28 Mei 2020

Resep Ayam Lada Hitam


Resep Ayam Lada Hitam JTT

Masa PSBB di Jakarta kabarnya akan diakhiri pada tanggal 4 Juni 2020. Walau Gubernur DKI mengatakan berakhirnya PSBB tergantung dari kedisiplinan warga ibukota juga. Artinya, jika jumlah kasus positif menurun dalam masa 2 minggu ini, maka PSBB akan dihentikan. Masyarakat akan kembali beraktifitas seperti sebelum masa PSBB diberlakukan, atau mengikuti istilah pemerintah yaitu 'new normal'. Saya sendiri sebagai pekerja kantoran yang setiap hari berangkat menggunakan armada angkutan umum seperti MRT dan angkot, terus terang agak ketir-ketir ketika new normal mulai diberlakukan. Saat semua pekerja kembali memenuhi gedung, jalanan dan angkutan umum. Saat mal beroperasi kembali dan dijejali dengan orang-orang yang berkunjung. Saat dimana masyarakat seakan baru saja keluar dari 'penjara' rumah dan kini lepas menikmati alam bebas. 

Saat-saat seperti ini jauh lebih berisiko dibandingkan ketika PSBB belum diberlakukan, ketika kasus masih sedikit dibandingkan dengan sekarang. Apalagi melihat tingkah laku masyarakat yang tampaknya mulai tak peduli dan tak ada rasa takut. Contohnya seperti saat menjelang Lebaran kemarin ketika pasar-pasar diserbu, toko dipenuhi mereka yang berbelanja. Tak ada social distancing, dan yang menggunakan masker juga bisa dihitung dengan jari. Setiap hari televisi dan online dipenuhi dengan berita tentang corona virus, dan bagaimana kasus di Indonesia tak kunjung turun. Semua itu sepertinya tak membuat masyarakat menjadi waspada dan lebih menjaga diri. Terus terang saya tak siap menghadapi PSBB yang sebentar lagi berakhir. 


Resep Ayam Lada Hitam JTT
Resep Ayam Lada Hitam JTT


Sukses Menyetek Basil


Sukses Menyetek Basil JTT

Basil adalah salah satu jenis daun rempah yang menjadi favorit saya, alasannya karena saya suka masakan Italia, dan basil adalah salah satu bumbu wajibnya. Alasan lain karena saya suka menanam dan mengoleksi aneka rempah di halaman yang secuplik ini. Ada kepuasan tersendiri jika bumbu dapur selalu tersedia dalam kondisi fresh dan tinggal petik dari kebun. Nah biasanya kita menggunakan daun basil yang telah dikeringkan dan dikemas didalam botol yang banyak dijual di supermarket. Tapi, jika anda sudah pernah merasakan langsung aroma basil segar maka akan segan untuk menggunakan versi keringnya. Basil segar aromanya memang lebih kuat dan mungkin bagi mereka yang tidak terlalu suka baunya yang unik akan memilih versi keringnya. Tapi aroma strong itulah yang saya cari dan justru menggugah selera makan. Saya bahkan sering memasukkan daun basil segar yang dirajang kasar banyak-banyak kedalam saus pasta agar aromanya lebih nendang.

Sukses Menyetek Basil JTT
Sukses Menyetek Basil JTT


26 Mei 2020

Resep Sate Taichan


Resep Sate Taichan JTT

Penasaran dengan kelanjutan kisah hilangnya file di external hard disk yang pernah saya ceritakan pada postingan disini? Saya akan teruskan kisahnya, yang jelas semua berakhir manis. Saya suka dengan happy ending story, jadi cocok dah. Setelah recovery data yang failed dan hanya 11% saja file yang berhasil ditransfer, walau sudah ditunggu selama 3 hari 3 malam, akhirnya hard disk saya biarkan begitu saja. Saya agak takut mengeceknya dan menerima kenyataan pahit. Sungguh, saya sebenarnya termasuk coward jika berurusan harus menerima satu berita yang naluri ini berkata akan asam ceritanya. Tapi, license EaseUS Data Recovery Wizard yang dibeli untuk mengembalikan semua file yang terlanjur terhapus (ada sekitar 1700 GB!) akan berakhir pada tanggal 29 Mei ini. Artinya, jika bulan ini data tidak diusahakan untuk dipulangkan kembali, maka tidak ada lagi kesempatan untuk memanggilnya, kecuali bersedia merogoh lagi kocek sebesar 1 juta rupiah untuk membayar license 1 bulan berikutnya. Artinya, betapa bodohnya saya jika itu terjadi lagi bukan?

Resep Sate Taichan JTT
Resep Sate Taichan JTT


Resep Siomay Keriting


Resep Siomay Keriting JTT

Lebaran tahun ini berlalu begitu saja, tidak meninggalkan kesan. Bahkan aura Lebaran tak saya rasakan selayaknya tahun lalu. Seakan anti klimaks, karena tahun lalu saya dan keluarga menghabiskan waktu berkumpul di Ancol selama 3 hari. Tahun ini kakak saya dan keluarganya tetap di Batam, hanya kami yang berada di sekitar Jakarta yang datang ke rumah Wiwin, adik saya, di daerah Mampang. Saya bahkan tidak memasak makanan apapun sama sekali. Awalnya saya berniat untuk memasak rendang, tapi di last minute saya batalkan karena adik saya berkata stok rendang sejak bulan puasa masih banyak di freezer. Akhirnya saya datang hanya membawa diri dan baju ganti. Untungnya, asisten rumah tangga Wiwin, Mbak Yati, tahun ini tidak mudik ke Cirebon, jadi Lebaran dua hari kemarin kami kenyang dengan masakan beliau. Kami menyebutnya, Yati's Kitchen. Sebagaimana tahun lalu, adik saya menyediakan soto daging, rendang, sambal goreng hati, opor ayam kampung, ketupat dan sayur godog. Plus aneka gorengan seperti bakwan, tempe mendoan dan tahu isi yang menjadi andalan Mbak Yati. Masakan Mbak Yati cocok dengan selera kami semua, dan aneka gorengannya mantap. Selama dua hari perut saya seakan meledak kekenyangan.

Mumpung masih suasana Lebaran, saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin ya.

Resep Siomay Keriting JTT


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H


15 Mei 2020

Resep Bomboloni Isi Coklat


Resep Bomboloni Isi Coklat JTT

Masa PSBB masih berjalan hingga tanggal 22 Mei 2020, tapi hari Selasa ketika saya ke kantor kondisi jalanan tidak lagi seperti masa PSBB di awal dulu. Jalanan mulai ramai, mobil pribadi banyak beredar, dan jalan Prof. Dr. Satrio didepan kantor yang biasanya sunyi senyap kini mulai banyak yang berlalu lalang. Karyawan kantoran mulai tampak bermunculan terutama kala istirahat siang. Mal Ambasador disebelah kantor masih tutup hingga PSBB berakhir tetapi beberapa toko keperluan bahan pokok dan obat-obatan tetap beroperasi. Kalau melihat update kasus penderita corona di Indonesia, tampaknya tidak menunjukkan tanda-tanda slow, bahkan beberapa hari ini penambahan setiap harinya lumayan tinggi. Alih-alih kurva menjadi flat, kurva justru terus menanjak dan entah kapan akan menunjukkan titik stagnan dan akhirnya turun. 

Tapi masyarakat tampaknya mulai bosan mendekam di rumah, atau mungkin lama kelamaan rasa takut terpapar virus sudah mulai berkurang dan menjadi tidak peduli, atau mungkin karena kasus penderita yang mencapai 16 ribu orang dianggap belum tinggi dibandingkan dengan kasus di negara lain yang berpenduduk banyak seperti kita, misal seperti US atau India. Kondisi orang semakin tidak peduli dan makin banyak yang diluar rumah saat masa PSBB ini justru lebih menyeramkan dibandingkan saat awal-awal virus mulai melanda. Karena mereka yang carrier (terkena virus tetapi tidak menunjukkan gejala) pastinya jauh lebih banyak, sementara aktifitas sehari-hari mulai kembali normal, at least itu yang saya lihat di Jakarta. Artinya potensi penularan dan virus menyebar akan semakin tinggi. Saya berharap tidak terjadi ledakan gelombang virus susulan yang lebih tinggi dari kasus sekarang. Semoga. Terus terang ngeri juga jika PSBB berakhir dan harus kembali kekantor setiap hari dengan kondisi virus tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Resep Bomboloni Isi Coklat JTT


09 Mei 2020

Resep Sempolan Ayam Wortel dan Kebodohan


Resep Sempolan Ayam Wortel JTT

Minggu lalu saya membuat kebodohan fatal, menghilangkan semua file gambar hasil eksekusi resep sejak 11 tahun yang lalu! Semua file tersebut disimpan di dalam external hard disk, dengan satu klik semua isinya lenyap. Inilah akibat bekerja terburu-buru, tergesa-gesa, gegabah, tidak hati-hati, you name it, yang jelas saya berkali-kali memaki-maki diri sendiri dan harus membayar mahal akibat kebodohan itu. Entah apa yang merasuki diri saya saat itu, ketika external hard disk dicolokkan, muncul pop up 'format hard disk anda agar bisa berjalan dengan baik', otomatis jari tangan yang clumsy ini mengklik 'ok'. Teng, tong, dalam lima detik semua file terhapus dan hard disk kembali seperti ketika saya membelinya pertama kali, kosong melompong. 

Lima detik berikutnya saya terbengong-bengong, detik selanjutnya saya meloncat-loncat  panik dan mulai mencari cara mengembalikan memori yang hilang. Hard disk dilengkapi dengan fasilitas auto recovery, ketika muncul pop up selanjutnya 'apakah anda ingin memperbaiki hard disk?', saya klik 'yes'. Muncul gambar berputar tanda sesuatu sedang diproses. Tapi apa? Tidak ada keterangan apapun, tidak ada tanda apapun. Saya tunggu hingga 30 menit, tanda berputar dilayar masih terus berdansa. Stres dan tak sabar (again!), saya matikan komputer dan hidupkan kembali. Saya baru tersadar ternyata tanda berputar-putar yang tak kunjung padam sebenarnya adalah usaha external hard disk untuk mengembalikan kembali semua file yang terhapus. Ketika saya cek, baru ada 100 gambar yang dikembalikan sementara saya memiliki sekitar 750.000 gambar didalamnya. Kali ini saya benar-benar amsyong!

Resep Sempolan Ayam Wortel JTT
Resep Sempolan Ayam Wortel JTT


08 Mei 2020

Resep Garang Asem Ayam Kampung dan Semangat 'No Waste'


Resep Garang Asem Ayam Kampung JTT

Sampah yang tidak didaur ulang adalah masalah utama dinegara manapun, apakah itu negara maju, berkembang atau terbelakang. Sampah dinegara kita sendiri menjadi problema yang ruwet, mulai dari tempat penampungan yang tidak memadai, proses daur ulang yang minim hingga rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ditempat yang benar. Lucunya, kesadaran rendah masyarakat ini bukan karena kurang berpendidikan, karena banyak teman saya yang menyandang gelar sarjana sekalipun tetap membuang sampah seenak jidatnya. Jadi memang kesadaran diri untuk menjaga kebersihan lingkungan yang dianggap bukan lingkungan pribadi sekitar rumahnya lah yang memang rendah. 

Di seputar area rumah saya, sampah juga menjadi masalah runyam. Mulai dari tukang sampah yang datang seringkali hanya seminggu sekali bahkan dua minggu sekali, bak sampah tetangga yang luber ke jalan dan diobrak-abrik kucing atau tikus saking penuhnya dan pemilik rumah tidak peduli, hingga orang tak bertanggungjawab yang lewat dengan motor membawa tentengan berisi sampah dan melemparnya begitu saja didepan rumah. Jika ada rumah yang terlihat kosong dan tak terawat maka dalam sekejap tumpukan sampah sudah tercipta dihalaman rumah tersebut, seringkali yang membuang sampah disana bukan orang-orang disekitar kompleks tetapi orang dari antah berantah yang memang berkeliling jalan, khusus untuk membuang sampah rumah tangganya. Kalau bertemu model begini ingin rasanya saya berteriak setinggi langit dan melempar balik sampah yang dibuang seenaknya, tapi seringkali ketika bertemu saya hanya terbengong bingung dan motor si pemilik sampah sudah melaju kencang.


Resep Garang Asem Ayam Kampung JTT
Resep Garang Asem Ayam Kampung JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...