Pages

22 Juni 2016

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Bitterballen merupakan makanan ringan (snack) a la Belanda yang menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Umumnya kue ini berisi campuran irisan daging sapi atau daging sapi cincang, kaldu daging, mentega, tepung untuk mengentalkan adonan, daun peterseli, dan garam, yang dimasak dalam adonan tepung (roux) yang pekat. Beberapa resep menggunakan buah pala, resep lainnya menambahkan bubuk kari ke dalam adonan. Sayuran yang dicincang seperti wortel daun bawang dan kacang polong juga umum ditemukan di dalam bitterballen. 

Semua bahan-bahan ini kemudian diaduk menjadi satu, dimasak hingga menjadi pekat dan kental kemudian didinginkan hingga adonan mengeras. Ketika telah benar-benar dingin, adonan kemudian dipulung bulat sebesar bola pingpong, digelindingkan ke dalam kocokan telur dan breadcrumbs, dan digoreng hingga permukaannya kecoklatan. Versi lainnya adalah adonan dipulung berbentuk bulat memanjang seperti risoles dan digoreng, jenis ini bernama kroketten (croquette).

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda
Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Berbicara mengenai kroket maka ingatan kita pasti melayang pada jenis kroket yang umum ditemukan di Indonesia yaitu kroket kentang. Resep kroket kentang pernah saya posting sebelumnya, anda bisa melihat resepnya pada link disini. Makanan ini sebenarnya diperkenalkan oleh bangsa Belanda sejak jaman kolonial dan menjadi populer di negeri kita. Variasi kroket sendiri tak terhitung banyaknya dan beberapa negara sepertinya memiliki keunikannya masing-masing. Misalnya saja di Jepang, kita mengenal kroket yang sama bernama korokke. Resep korokke pernah saya hadirkan di JTT, anda bisa melihat resepnya pada link disini. Korokke berbentuk bulat, lonjong dan pipih, terbuat dari kentang tumbuk bercampur dengan aneka jenis sayuran dan daging, serta disantap bersama dengan saus tonkatsu. 

Di US, makanan bernama fish cake dan crab cake sebenarnya adalah jenis kroket. Terbuat dari fillet ikan atau daging kepiting bercampur dengan kentang tumbuk yang dibentuk bulat pipih, dibalur breadcrumbs dan digoreng dengan cara deep fried. Di India dikenal kroket bernama aloo tikki yang sangat populer di India Utara, terbuat dari kentang tumbuk atau daging domba cincang yang dibentuk patty dan digoreng hingga matang. Aloo tikki umumnya disajikan bersama kuah daging yang kental.

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda
Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Berbeda dengan umumnya kroket yang menggunakan kentang rebus tumbuk sebagai bahan dasar maka bitterballen menggunakan tepung terigu yang dimasak bersama mentega menjadi adonan bernama roux. Susu cair kemudian ditambahkan ke dalam roux dan adonan dimasak hingga kental. Bahan-bahan lain seperti daging (sapi atau ayam), aneka sayuran dan bumbu lainnya kemudian ditambahkan. Bitterballen dan kroketten yang umumnya ditemukan di Belanda biasanya menggunakan veal (daging dari sapi yang masih muda). Daging direbus hingga empuk, disuwir-suwir dan dimasukkan ke dalam adonan tepung. Namun daging sapi cincang juga umum ditemukan di pasaran. 

Nama bitterballen sendiri  berasal dari kata generik yang mengacu pada sejenis herba yang umum ditambahkan pada minuman beralkohol bernama bitter di Belanda. Kue ini populer disajikan sebagai bagian dari bittergarnituur, aneka varian kue/camilan gurih yang disajikan bersama minuman di pub atau pada acara resepsi di negeri Kincir Angin tersebut. 

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Sekarang ke proses pembuatannya yang relatif mudah. Untuk membuat bitterballen dan kroketten pada resep kali ini maka saya menggunakan daging sapi cincang. Protein hewani ini bisa digantikan dengan daging ayam cincang atau daging ayam rebus yang disuwir-suwir. Daging sapi cincang ditumis terlebih dahulu bersama aneka bumbu dan sayuran hingga matang baru kemudian ditambahkan ke dalam adonan tepung yang terbuat dari campuran tepung terigu, mentega dan parutan keju. Bagian krusial dalam membuat adonan bitterballen adalah tingkat kekentalan adonan yang akan kita buat. Terlalu lembek maka adonan susah untuk dibentuk bulat, namun jika terlalu keras maka bagian tengah kue tidak akan meleleh cantik ketika telah digoreng.


Saya sendiri membuat adonan kue ini dalam dua versi, versi pertama adalah adonan yang agak lembek dan sedikit susah untuk dibentuk, namun ketika matang kue memberikan tekstur yang lembut dengan rasa laziz. Versi kedua, karena malas berurusan dengan adonan yang susah diajak bekerja sama maka saya menambahkan beberapa sendok breadcrumbs, hasilnya adalah adonan yang sangat mudah dibentuk namun ketika matang kehilangan tekstur melelehnya yang yummy Jadi saya kembalikan ke selera anda masing-masing, jika kesulitan membentuk adonan maka beberapa sendok breadcrumbs bisa menyelamatkan hari anda. Namun jika membentuk adonan lembek bukanlah suatu masalah maka adonan tanpa breadcrumbs akan memberikan hasil dan rasa yang lebih sedap. 

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda
Lumer dan lembek adalah tekstur umum di dalam bitterballen

Untuk sayuran yang digunakan sebenarnya tidak terpaku pada sayur yang saya cantumkan di resep. Beberapa sayuran yang bisa anda gunakan seperti wortel, jamur merang/champignon cincang, daun bawang, kacang polong rebus (kaleng), dan rajangan halus buncis. Secara keseluruhan membuat hidangan ini relatif mudah dan rasanya pun sangat sedap.

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Dutch Kroketten (Croquettes) alias Bitterballen
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 10 buah bitterballen 

Tertarik dengan resep gorengan lainnya? Silahkan klik link disini:
Resep Combro Empuk 
Resep Tempura
Bakwan Sayur dengan Saus Asam Pedas  

Bahan A:
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 200 gram daging sapi cincang, bisa diganti dengan fillet ayam/ayam rebus yang disuwir, tuna, sarden kalengan, udang atau cumi-cumi cincang, fillet ikan
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 3 siung bawang merah, cincang halus
- 1 sendok teh cabai merah kering bubuk (optional) 
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 batang wortel, cincang halus/serut kasar
- 1 batang daun bawang, rajang halus

Bahan B:
- 2 sendok makan mentega/margarine
- 5 sendok makan tepung terigu serba guna (protein sedang)
- 200 ml susu cair
- 3 sendok makan keju cheddar parut (optional)
- 1 sendok makan daun peterseli/seledri  cincang (optional)
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh merica putih bubuk
- 2 butir kuning telur

Bahan untuk melumuri kroket:
- 3 sendok makan maizena atau tepung terigu serba guna
- 2 putih telur kocok lepas
- 1 mangkuk breadcrumbs (ingin versi homemade-nya? Klik link disini)

Note:
jika adonan terlalu lembek dan sulit dibentuk maka tambahkan sekitar:
3 - 4 sendok makan breadrumbs ke dalam adonan, atau
- kentang tumbuk  

Cara membuat:

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Siapkan wajan/pan anti lengket, panaskan 1 sendok makan minyak di wajan. Tumis daging sapi cincang dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga daging berubah warna tidak kemerahan. 

Masukkan bawang putih, bawang merah, dan cabai bubuk, aduk dan tumis hingga bawang harum. Tambahkan saus tiram, aduk dan tumis beberapa detik agar saus tiram harum dan matang. 

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Masukkan wortel dan daun bawang, masak hingga wortel layu. Angkat dan sisihkan.

Siapkan panci anti lengket, masukkan mentega dan panaskan hingga leleh. Masukkan tepung terigu, aduk hingga tepung tercampur dan terendam mentega dengan baik. Masak sebentar hingga tepung berubah warna tidak pucat dan matang. 

Masukkan sedikit demi sedikit susu cair sambil adonan diaduk hingga semua susu habis. Masak dengan api kecil hingga adonan mengental, dan saus benar-benar matang dan menghilangkan rasa tepung mentah. Sekitar 2 - 3 menit. 

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Masukkan keju parut dan daun peterseli cincang, aduk dan masak hingga keju meleleh. Matikan api kompor.

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Tambahkan tumisan daging, aduk rata. Masukkan garam, gula pasir dan merica bubuk, aduk rata. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya. 

Adonan harus kental dan pekat, jika terlalu encer tambahkan tepung terigu atau jika terlalu pekat encerkan dengan beberapa sendok makan susu cair. Biarkan adonan sedikit mendingin. Masukkan kuning telur dan aduk cepat dengan spatula hingga tercampur baik. 

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Bungkus permukaan panci dengan plastik wrap dan masukkan adonan ke chiller kulkas hingga benar-benar dingin. Atau tuangkan adonan ke piring, bungkus rapat dan masukkan ke chiller hingga benar-benar dingin dan keras. Ketika adonan telah dingin maka teksturnya akan keras. 

Siapkan tepung terigu, kocokan telur dan breadcrumbs dalam wadah terpisah. Lumuri permukaan tangan anda dengan tepung agak banyak, ambil dua sendok makan adonan. Bentuk bulat untuk menjadi bitterballen atau lonjong panjang untuk menjadi kroketten. 

Celupkan adonan yang sudah dibentuk ke putih telur kocok, gulingkan ke breadcrumbs. Tata di piring datar dan bentuk hingga semua adonan habis. 


Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Panaskan minyak agak banyak di wajan anti lengket, sebaiknya bitterballen tercelup semua ke dalam minyak (deep fried). Goreng kue hingga permukaannya coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. 

Bitterballen sedap disantap bersama saus sambal botolan, saus tomat atau cabai rawit. Super yummy!

Resep Bitterballen alias Kroket a la Negeri Belanda

Gambar diatas adalah penampakan tekstur kue tanpa tambahan breadcrumbs di adonan dan yang menggunakan breadcrumbs. Kue tanpa breadcrumbs terlihat meleleh dan lembut. 

Sources:
Wikipedia - Bitterballen
Wikipedia - Croquette  

TESTIMONI PEMBACA

Rihandani Krerstiana
baru bikin juga 2 hari lalu... 

 

28 komentar:

  1. wah, kirain bitterballen ya kroket kentang aja.. ternyata aslinya versi tepung terigu...

    makasih resepnya mbak endang..

    Melly

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep mba melly, atau mix kentang dan terigu juga oke ya

      Hapus
  2. Yaaaahh mbak endang baru posting, tadi sore bikin bitterballen untuk buka puasa tapi pake resep lain, rasanya kurang nendang, trus abis maghrib browsing nyari resep yg mantab, eh mbak endang posting ini '3 hours ago' huhuhu kayanya enaaaaaakk bgt yg ini ^^ besok2 harus di eksekusi untuk buka nih, wish me luck mbak endaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha, gak papa mba, masih banyak hari dan waktu, bs dicoba lain waktu yaa

      Hapus
  3. Mbak endang. Klo perkedel masih sodaraan dg kroket/bitterbalen kali ya. Aku baru tau ternyata adonan terigu. Makasi resepnya. Bermanfaat banget bikin aku ngiler hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, perkedel sebenarnya kroket ya, cuman ganti nama saja hehhehe, thanks yaa

      Hapus
  4. Oh... ternyata mudah juga ya... sy pikir ribet... makasih mbak Endang...

    BalasHapus
  5. akk ini makanan kesukaan banget klo lagi di Belanda. weekend ini pasti langsung aku coba untuk mengobati kerinduan. hahaha..

    makasi banyak mba endang for sharing this recipe!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, moga suka setelah dicoba yaaa. pasti di Belanda rasa kroketnya maknyus ya hehhehe

      Hapus
  6. Mba endang, aku mau tanya. Tepung terigu serba guna itu tepung segitiga biru? Apa tepung sajiku? Agak rancu akunya >.<

    Makasih mba sebelumnya.
    Dhea-karawang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dhea, nama aslimya all purpose flour,tepung terigu protein sedang yang bs digunakan untuk aneka makanan. Jadi bukan tepung bumbu ya mba, tepung bumbu bukan serba guna karena hanya dipakai untuk membuat makanan tertentu saja (gorengan).

      Hapus
  7. Mba endang aku sudah praktek resep ini. Roux nya aku tambah kentang puree. Enakk mbaa. Resep2 mba endang memang ngga pernah gagal. Trimakasih yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  8. Boleh diisi keju ga mba dalam adonannya? Sebaiknya easy melt atau mozarella?

    BalasHapus
  9. Mba.. kl misalnya aku bikin adonannya malam simpan di kulkas, trus di bentuk & digorengnya baru besoknya kira-kira basi ga ya mba?

    BalasHapus
  10. Mba, jika mau versi kentangnya apa tepung tinggal diganti sm kentang? Atau jika ga ada terigu bisa digantindgn tepung beras?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepung gantikan kentang saja mba, saya belum pernah coba pakai tepung beras, sebaiknya pakai tepung roti saja supya adonan tdk lembek

      Hapus
  11. Mbak endang,ini kl dsimpan d kulkas ga langsung d goreng harus d kukus dl ga ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak ya kukus mba, langsung masuk freezer atau kulkas, kalau mau dikukus dulu juga tdk apa2 baru nanti dipanir ya

      Hapus
  12. mba endang kalau di panggang kira2 bisa gak yahh

    BalasHapus
  13. Mbak endang, mau laporan...aku habis praktekin resep bitterbellen ini dr mbak endang... Dan hasilnya semua pd bilang makyussss pake banget 😁 sampe bocah2 kecil drmh ku pd doyan...
    Resep aku modif dikit, susu aku buat setengah ukuran, trs setengah ukuran lg aku pake kaldu ...
    Dan dengan pedenya aku buat lgsg 1setengah resep.donk mbak 😁 alhamdulillah sukses
    mkasih ya mbak endang.. Kau penyelemat aku kl ud buntu mau masak apa...gara2 blog mbak endang aku jd pede masak dan sok jago masak hahhaa...tp bener loh resep mbak endang dr semua yg aku praktekin semuanya kebangetan enaknya hihihi.. Sekali.lg makasih ya mbak 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Kenny, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, yep bitterballen original di negara asalnya pakai air kaldu juga mba, bukan susu. Sukses yaaa

      Hapus
  14. Pengalaman sukses memasak bermodal resep JTT, membuat saya PD membuat bitterbalen dengan 2x resep dan walau berjibaku dengan adonan lengket tapi enggan menambahi breadcrumbs atau kentang karena suka tekstur isian bitterbalen yang cenderung basah, saya mengakali memulung dan menggulingkan adonan di telur dengan sendok, barulah saat melapisi breadcrumbs, adonan saya bentuk. Hasilnya sesuai harapan garing di luar basah di dalam. Yummy banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Bunda Ghania, samaaa, saya juga suka yang dalemnya moist setengah basah dan luar garing. Tapi demi foto supaya cakep, terpaksa nambah bread crumbs wakkakkaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^