24 Juni 2015

Resep Kroket Kentang Isi Ayam dan Wortel


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Kroket kentang, makanan 'jadul' yang tidak pernah terasa membosankan. Itu menurut saya, karena kentang adalah makanan kegemaran yang jika diolah menjadi penganan apapun pasti akan saya sukai. Apalagi jika diolah bersama rempah sedap seperti pala dan merica serta diisi dengan tumisan ayam dan wortel yang gurih layaknya postingan kali ini.  Hm, dua buah kroket ukuran jumbo beserta segenggam cabai rawit pun lenyap tak bersisa dengan cepat ketika berbuka puasa weekend lalu. Tak peduli dengan perut yang terasa panas dan tenggorokan yang pedih. Bagi saya menyantap camilan gorengan gurih seperti ini tanpa cabai seperti menyantap sayur tanpa garam, tidak meninggalkan kesan.  ^_^

Walau ternyata membuat kroket sangatlah mudah namun jika mood memasak belum kunjung tiba maka resep pun hanya terbengkalai begitu saja, padahal sudah beberapa kali saya merencanakannya. Sering kali saya membeli beberapa butir kentang dan berjanji untuk mempermaknya menjadi kroket namun si kentang akhirnya justru berubah menjadi makanan lain. Nah weekend lalu dalam rangka membuat camilan berbuka puasa maka beberapa kentang sisa membuat kalio ayam pun akhirnya saya goreng dan tumbuk menjadi adonan kroket. Ukurannya yang jumbo serta isi tumisan ayam yang banyak membuat mulut ini terasa puas kala menyantapnya. Super yummy!


resep kroket kentang isi ayam dan wortel
resep kroket kentang isi ayam dan wortel


Kroket atau croquette, merupakan makanan berbentuk bulat lonjong yang diselimuti dengan breadcrumbs atau tepung roti dan digoreng. Biasanya jika di luar negeri maka bahan utamanya adalah kentang tumbuk, daging cincang (sapi, ayam atau kalkun), seafood, ikan, keju, sayuran, dan roti tawar yang direndam susu cair dan dilumatkan. Semua bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan saus putih (bechamel) bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, merica, daun rempah kering, dan pala. Adonan ini kemudian dibentuk bulat lonjong atau piringan bulat pipih dan digoreng dalam minyak yang banyak (deep fried). Kroket terkadang hadir begitu saja alias tidak menggunakan isi di dalamnya, namun jika diisi maka bahan pengisi kroket umumnya adalah tumisan bawang putih, jamur, dan telur rebus. 

Kata croquette berasal dari bahasa Prancis, croquer yang artinya "to crunch". Mungkin mengacu pada permukaan kroket yang garing dan renyah, sehingga ketika dimakan akan remuk dan mengeluarkan suara bergemersik. Makanan ini sangat populer di seluruh dunia selain sebagai camilan juga sebagai fast food.


resep kroket kentang isi ayam dan wortel
resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Sesuai dengan asal namanya maka kroket pertama kali dikenalkan di Prancis. Hidangan berupa kentang tumbuk yang diisi dengan filling berupa ragout ini dianggap sebagai makanan khas Prancis yang lezat. Kroket pertama kali disebutkan pada sebuah resep pada tahun 1691 oleh chef Raja Prancis Louis XIV dengan menggunakan bahan-bahan seperti jamur truffles, roti manis dan cream cheese. Namun sejak tahun 1800-an hingga sekarang kroket menjadi makanan solusi untuk memanfaatkan masakan daging rebus yang tersisa. 

Karena makanan ini dikenal hampir di seluruh negara di dunia maka tak heran variasi yang bisa ditemukan pun sangat banyak, dan di Indonesia sendiri kroket diperkenalkan oleh bangsa Belanda pada masa kolonialisme. Di Belanda makanan ini sangat populer sebagai fast food, biasanya kroket hadir berupa ragout daging yang dibungkus dengan kentang tumbuk, dipanir dan digoreng dalam minyak yang banyak. Begitu terkenalnya kroket - di Belanda di kenal dengan nama kroketten - maka riset pada tahun 2008 menujukkan bahwa sekitar 350 juta kroketten disantap di negara tersebut setiap tahunnya. Jika diperkirakan 75% warga Belanda menyantap snack ini maka rata-rata satu orang menyantap sebanyak 29 kroketten per tahun. 

Suksesnya kroket di Belanda menimbulkan banyak varian kroket bermunculan dengan bahan isi yang bervariasi seperti mie atau nasi dengan nama yang berbeda-beda pula. Satekroket, merupakan salah satu jenis kroket yang juga populer di sana, berupa kroket yang diisi dengan saus sate yang terbuat dari kacang tanah dan ragout daging.


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Di Indonesia sendiri, walau makanan ini sudah diperkenalkan sejak jaman penjajahan Belanda namun kepopulerannya sendiri tidaklah se-booming di negara asalnya. Mungkin karena kentang bukanlah makanan pokok di negara kita sehingga kroket pun hanya dianggap sekedar camilan selayaknya lumpia, risoles, bakwan atau tahu isi. Kroket di negera kita berupa kentang yang dihaluskan dan digunakan untuk membungkus isi yang biasanya terbuat dari tumisan ayam dan sayuran. Adonan yang sudah dibentuk bulat lonjong ini kemudian di celupkan ke dalam kocokan telur dan dibalut tepung panir untuk kemudian di deep fried hingga permukaannya kering kecoklatan. 

Tumisan isi roket yang biasanya disebut dengan ragout ini bisa dibuat dari daging ayam atau daging sapi bersama cincangan sayuran dan dikentalkan dengan tepung maizena. Sayuran yang umum digunakan biasanya hanya terbatas pada wortel dan kacang polong, sangat jarang sekali menemukan kroket yang diisi dengan sayuran yang terlalu bervariasi.


resep kroket kentang isi ayam dan wortel
resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Sekarang ke proses pembuatannya, karena makanan ini sangat mirip dengan perkedel maka tips Ibu saya agar perkedel mampu mengeras dengan baik dan mudah dibentuk tanpa berhamburan menjadi potongan kecil ketika digoreng adalah dengan menggoreng kentang dan bukan mengukus atau merebusnya. Mengukus atau merebus kentang akan membuat adonan menjadi sangat lembek karena kandungan air yang banyak, membuat kita sulit membentuknya dan ketika digoreng pun maka adonan akan menjadi mudah hancur. 

Lantas bagaimana jika saya ingin mengurangi konsumsi minyak? Nah kalau tujunnya seperti itu maka mengukus kentang akan memberikan hasil terbaik dibandingkan merebusnya. Kukus kentang hingga lunak, kemudian dinginkan hingga kentang benar-benar dingin. Kentang yang dingin akan membuat kandungan airnya tidak terlalu banyak. Haluskan kentang bisa dengan food processor atau chopper atau ulekan biasa. Jika konsistensinya terlalu lembek maka masukkan beberapa sendok makan breadcrumbs ke dalam adonan kentang agar air terserap dan membuat adonan lebih kesat. 


resep kroket kentang isi ayam dan wortel
resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Adonan kentang yang telah ditumbuk kemudian kita gunakan untuk mengisi tumisan isi yang terbuat dari ayam dan wortel.  Jika adonan lengket di tangan maka oleskan permukaan tangan dengan minyak goreng, kemudian bentuk adonan menjadi bulat lonjong, dan celupkan di kocokan telur. Untuk kocokan telur ini berhubung karena saya sering malas memecahkan banyak telur hanya untuk merekatkan tepung panir maka saya biasanya mencampur telur dengan sedikit susu cair untuk membuat volumenya menjadi lebih banyak tanpa mengorbankan telur lainnya. Untuk resep di bawah saya menggunakan susu kental manis dan air sebagai pengganti susu cair. 

Bagian terpenting lainnya dalam membuat kroket adalah menggelindingkan bulatan adonan di permukaan tepung panir atau breadcrumbs. Jika breadcrumbs yang anda gunakan terlalu kasar (butirannya besar-besar) seperti yang saya gunakan pada gambar di bawah maka proses sebentar breadcrumbs dengan blender dry mill, tekan pulse dua atau tiga kali saja untuk memecahkan butiran tersebut agar menjadi lebih kecil. Tetapi ingat jangan terlalu berlebihan menghancurkannya hingga menjadi halus seperti tepung. 

Untuk memudahkan pekerjaan memanir, maka tips penting adalah jaga agar tangan anda tetap kering dan bersih dari adonan. Karena itu buatlah bulatan-bulatan kroket terlebih dahulu hingga semua adonan habis, kemudian celupkan masing-masing bulatan tersebut ke dalam kocokan telur dan tata di permukaan piring datar. Cuci bersih tangan anda dan lap hingga kering,  baru kemudian lanjutkan dengan melumuri permukaan bulatan adonan kroket dengan tepung panir atau breadcrumbs. Sebagaimana makanan lainnya yang terbungkus breadcrumbs maka kroket harus digoreng dengan api kecil dalam minyak yang banyak (deep fried lebih baik) dan harus sering dibalik-balikan agar permukaannya menjadi mulus kecoklatan. 

Berikut resep dan prosesnya ya. 


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Resep Kroket Isi Ayam dan Wortel
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 10 - 15 buah kroket 

Tertarik dengan resep camilan lainnya untuk berbuka puasa? Silahkan klik link di bawah ini:
Risoles Smoked Beef
Martabak Tahu Daging Cincang
Lumpia Isi Rebung

Bahan kulit:
- 500 gram kentang, kupas, potong ukuran 3 x 3 cm
- 1 buah kuning telur
 - 1/4 buah pala parut halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 2 - 3 sendok makan susu kental manis (optionl)
- 2 sendok teh garam

Bahan isi:
- 1 sendok makan margarine untuk menumis
- 4 siung bawang merah, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 200 gram daging ayam cincang
- 1/2 batang wortel, rajang kotak kecil
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk 
- 1/4 buah pala, parut dengan parutan keju 
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok makan kecap manis
- 1 sendok  makan saus tiram
- 1 sendok teh gula pasir
- 100 ml susu cair
- 1/2 sendok makan tepung maizena
- 1/4 sendok teh garam, jika kurang asin

Kocokan telur (kocok jadi satu):
- 1 butir telur
- 2 sendok makan susu kental manis
- 25 ml air

Bahan lainnya:
- breadcrumbs atau tepung panir secukupnya untuk melapis adonan

Cara membuat:
Membuat kulit kroket


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Siapkan wajan, beri minyak agak banyak dan panaskan. Goreng kentang hingga empuk dan permukaanya sedikit kecoklatan, jangan terlalu lama menggoreng hingga kentang menjadi kering. Test kematangan kentang dengan menusukkan bagian tengah dengan garpu atau pisau, jika ujung garpu melesak dengan mudah maka kentang telah matang. Segera angkat dan tiriskan. 

Dinginkan kentang, kemudian proses kentang dengan chopper atau food processor atau anda bisa juga menumbuknya manual dengan ulekan batu hingga menjadi adonan yang smooth. 

Tuangkan adonan ke piring atau mangkuk, masukkan semua bahan kulit lainnya, aduk hingga rata. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Sisihkan.  


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Jika breadcrumbs anda memiliki butiran besar seperti gambar sebelah kiri diatas maka proses sebentar dengan blender dry mill hingga butirannya mengecil seperti sisi kanan. Tekan pulse beberapa kali saja agar tidak over process dan membuat breadcrumbs menjadi terlalu halus. Sisihkan. 

Membuat tumisan isi


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Siapkan wajan, panaskan margarine hingga meleleh. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan ayam cincang, aduk dan tumis hingga daging ayam berubah warnanya. 

Tambahkan wortel, aduk dan masak hingga wortel dan ayam matang. 


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Masukkan semua bahan tumisan isi lainnya kecuali susu cair dan maizena, aduk dan tumis selama beberapa detik saja. Masukkan susu cair dan tepung maizena, aduk dan masak hingga tumisan mengental dan menggumpal. Cicipi rasanya seusaikan rasa asin dan manisnya, angkat dan dinginkan.

Membentuk kroket


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Ambil sekitar 1 1/2 sendok makan adonan kulit kroket (saya membuat ukuran yang jumbo), pipihkan adonan di permukaan tangan. Jika adonan lengket olesi permukaan tangan dengan minyak goreng. 

Letakkan 1 sendok makan tumisan isi di tengah-tengah adonan kulit, bungkus tumisan isi dengan adonan kentang dan bulatkan. Gelindingkan kroket di permukaan tangan hingga berbentuk bulat lonjong yang smooth. Tata adonan di permukaan piring, dan bentuk sisa adonan lainnya hingga habis. 


resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Celupkan bulatan adonan kroket ke dalam kocokan telur hingga seluruh permukaanya tertutup rata oleh telur. Tata kroket yang telah dicelupkan di kocokan telur di wadah datar lainnya, lakukan pada semua adonan kroket. 

Cuci tangan anda hingga bersih dan keringkan hingga benar-benar kering. Jatuhkan sebuah adonan secara hati-hati di permukaan tepung panir/breadcrumbs, siram seluruh permukaan kroket dengan tepung panir hingga tertutup rata. 

Kemudian tekan-tekan kroket di permukaan telapak tangan hingga tepung menempel dengan baik, tambahkan tepung panir kembali jika kurang tebal. Tekan tepung panir di permukaan kroket sambil bentuk kroket diperbaiki agar mulus.

resep kroket kentang isi ayam dan wortel

Tata kroket yang telah dilumuri dengan tepung panir di permukaan piring datar dan lakukan pada semua adonan kroket lainnya. 

Siapkan wajan anti lengket, beri minyak agak banyak dan panaskan. Goreng kroket dengan api kecil saja sambil kroket dibalik-balik agar permukannya matang merata. Jika telah berwarna coklat keemasan, angkat dan tiriskan. 

Kroket siap disantap. Super yummy!

Source:
Wikipedia - Croquette



60 komentar:

  1. mba sore2 buka ini bikin ngecess deh hehehe.. kesukaan aku bangettt... biasa beli di pasar trus pakai sambel kacang enak tuh mba :P :D

    jd mau coba, tp liat prosesnya butuh waktu jg ya hehehe.
    thanks mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha, iya ya, pas buka makan 2 biji kelenger, saya bikinnya gendut2 banget jadi ukuran jumbo.

      gampang bikinnya Raisa, hahhahah

      Hapus
    2. Mba endang ngences liat resep2 mba endang rasanya pingin masak terus,,mkasih mba udah share,,mba mau resep risoles atau american risoles donk mba n tips supaya kulit tidak pecah

      Hapus
    3. Hai Mba Nabilla, thanks ya sudah menyukai JTT,

      american risoles mungkin mirip ini ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/11/risoles-daging-asap-telur-rebus-wortel.html

      pakai kuning telur dan susu cair supaya kulitnya gak mudah pecah mba

      Hapus
  2. Mbak Endang....akhirnya resep kroketnya diposting juga...
    Saya termasuk salah satu yg nunggu2 kpn Mbk posting resep kroket...hehehehe
    Wlpn kelihatannya gampang tp masih blm yakin kalau Mbk Endang belum nyoba..
    Kebetulan bahan2nya sebagian besar udh ada di rumah...tinggal di eksekusi buat camilan buka...hemmm....yummy....
    Trims ya Mbk buat resep2nya...
    -Diar-

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Diar, silahkan dicoba mba, moga suka ya. Yep memang enak buat camilan buka hehehhe, thanks ya!

      Hapus
  3. Izin bookmark lagi mba...^^

    Mba aku kalau buat juga suka jumbo gitu... Abis ukuran tangan mmg ga mungkin buat yg mini.. Hehe
    Mau nanya mba, kalau di bentuk yg jumbo ky mba endang itu jadinya brp buah yah? Ada kah saran kentang yg spt apa kalau mw buat kroket ini mba? Mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb Ridha, saya juga susah kalau suruh buat kecil2, kelamaan juga wkakakak, Jadi bikin jumbo supaya cepat.

      saya cuman jadi 9 buah mba. kentang apa saja oke kok, saya hanya pakai kentang biasa dipasar ya

      Hapus
  4. Halo mbak endang.. Terimakasih share resep nya. Resepnya sgt berguna terutama untuk ibu rumah tangga yg seringkali bingung mau masak apa. :) untuk resep kroket ini apakah bisa dibekukan juga mbak? Bila saya mau menggorengnya dikemudian hari. Terima kasih mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dave, saya belum pernah coba dibekukan mba, cuman pengalaman kentang suka berair ya, tapi kalau adonannya keset dan kentang digoreng kayanya sih bisa dibekukan ya.

      Hapus
  5. Wah kroket jg favoritku mba, biasanya kentangnya tak campur keju biar lbh gurih mb.. oy di bonami bakery ada kroket oven yg uenak mb, mgkn mba endang kapan2 bisa praktekin bikinnya. Kl berhasil nanti Q contek resepnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ary, yep kemarin saya mau campur keju, tapi malas banget marut kejunya wkakakakk, memang lebih gurih pakai keju.

      nah kroket panggang saya belum pernah cicip, jadi penasaran hahah, thanks yaa

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum mba Endang
    In shaa Allah lancar trus ya puasa nya
    mau nanya mba, klu cabe rawit untk gorengan, apakah mentah atau langsung dselipkan d ujung gorengan saat dgoreng ya?
    selama ini msh bertanya2 stp x makan gorengan hehehe
    makasi mba

    Kiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam Mba Kiki, amiin semoga lancar puasanya ya, thanks yaa.

      Kalau saya buat combro biasanya cabai utuh mentah saya masukkan barengan isi combro ya. Ketika digoreng cabai akan matang.

      Hapus
  7. Wah trnyata isiannya dkasih maizena ya mbak...
    Jadinya agak kental gt,, boleh dcoba nih..
    Seringnya aku bikin yg pastel pastry :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fahmi, yep karena basic tumisan isinya adalah ragout ya, jadi memang kental, dan menggumpal. Agak beda sama yang pastel pastry ya

      Hapus
  8. Mba endang... suenengg banget bisa nemuin blognya mba... jadi bisa eksperimen resep macem-macem... hihihi

    Nanya dunk mba, kalau buat kroketnya ini gak pakai susu sama sekali bisa gak ya ?

    soalnya gk suka ma susu sich.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Gandhes, salam kenal dan thanks sudah menyukai datang di JTT ya. skip saja susunya mba, ga pakai susu tetap bs dan tetap enak kok ^_^

      Hapus
  9. halo mba endang,, kenapa ya kroketku rasa perkedel kentang banget,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tambahkan keju parut di adonan kentangnya mba, ini membuat rasanya berbeda

      Hapus
  10. Mbak endang ada resep jajanan tradisional kue ku ga mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ananda, sayangnya kue ku saya belum pernah buat ya mba

      Hapus
  11. Thank you buat resep ny .. saya mau tanya yg kocokan telur ( telur , susu , air ) mksdnya buat apa yah ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, untuk mencelup kroket dan memanirnya ya. Ada di proses pembuatan, kalau dibaca dengan teliti ya ^_^

      Hapus
  12. Assalamu'alaykum Mb Endang. Menurut Mb Endang gimana, saya gugling ada yg nulis katanya gorengan yg pake telur malah bikin dia lbh berminyak. Saya pernah bikin kremesan, dlm adonannya pake kuning telur, dan ampiuuun dah! minyaknya banyak bgt yg kebawa ama dia! Tobat deh pokoknya. Wkwk
    Lha kalo kroket yg ini basah minyak jg ga ia Mb??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep memang gorengan pakai telur akan membuat berminyak hehhe, saya juga belum punya tipsnya, dan tentu saja tidak akan memakai tips yang mencampur minyak dengan margarine putih (karena margarine putih bad buat kesehatan).

      kroket ini samaaa, berminyak yaa hehhehe. Mungkin bs dicoba dipanggang mba, walau sya belum pernah coba

      Hapus
  13. Hai Mbak Endang,salam kenal yaa...mau tanya nih rencananya kan mau bikin kroket utk dibawa ke rumah mertua,misalnya di bikin H-1 utk bentuknya trus di bekukan di freezer bsk nya baru goreng apa gpp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba salam kenal ya, kalau hanya 1 malam bisa masuk chiller saja. tata di loyang jangan berdempetan, tutup rapat dengan plastik wrap, yang penting jngan kena udara kulks nanti kering.

      Hapus
    2. Makasih banyak yaa Mbak Endang :) hari ini mau bikin kroketnya,kalo kmren udah praktek resep sate daging filing,sambal goreng ati,dari blog nya JTT...rasanya supperrr maknyusss...makasih yaa mbak utk resep2nya :) sangat membantu...

      Hapus
  14. Oh... Margarin putih itu ia yg suka dibuat cream untuk hiasan kue-kue?

    BalasHapus
  15. Salam kenal mba endang..wah keroketnya sepertinya mak yos ya..mo bikin ni,mo aq jual kekantor..mo nanya dong,klo bikin onde ondenya malam,trus gorengnya subuh subuh apa bisa ya mba soalnya dibawa kekantor..begitu juga lumpur,kentangnya dihaluskan malam,ngadoninnya subuh apa bisa ya mba..makasi sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba nurul, adonan bs dibuat atau dibentuk malam hari, tutup rapat dan simpan di chiler, besok tinggal di panir dan goreng.

      Hapus
  16. Kalu kentang saya masukan oven, jadinya bisa bagus gak ya? saya mengurangi gorengan soalnya mbak hehe. Mkasih ya atas waktunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, boleh2 saja, bahkan ada yang jual kroket panggng ya, jadi mungkin cara itu bs dicoba juga

      Hapus
  17. Salam kenal mbak endang,,,,namaku tuti, btw aku jarang komen tp ud beli 2 buku JTT mbak endang lho hehehe... Mbak kalo misal kentangnya aku ganti pake tepung kentang (kebetulan kemarin dikasih tepung kentang yg kering itu), kira2 bisa gak ya mbak...trus caranya gimana? apakah dikasih air secukupnya atau bagaimana,,,mohon infonya. makasih banyak ya mbak sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Tuti, salam kenal ya, thanks ya sudah membeli buku saya.

      saya belum pernah pakai tepung kentang untuk kroket ya, biasanya hanya untuk membuat mashed potato saja, setahu saya sih memang kudu dilumatkan dengan menambah air, hanya saja takaran airnya mungkin gak boleh banyak ya, takut lembek dan susah dibentuk

      Hapus
  18. Mbak lg sibuk ya?maap posting lg. Cuma penasaran ma pertanyaan sblm nya. Gmn spy kulitmudah di bentuk. Kmrn saya buat ga pk telur krn kelembekan saya tambahkan tepung beras. Bgs nya tambah tepung apa ya mbak? Saya tinggal di pelosok ga da tepung kentang. Tolong mbak endang kasih tips. Soalnya mau buat lg. Penasaran. Klo postingan ga berkenan boleh hapus. Makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Elfrida, coba pakai tepung roti/panir saja mba, atau pakai roti tawar rendam susu, peras sampai kering dan haluskan, campur ke adonan kroket ya

      Hapus
  19. hai mba aku udh coba resepnya. rasanya enak.. tapi kenapa adonan kentangnya hancur ya? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba puput, memang adonan kroket yang ini lembek ya, coba tambah roti tawar yang direndam dalam susu cair, peras sampai susu habis dan hancurkan. Tambahkan ke adonan kentang.

      Hapus
  20. Halo Mbak Endang,

    Terima kasih udah share resep resep jitu ya Mbak. Saya kebetulan nyambi jualan untuk teman teman kantor. Resep yang saya pakai : Pepes, woku, pampis, nasi goreng serai, nasi bakar. Besok saya mau bikin kroket ini. Semoga mejadi berkat yang baik untuk Mbak Endang.

    Semangat ya Mbak, dan terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Rachel, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai resep2 JTT. Untuk kroket ini, adonannya agak lembek saran saya coba tambah beberapa lembar roti tawar yang direndam dalam susu cair, peras sampai susu habis dan hancurkan. Tambahkan ke adonan kentang. Sukses yaa

      Hapus
  21. Saya juga sukaa banget kroket. Dulu waktu kuliah saya kalau pagi biasa ke bakul jajanan dan pasti beli kroket. Sekarang saya pindah kota dan di sini belum nemu bakul jajanan yang pas jadi mutusin buat bikin sendiri. Eksekusi resep ini udah beberapa hari lalu tapi baru sempat komen. Hasilnya enaaak, tapi kayaknya besok mau pakai tepung panir aja deh. Kayaknya lebih kriuk ya dibanding tepung roti. Thanks ya mba sharingnya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Rina, thanks sharingnya ya, senang resep kroketnya disuka. Yep lebih baik bikin sendiri, lebih murah bahan, enak dan banyak hehheheh

      Hapus
  22. Halo mb Endang...

    Saya kemarin bikin, tp pas d goreng pecah, ada yg g pecah tp jd nya lembeeeek banget. Ada tips nya g mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, tambah kentang yang dihaluskan atau tambah tepung roti sampai adonan gak basah dan lembek. Kalau ada chopper/food pro, proses roti tawar hingga jadi serpihan kecil dan masukkan ke adonan, fungsinya menyerap cairan di kroket.

      Hapus
    2. Iyaa alhamdulillah td aku langsung coba aku campurin tepung roti ke adonan kentangnya, kentang g lembek dan g hancur saat digoreng tp lembut isinya. Dan hasilnya sangat memuaskan. Kebetulan langsung d suguhkan ke tamu-tamu jd g sempat foto. Dan dalam sekejap habis total....

      Makasih banyak. Bermanfaat banget. Aku jd g takut gagal lg dlm memasak in syaa Allah.. D sini aku dpt tips banyak.

      Makasih banyak mb Endang

      Hapus
    3. Alhamdulillah.. Hasilnya memuaskan mb. Makasih tipsnya kemarin udh coba yg dicampur tepung roti

      Hapus
    4. hai mba Yuniar, thanks sharingnya ya, senang tipsnya berhasil dicoba, silahkan dishare ya mba. salam

      Hapus
  23. Mbak Endang, salam kenal ya
    Di resep yg mbak tulis, kentang yg sdh digoreng/ dikukus didinginkan terlebih dulu, baru kmdian dihaluskan.Bukannya akan lebih mudah u dihaluskan, jika kentang tidak dlm keadaan dingin? ( sesegera mungkin saat selesai dikukus/ digoreng). Mohon pencerahannya.Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb Lista, kalau mau dihancurkan manual silahkan ketika kentang masih panas ya, tapi kalau mau pakai alat chopper/food pro sebaiknya ketika kentang dingin supaya kentang tdk bereaksi dengan alat saat masih panas.

      Hapus
  24. Hi mb Endang, smg sehat selalu. Resep kroketnya ok bgt. Saya buat banyak dn sebagian dibekuin. Saat lapar dn waktu trbatas utk masak, saya goreng kroket bekunya sebentar lanjut microwave 30 detik. Tambah sambal botol, very yummy 😊 Thanks alot buat mb Endang yg selalu sajikan resep ok, foto step by step, jg cerita2 serunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloow Mb Yanthi, thanks ya sharingnya, senang resep kroketnya disuka. Waak iya, saya juga stock di freezer, mantap bgt kalau gak ada makanan udh ready.

      Hapus
  25. Mba Endang terima kasih resep kroket kentangnya, sudah saya coba buat kudapan di rumah. Step by stepnya memang selalu kece dan memudahkan sekali terutama buat saya yang baru belajar membuat camilan khas Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Diah sharingnya ya, senang resep kroketnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  26. mbak endang.....klu dibuat malam dan dimasukkan kulkas baru di goreng pagi ,apa bisa mbak?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...