Pages

27 Juni 2016

Resep (Tinggal Aduk) Hummingbird Cake

Resep Hummingbird Cake JTT

Hujan deras yang mengguyur Jakarta akhir-akhir ini membuat saya malas melakukan aktifitas yang produktif. Apalagi jika hujan mengguyur di hari weekend, ingin rasanya dua hari libur tersebut saya gunakan hanya untuk bergelung di kasur sambil mendengarkan musik sendu. Oh yeah! Tapi hidup penuh dengan segala macam tetek-bengek pekerjaan harian yang harus terus berjalan, walau tubuh dan pikiran ini hanya ingin diajak bersantai saja. Berderet pekerjaan rumah menanti mulai dari memasukkan pakaian kotor ke mesin cuci, membersihkan lantai dan dapur, mengelap kompor hingga kinclong, serta mencabut rumput dan memangkas tanaman. Kegiatan terakhir tidak terlalu menggebu saya lakukan karena setiap tiga bulan sekali saya akan memanggil Bapak Tukang Sampah untuk membantu membersihkan halaman. 

Di hari Minggu, setelah tak tahan hanya mendekam di rumah akhirnya saya menyeret sandal jepit ke toko buah All Fresh yang terletak tidak jauh dari rumah. Tujuan utama adalah membeli bahan-bahan untuk membuat kolak pisang dan labu kuning, makanan manis yang sudah lama saya idamkan sejak hari pertama puasa. Namun seperti biasa, satu dua bahan membengkak menjadi sekeranjang belanjaan, termasuk didalamnya adalah dua buah nanas madu yang terlihat segar menggoda. Saat teringat dengan satu resep cake yang sudah lama ingin saya eksekusi, musnah lah rencana si nanas menjadi pencuci mulut untuk buka puasa. Hummingbird cake dengan bahan pisang, nanas dan kacang cincang, tiga bahan yang saya miliki semua di dapur. Demi mewujudkannya saya pun terpaksa masih berpontang-panting membersihkan dapur ketika adzan Maghrib tiba. Tobat! 

Resep Hummingbird Cake JTT
Resep Hummingbird Cake JTT

Hummingbird cake, merupakan jenis cake pisang-nanas yang umum ditemukan di Amerika Serikat bagian selatan (Southern). Cake ini terbuat dari tepung terigu, gula, garam, minyak sayur, pisang, nanas, kayu manis bubuk, kacang pecan, vanilla extract, telur dan bahan pengembang. Umumnya cake ini disajikan bersama frosting yang terbuat dari cream cheese. Hummingbird cake telah menjadi tradisi kuliner di Selatan US sejak pertengahan abad ke-20. 

Walau ngetop di Amrik bagian Selatan namun cake ini sebenarnya diciptakan di Jamaika (negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia (Carribean Sea)). Nama Hummingbird Cake diberikan mengacu pada nama burung nasional negara tersebut, burung Hummingbird. Cake ini juga dikenal dengan nama 'Doctor Bird Cake' (Doctor Bird adalah nama lain untuk burung Hummingbird di Jamaika). Pada tahun 1979, Jamaica Tourist Board membawa resep cake Hummingbird keluar pulau, bersama dengan aneka resep lokal Jamaika lainnya dalam bentuk bundel media pers ke US. Cara pemasaran ini bertujuan agar masyarakat Amerika bersedia datang ke Jamaika.   

Resep Hummingbird Cake JTT
Resep Hummingbird Cake JTT

Salah satu bentuk publikasi pertama resep cake ini yang dicetak di US, ditulis oleh L.H. Wiggin pada bulan Februari, 1978 dan diterbitkan oleh majalah Southern Living. Hummingbird Cake memenangkan penghargaan Cake Favorit pada tahun yang sama di Kentucky State Fair. Cake ini juga terpilih menjadi salah satu cake favorit di majalah Southern Living pada tahun 1990 dan merupakan resep cake yang paling banyak diminta oleh pembaca. Hummingbird Cake saat ini umumnya hadir dalam bentuk dua atau tiga lapisan cake dimana cake terbuat dari campuran kacang pecan, pisang yang dilumatkan, cincangan nanas dan ditutup dengan frosting yang terbuat dari cream cheese. 

Resep Hummingbird Cake JTT

Untuk membuat cake ini sangat mudah, jika anda telah lulus membuat muffin maka membuat cake Hummingbird semudah membalikkan telapak tangan saja. Bahan utama pengisi cake selain tepung, gula dan teman-temannya adalah pisang, nanas dan kacang. Gunakan pisang yang telah matang, bisa menggunakan jenis pisang apapun namun pisang Cavendish, Sunpride, Ambon, pisang raja, barangan, dan jenis pisang lain yang manis rasanya sedap untuk menjadi pilihan. Beberapa resep meminta kita melumatkan pisang namun resep lainnya pisang cukup dipotong dadu. Saya sendiri lebih suka pilihan yang terakhir agar tekstur cake tidak terlalu padat dan rasa pisang tidak terlalu mendominasi. 

Untuk nanasnya, saya menggunakan jenis nanas madu yang berukuran kecil dengan rasa manis. Nanas madu mudah ditemukan di supermarket, namun jika tidak ada maka bisa menggunakan nanas Palembang, nanas Subang atau nanas kalengan. Jika anda menggunakan nanas kalengan maka tiriskan nanas dari air gulanya, dan hanya gunakan nanasnya saja. Berhubung saya menggunakan nanas segar, agar teksturnya menjadi lunak dan nyaman ketika disantap di kue maka saya merebusnya terlebih dahulu bersama beberapa sendok makan gula pasir hingga nanas matang dan teksturnya lebih empuk

Resep Hummingbird Cake JTT
Sisi kiri, cake beremah karena dipotong sebelum masuk ke chiller. Sisi kanan, potongan cake mulus setelah didiamkan di chiller selama semalam

Hummingbird cake umumnya menggunakan kacang pecan, namun menurut saya dengan kacang lain tetap lezat rasanya. Untuk resep di bawah saya menggunakan kacang mete yang dipanggang sebentar di oven hingga matang. Jenis kacang lainnya yang bisa digunakan adalah kacang walnut, hazelnut, mete, almond atau bahkan kacang tanah panggang. 

Untuk adonannya, semua bahan kering dan bahan basah dicampur terpisah, baru kemudian bahan kering dimasukkan bertahap ke dalam bahan basah. Adonan cake ini menggunakan minyak sayur atau minyak goreng sebagai lemaknya, minyak menurut saya akan membuat cake tetap lembut dan moist walau disimpan di chiller kulkas sekalipun. Apakah minyak bisa digantikan dengan mentega atau margarine cair? Yep, tetap bisa, yang jelas takaran margarine/mentega cair sesuai dengan takaran minyak yang tercantum  diresep.


Adonan cake cukup diaduk dengan spatula secara perlahan hingga tercampur baik. Satu syarat utama jika kita membuat cake yang hanya diaduk seperti ini adalah bahan pengembang yang digunakan, gunakan jenis baking powder yang double acting. Baking powder double acting akan membuat adonan cake naik dengan baik dan bahkan adonan tersebut tetap mengembang walau harus mengantri ketika dipanggang. Syarat lainnya adalah jangan aduk adonan secara berlebihan (over mixing). Mengaduk berlebihan akan membuat gluten banyak terbentuk dan tekstur cake menjadi keras. Aduk perlahan dengan teknik aduk balik dan ketika adonan telah tercampur segera tuangkan ke loyang dan siap dipanggang. 

Resep Hummingbird Cake JTT

Untuk frosting-nya, Hummingbird Cake umumnya menggunakan frosting yang terbuat dari cream cheese. Resep frosting dari cream cheese lainnya bisa dilihat pada resep Red Velvet Cake pada link disini.  Untuk frosting kali ini sejujurnya saya kurang puas dengan tekstur yang dihasilkan. Biasanya saya selalu menggunakan cream cheese berbentuk batangan yang akan menghasilkan tekstur frosting yang super smooth ketika telah dikocok. Namun karena cream cheese berbentuk balok ini hadir dalam bobot satu kilogram maka saya memilih menggunakan cream cheese merk Yummy light yang banyak hadir di supermarket. Sayangnya merk ini memiliki tekstur kurang smooth, sedikit grainy (berbutir), berair dan kurang padat. Ketika di kocok frosting yang dihasilkan susah smooth dan berbutir-butir. Selain itu teksturnya yang basah membuat frosting menjadi encer, walau kemudian akan mengeras ketika cake disimpan di dalam chiller. Entah apakah memang produk cream cheese merk ini memang seperti ini atau karena salah dalam penyimpanan yang membuatnya begini, yang jelas saya kurang puas dengan hasil akhir frosting yang saya buat. 

Kembali ke cake, karena adonan hanya diaduk saja dan bukan dikocok dengan mikser maka tekstur cake tidak smooth. Jadi jangan membayangkan cake dengan tekstur seperti Lapis Surabaya ya.  Selain itu cake sedikit crumble (beremah) ketika dipotong, namun masalah ini bisa diatasi dengan memasukkan cake selama minimal 3 jam di chiller. Cake akan menjadi padat dan rapi ketika dipotong. Berhubung cake ini mengandung bahan-bahan kasar (pisang, nanas, dan mete) maka potonglah dengan pisau tertajam yang bisa anda temukan di rumah agar menghasilkan potongan cake yang super mulus. Untuk rasanya, cake ini juara! 

Berikut resep dan prosesnya ya!  

Resep Hummingbird Cake JTT

Hummingbird Cake
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 loyang cake diameter 20 cm tinggi 10 cm

Tertarik dengan resep cake yang hanya diaduk saja dalam prosesnya? Silahkan klik pada link di bawah ini:
Black Forest Cake Versi Kukus 
Beetroot Chocolate Cake
Cake Coklat Kukus 

Bahan:
- 350 gram tepung terigu serba guna atau protein sedang 
- 1 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok teh baking powder double acting
- 1 sendok teh kayu manis bubuk
- 3 butir telur ukuran besar
- 200 gram gula pasir
- 350 ml minyak goreng (saya menggunakan minyak goreng biasa, bisa digantikan dengan minyak sayur lainnya seperti zaitun, canola, jagung)
- 1 1/2 sendok teh vanilla extract atau 1 sendok teh vanili bubuk
- 250 gram nanas segar, cincang kasar (bisa menggunakan nanas kalengan) + 2 sendok makan gula pasir (sekitar 1 1/2 buah nanas madu ukuran kecil, bukan nanas madu Subang yang besar)
- 250 gram pisang potong dadu (sekitar 5 buah pisang raja), bisa menggunakan jenis pisang cavendish, sun pride, ambon, raja, barangan
- 150 gram kacang mete cincang, sisakan sekitar 3 sendok makan untuk taburan permukaan cake. Bisa diganti dengan kacang walnut, almond, hazelnut, kacang tanah panggang

Frosting:
- 250 gram cream cheese, suhu ruang
- 5 sendok makan mentega, suhu ruang
- 5 sendok makan gula bubuk (55 gram) 
- 1 sendok teh vanilla extract
Tambahkan beberapa sendok susu cair jika menggunakan cream cheese batangan yang padat.

Note:
Artikel mengenai baking powder double acting bisa diklik pada link disini. 

Cara membuat:
Siapkan oven, set pada suhu 170'C (api atas dan bawah jika anda menggunakan oven listrik, dan api bawah saja jika menggunakan oven gas). Letakkan rak pemanggang di tengah oven, jika oven anda pendek seperti yang saya gunakan maka letakkan rak pemanggang di bagian paling bawah.  

Alasi rak dengan sebuah loyang kue kering agar loyang berisi adonan cake tidak langsung terkena panas oven dari bawah. Cara ini juga membuat panas lebih stabil dan cake matang dengan baik. 

Siapkan 3 buah loyang bulat diameter 20 cm tinggi sekitar 5 cm. Olesi permukaan masing-masing loyang dengan margarine dan taburi dengan tepung terigu hingga rata, balikkan loyang dan ketukkan untuk membuang kelebihan tepung. Jika anda tidak memiliki 3 buah loyang maka bisa menggunakan 1 loyang yang digunakan bergantian untuk memanggang, adonan menggunakan BP double acting jadi akan tetap mengembang walau cake mengantri

Resep Hummingbird Cake JTT

Siapkan potongan nanas segar, masukkan ke dalam panci. Tambahkan 2 sendok makan gula pasir. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga nanas menjadi matang dan sedikit lunak. Angkat dan biarkan hingga dingin.  

note: skip proses ini jika anda menggunakan nanas kalengan, cukup tiriskan nanas dari airnya.  

Resep Hummingbird Cake JTT

Siapkan kacang mete, tebarkan di sebuah loyang untuk memanggang kue kering. Panggang di oven suhu 170'C hingga permukaan kacang mete mulai sedikit kecoklatan, aduk dan balik-balik kacang selama proses pemanggang agar kacang matang merata. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin. 

Proses kacang di chopper/food processor hingga menjadi cincangan kasar atau cincang kacang secara manual di talenan. Sisihkan. 

Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering (tepung terigu, garam, kayu manis bubuk dan baking powder), aduk rata. Sisihkan.    

Resep Hummingbird Cake JTT

Siapkan mangkuk, masukkan telur. Aduk hingga telur tercampur rata. Masukkan minyak goreng, aduk rata. Tambahkan gula pasir dan aduk hingga rata. Masukan rebusan nanas yang telah dingin dan potongan pisang, aduk rata.

Resep Hummingbird Cake JTT

Tambahkan cincangan kacang mete panggang, jangan lupa untuk menyisakan sekitar 3 sendok makan cincangan kacang untuk taburan permukaan cake. Aduk adonan hingga rata dengan spatula. 

Masukkan campuran tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan telur, masukkan tepung dalam 4 tahapan. Aduk perlahan adonan dengan teknik aduk balik, hingga tercampur baik.   

Resep Hummingbird Cake JTT

Jangan over mixing, jika adonan telah tercampur segera hentikan mengaduk. Bagi adonan menjadi 3 bagian, tuangkan masing-masing adonan ke loyang yang telah disiapkan.  

Resep Hummingbird Cake JTT

Panggang selama 30 menit atau hingga permukaan cake coklat keemasan dan ketika ditusuk dengan lidi tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan cake dari oven, diamkan selama 5 menit untuk menghilangkan uap panasnya. Balikkan cake di rak kawat dan biarkan dingin. Lanjutkan memanggang cake berikutnya hingga 3 buah lapisan cake selesai dipanggang. Diamkan cake hingga benar-benar dingin. 

Frosting.
Masukkan semua bahan frosting ke dalam mangkuk mikser, kocok dengan kecepatan tinggi hingga smooth dan tercampur baik. Matikan mikser. Bagi frosting menjadi 3 bagian.

Resep Hummingbird Cake JTT

Letakkan sebuah lapisan cake dipiring datar, olesi permukaannya dengan satu bagian frosting. Ratakan frosting, tumpukkan lapisan kedua dan ratakan frosting di permukaan cake. Lakukan hal yang sama hingga lapisan cake ketiga, terakhir taburi permukaan cake dengan cincangan kacang mete panggang yang tadi kita sisakan sebagian. 

Cake siap disantap. Yummy!

Note:  
*) Tekstur cake sedikit crumble/remah, agar mudah dipotong masukkan cake ke dalam chiller selama 3 jam. Ketika dingin maka cake akan padat dan mudah dipotong. 
*) Cake bisa dikukus, gunakan api kecil saat mengukus dan kukus selama 25  menit untuk masing-masing lapisan. 
*) Adonan cake bisa langsung dipanggang/kukus dalam 1 loyang, gunakan loyang dengan tinggi 15 cm. Ketika cake telah matang, balikkan di rak kawat dan biarkan cake benar-benar dingin sebelum dipotong menjadi 3 layer. Mengingat cake ini agak remah dan banyak mengandung bahan kasar maka sebaiknya cake dimasukkan ke chiller agar padat dan potong cake dengan pisau yang sangat tajam. 

Source:
Wikipedia - Hummingbird Cake 

TESTIMONI PEMBACA

Martha Lena:
Mba endang aku coba hummingbird cakenya tp resepnya aku obrak abrik disesuaikan bahan yg ada. Hihihi....bntuknya amburadul krn panas2 dipotong udah gk sabar sih 




32 komentar:

  1. Selalu gagal bikin cake ginian, padahal pengen banget.. duuh tips anti gagalnya apa sih mba XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunci sya cuma baking powder double acting dan tdak diaduk berlebihan Mba Sandra, itu saja kok dan pasti berhasil hehhehe

      Hapus
  2. Mb kalo di ganti olive oil bisa g mb takaran mentega pada frostingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya nggak mba Ratna, frosting sebaiknya pakai mentega/margarine supaya tekstur frosting pekat. Klau pakai minyak teksturnya nanti encer

      Hapus
  3. Hai mba endang...
    Smg sll dlm keadaan sehat ya...

    Sy selalu mengukuti postingan mba endang... Dan bukan hanya tertarik dg resepnya, sy jg senantiasa menunggu kisah2 masa kecil mba endang yg d tuangkan dlm kataw yg menarik...

    Sy tggu lho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Lina, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai resep dan cerita2 JTT. Senang artikel JTT disuka, sukses selalu yaa

      Hapus
  4. hai mba end... misalnya langsung dikukus semua jadi 1 loyang bisa nggak? (tanpa frosting) jd cake polosan aja gt.. atau mungking frostingnya bisa diganti dg yg lain? tapi kira2 apa ya mba yg cocok? misalnya coklat leleh gt enak jg ngga ya mba? maaf mba byk nanya..
    anw trimsksih ya mba.. resep mba sgt menginspirasi, byk yg udah aku praktekin plek resep dan hasilnya sangat memuaskan dan tentu saja..ennnaaaaak!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Fahmi, yep bisa ya mba, pakai loyang yang tinggi 15 cm. Polosan juga oke, frosting bisa pakai apa saja mba, mocca, coklat atau butter cream menurut saya enak2 saja ya.

      Hapus
  5. Kalau dikukus langsung 1 loyang trus nanti diiris jadi 3, baru dioles frosting ngaruh nggak kematangan kue nggak ya. Takutnya tengahnya jadi nggak matang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ika, waktu panggang lebih lama mba, tetap akan matang. Tes dengan lidi dibagian tengah cake untuk mengetes matangnya.

      Hapus
  6. Kayaknya enak banget... kudu cari bahan nih... buat coba2, klo berhasil bisa bikin buat hari Raya... mbak Endang resep2nya juara deh...

    BalasHapus
  7. mbak endang...utk frosting nya selaian cream cheese ada alternatif lain gk mbak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai buttercream, krim kocok, coklat ganache, atau krim mocca mba.

      Hapus
  8. mba endang..enak kuenya...bikinnya jg gampang

    BalasHapus
  9. Mbak endang. Request bolu jerman yg lagi hits. Mempus mempus menul menul ituuu. Hehehe. Terimakasiih
    -dee-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah lama dengar mba, tapi belum pernah coba, sepertinya resep aslinya dari yongky untuk promo Hollman Butter ya. hehhee

      Hapus
  10. Hai mba, udah lama ga mampir eh nemu resep ini. Langsung aku coba nih, pisangnya aku ganti wortel karna aku ga suka pisang haha. Awalnya takut gagal sih, untungnya tetep enak kok meski pake kacang tanah sangrai. Horee.. Anakku udah ga sabar pengen makan waktu aku keluarin dari oven tangkring, dia udah siap pegang sendok di tangan haha. Matur nuwun mba, sering2 posting resep kue yg gampang ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Nia, thanks sharingnya ya, senang resep cakenya disuka. Diganti wortel juga enak ya, jdi mirip cake wortel hehhee

      Hapus
  11. Mbak Endang terima kasih resepnya.sudah saya praktekkan dan hasilnya enak,semua suka.tapi cakeku di beberapa bagian tengahnya kok agak lembek ya,gak semuanya?apa karena cake buah atokah krn belum mateng?maklum mbak saya masih belajaran.mbak Endang sering2 bagi resep yg tinggal aduk ya...makasih banyak mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, belum matang itu ya, coba cek suhu ovennya mungkin kurang panas.

      suhu oven bs beda2 tergantung jenis ovennya, jadi jangan terlalu berpatokan sm suhu oven saya diatas. Diatas saya pakai oven listrik api atas bawah.

      Hapus
  12. Haii mba endang.. tertarik banget mau cobain cake ini,, kira2 kalau ditambah stroberi atau manisan cherry merah dan hijau akan enak ga ya rasanya? Biar mirip2 english fruit cake gitu hehe.. dan kalau frostingnya ditambah cincangan kacang juga oke ngga yah? Pengen utk proyek bakulan alias jualan pas natal nanti, biasa kan yg dijual english fruit cake, cm bosen banget dengan teksturnya yg padat sekali. Pengen ganti humbird cake yg keliatan lebih moist gitu. Makasih mba endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Valen, bisa2 saja mba, tapi saya tidak bs memberikan pendapat enak atau tdknya ya. Hummingbird cake otentik tidak menggunakan campuran buah kering, hanya nanas dan pisang saja.

      Hapus
    2. mbak,, pengganti buah nanas apa ya? soalnya saya suka gatel dg nanas,, disiasati apapun tetep aja gatel,, jadi nggak suka buah nanas deh

      Hapus
    3. hai mba Santi, bs pakai kismis, ya. tapi keknya kalau dicake nggak kerasa nanasnya deh ^_^

      Hapus
  13. Mba endang, dirumah saya adanya oven hook hehe. Otomatis kan panggangnya harus 1 loyang gt. Ada saran? Tiap siang manggang, agak dingin, sisihkan, cuci loyang, olesi mentega dan tepung lg, isi adonan, panggang lg. Hahaha
    Ribet yaa:-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Amira, bergantian mba, oven listrik saya juga kecil, jadi saya panggang cakenya satu persatu. Bs juga dibuat 1 loyang kemudian dipotong jadi beberapa layer, tapi hasil potongan saya kurag bagus, mencong2 hehhehe

      Hapus
  14. Mba endang,kalo dikukus waktunya berapa lama ya?

    BalasHapus
  15. Mbak, barusan mateng hummingbird cakenya. Uenaaaakk... jd lupa diet, -maunya nambah dan nambah..... mantap tenan...awalnya sempat ragu, ternyata..... sdh irit tenaga, waktu, rasanya amboi nian.. hehehe.... ditunggu ya mbak resep2 jenius lainnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Devy, yep ini kue enak yang saya juga suka karena rasanya tdk terlalu eneg dan cakenya padat hehehheh. Thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^