Pages

15 Oktober 2014

Vegetarian Lumpia dengan Saus Pedas a la Thai


Tanpa saya sadari ternyata saya memiliki banyak sekali kulit spring roll dalam berbagai ukuran di freezer. Kulit spring roll super tipis dengan berbagai merk ini sangat saya sukai karena garing dan renyah serta sangat fleksibel untuk diolah menjadi aneka makanan. Sebut saja egg roll, samosa, lumpia atau untuk versi manisnya anda juga bisa mengisinya dengan potongan apel dan nanas yang dimasak dengan gula, atau mungkin pisang dengan coklat dan keju. Gulung dan goreng. Super praktis dan semua anggota keluarga pasti menyukainya. Nah berhubung minggu lalu hasil kerja keras memasak berbagai menu untuk buku kedua saya menyisakan banyak sekali sisa-sisa sayuran, tauge dan bihun rebus, kepala saya pun langsung terpikir untuk menyulapnya menjadi makanan lainya. Apalagi jika bukan menumisnya sebentar bersama bawang putih, merica dan saus tiram dan menjadikannya lumpia yang super tasty. Supaya rasa asin-gurihnya lebih balance saya pun menyajikannya dengan saus a la Thai yang terasa asam, asin dan manis. Mantap!


Jika anda bertanya ke saya bagaimana membuat kulit lumpia sendiri, maka resep pada link di bawah mungkin bisa menjadi acuan. Hasilnya tidak mengecewakan, walau dengan sangat menyesal saya akui sejak saya mengenal kulit lumpia instan ini maka membuat kulit lumpia sendiri tidak pernah lagi terlintas di dalam benak. Membuat kulit lumpia sendiri walau mudah namun cukup menyita waktu. Anda harus mendadarnya satu persatu d loyang anti lengket dan hasil akhirnya mungkin tidak akan se-smooth atau setipis versi instannya. Kalau di kota anda terdapat supermarket besar maka mungkin saat berbelanda disana anda bisa iseng berkunjung sebentar di bagian kotak lemari pendingin dimana di dalamnya berjajar dengan cantik puff pastry instan, roti mantau, roti maryam, aneka nugget dan chicken wings. Nah si spring roll ini biasanya bercokol dijajaran makanan-makanan tersebut. Anda bisa menggunakan aneka ukuran yang terdapat disana, walau untuk spring roll ini saya suka lembaran dengan ukuran yang besar sekitar 20 x 20 cm karena membuat proses melipat menjadi lebih mudah.



Sekarang kita bahas isinya, bagian ini paling saya sukai karena ide anda menjadi tak terbatas. Apapun, sekali lagi saya katakan, apapun bahan makanan di kulkas bisa anda isi ke dalam kulit spring roll. Sayuran seperti kol, sawi hijau atau putih, daun selada, kailan, broccoli, kembang kol, wortel, tauge, daun bawang, daun seledri, atau bayam bisa digunakan. Ingin isi yang lebih padat dan kenyang? Anda bisa memasukkan kentang, mie kuning, bihun, daging sapi atau ayam cincang, kornet, dan tahu yang dihancurkan. Semua lezat! 

Semua bahan ini cukup ditumis sebentar dengan bumbu yang sederhana, saya biasanya hanya menggunakan bawang putih cincang yang ditumis hingga harum, plus kecap asin, saus tiram, merica bubuk dan garam. Untuk saus tiram, bagi vegetarian anda bisa menggunakan versi yang memang diperuntukkan untuk itu. Saus tiram vegetarian terbuat dari jamur dan rasanya sama lezatnya dengan versi biasanya. Beberapa merk seperti Lee Kum Kee, atau Panda sering saya gunakan karena mampu memberikan cita rasa yang lezat. Ingin bumbu yang sedikit berbeda? Tambahkan taburan bumbu bubuk kari instan, maka lumpia anda akan terasa seperti samosa. ^_^


Kembali ke kulit spring roll instan, benda ini cukup fragile artinya anda harus semi hati-hati saat menarik lepas dari tumpukannya. Walau liat dan tidak mudah sobek namun terkadang lengket antar kulit membuatnya sobek ketika dilepaskan. Kendala ini sebenarnya tidak terlalu memusingkan kepala saya dibandingkan dengan mudahnya kulit menjadi keras dan kering. Karena sangat tipis dan mudah kering, maka tumpukan kulit spring roll sebaiknya selalu ditutup dengan selembar kain yang bersih agar tidak bersentuhan langsung dengan udara luar. Kondisi kering akan membuat kulit spring roll menjadi renyah seperti kerupuk sehingga akan patah dan pecah kala di lipat. Nah kalau kondisi ini terjadi jangan ragu untuk membasahinya dengan air. Caranya anda bisa melemaskannya dengan membungkus kulit dengan selembar kain yang lembab. Atau basahi tangan anda dan tepuk-tepukkan kelebihan air di tangan di permukaan kulit spring roll, tunggu beberapa detik hingga air meresap dan membuat kulit menjadi lemas. Kulit spring roll yang tersisa harus selalu disimpan di dalam bungkusan yang tertutup rapat di dalam freezer, sewaktu-waktu diperlukan anda tinggal mencairkannya sebentar di suhu ruang.


Berbicara mengenai saus. Ah, walau si lumpia ini sedap disantap dengan hanya berbekalkan sepotong cabai rawit, namun saus pedas asam manis a la Thai yang saya sajikan ini membuatnya beberapa kali lebih sedap. Rasa lumpia yang asin ketika berbaur dengan saus pedas yang asam dan manis membuat rasanya menjadi balance dan nendang. Tentu saja anda juga bisa menyantapnya dengan saus tomat atau saus sambal botolan. Membuat saus a la Thai seperti ini sangat mudah. Anda mungkin sering menemukan saus sejenis di supermarket di bagian saus botolan. Sebotol saus asam pedas seperti ini cukup mahal harganya, namun membuatnya sendiri sebenarnya sangat mudah. Untuk versi pedas gunakan cabai rawit yang diulek kasar, plus bawang putih, dengan tambahan cuka, garam, dan banyak gula serta tepung maizena untuk mengentalkan. Saus sedap ini siap dinikmati bersama lumpia atau aneka gorengan lainnya seperti bakwan sayur atau tahu goreng. Nampol!

Berikut resep dan prosesnya ya.


Lumpia Bihun Sayuran dengan Saus Pedas a la Thai
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 25 buah lumpia

Tertarik dengan resep seperti ini lainnya? Cek link di bawah ini ya:
Vegetarian Samosa dengan Bumbu Kari
Martabak Tahu Daging Cincang
Lumpia Goreng Isi Sayuran
Egg Roll Crospy Isi Daging Cincang, Wortel dan Tauge 

Bahan:
- 25 lembar kulit lumpia siap pakai (saya menggunakan merk Fina) 
- 1 batang wortel, potong korek api 
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- 200 gram bihun yang telah  direbus, rajang atau gunting kasar
- 300 gram tauge
- 2 ikat sawi, rajang kasar
- 1 batang seledri, rajang halus

Bumbu:
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam 
- 1 sendok teh gula pasir

Bahan dan bumbu saus a la Thai:
- 5 butir cabai rawit merah, giling kasar
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 4 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan cuka masak
- 1/2 sendok makan garam
- 300 ml air    
- 1 sendok teh tepung maizena, kentalkan dengan 3 sendok makan air 

Cara membuat:


Siapkan kulit spring roll siap pakai, jika kondisinya masih beku biarkan disuhu ruang hingga lemas. Siapkan semua sayuran, cuci bersih dan tiriskan.


Siapkan wajan/pan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bawang putih hingga harum dan sedikit kecoklatan. Masukkan saus tiram, kecap asin, aduk dan tumis beberapa detik saja agar harum. 

Masukkan wortel dan daun bawang, tumis hingga layu. Tuangkan bihun, tauge, sawi dan semua bahan isi lainnya. Tambahkan garam, gula dan merica bubuk. Masak dengan api sedang hingga semua bahan layu dan matang. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat.


Saring tumisan menggunakan saringan kawat, tekan-tekan hingga semua air di dalam tumisan terbuang.  Fungsinya untuk membuat isi tidak basah dan membuat kulit spring roll menjadi berlubang dan lembek. Sisihkan.

Tarik lepas selembar kulit spring roll dari tumpukannya secara perlahan. Tutupi sisa tumpuka kulit dengan kain bersih agar tetap lembab. Bentangkan di permukaan meja. Letakkan 1 sendok makan tumisan isi di salah satu sudut kulit.


Gulung dua kali dan lipat bagian kiri kanannya seperti melipat kertas untuk amplop. Padatkan dan gulung rapat-rapat. Menggulung rapat dan padat lumpia sangat penting untuk mencegah banyak rongga udara terbentuk di dalam lumpia. 

Basahi ujung kulit dengan air biasa dan rapatkan ke lumpia. Lakukan hingga semua tumisan isi habis. Anda mungkin bisa menghasilkan lebih dari 25 buah lumpia, tergantung dari besar kecilnya lumpia yang anda buat.


Goreng lumpia menggunakan api kecil dengan posisi lipatan terakhir di bagian bawah sehingga kulit tersegel dengan baik. Goreng hingga permukaannya kuning kecoklatan. Jangan menggunakan api besar karena kulit spring roll yang tipis mudah berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan pada semua lumpia lainnya.

Membuat saus


Siapkan panci kecil, masukkan semua bahan saus kecuali maizena. Rebus hingga mendidih dan matang. Masukkan larutan tepung maizena dan masak dengan api kecil hingga mendidih dan kental. Cicipi rasanya, saus harus terasa asam, manis, asin. Jadikan seimbangkan rasa dengan menambahkan gula, cuka dan garam. Angkat.

Sajikan lumpia dengan saus cocolannya. Super yummy!
 

34 komentar:

  1. siang mba endang,,
    siang2 gini buka blog mba, dan ada resep baru lagi yang bikin air liur mentes,

    mba sya mau tanya, gmna ya supaya lumpia yang udah di goreng biar selalu renyah kalo udh di diemin agak lama?,

    kalo di daerah saya suka ada abang2 penjual pisang aroma khas bandung, saya liat hasilnya selalu renyah walaupun sdh di diamkn bbrapa saat..

    thanks mba endang, sukses buat buku keduanya. =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Roselyana, terus terang saya juga kalau buat renyahnya gak bs lama Mba, jadi mesti panas2 dimakan, kalau dah dingin jadi kurang crispy. Hanya saja kalau pakai kulit spring roll instan ini crispynya lebih tahan lama ya

      Hapus
  2. Hai mba Endang,
    wah aku bolak balik telan liur neh..ha ha ha..
    bayangin makan lumpia krispi dgn saus yg sdh kebayang rasanya, asam pedas manis..nyam2...enak nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Monic, wakakkak iya enak banget Mba, kalau cuman lumpia saja kurang nendang plus sausnya baru mantap hehehhe

      Hapus
  3. Halow mba endang, sukaa banget sama resep2nya.. :D
    Aku mau tanya, kl yg pake isian apel itu apa namanya? Apa mba pernah bikin? Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, mirip seperti apple pie ya, hanya saja kulitnya tipis. Di jakarta ada yang jual diisi dengan pisang dan coklat, dan digoreng. Maknyuss juga hehehhe

      Hapus
  4. mbak, kalau isi lumpianya dibikin isian lumpia semarang & dicocol dg sausnya cucok kan ya mbak ?
    soalnya pengen sausnya tapi nggak pernah makan lumpia sayur mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dwee, yepppp tetap cucok kok mba, heheheh. Saya pengen bikin lumpia semarang cuman susah cari rebungnya.

      Hapus
  5. hi mba.. salam kenal..saya novi... mnrt saya smua resep mba endang mantep..aku ud sering nyoba.. dan alhamdulillah sukses smua.. anak..suami suka.. ud lama ngikutin blog ini.. dan baru hari ini saya nemu resep otak2 tanjungpinang..wawwww.... langsung jingkrak2 kegirangan.. kangen terobati... secara saya org tanjungpinang asli yg merantau di jkt.. bsk mo langsung nyoba.. trmksh ya mba endang... l love youuuuuuuuuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Novi, salam kenal juga ya Mba, thanks sudah bersedia mengikuti perjalanan JTT. Otak2 tanjung pinang sampai sekarang masih tetap berusaha mencari resep terbaik hiiks, belum seperti yang di tanjung pinang atau batam hehhehe

      Hapus
  6. mba endang kalo kulit lumpianya yg dijual dipasar tanpa merk gt bs kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, yepppp tetap bisa ya, semua sama enaknya kok

      Hapus
  7. saus cabenya mantep mbk... asyik, mau ada buku kedua, saya pasti pesen lagi. Yang pertama sudah selesai saya eksekusi...^^. Semangat terus mbk Endang, ditunggu bukunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Oka, waah senang sekali sausnya disuka, thanks yaaa. Doakan saja bukunya segera terbit hehehhe

      Hapus
  8. Mbak endang isiannya kayak tahu isi yaa hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak endang, kalau lumpianya dikukus kira-kira bakal jadi aneh ga ya? :D

      Hapus
    2. hai mba, kalau pakai kulit spring roll instan seperti saya diatas nggak bs dikukus ya mba, kulit spring rollnya akan hancur. tapi kalau mba pakai kulit lumpia bikin sendiri yang agak tebal dan keras teksturnya mungkin bs dikukus ya

      Hapus
  9. Hi mba endang slm knl ya sy anita,,sy selaluuuuu mampir tiap hr ke blog mba, cr resep macam2, dan alhmdlh tiap kali cb resep mba sllu berhasil dan enak hehee,,sy lg cr resep lumpia yg kecil2 itu mba yg gurih n garing lumpia apa ya nm nya, yg ukurannya sebesarnya jari,,1 lg mba yg sy cr resepnya es krim yg bhannya tnpa pisang mba,,mksi ya mba ats resep2 nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba anita, salam kenal ya dan thanks loh sudah bersedia singgah di JTT. Sumpia kali ya, yang kecil2 pakai ebi kering/abon di dalamnya. Pakai saja kulit spring roll instan diatas, karena hasilnya bisa benar2 garing dan crispy ketika digoreng, pakai isian abon saja supaya mudah.

      es krim lainya, mungkin bs coba ini ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/11/es-krim-mangga.html

      Hapus
  10. Mba endang sy mau tanya, cuka masak itu gimana ya? Dan gimana caranya biar cuka nya bisa masak? Hehe

    Oiya mba endang sekalian tanya. Ini saus nya rasanya sama nggak kyk saus dimsum yg asam pedas manis? Soalnya sy cari2 resep saus dimsum asam pedas manis nggak ketemu2. Hehe trims mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, cuka biasa ya mba, yang dipakai buat acar atau asinan. banyak dipasar, botol putih kemasan kecil atau besar. Karena jenis cuka ada banyak, ada yang buat industri ada yang buat masak. tapi yg dijual disupermarket dan pasar adalah cuka masak

      saus thai ini sama seperti yang diresto dimsum ya, asam pedas manis

      Hapus
  11. Selamat sore mba Endang, salam kenal ya.. postingan ini menginspirasi sekali. weekend lalu saya bikin Lumpia Isi Sayur ala2 sendiri hehehe, biasanya makan Lumpia pakai rawit saja atau saus sambal botolan (duh), kemarin itu suami request saus yang pedas manis, jadilah saya nemu resep Saus Pedas mba Endang ini, dicontek deh hehehe walaupun ada yg diganti sesuai selera dan ketersediaan bahan :)
    thanks ya mba atas sharing resepnya. sukses selalu untuk mba Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Fitri sharingnya ya, senang resep sausnya disuka, sukses ya

      Hapus
  12. hallo mbak...salam kenal :) sudah setahun lamanya saya selalu rajin menengok resep2 baru dan langsung masuk ke dapur mencoba ber eksperimen dengan resep2 yang selalu berhasil "menggoda hati" .

    khusus untuk lumpia vegetarian ini.. apakah bisa di store di freezer utk bbrp hari ataupun di kulkas semalam ?

    sukses selalu ya mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga ya mba, thanks sharingnya yaa, senang resep2 JTT disuka.

      yep bs di freezer hingga 1 bulan lamanya ya. atau 3 hari di chiller dalam wadah tertutup rapat

      Hapus
  13. Mbak Endang, kalau mau di freezer, tahapnya sampai mana ya? bisa tahan berapa lama? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di freezer mba, tahap ketika sudah dibungkus tetapi belum digoreng ya. Tata janga bertumpukan atau berikan selembar plastik/kertas baking jika akan ditumpuk. bs sampai 1 bulan di freezer ya

      Hapus
  14. Salam kenal mbk endang.... Itu saosnya kayak saos cocolan dimsum ya... Jadi pengen buat kayaknya mudah ni.....

    BalasHapus
  15. mbak endang saya derry dr batam.. saus nya bsa d pake buat ayam barbeque gak ya.. soalnya saya. ada acara kluarga tp blum tau sausnya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saus ini kurang oke untuk ayam barbeque ya, coba pakai saus campuran saus tomat, saus sambal, bawang putih cincang halus, sedikit saus tiram, kecap asin, gula dan garam. Klau mau pedas tambah cabai bubuk. Tambahkan air dan dimasak sampai mendidih, kalau mau kental tambah tepung maizena yang diencerkan dengan air.

      Hapus
  16. Assalamualaikum mbak Endang, saus a la Thai ini kalo simpan di kulkas bisa tahan berapa lama ya?
    Boleh di freezer?
    Tati - Kendari

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^