 4 sendok teh air jeruk nipis
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula merah
- 100 gram kacang tanah goreng, haluskan
- 100 ml air

Bumbu halus:
- 3 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 5 buah cabai merah keriting
- 2 buah cabai rawit merah

Cara membuat:
Goreng tahu hingga kecoklatan, potong kotak-kotak kecil, sisihkan.

Siram tauge dengan air panas. Tiriskan dan sisihkan. 

Saus kecap: aduk rata kecap manis, air jeruk nipis, garam, gula merah, kacang tanah goreng  dan air. Tambahkan bumbu halus. Aduk rata. 

Siapkan wadah, tata tahu dan tauge. Siram dengan saus kecap, taburi dengan seledri dan bawang merah goreng.

Hmm, sedap!



3 komentar:

  1. Hallo mba sebelumnya salam kenal dari aku... oya aku sudah mencoba resep cake kukus dari JTT simple mudah dan meriah dan enak lagi. jujur ku baru pertama kali buat cake kukus langsung jadi lho gak pake bantat seneng bangetsssss >,< jadi ketagihan untuk mencoba resep-resep dari JTT yang murmer, sehat dan enak di makan. oke mba terus berkarya dengan resep-resepnya yahhhh @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal juga ya. wah senang sekali membaca resep2 JTT dicoba dengan sukses moga suka dengan resep lainnya ya. thanks sharignya disini ^_^

      Hapus
  2. Halo Mba Endang.... kemaren saya sudah buat tahu gulingnya untuk berbuka puasa. waaahh... rasanya euunaaak sekalii. Dapat pujian dari suami dan anak-anak. Terima kasih sudah berbagi mba Endang....

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...