09 Desember 2010

Perkedel Daging Sapi dengan Saus Coklat - Lezat & Praktis


Perkedel Daging Sapi dengan Saus Coklat - Lezat & Praktis

Teman kantor saya, Tri, bertanya lewat YM, kemarin. "Ndang, anakku umurnya kan 2,5 tahun. Variasi menu apa ya yang kira-kira bisa dicoba buat dia? Soalnya kasihan kan kalo setiap hari dikasih sayur bayem, sop makaroni atau sayur katuk. Trus jangan yang mengandung santan ya dan memasaknya juga nggak ribet. Tahu sendiri kan, jam 7 udah berangkat ngantor".

Masalah Tri pasti dialami juga oleh banyak Ibu-Ibu lainnya yang  harus membagi waktunya antara bekerja dan mengurus rumah tangga. Apalagi jika memiliki anak-anak yang masih balita sehingga pemilihan menunya tidak bisa sesuka hati. Harus sehat dan bergizi, higienis, menarik, lezat dan bisa dinikmati oleh si kecil. Untuk si Ibu yang menyediakannya, tentu saja menu itu juga mudah dimasak dengan cepat sehingga tidak terlalu merepotkan. 

Hmm, berniat untuk membantu saya pun memutar otak dan tercetuslah  menu yang satu ini. Membuatnya mudah, rasanya lezat, mudah dikunyah oleh si kecil dan tentunya juga sehat. Resepnya saya dapatkan dari buku Mudah Memasak Kuliner Nusantara terbitan Gramedia. Resep-resepnya mudah diikuti dan bercita rasa lezat. Recommended book untuk dijadikan koleksi.

Yuk kita intip resepnya. 

Perkedel Daging Sapi dengan Saus Coklat - Lezat & Praktis

Perkedel Daging  Sapi dengan Saus Coklat
Resep diadaptasikan dari buku Mudah Memasak Kuliner Nusantara, Gramedia

Untuk 7 - 8 buah perkedel

Bahan:
- 250 gram daging sapi giling
- 1 lembar roti tawar dan 50 ml air, lumatkan. (roti tawar saya ganti dengan 50 gram tepung roti)
- 1 batang wortel, cincang halus (resep asli tidak ada)
- 3 buah jamur shitake cincang halus (resep asli tidak ada)
- 1 butir telur ayam kocok lepas
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh pala bubuk
- minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan saus:
- 3 butir bawang merah, iris
- 1 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- 250 ml air
- 1 batang daun bawang rajang halus (resep asli tidak ada)

Cara membuat: 
Dalam mangkuk, campur daging cincang, tepung roti, garam, merica, pala, wortel,  jamur dan telur. Aduk rata. Cicipi rasanya.

Ambil sedikit adonan daging, bentuk adonan menjadi bulat agak pipih dengan menggunakan sendok makan. Goreng adonan dalam minyak panas menggunakan wajan anti lengket hingga permukaannya kecoklatan dan matang. Tiriskan.

Saus: Panaskan wajan, beri 1 sendok makan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tambahkan air, kecap manis. Aduk rata. Masukkan garam, merica bubuk dan pala bubuk. Masak hingga saus mendidih.

Tambahkan daging. Masak sampai matang dan sajikan. 

Selamat mencoba.



4 komentar:

  1. Mba, request perkedel kentang donk :D

    BalasHapus
  2. mbak mau tanya, gorengnya itu deep fried apa di tempel2 di pan aja ya bergedelnya? - ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ayu, sebaiknya deep fried ya, supaya merata matangnya dan kering.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...