11 September 2020

Resep Rawoga - Rawon Iga


Resep Rawon Iga JTT

Rumah Paron akhirnya terjual juga. Sejak Ibu saya tinggal di Jakarta, sekitar 3 tahun yang lalu, maka rumah Paron mulai diiklankan untuk dijual. Dua buah banner besar berisi iklan dipasang diatas rumah dan dipagar samping. Ibu saya sudah sepuh dan tak mungkin tinggal sendirian di Paron, walau masih ada beberapa saudara dari almarhum Bapak disana, tapi tak satupun dari kelima anaknya yang menetap di Paron. Bertahun-tahun rumah diiklankan tak ada pembeli serius yang berminat. Beberapa tahun terakhir ini, pasar properti sedang lesu, apalagi properti yang letaknya di desa seperti Paron. Tidak akan bisa mengharapkan pembeli dari luar kota. Biasanya yang akan membeli properti seperti ini adalah tetangga atau warga setempat yang bermaksud memperluas bisnis atau lahan mereka. Beberapa tetangga menawarkan minat, namun harganya tidak kunjung sesuai, hingga akhirnya target harga jual diturunkan. Awal tahun ini, ketika Covid mulai melanda, seorang tetangga yang bisnisnya memang berada di Paron mengajukan penawaran serius. Kami semua setuju dengan harganya dan rumah pun terbeli. Karena PSBB yang ketat beberapa waktu lalu dan berlanjut panjang maka proses jual beli dihadapan notaris terhambat, hingga akhirnya bulan lalu Ibu ditemani salah satu adik saya pulang ke Paron menyelesaikan proses jual beli.

Resep Rawon Iga JTT
Resep Rawon Iga JTT


08 September 2020

Resep Ayam Saus Jamur Creamy


Resep Ayam Saus Jamur Creamy JTT

Tobat, keranjingan membaca novel online ini membuat setiap malam saya tidur diatas pukul  satu malam. Tadi malam bahkan saya baru memaksakan diri tidur setelah waktu menunjukkan pukul empat pagi. Itupun karena harus berangkat kerja hari ini, seandainya weekend akan saya jabanin hingga matahari tinggi. Hari ini saya merasakan akibatnya. Tadinya saya berniat hendak mengambil WFH saja agar bisa bangun di pukul sepuluh, tapi membayangkan cuaca akhir-akhir ini yang super gerah dan internet yang lemot di rumah memaksa diri untuk bangun, mandi  dan berangkat ke kantor. Untungnya MRT selalu sepi, kursi banyak yang kosong, sehingga tidak harus berdiri. Sepuluh menit dalam kereta plus lima menit dalam taksi menuju kantor, sebenarnya hanya membutuhkan waktu lima belas menit perjalanan dari rumah ke kantor, tapi kalau kondisi mengantuk begini rasanya malas luar biasa.

Seperti biasa, sesendok kopi bubuk dan satu sachet milo masuk ke dalam mug. Setiap pagi mata saya harus diganjal dengan kopi supaya bisa melek dan otak berfungsi normal. Saya bukan pecinta kopi, tapi perlu kafein didalamnya, karena itu kopi harus dicampur dengan susu atau minuman coklat bersusu. Biasanya satu sendok makan kopi bubuk cukup menghalau kantuk, tapi hari ini sama sekali tak berfungsi. Seharian ini saya sudah menguap ratusan kali dan rasanya ingin membaringkan diri diatas kasur dan tidur hingga pagi menjelang lagi. 

Resep Ayam Saus Jamur Creamy JTT
Resep Ayam Saus Jamur Creamy JTT


07 September 2020

Creamy Tom Yum - Tom Kha


Creamy Tom Yum - Tom Kha JTT

Diantara sekian banyak jenis sup, maka tom yum termasuk yang menduduki peringkat teratas jenis sup yang saya suka. Ringan, pedas, asam, gurih dengan rempah yang khas. Bahan pendukung tom yum seperti udang dan jenis seafood lainnya, jamur dan dedaunan harum seperti daun ketumbar membuatnya menjadi lebih spesial bagi lidah saya. Benar-benar jenis sup yang tidak pernah membuat bosan walau disantap setiap hari. Perkenalan saya dengan sup ini sejak di bangku SMP, waktu itu masih tinggal di Paron. Ada satu acara cooking show yang terkenal di tahun 80-an yaitu Wok With Yan. Ini adalah cooking show yang pertama kali saya lihat di televisi dan membuat saya jatuh cinta dengan dunia masak memasak. 

Walau biasanya masakan di acara Wok With Yan didominasi dengan Chinese food, tapi ada satu waktu dimana Stephen Yan, pembawa acara show, berkunjung ke negara lain dan mencicipi masakan khas dari daerah setempat. Waktu itu Stephen Yan berkunjung ke Thailand dan menyantap semangkuk tom yum goong di sebuah restoran. Acara memperlihatkan bagaimana chef Thailand yang memasak tom yum membeli bahan-bahan segarnya langsung dari pasar tradisional, dan ketika salah satu bahan tom yum yaitu daun bawang tidak tersedia, si chef kembali lagi lari ke pasar untuk membelinya demi menyajikan tom yum yang benar-benar fresh. Saya begitu kagum dengan dedikasi si chef dan  juga ngiler berat dengan tom yum bening berkuah kemerahan yang disantap Mr. Yan. Terlihat begitu segar!

Creamy Tom Yum - Tom Kha JTT
Creamy Tom Yum - Tom Kha JTT


04 September 2020

Resep Mi Goreng Sapi


Resep Mi Goreng Sapi JTT

Rumah Pete ini sepertinya tak pernah habis masalahnya datang bertubi-tubi, atau memang rumah seperti itu adanya ya, seakan selalu saja ada masalah datang mendera. Mulai dari air pompa yang mati, atap bocor jika hujan, internet mati, AC error, tikus masuk ke rumah, tikus membuat lubang lagi di halaman. Tobat kepala saya seakan hendak pecah menghadapinya. Baru-baru ini pompa pendorong di dekat torn penampung air rusak lagi, setelah beberapa waktu lalu dibetulkan dan air mengalir lancar, kini masalah baru muncul. Pompa pendorong yang baru saja diganti tersebut bocor sehingga mesinnya selalu menyala. Agar mesin tidak rusak dan listrik tidak jebol, akhirnya aliran listrik ke pompa saya matikan. Air masih mengalir hanya alirannya tidak deras dan jika dibiarkan masalah ini terlalu lama maka lumut akan masuk ke saluran air dan membuatnya tersumbat. Saya harus memanggil tukang pompa langganan, Pak Junaidy, lagi.

Selain pompa, AC di kamar mulai ngadat, memang waktunya diservis karena suhunya mulai kurang dingin dan kadang mati sendiri. Masalah berikutnya adalah internet IndiHome dirumah mati, sepertinya modemnya terbakar. Sejak menggunakan internet dari Telkom ini enam tahun yang lalu, sudah 3 kali saya mengganti modemnya. Semua kasusnya sama, terbakar. Modem lama IndiHome jika dinyalakan terus menerus mudah panas dan konslet, jadi biasanya saya matikan jika berangkat ke kantor dan hidupkan lagi jika tiba dirumah. Tapi beberapa minggu yang lalu, modem tidak pernah  dimatikan, karena setiap kali dihidupkan maka internet menjadi kurang lancar. Jadi modem selalu on berhari-hari dan berminggu-minggu, hingga akhirnya KO sendiri. Saya harus memanggil 3 tukang ke rumah, tukang pompa, tukang AC dan petugas Telkom. Tapi saya malas melakukannya. Saya malas memasukkan orang ke dalam rumah, karena selain kurang nyaman juga saya tidak bisa melakukan apa-apa selain menunggu tukang tersebut selesai bekerja. Saya berusaha bertahan dengan kondisi yang sebenarnya mulai agak kritis ini.


Resep Mi Goreng Sapi JTT
Resep Mi Goreng Sapi JTT

01 September 2020

Resep Chicken Pesto Pasta


Resep Chicken Pesto Pasta JTT

Jika masih ada yang merasa Covid bukanlah hal yang harus diwaspadai, melemahkan kesiagaan karena belum ada orang sekitar kita yang terkena, merasa penyakit ini tidak ada didepan mata dan sebatas data statistik di koran atau media, maka mungkin sekarang saatnya untuk mulai membuka mata lebar-lebar dan meningkatkan kewaspadaan berkali lipat. Hari Minggu lalu, salah satu petinggi di kantor saya, meninggal dunia karena Covid. Pernah menjabat sebagai komisaris tidak aktif di kantor bertahun nan lampau, tapi masih sering datang berkunjung dan menyapa kami semua. Beliau sangat humble, super ramah, energik dan suka tertawa. Setiap kali bertemu saya selalu menyapa, "Hai Bassura", karena beliau tahu saya membeli satu unit apartemen Bassura lima tahun yang lalu. 

Saya takjub dan kagum dengan kerendahan hati beliau, karena dengan pengalaman memegang banyak perusahaan besar bahkan pernah menjabat sebagai salah satu direktur Bursa Efek Jakarta (waktu itu belum menjadi Bursa Efek Indonesia), beliau masih sering datang dengan menggunakan angkutan umum padahal supir dan mobil tersedia. Beliau bahkan masih sering mentraktir anak-anak makan siang disebelah kantor ketika Covid belum seperti sekarang ini. Gayanya yang easy going, ramah, santai dan banyak tertawa membuatnya terlihat muda, jauh dari usianya yang sudah sepuh.  Jadi betapa terkejutnya kami semua kala minggu lalu mendapatkan kabar di WA group kantor jika si Bapak di rumah sakit positif Covid. Beberapa hari kemudian beredar kabar lagi kondisinya semakin kritis tapi tidak bisa dipindahkan ke ICU karena tak ada kamar yang kosong. Dua hari kemudian sejak kabar kritis tersebut, di hari Minggu pagi, Bapak yang baik ini telah berpulang ke Yang Kuasa. Kami dibuat tercekam dengan berita tersebut. Tak percaya jika tak ada lagi sosok sepuh nan ramah yang akan datang ke kantor dengan tawa menggelegar dan sapaan khasnya. Tak ada lagi yang akan berkata, "Gimana Bassura? Jalanannya makin macet didepannya ya?" Sungguh beliau sudah seperti kakek, bapak, dan teman baik kami semua. Selamat jalan Bapak Rugeh Ramia yang baik. Semoga semua amal ibadah dan perbuatan baik Bapak diterima oleh Yang Kuasa. Kami semua disini akan selalu merindukan tawa dan canda Bapak yang begitu ceria.

Resep Chicken Pesto Pasta JTT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...