19 Desember 2010

Resep Cake Buah (Fruitcake)


Resep Cake Buah (Fruitcake) JTT

Bagi yang merayakan Natal, fruitcake sepertinya salah satu kue wajib untuk disajikan di hari besar tersebut. Tetapi bagi yang tidak merayakannya seperti saya, cake buah ini menjadi favorit karena rasanya yang lezat. Kolaborasi antara cake yang manis, lembut & legit dengan buah kering yang asam-asam segar, pas banget di lidah.

Sebelum memutuskan untuk membuat fruitcake yang ini, saya telah membaca puluhan resep fruitcake di website dan aneka buku masakan. Mengkoleksinya bahkan di notebook saya. Target saya, resep yang mudah, bahannya juga tidak 'neko-neko' dan tentu saja terjangkau harganya. 'Riset' ini saya lakukan karena tidak ingin terjadi lagi kebingungan dengan hasil akhirnya seperti resep sebelumnya di Chocolate Fruitcake :)

 Well, terus terang saya cukup impress dengan fruitcake ini, tidak heran pemilik resepnya memberi judul Best Fruitcake. Cakenya lezat sekali. Yep, beginilah fruitcake seharusnya, seperti yang biasa saya makan di bakery-bakery terkenal dengan harga per-slice yang membuat dompet saya menjerit.

Tips dari saya untuk membuat fruitcake berdasarkan pengalaman yang sangat terbatas ini: 
      • Rendam buah kering semalaman dalam rum, atau bagi yang tidak mengkonsumsi rum rendam saja di dalam jus anggur atau jus apel. Gunakan saja jus botolan yang banyak dijual di supermarket. 
      • Sebelum digunakan tiriskan buah kering (tidak diperas), tambahkan tepung terigu hingga seluruh permukaan buah kering terselimuti. Ini agar buah kering pada saat dipanggang menyebar merata ke seluruh kue dan tidak tenggelam di dasar kue.
      • Letakkan rak di tengah oven, pada bagian dasar oven letakkan loyang berisi air. Gunanya agar kue lebih moist. Setelah 25 menit memanggang keluarkan loyang air supaya kue tidak terlalu lembab. 
      • Panggang kue dengan suhu 150'C saja, jangan terlalu tinggi. Panggang dalam waktu lebih dari 1 1/2 jam. Di resep aslinya kue ini dipanggang dalam waktu 3 jam dengan suhu 125'C.  
      • Biarkan kue benar-benar dingin sempurna sebelum dipotong. Bungkus dengan alumunium foil dan simpan dalam kulkas jika ingin dimakan dalam waktu lama. Biasanya kue ini diciprati dengan rum atau liquor dan disimpan dalam suhu ruang. Kemudian di setiap minggunya kue diinfus kembali dengan liquor agar awet hingga Natal tiba. Maklum saja, biasanya kue ini dipersiapkan minimal 1 bulan sebelum Natal.
      • Tips terakhir, jangan tergesa-gesa. Sepertinya tips ini berlaku untuk semua proses membuat kue ya. Persiapkan semua bahan di depan anda, takar dengan benar.  Lakukan dengan santai. Pengalaman saya sering gagal membuat kue karena persiapan yang terburu-buru, bahan yang tidak ada di depan mata sehingga pontang-panting sana sini dan tentu saja takaran yang tidak sesuai. 
      Yuk kita buat. 

      Resep Cake Buah (Fruitcake) JTT

      Cake Buah Kering (Fruitcake)
      Resep diadaptasikan dari website Ellen's Kitchen, Best Fruitcake

      Untuk 1 loyang loaf (21 x 11 x 6 cm)

      Bahan cake:
      - 115 gram mentega/margarine,  suhu ruang
      - 50 gram gula palem bubuk
      - 50 gram gula pasir
      - 3 sendok makan madu
      - 3 buah telur ayam ukuran besar
      - 100 gram tepung terigu protein rendah
      - 1/2 sendok teh garam halus
      - 1/2 sendok teh baking powder double acting
      - 1/2 sendok teh cengkeh bubuk
      - 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
      - 3 sendok makan jus anggur

      Bahan lainnya:
      200 gram campuran buah kering : kismis, sultana, kiwi kering, prunes, cranberry 
      - 100 ml jus apel
      - 20 gram tepung terigu

      Cara membuat:
      1 hari sebelum membuat cake. Aduk jadi satu campuran buah kering dan jus apel, tambahkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan ke dalam kantung plastik, ikat rapat dan diamkan selama semalam di suhu ruang. 

      Resep Cake Buah (Fruitcake) JTT

      Panaskan oven, set di suhu 150'C. Letakkan rak di tengah dan taruh loyang berisi air di dasar oven. Siapkan loyang loaf, olesi mentega dan tepung hingga permukaannya tertutup rata. Sisihkan.

      Resep Cake Buah (Fruitcake) JTT

      Tiriskan buah kering, jangan diperas. Biarkan sisa airnya, anda bisa gunakan untuk campuran cake. Campur buah kering dengan 20 gram terigu, gunakan jari tangan untuk mencampurnya, hingga buah kering terselimuti terigu. Sisihkan.

      Campur dan ayak: terigu, garam halus, baking powder, allspice, pala bubuk, kayu manis bubuk, dan cengkeh bubuk. Sisihkan.

      Di dalam mangkuk mixer, dengan speed sedang, campur dan kocok mentega, gula palm, gula pasir dan madu hingga menjadi krim dan warnanya menjadi terang.  Masukkan satu persatu telur. Kocok terus hingga kental. Matikan mixer. Tambahkan campuran terigu dan 3 sendok makan jus anggur ke dalam mangkuk. Aduk pelan dengan menggunakan spatula. Tambahkan buah kering. Aduk hingga tercampur rata.

      Resep Cake Buah (Fruitcake) JTT
      Resep Cake Buah (Fruitcake) JTT

      Masukkan adonan ke dalam loyang, jangan ratakan dan jangan ketuk-ketuk loyang agar buah kering tidak turun. Taburi permukaannya dengan kacang pecan atau cherry jika suka (saya tidak pakai). 

      Resep Cake Buah (Fruitcake) JTT

      Panggang dalam oven selama minimal 1 1/2 jam, sekali-kali putar loyang agar panas merata. ke seluruh permukaan cake.  Setelah 25 menit keluarkan loyang berisi air.  Setelah 1 1/2 jam memanggang, tusuk kue dengan lidi untuk mengetes apakah cake telah matang. Bagian tengah harus tetap moist tetapi tidak bantat. Biarkan dingin dalam oven selama 1/2 jam. Keluarkan dari oven, lepaskan dari loyang dan biarkan dingin sempurna di rak kawat sebelum cake dipotong.

      Resep Cake Buah (Fruitcake) JTT

      Potong-potong cake dengan menggunakan pisau yang tajam. Jika tidak langsung habis dimakan, bungkus cake dengan alumunium foil dan masukkan ke kulkas. Cake tahan hingga lebih dari 1 minggu.



      36 komentar:

      1. kak endang biar ga lengket pake kertas baking y?

        BalasHapus
      2. sepertinya mudah ya. saya akan coba untuk natal ini...moga moga sukses ya. tkanks

        BalasHapus
      3. yummy bnget ni kue
        buat natal thun ini paz bnget
        mkzi ya mba resep.a

        BalasHapus
        Balasan
        1. yeppp, memang oke banget buat Natal ya, sippp moga suka ya Mba

          Hapus
      4. Bumbu all spice, pala, cengkeh dan kayu manis boleh ĝǻǩ diganti bumbu spiku?? ĸαƖȏ boleh...pake brp banyak Ұά??

        BalasHapus
      5. Hello mbak, salam kenal...

        untuk menteganya pakai unsalted atau salted? saya tinggal di kota kecil, kadang yang ada cuma corman atau hollman,bagaimana jika menggunakan 100% margarine, apa akan mempengaruhi teksture dan rasa?
        Makasih mbak

        BalasHapus
        Balasan
        1. Halo Mba, pakai keduanya bisa, kalau pakai salted skip saja garam di resep (kalau ada). Bisa pakai 100% margarine kok, asalkan kualitasnya baik, rasanya akan oke2 saja, walau butter akan memberikan rasa terbaik ya

          Hapus
      6. halo mba endang..

        tlg tanya beli buah2an keringnya dimana mba?
        thanks before :)

        BalasHapus
        Balasan
        1. hai mba, saya biasanya beli di toko bahan kue, Titan, kadang carfur atau all fresh ya

          Hapus
      7. Halo mba endang apa kabar? Saya aida.
        cake buah nya cantik ya, mulus, keliatannya moist dan padat, saya suka cake tipe bgini hehe.. fruit cake ini mirip dgn cake buah2an khas melayu ya,resepnya bny di post foody blog malaysia, hny bedanya cake buah versi melayu pake gula karamel dan di kukus slama 4 jam. Hasilnya enaakk lho mba hehe...teksturnya moist padat ,saya udah mencobanya,sedap lah hehe.. tp kapan2 saya ingin nyobain resepnya mba endang,dibakar jd lebih praktis dan lbh hemat waktu.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Hai Mba Aida, thanks sharingnya ya mba. Wah saya belum pernah coba fruit cake melayu, kayanya yummy ya. Next tme mungkin akan saya coba. Makasih yaa

          Hapus
        2. Iya mba endang jika pny wktu senggang boleh tuh di cobain hehe.. dr bny2 resep yg bredar di web2malaysia saya pilih yg ga pake mikser, ada di blogcahaya sheila, sinar kehidupan, azie kitchen dan di bny blog lainnya.
          o ya saya mau laporan ni mba endang, berapa hari lalu bikin donat pisangnya, enak empuk smpi keesokan harinya,, saya benar2 ikut tips nya mba endang, ga sulit n ga bantat, seneng bngt karna brapa hari sebelumnya bikin donat pake resep laen malah gagal hehe.. trus nyobain cookies ice box, sm kue bunga mawar tanpa telur, semua enak, mba endang mm hebat.. sukses trus dgn karya2nya di jtt ya mba. Salam aida

          Hapus
        3. Hai Mba Aida, thanks infonya ya Mba, jadi pengen coba cake buah ala Malaysia hehehhe. Thanks sharingnya ya, senang resep JTT disuka.

          Hapus
      8. Dear Mba Endang, Mba klu bumbu2 nya saya hanya pakai kayu manis bubuk ditambah spekoek bisa tidak ?. Untuk supaya Cake nya lembab dan tidak beremah apakah dgn mencampurkan juice anggur spt di resep Mba Endang. Karena sy pernah mencoba dgn resep berbeda hasil cake sy beremah banyak sekali kalau dipotong, seperti kalau dipotong beremah separo potongannya. Mohon jawaban dan tips nya ya Mba .

        BalasHapus
        Balasan
        1. Hi Mba, bisa pakai kayu manis + bumbu spekuk ya. Saya rasa cake beremah karena komposisi bahannya ya Mba, atau proses pengocokannya, jus anggur untuk menambah rasa buah ya.

          Hapus
      9. salam kenal mbak endang, kemaren saya udah coba resepnya dan hasilnya emang enak banget ya kuenya....hehehehe. tapi fruitnya kok mengendap dibawah ya mbak padahal udah saya balut dengan tepung. Mohon pencerahannya mbak...makasih

        BalasHapus
        Balasan
        1. Hai Mba Tri, salam kenal dan thanks sharingnya ya. yep memang kendalanya buah kering suka tenggelam, masukkan ke adonan saat akan di panggang mba, jadi detik2 terakhir, jangan lama2 adonan diam di loyang.

          Hapus
      10. Halo mba endang, cakenya moist gak ya?...

        BalasHapus
      11. Hi mbk Endang....tq banget...cake nya...alamak...luegit polll...berhubung di area tmpat saya...Bangladesh Mymensingh gk bsa sya tmukan mix dry fruit... Saya replace dg kurma,kismis kcang mede kcang almond.... Hasilnya mantap....cake nya saya steam..tq mbak endang...

        BalasHapus
        Balasan
        1. Halo Mba, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

          Hapus
      12. Hai mbak endang, terimakasih sharing resep2nya, selama ini saya jadi silent reader. Mau bertanya untuk jus apple dan jus anggurnya apakah jus asli buah atau bisa jus instan seperti buavita.terimakasih sekali lagi. Ini salah satu website cooking terbaik di indonesia favorit saya.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Halo Mba Paulina, pakai jus buah kemasan oke kok mba, gak masalah ya. Thanks sharingnya ya, senang JTT disuka.

          Hapus
      13. Mbak Endang, air yg ditaruh di loyang air yg didihkan dulu atau air dengan suhu ruang saja Mbak. Terima kasih ya Mbak

        BalasHapus
        Balasan
        1. Hi Mba, saya pakai air biasa suhu ruang ya, bukan air mendidih

          Hapus
      14. Hi mba Endang,

        Aku ada sedikit pertanyaan, maklum sebelumnya tidak pernah baking kue sama sekali hehe.


        Kan mba Endang tulis taruh loyang berisi air di dasar oven, itu maksudnya benar benar di bagian dasar oven atau di rak di mana nanti seperti tehnik au ban marie? Terima kasih sebelumnya ya mba Endang :)

        BalasHapus
        Balasan
        1. kalau ditulis diletakkan didasar berarti berada dalam loyang terpisah dan diletakkan di dasar oven. Kalau disebut au bain marie berarti loyang berisi cake masuk ke air ya mba. beda hasilny. Untuk cake2 fragile seperti cheesecake atau custard biasanya au bain marie, kalau untuk cake diatas yang diperlukan hanya uap air supaya teksturnya lembut dan moist

          Hapus
      15. Hai mbak sy juga suka tenggelam.. Jd masuk buah nya saat sdh mau matang ya. Mohon pencerahannya mbak.. Makaish..

        BalasHapus
        Balasan
        1. Halo Mba Jane,

          1. kalau adonannya pekat, berat dan tidak encer, biasanya buah2an tidak tenggelam.

          2. Masukkan campuran buah di detik terakhir ketika adonan akan masuk ke loyang, dan langsung panggang di oven yang benar2 sudah panas.

          Hapus
      16. Hai Mbak Endang �� terimakasih sudah berbagi resep. Aku sudah mencobanya beberapa kali. Pernah sekali, pas dipotong, cakenya kaya bantat ��

        Yang mau ditanyakan, apakah penambahan jus buah pad adonannya bisa dihilangkan? Ini memang salah penanganan di bagian apa kurang tau juga. Adonannya begitu dimasukkan jus, jadi cair. Pernah buat, dimasukkan jus ya tetap kental adonannya. Kenapa ya mbak?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Hai Mba Ade, mungkin baking powdernya kurang ok mba, pakai double acting. Jus hanya 3 sdm boleh pakai boleh skip, menurut saya tdk berpengaruh banyak. salam

          Hapus

      PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

      Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

      Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

      Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

      Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

      Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

      Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

      Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...