30 Oktober 2021

Resep Homemade Sawi Asin (Suan Cai)


Resep Homemade Sawi Asin JTT

Sawi asin tidak susah ditemukan di Jakarta, ada banyak yang menjualnya dan kualitasnya pun bagus. Mulai dari pasar tradisional, supermarket hingga online shop pun ada. Di beberapa daerah di Jawa dan luar Jawa mungkin susah menemukan awetan sayuran ini, jadi terpaksa kudu dibuat sendiri. Membuat sawi asin tidak susah, tidak juga ribet, kendala utama hanyalah sulit menemukan sawi pahit atau nama latinnya Brassica juncea ini. Sawi untuk sawi asin berbeda dengan sawi umum seperti caisim atau pak choi, sawi pahit memiliki tubuh bongsor, badan kekar, batang tebal dan keras serta daun lebar dan tebal. Rasanya agak pahit dan kurang enak jika diolah dalam kondisi segar begitu saja, karena itu umumnya diolah menjadi awetan sawi entah itu versi asin seperti ini atau versi manis pedas biasa disebut manisan sawi. Tapi di beberapa daerah penghasil sawi pahit maka sayuran ini umum dimasak sebagaimana bayam dan kangkung umumnya entah itu direbus dan dicocol sambal terasi atau diolah di dalam sayur bobor. Saya belum pernah mencobanya, konon katanya bagi yang sudah pernah memasaknya mangatakan rasanya lezat gak kalah dengan sayuran lainnya.

Resep Homemade Sawi Asin JTT


29 Oktober 2021

Resep Jus Herbal dan Bad Influencer?


Resep Jus Herbal JTT

Sudah lama saya tidak trial baking, membuat cake, roti, atau cookies fancy yang membutuhkan waktu, effort dan tenaga. Saya lebih prefer membuat masakan simple, tidak banyak bumbu, dan tidak membutuhkan banyak waktu bin tenaga yang harus dikorbankan. Jenuh, saya mulai jenuh mengutak-atik resep, berbicara tentang makanan dan masakan. Saya mulai jenuh sebagai food blogger dan pemilik akun kuliner di beberapa media sosial yang harus dituntut selalu menampilkan makanan. Apalagi, jika makanan yang dimasak tidak sesuai hati dan mood, semata-mata hanya demi memuaskan follower atau menjaring like. Umumnya makanan seperti ini akan saya bawa ke kantor jika sedang WFO tapi jika sedang di rumah saya berikan ke bapak sampah yang kebetulan sedang lewat, atau saya kirimkan ke adik saya, Wiwin, di Mampang. Tapi lama kelamaan adik saya juga mengeluh dikirimkan makanan manis berlemak, dan saat ini juga sedang berusaha menurunkan kolesterol dan berat badan dia dan berat badan anak dan suaminya. Akhirnya saya stop mengirimkan kue-kue manis ke sana dan berakhirlah makanan tersebut ke siapapun yang lewat di depan rumah. 

Resep Jus Herbal JTT


27 Oktober 2021

Resep Sup Ayam Ala Afghan


Resep Sup Ala Afghan JTT

Saya suka dengan kebudayaan, apapun bentuknya. Entah itu cara hidup satu masyarakat, busana yang dikenakan, upacara keagamaan, pekerjaan sehari-hari, makanan, bentuk bangunan rumah dan gedung, atau bahasanya, apapun. Bagi saya sangat menarik memperhatikan satu gaya atau cara hidup berbeda dengan yang kita lakonin sehari-hari. Karena itu pula, jika traveling ke satu negara saya tidak terlalu bersemangat berkunjung ke kota besar yang hanya dipenuhi dengan gedung dan shopping mall. Saya ingin menyusuri pelosok desa atau kota-kota kecil yang menampilkan kehidupan sehari-hari warga asli. Mencicipi makanan asli yang dihidangkan di resto atau rumah makan tradisional, dan melihat langsung apa yang dilakukan penduduk setempat dalam mengisi waktunya. Tapi sayangnya, traveling ke pelosok seperti ini membutuhkan biaya lebih besar terutama urusan transportasi, dan juga membutuhkan waktu lebih  lama yang umumnya tidak dimiliki. Jadi memang lebih mudah hanya berkunjung ke kota besarnya saja.

Resep Sup Ala Afghan JTT

26 Oktober 2021

Grow Your Own Food (Intermezo)


Grow Your Own Food JTT
My garden

Tinggal di negara yang tidak mengenal musim dingin membuat kita bisa menanam sepanjang tahun. Sinar matahari dan air melimpah, suhu selalu cocok buat aneka tanaman, tantangan bercocok tanam tidak seberat mereka yang hidup di negara empat musim. Mungkin itu yang menyebabkan bertanam sayur dan buah sendiri di pekarangan bukan lah hal yang menjadi minat banyak penduduk. Apalagi dengan harga sayuran dan bahan pokok yang relatif terjangkau dibandingkan dengan negara empat musim, berkebun di pekarangan sepertinya bukanlah pilihan banyak warga di Indonesia. Hanya para petani dan keluarga petani dan sanak saudara petani dan mereka yang berjiwa petani yang melakukan hal tersebut, bukan warga umumnya.

Banyak yang beralasan mereka enggan berkebun karena tidak memiliki cukup lahan, atau pekarangan sempit, atau  jika ada pun tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Memang jika tinggal di kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, faktor ketersediaan lahan menjadi problem utama. Tapi saya perhatikan, mereka yang tinggal di pedesaan atau kota kecil dengan pekarangan yang cukup pun enggan bercocok tanam sayuran, atau yang tinggal di Jakarta pun dengan halaman seluas rumah tipe 100 meter persegi hanya dipenuhi dengan rumput hijau. Jadi sebenarnya keinginan untuk menghasilkan bahan makanan sendiri dari lahan yang dimiliki memang tidak ada.

Grow Your Own Food JTT
Panen kale. Sawi samhong. Kale keriting dan kale dwarf


22 Oktober 2021

Homemade Corned Beef


Homemade Corned Beef JTT

Entah kenapa kalau sudah mendengar hal berbau homemade atau DIY, maka adrenalin saya seakan langsung terpacu, semangat membumbung tinggi, dan rasa ingin mengeksekusinya langsung timbul. Mungkin ada hubungannya dengan challenge, rasa tertantang untuk membuktikan bahwa saya pun bisa membuatnya, atau at least mendekati baik rasa atau tampilannya. Alasan lain mungkin karena, berhasil membuat segala sesuatu sendiri di rumah ada hubungannya dengan kemampuan untuk mandiri, tidak tergantung dengan sekitar dan survival. Otak saya selalu penuh dengan skenario terburuk dengan alam dan kondisi sekitar, dan semakin diperburuk dengan kesukaan menonton aneka film mengenai apocalypse atau berita bencana. Apalagi akhir-akhir ini penuh dengan berita mengenai akibat dari global warming yang sekarang kita kudu percaya ada dan gejalanya mulai terjadi dimana-mana. Artinya, bumi ini sudah semakin tidak menentu kondisinya, tidak sama dengan dua puluh atau tiga puluh tahun nan lampau, saat itu seakan pemanasan global tak pernah terdengar gaungnya. Kalaupun banyak yang berteriak mengenai lapizan ozon yang mulai bolong-bolong maka tak ada yang peduli, kecuali aktifis lingkungan hidup.

Homemade Corned Beef JTT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...