30 April 2019

Resep Soto Mi


Resep Soto Mi

Hujan deras akhir-akhir ini yang mengguyur Jakarta di sore hari benar-benar membuat susah bagi karyawan kantoran seperti saya yang menggunakan transportasi umum. Hujan yang turun dipukul tiga atau empat sore, kadang berhenti dipukul lima atau lanjut hingga malam meninggalkan kemacetan parah yang luar biasa. Selain karena faktor banjir atau genangan air dimana-mana, juga karena karyawan yang menunggu hujan reda akan bersamaan keluar kantor saat langit terang. Minggu lalu adalah rekor kemacetan terparah yang terjadi selama beberapa bulan ini, jalanan didepan kantor yang sarat dengan mobil total tak bergerak, akibatnya tak ada satupun angkutan umum entah itu angkot kecil atau bis Transjakarta yang lewat. 

Satu jam lamanya ditepian jalan akhirnya saya menyerah dan berjalan ke mal Lotte Avenue yang tak jauh dari kantor. Menuju ke food court, membeli seporsi tahu gejrot yang tobat mahalnya dan seporsi dimsum, saya duduk disana hingga jam sembilan malam. Ketika keluar mal, jalanan yang tadinya macet kini lengang dan saya melenggang ke jalan Sudirman menuju stasiun MRT. Jika bekerja di Jakarta dan tak ingin terjebak macet parah maka pulanglah sebelum pukul lima sore atau sekalian diatas jam sembilan malam. Diantara waktu-waktu tersebut maka alamat akan sia-sia menghabiskan waktu dijalan.


Resep Soto Mi
Resep Soto Mi


24 April 2019

Resep Hand Pies Isi Kentang, Wortel dan Daging Cincang


Resep Hand Pies Isi Kentang, Wortel dan Daging Cincang JTT

Di mal Kuningan City sedang ada pameran pertanian dan produk olahan pangan berjudul 'Farm to Market'. Diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian dan Kuningan City Mall dari tanggal 19 s/d 28 April 2019. Letak pastinya di ground floor, begitu masuk dari lobi mal yang menghadap ke jalan Prof. Dr. Satrio, kita cukup berbelok ke kanan dan disepanjang lorong didepan Starbucks berjejer kios-kios kecil peserta pameran. Saya sendiri baru mengetahuinya kemarin, kala jam makan siang bersama beberapa teman iseng berjalan ke mal Kuningan City.  Biasanya pameran yang sering diselenggarakan oleh mal ini seputar perlengkapan dapur, spring bed dan koper, tapi kini produk yang berbeda cukup menarik minat karyawan yang berkantor diseputar mal tersebut. 

Aneka produk yang dijual mulai dari sayuran segar, sayur organik, buah lokal, madu, aneka olahan keripik bahkan hingga keripik jengkol pun ada, dendeng, perlengkapan hidroponik, jus jeruk segar, bumbu dan rempah, hingga tanaman hias. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, tapi karena sayuran berdaun hijau kurang banyak dijual maka saya tidak begitu berminat dengan produknya. Tapi satu konter yang menjual jus jeruk baby asli yang baru saja diperas langsung membuat saya berdiri didepan kios dan merogoh uang dua puluh ribu untuk segelas jus tanpa campuran air dan no sugar. 


Resep Hand Pies Isi Kentang, Wortel dan Daging Cincang JTT
Resep Hand Pies Isi Kentang, Wortel dan Daging Cincang JTT


23 April 2019

Resep Kari Daging Sapi a la Jepang (Japanese Beef Curry)


Resep Kari Daging Sapi a la Jepang (Japanese Beef Curry) JTT

Sering melihat saus kari Jepang instan dalam kemasan kotak di supermarket?  Jika suka keluyuran di supermarket dan hobi memelototi aneka bahan dan makanan disana (seperti saya!) pasti tahu dengan kari yang dimaksud. Merk yang paling terkenal dan mudah ditemukan adalah Golden Curry, warna kemasannya bermacam-macam mengikuti tingkat kepedasan si kari. Nah dulu saya sama sekali tidak berminat dengan kari a la Jepang, menurut saya tekstur dan tampilannya aneh, tidak seperti hidangan kari umumnya. Apa enaknya menyantap kari berkuah kental seperti vla ini bukan? Tapi sekarang, saya akui saya sangat, sangat suka dengan  kari  Jepang. Kuah kentalnya yang terbuat dari roux (mentega dan tepung yang ditumis) justru membuat kari ini terasa berbeda dari kari umumnya. Ketika disiramkan ke permukaan nasi, perpaduannya sungguh eksotis, dan dijamin sepiring nasi pasti kurang nendang. Ah susah dijabarkan dengan kata-kata kelezatannya. 😃

Resep Kari Daging Sapi a la Jepang (Japanese Beef Curry) JTT
Resep Kari Daging Sapi a la Jepang (Japanese Beef Curry) JTT


22 April 2019

Resep Tude Panggang Sambal Dabu-Dabu


Resep Tude Panggang Sambal  Dabu-Dabu JTT

Pertama kali mencicipi masakan Manado khususnya ikan tude panggang ini ketika masih awal kerja di Jakarta, belasan tahun nan lampau.  Ketika itu, salah satu direktur marketing sedang merayakan pencapaian penjualan produk asuransi yang fantastis. Kami, para admin, lantas dikumpulkan diresto Manado didaerah Sudirman. Seumur-umur, lidah ini hanya dijejali dengan masakan Jawa dan Padang, jadi prospek hendak mencicipi makanan Manado tentu saja disambut dengan euforia lebay. Resto Manado bukanlah rumah makan yang berani saya datangi, sebagai admin dengan gaji UMR kala itu, resto andalan hanyalah rumah makan Padang dan paling banter Bakmi GM karena terjangkau harganya. Nah khusus resto yang terakhir itu pun hanya dijabanin sebulan sekali, kalau uang gaji masih tersisa.

Seingat saya waktu itu resto Manadonya adalah Cak Tu Ci yang masih membuka bisnisnya di dekat jalan Blora, Sudirman. Sekitar 25 orang admin dari berbagai cabang dimasukkan ke lantai dua restoran, disana sudah menunggu sebuah meja panjang yang muat untuk puluhan orang. Diatas meja sudah tertata deretan piring berisi nasi  dan segelas teh tawar hangat. Ketika kami mulai duduk dikursi, ikan tude panggang lantas dikeluarkan bersama dengan sambal dabu-dabu dan tumis kangkung. 

Resep Tude Panggang Sambal  Dabu-Dabu JTT
Resep Tude Panggang Sambal  Dabu-Dabu JTT


18 April 2019

Resep Ayam Kapitan


Resep Ayam Kapitan JTT

Betapa malasnya saya hendak berangkat ke kantor hari ini. Hari 'kejepit nasional' yang jika mengambil cuti berarti libur panjang selama lima hari. Tapi jatah cuti setahun  sudah habis bahkan minus, selain itu saya yakin hari ini pasti jalanan sepi dan rekan kantor banyak yang mengambil cuti. Jadi saya putuskan berangkat ke kantor. Pagi ini saya berjalan ke stasiun MRT di pukul setengah tujuh pagi. Supir bajaj langganan yang setiap pagi nangkring didepan rumah tidak kelihatan batang hidungnya, mungkin belum datang. Saya sempat ragu hendak berjalan pergi, tahu jika si supir bajaj akan datang menjelang pukul tujuh pagi. Tapi enggan juga jika harus menunggu lima belas menit didalam rumah. 

Stasuiun MRT di Blok A terlihat lengang, tak banyak calon penumpang yang hendak berangkat menggunakan kereta. Lima menit menunggu, kereta jurusan Bundaran HI muncul, tujuan saya adalah stasiun MRT Bendungan Hilir. Kereta penuh tapi tidak sesak, semua kursi terisi, namun cukup lengang jika berdiri. Saya memilih berdiri didekat pintu, ketika ada penumpang yang turun disatu stasiun pun saya memilih tetap berdiri. Perjalanan dari Blok A ke Bendungan Hilir hanya 10 menit saja. Sepuluh menit! Bandingkan dengan jalanan biasa yang memakan waktu minimal 30 menit. Berdiri didalam kereta yang nyaman dan tidak sesak oleh penumpang bukanlah masalah besar, apalagi nantinya di kantor saya akan duduk seharian penuh. 

Resep Ayam Kapitan JTT
Resep Ayam Kapitan JTT


16 April 2019

Resep Homemade Kani Rolls


Resep Homemade Kani Roll JTT

Weekend lalu, saya berdua adik bungsu, Dimas, menginap di Ascott Sudirman. Hotel apartemen ini terletak di Ciputra World 2 dan berdekatan dengan mal Lotte Shopping Avenue. Kami menginap disana bukan karena berlebihan uang, melainkan karena kamar yang telah dipesan kakak saya, tidak bisa dibatalkan. Kakak saya, Mbak Wulan, memesan beberapa kamar di weekend kemarin karena hendak berkunjung ke Jakarta. Rencananya kamar tersebut akan dipergunakan bersama Ibu dan keluarga adik saya, Tedy. Sayangnya, karena Tedy tertimpa musibah (pen yang terpasang dikakinya patah sehingga harus dioperasi ulang di Batam), maka semua kamar yang telah dibooking tersebut terpaksa dibatalkan. Apesnya, satu kamar  tidak bisa dicancel.

Saya dan Dimas check in di pukul tujuh malam, sepulang saya dari kantor. Kami berdua membawa tas pakaian seakan hendak mengungsi ke kota lain, isinya adalah baju untuk 2 malam dan pakaian renang. Saat itu saya berpikir proses check in akan sangat mudah, pembayaran toh telah dilakukan kakak saya melalui credit card di Booking.com, tapi kenyataannya tidak semanis itu. Booking.com ternyata belum melakukan pendebetan kartu hanya sebatas mengeblok tanggal pemesanan dan mencatat nomor kartu kredit yang disertakan. Pada saat check in, pihak hotel akan meminta fisik kartu kredit dan menggeseknya ditempat. Bagaimana mungkin saya bisa menunjukkan kartu kredit milik kakak saya, jika orangnya saja saat itu berada di Batam?

Resep Homemade Kani Roll JTT
Resep Homemade Kani Roll JTT


15 April 2019

Resep Es Markisa Jelly Terong Belanda


Resep Es Markisa Jelly Terong Belanda JTT

Luar biasa cepatnya bulan-bulan ditahun ini berlari, sekarang sudah menginjak bulan keempat dan bulan depan sudah memasuki puasa Ramadhan. Biasanya selama satu bulan di puasa Ramadhan lonjakan pengunjung blog akan meningkat drastis dibandingkan bulan lainnya. Seakan di bulan puasa, banyak yang sibuk mencari resep untuk dicoba, mungkin ingin menghidangkan menu spesial atau berbeda demi sahur dan berbuka. Bagi saya pribadi, menu puasa tak akan berbeda dengan menu sehari-hari. Buah dan sayur tetap menduduki peringkat nomor satu, ditambah protein secukupnya. Tapi saya akui, saat bulan puasa makanan atau minuman yang segar dan dingin pasti menjadi incaran utama. Entah itu berupa rujak, asinan, acar atau es buah. Seakan lapar dan dahaga seharian berpuasa luntur seketika begitu tenggorokan menyentuh cairan dingin yang menyegarkan.

Nah, resep minuman yang satu ini saya rekomendasikan dibuat untuk berbuka. Sejak mencicipinya di resto Mandailing, Bora Bora, beberapa waktu yang lalu, terus terang menu ini langsung masuk dalam list untuk dicoba. Minuman bernama martabe singkatan dari markisa terong belanda memang populer di daerah Medan dan sekitarnya karena kedua buah tersebut produksinya melimpah, dihasilkan petani dikawasan Brastagi. Perpaduan markisa yang manis, harum dan terong belanda yang asam segar memang mantap!

Resep Es Markisa Jelly Terong Belanda JTT
Resep Es Markisa Jelly Terong Belanda JTT


12 April 2019

Resep Cheung Fun - Rice Noodle Rolls


Resep Cheung Fun JTT

Sudah lama hidangan ini masuk ke dalam list untuk dicoba, tapi baru kemarin berhasil saya praktekkan di rumah. Gara-garanya ketika membongkar tumpukan stok tepung-tepungan di kulkas, saya menemukan sebungkus tepung beras yang entah sudah berapa lama nangkring disana. Menyimpan tepung dan kacang-kacangan mentah di chiller terutama yang kemasannya sudah terbuka terbukti aman dari segala macam jenis kutu-kutuan dan serangga. Jenis kutu beras memiliki kemampuan canggih menggerogoti kemasan plastik pembungkus tepung walau tebal sekalipun. Bahkan tepung yang saya simpan didalam wadah kaca bertutup rapat pun sepertinya tidak kebal dari gangguan kutu, mungkin bibit si kutu sudah ada didalam tepung sebelumnya. Selain itu, di chiller, tepung menjadi tidak berubah aroma, warna maupun rasanya.

Terakhir menyantap hidangan ini ketika di Singapura beberapa tahun yang lalu. Lembaran rice noodle gulung berisi udang dan ebi ini terasa lembut, meluncur mudah ditenggorokan, gurih dan mantap dikombinasikan dengan soy sauce berbumbu yang terasa asin manis. Sebenarnya teksturnya mirip-mirip dengan choi pan, jajanan ala Chinese lainnya yang juga saya suka.

Resep Cheung Fun JTT
Resep Cheung Fun JTT


11 April 2019

Resep Steak Saus Jamur dengan Tumis Bayam dan Kentang Goreng


Resep Steak Saus Jamur dengan Tumis Bayam dan Kentang Goreng JTT

Pukul sembilan pagi kemarin, adik saya, Tedy, menjalani operasi untuk membetulkan pen yang patah dan posisi tulang yang bergeser. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya di postingan disini, Tedy mengalami kecelakaaan sekitar enam bulan yang lalu dan mengalami patah paha dikaki kiri. Minggu lalu ketika berjalan menuruni tangga dikantornya, kruk yang dikenakannya tergelincir dan tulang yang sedang mengalami proses penyambungan kini patah lagi berikut pennya. Adik saya menjalani operasi di rumah sakit di Batam, tempat dimana kakak saya, Mbak Wulan, bekerja. Alasan kami karena biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan beberapa rumah sakit yang direkomendasikan dan rumah sakit tersebut memiliki alat khusus untuk keperluan operasi yang kali ini lebih rumit dibandingkan sebelumnya.

Operasi berlangsung selama lebih dari empat jam. Sekitar pukul satu siang saya mendapatkan kabar dari kakak saya yang melihat proses operasi berlangsung. Adik saya masih belum sadar dari bius totalnya, tergeletak di ranjang ICU dengan Diar, adik ipar saya, yang menemani. Air mata saya langsung menetes melihatnya seperti itu, apalagi kabar yang diberikan kakak saya kurang begitu bagus. Walau sudah enam bulan berjalan namun tulang yang telah dioperasi sebelumnya belum mengalami penyambungan, artinya perkembangan penyembuhannya sangat lambat. 

Resep Steak Saus Jamur dengan Tumis Bayam dan Kentang Goreng JTT
Resep Steak Saus Jamur dengan Tumis Bayam dan Kentang Goreng JTT


10 April 2019

Resep Pad Thai


Resep Pad Thai JTT

Tahun lalu ketika kantor tempat saya bekerja mengadakan jalan-jalan ke Thailand, saya berkesempatan menjajal aneka makanan terkenal khas negara tersebut, seperti tom yam, salad mangga, salad pepaya muda dan pad thai. Sepertinya setelah mencoba rasa asli dari negara asalnya, lidah ini baru puas dan mengerti dengan taste yang sebenarnya. Satu hal yang saya akui, di Thailand makanan apapun terasa sedap, entah apakah itu dijajakan oleh lapak tepian jalan hingga skala restonya. Saya mencicipi pad thai disebuah stall makanan didepan pasar Chatuchak. Usai lelah dan gempor berjalan menyusuri pasar super luas yang seakan tak ada habisnya jika dijelajah dengan kaki, saya berdua Mbak Fina yang kelaparan berat akhirnya memutuskan membeli pad thai. Kios ini memasang tulisan halal dikaca tempat makanan diletakkan, penjualnya seorang Thai yang dibantu dengan wanita berhijab. Walau makanan Thailand sedap tapi sebagian besar non halal, jadi kami tidak bisa leluasa menjajal dan mencicipi aneka kulinernya.


Resep Pad Thai JTT
Resep Pad Thai JTT


09 April 2019

Resep Gulai Daun Ubi Tumbuk


Resep Gulai Ubi Tumbuk JTT

Rekan kantor saya, Mbak Fina, yang setiap hari saya ikut nebeng mobilnya sepulang kantor, mengajak makan di resto Mandailing / Tapanuli bernama Bonga Bonga yang terletak di Cipete Raya.  Sudah lama Mbak Fina bercerita mengenai restoran masakan Batak ini, namun baru bulan lalu kami berkesempatan mencicipi rasanya. Bonga Bonga adalah resto Batak yang menyajikan masakan halal dan berada disebuah gedung dua lantai. Restonya sendiri berada di lantai bawah sementara lantai atas dipakai untuk restoran masakan Thailand. Suasana didalam resto cukup cozy, meja-meja kayu besar nan kokoh memenuhi ruangan sementara kain ulos khas Batak tergantung dilangit-langitnya. 

Masakan yang dijual ditata di piring-piring saji disisi sebelah kiri memanjang hingga ke bagian belakang. Aneka masakan khas Batak seperti ayam saksang, ayam pinadar, gulai salai ikan, gulai ubi tumbuk, arsik ikan mas dan sambal-sambalan diletakkan dalam nampan stainless steel dan tembikar. Kita bisa memilih paket nasi atau memilih sendiri lauk yang dipajang dimeja. Sayangnya karena datang terlalu malam maka kebanyakan masakan sudah habis, termasuk ikan salai yang diincar Mbak Fina. Akhirnya kami memesan nasi dengan ayam saksang, ayam pinadar, ikan bakar, aneka sambal dan seporsi mi gomak yang kami bagi berdua. Rasanya sungguh laziz!

Resep Gulai Ubi Tumbuk JTT
Resep Gulai Ubi Tumbuk JTT


08 April 2019

Resep Ayam Kodok


Resep Ayam Kodok JTT

Enam bulan yang lalu adik saya, Tedy, mengalami kecelakaan. Sepulang kantor, ketika keluar dari parkiran motor didepan stasiun Cilebut, ditabrak mobil hingga tulang pahanya patah. Malam itu, saya baru saja tiba dirumah dari kantor, sekitar pukul setengah delapan. Belum berganti baju, baru saja meletakkan tas dan duduk di kursi, pesan WA masuk dari adik ipar saya, Diar, istri Tedy. Pesan seperti ini selalu saya takutkan, kabar buruk yang menimpa salah satu anggota keluarga. Saya langsung menelpon Tedy menanyakan kabarnya, saat itu adik saya masih ditepian jalan menunggu mobil membawa ke rumah sakit. Suaranya lirih, kesakitan dan air mata saya menetes mendengarnya. "Ya Mbak Endang, aku masih di tepi jalan. Kakiku kayanya patah karena gak bisa digerakkan sama sekali." Saya langsung menelpon Wiwin, adik saya lainnya yang tinggal di daerah Mampang. Wiwin baru saja pulang dari urusan dinas di Pangkalan Bun malam itu dan kami berdua langsung meluncur ke Bogor. 

Resep Ayam Kodok JTT
Resep Ayam Kodok JTT


04 April 2019

Resep Bolu Pisang Labu Siam & Jalan-Jalan ke Pasar Glodok


Resep Cake Pisang Labu Siam JTT

Libur satu hari kemarin saya manfaatkan jalan-jalan ke Pasar Glodok. Sekian tahun tinggal di Jakarta, berkeliling pasar Glodok mungkin hanya pernah satu kali dilakukan, itu pun bertahun nan lampau. Bayangan selama ini Pasar Glodok semrawut dan kotor membuat saya enggan kesana, padahal menaiki Transjakarta sekali dari Blok M sudah mengantarkan saya ke pasar dalam sekejap. Rekan-rekan kantor saya yang keturunan Tionghoa tentu saja sering ke Pasar Glodok. Mbak Mirah bahkan hafal setiap kios dan toko yang menjual aneka bahan masakan China dan makanan vegetarian. Andalan beliau adalah jalan bernama Petak Sembilan. Setiap kali Mbak Mirah bercerita seru mengenai Petak Sembilan, saya susah membayangkan kondisinya. Daripada penasaran akhirnya hari Rabu kemarin saya mengajak Pak Kus, teman kantor yang sering berbelanja ke Pasar Glodok untuk menemani berkeliling. Pak Kus adalah rekan kantor keturunan Tionghoa yang pernah memberikan resep soto Betawi maknyus yang pernah saya share sebelumnya disini. Beliau cukup tahu setiap sudut pasar Glodok dan area Petak Sembilan.


Resep Cake Pisang Labu Siam JTT
Resep Cake Pisang Labu Siam JTT


02 April 2019

Resep Ayam Panggang a la Padang


Resep Ayam Panggang a la Padang

Akhirnya saya naik MRT juga! Kemarin seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya, mulai tanggal 1 April 2019, MRT di Jakarta mulai dibuka untuk publik. Jika sebelumnya saya merasa masih cukup nyaman menaiki bus Trans Jakarta yang semakin banyak beredar di jalan Sudirman, ketika pulang kantor kemarin saya nekat ke stasiun MRT untuk mencoba keretanya. Stasiun MRT di depan gedung Sampoerna Strategic ini sangat dekat dengan halte bis Trans Jakarta, cukup jalan kaki sekian meter saya telah tiba dimulut stasiun. 

Stasiun terletak under ground, dan karena sedang berpuasa maka perjalanan turun cukup membuat kaki gemetaran. Ruangan dibawah tanah ini sangat luas, saya berjalan mengikuti papan petunjuk hingga tiba di depan pintu loket. Terus terang saya belum tahu metode pembayarannya, tapi saya mengira kartu sakti Flazz bisa digunakan. Ajaibnya pintu masuk terbuka lebar dan petugas yang berdiri disana berteriak, "Cepat masuk Bu, satu jam kedepan gratis!" Sebagaimana orang Indonesia umumnya yang suka dengan hal berbau gratis, saya langsung ngacir melewati pintu dan berjalan menuju ke arah tepian rel kereta yang tertutup rapat.

Resep Ayam Panggang a la Padang
Resep Ayam Panggang a la Padang

01 April 2019

Resep Cranberry Scones JTT


Resep Cranberry Scones JTT

MRT mulai bisa dipergunakan untuk publik bulan ini, rekan-rekan saya dikantor heboh membicarakannya. Dua minggu yang lalu, kereta sudah bisa dipergunakan, gratis. Tapi penumpang harus mendaftar terlebih dahulu secara online. Beberapa teman kantor bahkan nekat menjajalnya saat jam makan siang. Saya malas mendaftar online, dan memilih menunggu ketika dibuka untuk umum seperti saat ini. Beroperasinya MRT tentu saja membuat saya happy. Bagaimana tidak? Stasiun kereta ini ada di depan pasar Blok A, artinya jaraknya super dekat dari rumah. Jika berjalan kaki mungkin hanya sekitar 10 menit saja, seperti ketika hendak pergi ke pasar. Jalur MRT yang membentang dari Lebak Bulus hingga Dukuh Atas ini membuat saya bisa mencapai jalan Sudirman hanya dalam satu kali angkutan umum saja, untuk lanjut ke kantor saya bisa menaiki bis Trans Jakarta atau angkot yang banyak bersliweran di jalan Dr. Satrio. Intinya, jika selama ini saya harus menaiki 3 kali angkutan umum untuk bisa ke kantor maka kini hanya cukup 2 kali saja.

Resep Cranberry Scones JTT
Resep Cranberry Scones JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...