27 November 2015

Cerita Ke-5 Pemenang 'Giveaway' Buku Ketiga JTT - Mendadak Bakery Berkat JTT by Hilda Fattah Banser


Cerita Ke-5 Pemenang 'Giveaway' Buku Ketiga JTT
Pizza Tanpa Diuleni, Photo courtesy of Hilda Fattah B.

Membuat tulisan di waktu mepet deadline, adalah kebiasaan buruk. Jangan ditiru yah! Tulisan kali ini adalah hasilnya, jadi mohon maaf sebelumnya jika banyak kesalahan menulis ya Mbak. Maju mundur antara ingin ikutan lomba dengan hadiah buku masak fenomenal-nya Mba Endang membuat saya galau. Kesibukan seorang ibu rumah tangga tanpa art dengan seorang putri usia 2 tahun yang sedang aktif-aktifnya, adalah alasan mengapa tulisan ini dibuat amat sangat mepet deadline. Sulit sekali menulis disaat kondisi fisik lelah dan mata yang mengantuk, maklum saya baru bisa menulis ketika anak dan suami sudah terlelap di malam hari. Namun akhirnya saya paksakan untuk begadang membuat tulisan karena mengingat betapa blog Just Try and Taste milik Mba Endang ini sangat berjasa bagi saya. Terima kasih banyak ya Mbak! 

Perkenalan awal saya dengan blog JTT dimulai ketika saya mencari resep mashed potato via google dan terdampar di postingan "Creamy Mashed Potato: Yuk membuat kentang tumbuk laziz a la restoran!" Saya ingat betul, saat itu JTT adalah satu-satunya blog memasak berbahasa Indonesia yang menyajikan resep secara gamblang dan rinci sampai ke takaran gula, garam, merica (yang di kebanyakan blog hanya ditulis 'secukupnya'). Hal itu sangat membantu saya yang notabene baru benar-benar memegang sutil dan whisk setelah menikah 3 tahun lalu. Ditambah lagi ada cerita pengantar yang seru, disertai tips and trik, dan komentar pembaca yang selalu dibalas Mba Endang, membuat saya betah berlama-lama mencuri ilmu dari blog JTT. Diizinkan ya Mba? Hehe. 


26 November 2015

Resep Kalio Cumi-Cumi Isi Tahu dan Telur


Resep Kalio Cumi-Cumi Isi Tahu Telur JTT

Keluyuran di pasar batu akik Rawa Bening Jatinegara adalah salah satu kegiatan yang sangat saya sukai. Terus terang aneka batu untuk aksesoris, baik jenis akik atau batu perhiasan lainnya selalu mampu menarik minat saya, dan pasar Rawa Bening yang tersohor dengan koleksi batunya dengan harga yang miring menjadi tujuan utama untuk menambah koleksi. Saya sendiri sebenarnya bukan pemakai batu akik, namun dulu beberapa tahun yang lalu pernah terjun merangkai batu, manik dan kristal menjadi seuntai kalung, gelang atau aksesoris wanita lainnya. Bahkan bersama sahabat saya, Meta, kami pernah membuat sebuah partnership kecil-kecilan bernama TalEnd. Waktu itu JTT belum dilahirkan dan fokus saya di bidang masak-memasak belum seperti sekarang.  

Di sela-sela waktu luang dan sepulang kerja, kami berdua merangkai setiap aksesoris yang dijual. Pencapaian TalEnd sebenarnya cukup lumayan, selain banyak memiliki pembeli dan beberapa kali ikut pameran, juga rancangan aksesoris saya dan Meta pernah hadir di sebuah tabloid fashion gratisan. Sayangnya kami berdua memiliki sifat yang sama, moody dan semangat yang 'panas-panas tahi ayam'. Ketika demam aksesoris berlalu, TalEnd pun ditelantarkan. Sekeranjang batu dan manik-manik 'mangkrak' tak tersentuh dan ujung-ujungnya produksi pun berhenti. Saya sibuk berkutat dengan JTT, Meta serius mendalami keahliannya di training. Walau begitu di dalam hati terdalam kami berdua tahu, kecintaan pada aksesoris, batu dan manik tak akan pernah sirna, dan sebenarnya tangan telah terasa gatal hendak mulai mencipta. Tapi saat ini untuk mewujudkannya, masih dalam angan-angan semata. ^_^

Resep Kalio Cumi-Cumi Isi Tahu Telur JTT
Resep Kalio Cumi-Cumi Isi Tahu Telur JTT


24 November 2015

Resep Nasi Ayam Hainan Komplit dengan 3 Macam Saus


Resep Nasi Ayam Hainan Komplit  dengan 3 Macam Saus JTT

Mata saya melotot memandang jajaran makanan di food court sebuah mall di Singapura. Saat itu waktu makan siang telah lewat dua jam, dan perut saya yang tak pernah mengenal arti kata sabar jika berurusan dengan makanan tengah melangsungkan aksi demo. Kaki yang telah letih karena setengah harian berjalan kini terasa gemetar kekurangan energi, tak heran ketika melihat tulisan besar "Hainan Chicken Rice' plus embel-embel 'halal' di sebuah konter makanan, langsung membuat saya setengah berlari kesana.  

Ayam gendut dan seksi tergantung-gantung pasrah dibalik kaca, membuat saya menelan air liur ingin menelan semuanya utuh-utuh. Benak saya dipenuhi dengan sepiring besar potongan ayam yang lembut, plus nasi Hainan nan gurih bersama dengan aneka sausnya yang sedap, seperti yang pernah saya santap di sebuah restoran di Malaka, Malaysia beberapa waktu yang lalu. Tujuh puluh ribu rupiah pun lenyap dari kocek, berbeda jauh dengan nasi ayam Hainan di Malaka yang hanya sekitar tiga puluh ribu rupiah saja. Uang tersebut berganti dengan piring berisi beberapa irisan tipis dada ayam, semangkuk kecil nasi dan saus dalam wadah super imut. Perasaan shock, kecewa, dan kesal melanda, ingin rasanya saya mendelik semengerikan mungkin ke pelayan di balik konter. Namun ketika suapan pertama nasi dan ayam bersaus masuk ke mulut, saya pun mengerang puas. Ini nasi ayam Hainan terlezat yang pernah saya santap, dan jika tidak ingat dengan rasa malu maka saya pasti akan memesan porsi kedua! ^_^

Resep Nasi Ayam Hainan Komplit  dengan 3 Macam Saus JTT


23 November 2015

Resep Dutch Boterkoek - Butter Cake a la Belanda


Resep Dutch Boterkoek - Butter Cake a la Belanda JTT

Manis, padat namun tidak bantat, dengan rasa butter (mentega) yang kuat. Mungkin deskripsi itu belum tepat untuk menggambarkan rasa dan tekstur boterkoek, namun yang jelas cake  a la Belanda ini sangat lekker. Mengingat banyaknya mentega yang digunakan maka cake ini juga mengandung kalori selangit. Sebenarnya sudah lama saya ingin mencoba membuatnya, namun akhir-akhir ini mood saya untuk mencoba aneka resep cake agak drop. Membayangkan banyaknya perabotan yang harus dicuci dan proses menimbang bahan yang ribet memang biasanya menjadi penyebab utama. Apalagi belum ada resep cake  tertentu yang membuat rasa penasaran saya tergelitik untuk mencoba.

Namun boterkoek  berbeda, resepnya begitu simple karena basic-nya hanya menggunakan empat bahan saja yaitu mentega, tepung, telur dan gula. Prosesnya sendiri juga tak kalah sederhananya, karena semua bahan cukup diaduk menjadi satu, tidak ada proses kocok-mengocok  dengan mikser didalamnya. Jadi weekend kemarin saat jam menunjukkan pukul dua belas siang, akhirnya saya pun mengeluarkan timbangan dan sebuah cetakan pie bongkar pasang. Boterkoek pun dieksekusi, dan keputusan saya tidaklah salah karena cake ini sangat mudah dibuat dan rasanya pun mantap!

Resep Dutch Boterkoek - Butter Cake a la Belanda JTT
Resep Dutch Boterkoek - Butter Cake a la Belanda JTT


20 November 2015

Resep Banh Mi dengan Chicken Burger


Resep Banh Mi dengan Chicken Burger JTT

"Banh Banh lagi ada promo 'buy one get one free' nih. Nggak ada yang tertarik beli sandwichnya"? Tanya Mba Mirah, teman kantor saya, sambil membawa selembar kertas berisi daftar makanan yang tersedia di resto banh mi (sandwich) a la Vietnam bernama Banh Banh. Beberapa kali sebenarnya saya menyantap sandwich Banh Banh di Singapura namun di Jakarta saya justru belum pernah mencobanya, padahal resto ini membuka gerainya di Mall Kuningan City yang terletak di sebelah kantor. "Wah lumayan juga nih beef sandwichnya, empat puluh ribu bisa dapat dua", komentar Mba Fifi yang turut mengecek daftar harganya.

Walau promonya menarik, namun tidak ada satupun teman kantor saya yang pergi ke Banh Banh hingga tiba-tiba suatu siang saya melihat Mba Mirah mengeluarkan sebuah sandwich dari bungkusannya. "Jadi beli Banh Banh juga Mba? Pakai isi apa"? Tanya saya penasaran. "Vegetarian dong, pakai scramble eggs," jawab Mba Mirah tersenyum ceria. Teman saya ini telah menjadi vegetarian selama belasan tahun lamanya. Penasaran dengan Banh Banh versi vegetarian yang belum pernah saya cicipi sebelumnya maka saya pun melongok sejenak ke sandwich yang hendak disantap Mba Mirah. "Yakin ini vegetarian Mba? Kok kaya suwiran daging ya?" Tanya saya curiga melihat serabut-serabut kecoklatan  seperti daging di dalam tangkupan roti. "Masa sih? Tadi sudah bilang ke Mas-nya kalau saya mau beli yang versi vegetariannya. Ini ada nama Mirah di bungkusannya, jadi nggak salah dong," jawab Mba Mirah tidak rela makan siangnya menjadi batal. "Ini daging Mba Mirah!" Teriak saya sambil tertawa ngakak setelah sedikit mencicipi isi sandwich tersebut. 

Resep Banh Mi dengan Chicken Burger JTT
Resep Banh Mi dengan Chicken Burger JTT


19 November 2015

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam


Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Pada postingan kemarin saya telah berbagi ke anda cara membuat English muffin, anda bisa melihat resep dan prosesnya dengan mengklik link disini. Roti bulat yang dipanggang di pan ini sesuai dengan namanya berasal dari Inggris dan ditemukan pertama kali oleh Samuel Bath Thomas pada tahun 1894. Bentuknya menyerupai roti untuk burger atau hamburger bun, namun perbedaaannya adalah English muffin lebih padat dibandingkan roti burger yang cenderung lembut dan berongga selayaknya roti umumnya. Walau English muffin bisa dipanggang juga di oven seperti roti burger namun biasanya makanan ini dimasak menggunakan pan atau griddle (pemanggang besi) di atas kompor. 

Umumnya English muffin disajikan dengan olesan mentega atau selai, setelah roti dibelah maka permukaan belahan ini dipanggang sebentar hingga sedikit kecoklatan, roti kemudian disantap bersama mentega atau selai. Namun cara lain untuk menikmati roti padat ini adalah dengan mengubahnya menjadi sandwich. Untuk itu biasanya ditambahkan ham, bacon, telur goreng (baik mata sapi atau scramble) dan keju. Nah restaurant McDonald menyajikan satu makanan bernama Egg McMuffin, terbuat dari English muffin yang mengapit telur mata sapi, selapis smoked beef dan keju. Walau harganya sebenarnya tidak terlalu mahal, namun membuatnya sendiri sangat mudah dan anda bisa menyantapnya bersama seluruh anggota keluarga. Berbeda dengan McMuffin a la McDonald yang menggunakan smoked beef atau beef burger maka saya menggantinya dengan homemade burger ayam dan rasanya tak kalah mantap! ^_^

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT
Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT
Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT


18 November 2015

Review Produk Baru - LOCK&LOCK Hard&Light + Resep Simple English Muffin



Saya cinta pan! Bukan sembarang pan tentunya tetapi pan yang dilapisi dengan coating yang bagus sehingga tidak lengket walau tanpa olesan minyak dan aman bagi kesehatan. Memiliki gagang yang nyaman dipegang dan bagian penting lainnya adalah bobotnya tidak terlalu berat. Bagi saya yang terkadang menghabiskan waktu berjam- jam di dapur mengeksekusi beberapa resep menarik atau ketika ditasbihkan menjadi 'chef dadakan' saat ada acara-acara penting di keluarga, maka sebuah pan yang memenuhi syarat seperti di atas sangat saya andalkan.  Jika diharuskan memilih benda apa yang paling diperlukan di dapur, maka pan menduduki posisi tertinggi dalam peralatan masak yang wajib, kudu, dan harus ada. Panci boleh tidak ada, pisau bisa dieliminir tapi saya akan mengibarkan bendera putih tanda menyerah 'untuk memasak' jika sebuah pan tidak tersedia. 

Saya punya pan andalan tentunya di rumah, waktu itu Wiwin, adik saya, yang menghadiahkan pan tersebut beberapa tahun yang lalu. Entah dimana si Baik Hati itu membelinya, namun pan tersebut cukup bisa diandalkan. Walau handal tetap saja ada kekurangannya, bobotnya lumayan berat terutama di bagian pegangannya. Akibatnya entah telah berapa kali pan jatuh terpelanting ke lantai kala ditangkringkan di kompor hanya gara-gara berat pan tidak seimbang dengan berat gagang! Lebih mengerikan lagi, pernah suatu hari pan berisi minyak panas jatuh 'numplek' membuat saya lari terbirit-birit kabur dari dapur menghindari cipratan minyak panas. Walau handal tampaknya benda tersebut harus dipensiunkan karena berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan jiwa. ^_^



17 November 2015

Apa itu sauerkraut, manfaatnya bagi kesehatan dan resep dasar homemade sauerkraut (fermentasi kubis)


Fermentasi Kol Asam JTT

Jika anda termasuk petualang kuliner seperti saya maka sauerkraut mungkin makanan yang membuat hati tergelitik untuk mencoba. Sudah lama sekali saya penasaran ingin mencicipi kubis asam ini namun terkendala oleh, "Dimana makanan ini bisa ditemukan di Indonesia"? Karena sauerkraut atau kubis yang difermentasikan ini biasanya ditemukan di kuliner Eropa Timur dan Jerman.  Nah membuatnya sendiri ternyata super mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, dengan suhu Jakarta yang cukup tinggi kala musim kemarau yang lalu maka dalam empat hari sauerkraut yang saya buat sudah siap dipanen.   

Mantapnya, ternyata kubis asam ini bukan hanya sedap disantap begitu saja, tetapi lezat juga diolah menjadi aneka makanan. Selain itu kubis yang difermentasikan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk lanjut.

Fermentasi Kol Asam JTT


13 November 2015

Resep Fettuccine Fra Diavolo dengan Telur Orak-Arik



Hujan akhirnya datang juga di atas atap rumah Pete. Walau beberapa minggu langit Jakarta dinaungi mendung namun rintik air tak kunjung turun. Rasa was-was di hati setiap  kali mendengar mesin pompa air yang menggerung keras saat tarikan pertama semakin lama semakin tebal. Tak bisa dibayangkan jika pompa kemudian mati dan harus memanggil tukang sumur, berarti ada ekstra uang yang perlu dipikirkan. Belum lagi, pertumbuhan rambut di kepala saya sepertinya juga mengikuti musim. Musim kemarau ini membuat banyak sekali rambut yang rontok tanpa diikuti rambut baru yang tumbuh. Anehnya setiap musim hujan tiba maka ribuan anak rambut akan memenuhi kepala, membuatnya lebih tebal. Nah jika hujan tak kunjung turun seperti ini bisa berbahaya juga,  alamat lama-lama kepala ini akan botak jadinya.

Namun Sabtu kemarin halilintar yang menggelegar sejak pagi, dan mendung tebal membuat saya berharap hujan benar-benar datang. Musim kemarau tahun ini luar biasa panjang, dan walau rumah Pete sering bocor saat musim hujan, kali ini saya benar-benar mengharapkan curahannya dari langit. Untungnya bukan sekedar harapan palsu, karena pukul sepuluh pagi hujan  pun memukul genting dengan kerasnya, membuat saya bersorak, bersyukur dan semakin membenamkan diri di balik selimut. Tidur sepuas-puasnya dalam buaian rintik hujan adalah cita-cita pendek saya weekend itu. ^_^



11 November 2015

Resep Crispy Chicken Katsu


Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Berulangkali saya mengecek kalori di website Cronometer.com dan berulangkali pula saya mengeluh dengan angka yang tercantum disana. Satu sendok makan minyak goreng memiliki kalori sebesar 117, 5 dan itu setara dengan sepotong dada ayam seberat 70 gram atau setara dengan 5 buah tomat ukuran medium. Artinya, perut saya akan lebih kenyang dan tubuh saya akan bersorak lebih riang jika diasup dengan dada ayam atau tomat segar yang kaya akan gizi dibandingkan dengan memamah biak potongan gorengan yang (pastinya!) bukan hanya sekedar mengandung satu sendok makan minyak goreng tetapi mungkin bersendok-sendok, dan bersendok-sendok minyak

Walau mengerti dengan jelas informasi tersebut tetap saja di hari Minggu kemarin saya tak kuasa menolak keinginan untuk mengunyah gorengan yang crispy.  Bukan sekedar gorengan seperti bakwan atau pisang goreng tetapi makanan gurih garing yang terbuat dari protein hewani, err.... Seperti fish and chips yang resepnya telah saya berikan beberapa hari yang lalu (anda bisa klik pada link disini), atau potongan tipis dada ayam berbalur bread crumbs bernama chicken katsu. Entah mengapa akhir-akhir ini saya menjadi keranjingan dengan makanan 'kriuk' yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan ini. Tobat!

Resep Crispy Chicken Katsu JTT
Resep Crispy Chicken Katsu JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...