28 Februari 2019

Resep Tumis Bunga Pepaya Ikan Tongkol


Resep Tumis Bunga Pepaya JTT

Salah satu hal yang membuat saya rindu tinggal di desa adalah halaman yang luas. Pekarangan bisa ditanam dengan aneka pepohonan berguna seperti pepaya, pisang dan aneka tanaman buah lainnya. Ketika pisang matang, batangnya alias 'gedebok' pisang yang segede tiang rumah ini cukup dipotong-potong, kemudian ditinggalkan begitu saja di tegalan. Tidak berapa lama akan membusuk, terdekomposisi dan kembali menyatu dengan tanah, membuat bumi semakin subur. 

Bayangkan jika menanam pisang dihalaman secuplik di Jakarta, er.... Contohnya seperti adik saya, Wiwin. Keluarga adik saya tinggal disebuah rumah cluster dimana setiap rumah tidak berpagar, dan dihiasi dengan sebuah halaman kecil untuk aneka tanaman hias. Nah sekitar dua tahun lalu, saya membawa bibit pisang mini dari rumah kakak di Batam. Pohon pisang yang di Batam bertubuh kerdil, tak dinyana tumbuh bongsor dan gendut di halaman rumah Wiwin, walau pendek namun batangnya kekar dan daunnya selebar pohon pisang normal. Dalam sekejap si pisang beranak banyak, beberapa ditransfer kemana-mana, siapapun yang berminat dipersilahkan mengambilnya sendiri.

Resep Tumis Bunga Pepaya JTT
Resep Tumis Bunga Pepaya JTT


27 Februari 2019

Resep Bubur Ayam Sambal Kacang


Resep Bubur Ayam Sambal Kacang JTT

Jujur, sebenarnya membuat bubur ayam sendiri cukup ribet. Bukan dibagian membuat buburnya, tapi pernak-pernik yang mengiringi si bubur seperti sambal, kerupuk, cakwe, dan kuah kuningnya. Itu jika kita menginginkan bubur ayam yang memang komplit dan bukan sekedar bubur dan suwiran ayam. Tapi jika anda adalah seorang food blogger yang ingin menyajikan bubur ayam di blog atau Instagram, tentunya ingin agar tampilan si bubur mirip dengan yang dijual oleh abang tukang bubur ayam di tepian jalan. Jadi walau ribet, walau menghasilkan banyak perabotan kotor, weekend lalu tetap nekat saya eksekusi. Bukan karena saya sedang begitu inginnya menyantap bubur ayam, tapi karena saya belum memiliki resep ini dan sudah banyak yang menanyakannya. 😅

Walau bubur ayam atau chicken congee ini sebenarnya adalah kuliner China namun dalam perjalanan jaman dan waktu sudah beradaptasi dengan masyarakat Indonesia sedemikian eratnya sehingga kemudian muncul varian bubur ayam yang berbeda dengan aslinya. Misal pada penambahan kuah kuning, sambal kacang, kerupuk dan kacang kedelai goreng. Di beberapa  daerah di Indonesia sendiri, bubur ayam bisa bervariasi. Di tepian jalan kadang kita menemukan bubur ayam berlabel Cianjur, Cirebon, atau Sukabumi. Ada juga jenis bubur ayam yang disajikan dengan kuah kuning atau tanpa kuah sama sekali karena buburnya sudah dibumbui dan terasa gurih. Saya sendiri suka semua jenis bubur ayam, tepatnya saya suka semua jenis bubur. Dulu ketika kuliah di Jogya, sarapan setiap pagi adalah bubur gudeg yang super murahnya. Waktu itu, tidak ada yang lebih sedap selain saat perut kosong dipagi hari dijejali dengan semangkuk besar bubur plus serpihan krecek, gudeg dan kuah sayurnya. Amboi nikmatnya!

Resep Bubur Ayam Sambal Kacang JTT
Resep Bubur Ayam Sambal Kacang JTT

26 Februari 2019

Resep Saba Panggang Saus Daun Bawang Jahe


Resep Saba Panggang Saus Daun Bawang Jahe JTT

Hal yang paling saya suka jika berlibur ke Batam adalah seafoodnya. Fresh, harganya relatif terjangkau, pilihannya banyak (karena resto seafood dimana-mana) dan rasa masakannya sedap! Jika di Jakarta, rumah makan seafood andalan adalah Bandar Djakarta di Ancol, tapi sayang lokasinya jauh, dan harganya mahal, walau sebenarnya saya akui harganya seimbang sih dengan kesegarannya. 

Nah asyiknya juga punya kakak yang stay di Batam dan doyan jajan adalah dia tahu dimana saja restoran yang menyajikan masakan sedap, bahkan jarak jauh pun dijabanin. Jika berlibur kesana, hampir setiap malam atau siang kami makan diluar. Di sepanjang jalan Mbak Wulan dan suaminya, Mas Moko, akan menunjuk, "Resto yang ini arsik ikan masnya enak Ndang," atau "Resto yang itu nasi Hainannya mantap!" Saya terkadang terbengong-bengong sendiri mendengarnya, karena hampir setiap rumah makan di setiap sudut jalan di Batam pernah mereka coba. Bayangkan jika mereka tinggal di Jakarta, mungkin setiap hari saya tidak perlu keluar ongkos membeli makanan. 😄

Resep Saba Panggang Saus Daun Bawang Jahe JTT


25 Februari 2019

Resep Tuna Potato Pie


Resep Tuna Potato Pie JTT

Kalau mendengar kata 'kualat' terbayang hal yang ngeri-ngeri bukan? Apalagi kualat sama orang tua, jangan sampai deh pernah terjadi. Jika menilik kamus besar bahasa Indonesia, maka kualat artinya mendapat bencana karena berbuat kurang baik kepada orang tua atau kena tulah.  Nah beberapa bulan lalu, saya mengalami apa yang namanya kualat. Walau tidak dalam skala bencana, namun sepertinya saya memang mendapat sentilan dari Atas. Kejadiannya bermula ketika bulan Desember lalu saya pergi ke Batam bersama Ibu. Seperti biasa, kami berlibur ke rumah kakak, Mbak Wulan, yang telah lama menetap disana bersama suami dan putra semata wayangnya, Ellan. 

Saya hanya  berlibur selama lima hari disana, sebuah koper kecil ukuran kabin pesawat cukup untuk baju ala kadarnya dan oleh-oleh saat pulang nanti.  Sedangkan Ibu saya akan tinggal di Batam minimal tiga bulan lamanya, beliau membawa sebuah koper ukuran 25 kg yang ketika ditimbang saat check in sudah mencapai 22 kg. "Mama bawa apa sih Ma? Ini beratnya sudah 22 kg lho? Untung kita berdua, kalau sendiri bisa kena ekstra bagasi," komentar saya terheran-heran. "Oleh-oleh dari Wiwin, dibawain siomay sama lain-lain, baju Mama sih nggak banyak," jelas Ibu saya. "Nanti kalau pulang mesti hati-hati. Ekstra bagasinya mahal banget," kata saya mengingatkan.

Resep Tuna Potato Pie JTT
Resep Tuna Potato Pie JTT

22 Februari 2019

Resep Ayam Masak Daun Melinjo


Resep Ayam Masak Daun Melinjo JTT

Tahun lalu, kantor saya mengadakan kegiatan outing di Cisarua. Acara setahun sekali yang berfungsi sebagai refreshment, jalan-jalan, sekaligus disisipi dengan training motivasi ini telah dilakukan selama beberapa tahun belakangan ini. Perusahaan tempat saya bekerja merupakan small company, total karyawan bahkan tidak mencapai 70 orang, dan kebanyakan telah bekerja minimal lima tahun lamanya, bahkan ada yang telah bekerja sejak awal perusahaan dibentuk. Memotivasi karyawan yang telah bekerja lama seperti ini bertujuan agar mereka tetap bersemangat dan memiliki kinerja yang baik. Teorinya. Kenyataannya, bagi saya pribadi, kinerja dan semangat kerja lebih didorong pada lingkungan kerja yang menyenangkan, peraturan perusahaan yang tidak terlalu ketat, dan tentu saja kompensasi kerja yang layak. Tanpa ketiga hal tersebut walau berkali-kali di motivasi dengan aneka traning dan outing, tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan. 

Resep Ayam Masak Daun Melinjo JTT
Resep Ayam Masak Daun Melinjo JTT


21 Februari 2019

Resep Creamy Fettuccine Alfredo


Resep Creamy Fettuccine Alfredo JTT

Saya lagi kecanduan film berbau disaster atau apocalypse. Well, sebenarnya sejak dulu memang menyukai film-film seperti ini, hanya saja akhir-akhir ini menjadi lebih intense. Ada rasa ngeri dan was-was menyaksikan tornado dahsyat yang menggulung rumah dalam sekali libas, tsunami setinggi puluhan meter yang menerjang dan memporak-porandakan sebuah kota, atau gempa yang mencapai 9 skala Richter hingga jalan layang dan gedung-gedung bertumbangan.

Satu film yang dilatarbelakangi tsunami dahsyat tahun 2012, berjudul The Impossible, menurut saya cukup memberi gambaran betapa mengerikannya kala bencana itu terjadi. Film yang diangkat dari kisah nyata satu keluarga yang terdiri atas ayah, ibu dan tiga anak lelakinya ini cukup mengharu biru. Liburan ke Thailand yang awalnya penuh ceria dan kebahagiaan berubah menjadi bencana ketika tsunami mengantam hotel tempat mereka menginap. Tercerai-berai, terluka, dan dalam kondisi yang tidak menentu, rasanya tidak mungkin mereka bisa selamat dan berkumpul kembali. Tapi keajaiban memang ada, pada akhirnya mereka bisa bersatu dan kisah luar biasanya diangkat ke layar lebar. 

Resep Creamy Fettuccine Alfredo JTT
Resep Creamy Fettuccine Alfredo JTT


20 Februari 2019

Resep Cupcake Kacang Merah ( gluten-free)


Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Weekend adalah waktu yang sebenarnya super sibuk dibandingkan dengan 5 hari kerja dalam seminggu. Bagi saya. Di weekend, semua rencana 'tumplek blek' menjadi satu mulai dari eksperimen resep baru, project endorse (yang alhamdulilah sampai sekarang masih ada), belanja ke pasar agar kulkas terisi untuk satu atau dua minggu stock, mencuci pakaian dan membersihkan rumah. Urusan yang paling terakhir yaitu membersihkan rumah biasanya ter-skip ketika pekerjaan lain telah membuat tenaga terkuras dan meninggalkan badan yang pegal-pegal. 

Target saya di jam tiga sore pada hari Sabtu atau Minggu adalah tidak ada pekerjaan rumah yang menunggu, karena sore hari di hari libur adalah menit-menit indah yang mantap dinikmati dengan sebuah film yang bagus, segentong es Milo dan setoples camilan. Sungguh demi tiga hal itu saya rela berpontang-panting sejak pukul enam pagi, di hari weekend, mengerjakan semua pe-er agar di jam tiga sore bisa santai berleha-leha di depan laptop. Kenyataannya sungguh tidak mudah saudara-saudara, sebagian besar waktu tersebut habis untuk mempersiapkan makanan agar layak difoto, memotretnya berkali-kali dan berkali-kali dengan berbagai macam angle, dan ketika semua itu berakhir meninggalkan cucian piring segambreng. Kadang semuanya baru berakhir di jam delapan malam. 😎

Resep Cupcake Kacang Merah JTT
Resep Cupcake Kacang Merah JTT

19 Februari 2019

Resep Sup Brenebon


Resep Sup Brenebon JTT

Sudah satu minggu ini katup tabung gas di dapur bermasalah, gas bocor adalah salah satu ketakutan terbesar saya selain gempa, tsunami dan zombie. Dan gas bocor itulah yang saat ini sedang terjadi di dapur. Awalnya, sejak mengganti tabung gas dengan yang baru, semua berjalan lancar. Tukang gas, yang selalu saya wanti-wanti, "Pastikan tidak ada bocor dan suara 'seesss' keluar dari tabung lho Mas," menjawab dengan penuh percaya diri selayaknya tukang gas yang sudah lima tahun lebih beroperasi diseputar jalan Pete, "Percaya deh Kak, semua aman." Saya menghela nafas lega, memang selama lima tahun lebih saya tinggal di area ini, tukang gas dan air mineral ini telah menjadi langganan dan si Mas yang mengantarkan gas bahkan masih sama seperti lima tahun nan lampau. 

Salah satu enaknya menjadi langganan lama adalah prioritas. Bayangkan ketika pulang kantor di pukul setengah delapan malam, hendak menggoreng telur dadar dan gas habis. Biasanya tukang gas ogah di telp diatas jam tujuh malam, tapi yang satu ini tetap bersedia mengantar, "Sebenarnya kita sudah tutup, saya juga sudah pesan istri jangan angkat telpon kalau ada yang pesan. Eh Kakak telp, berangkat deh," ocehnya ketika tiba didepan pagar rumah. Nah kalau sudah begini biasanya saya akan tambahkan uang tips, atau jika ada makanan atau buah di kulkas akan saya bungkus dan berikan, "Buat anak-anak." Senyum si abang tukang gas akan sumringah semoncer lampu sorot di jalanan, jawabannya selalu sama, "Jazakallahu khairan." Saya harus googling dulu untuk tahu artinya. 😄

Resep Sup Brenebon JTT
Resep Sup Brenebon JTT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...