26 Juni 2018

Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab


Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab

Kantor saya dalam beberapa hari belakangan ini dipenuhi dengan polemik sehubungan dengan libur nasional Pilkada serentak yang jatuh besok, tanggal 27 Juni 2018. Beberapa mengatakan libur, mengacu pada surat keputusan Presiden yang katanya akan segera ditandatangani. Beberapa mengatakan tidak libur, mengacu pada BI dan Bursa Efek Indonesia yang memang keberatan dengan keputusan libur  tambahan 1 hari di bulan Juni, mengingat bulan ini sudah banyak sekali hari libur sehubungan Lebaran. Well, perusahaan tempat saya bekerja bergerak dibidang Pasar Modal yaitu perdagangan saham dan surat utang, maka keputusan BI dan Bursa Efek-lah yang menjadi acuan. Jika kedua institusi ini mengatakan tidak libur maka kami tetap harus masuk kantor seperti biasa, sementara karyawan kantor lain berleha-leha dirumah.

Surat keputusan Presiden yang mengatakan tanggal 27 sebagai hari Libur Nasional beredar cepat di grup WhatsApp, dan kami semua happy membacanya. Siapa yang akan menolak tambahan hari libur bukan? Walau surat edaran resmi dari BEI mengenai libur ini belum diedarkan ke Perusahaan Sekuritas, kami sudah optimis akan diliburkan juga. Beberapa rekan saling meledek, "Akan liburan kemana kita hari Rabu?" Dan yang lain berteriak, "Ke Babelan!" Babelan adalah satu daerah di Bekasi, dan salah satu rekan kantor memang berdomisili disana, atau "Ke lantai 4 food court Mall Ambassador!" 😃

Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab
Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab


22 Juni 2018

Resep Rujak Bangka


Resep Rujak Bangka JTT

Beberapa waktu yang lalu, rekan kantor saya Mba Mirah membawa rujak buah dengan tampilan lebih meriah. Isinya bukan hanya potongan buah seperti biasa, tapi juga irisan jeruk limau cui dan manisan kiamboy merah. Rasanya segar dan berbeda dengan rujak buah yang biasa saya konsumsi. Menurut beliau namanya rujak Bangka dan dibeli dari tukang rujak di daerah Glodok. Susah membelinya sendiri karena lokasi yang jauh, saya putuskan untuk mengeksekusi si rujak di rumah. Bahan-bahannya toh tidak susah dan manisan kiamboy banyak dijual di mall sebelah kantor. Sayangnya rencana tersebut berkali-kali terhambat karena jeruk limau cui yang biasa dipakai untuk sambal dan minuman ini agak susah ditemukan di Jakarta. Terkadang saya menemukannya dijual dalam kemasan keranjang plastik berlubang di toko buah All Fresh, namun sudah beberapa bulan ini absen dari peredaran. Walau rujak Bangka bisa dieksekusi tanpa lemon cui dan digantikan dengan jeruk peras biasa (jeruk keprok), namun asamnya lemon cui sepertinya akan memberikan rasa berbeda, jadi saya menunggu jeruk tersebut hadir kembali dengan sabar. 

Resep Rujak Bangka JTT
Resep Rujak Bangka JTT


20 Juni 2018

Resep Chicken Sous-Vide Salad


Resep Chicken Sous-Vide Salad

Lebaran berlalu, dan liburan pun usai. Tapi ada satu yang tetap menetap, enggan berlalu, bahkan justru bertambah, apalagi jika bukan lemak dibadan. Puasa Ramadhan tahun ini tak menurunkan berat badan saya setitikpun! Ketika hari kedua Lebaran, saya, Wiwin dan Dimas (keduanya adalah adik saya), menimbang badan, kami semua dibuat terperanjat dengan angka yang tercantum dialat. Berat badan saya mencapai rekor, berat terberat dalam sejarah berat badan yang pernah saya pikul. 

Awalnya adik bungsu saya, Dimas, enggan menimbang badannya. Merasa pede dengan tubuh setinggi 175 cm miliknya, sehingga berat badan sepertinya bukan menjadi masalah. Namun ketika kami semua naik ke timbangan digital di rumah Wiwin dan heboh dengan hasilnya, si bungsu ini akhirnya ikutan juga. Dia mengira beratnya masih di angka 8o-an, namun ketika timbangan menunjukkan angka 90 kg, mukanya langsung menunjukkan tampang stress. "Ya Allah, kok berat badanku kembali ke 90 kg lagi sih? Mengerikan! Aduh, harus diet makan 1 kali lagi ini," teriaknya panik. Ketika duduk dibangku SMA, berat badan Dimas pernah mencapai angka 90 kg, dan kemudian turun drastis menjadi 75 kg ketika masuk kuliah. Saat itu, dia menerapkan diet ketat hanya makan 1 kali sehari. Saya yang tadinya terduduk lemas, kini terbahak-bahak bahagia. Yah setidaknya ada yang lebih parah kenaikan berat badannya.

Wokeh sebelum saya lanjut ke ocehan berikutnya, ijinkan saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439H. Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin. 😁

Resep Chicken Sous-Vide Salad
Resep Chicken Sous-Vide Salad

13 Juni 2018

Resep Kastangel and Do It Yourself


Resep Kastangel JTT

Entah sudah berapa kali saya mengalami patah kran air, namun kejadian dua hari yang lalu adalah yang paling berat. Kran cuci piring yang awalnya hanya meneteskan air, ketika saya putar untuk dibetulkan justru lepas dengan sukses. Besi kran yang menempel di tembok berkarat dan aus. Untung saja saluran air dari toren sudah dimatikan, jika tidak betapa hebohnya saya harus berjibaku dengan air yang menyemprot deras ke dapur. Sialnya, sebagian besi dari kran masih tertinggal didrat pipa outlet di tembok, dan jika hendak diganti dengan kran baru maka potongan besi berkarat tersebut harus dikeluarkan terlebih dahulu. Itu kejadian di pagi hari sebelum berangkat ke kantor, minggu lalu. Sempat terpikir hendak mengambil cuti agar seharian itu bisa membetulkannya, namun dengan hati kesal akhirnya saya tetap berangkat juga.

Sepanjang perjalanan ke kantor saya pun sibuk browsing mencari cara bagaimana mengganti kran yang patah. Sebenarnya saya bisa saja menelpon Paklik yang tinggal di Depok, namun membayangkan beliau harus jauh-jauh meluncur ke rumah hanya karena kran air sepertinya terlalu merepotkan. Lagipula apa sih susahnya mengganti kran air? Pekerjaan pertukangan bukan hanya milik kaum pria, selama ada banyak petunjuknya di internet maka kaum wanita pun bisa melakukannya juga. Pikir saya begitu pe-de. 

Resep Kastangel JTT
Resep Kastangel JTT


06 Juni 2018

Resep Sayur Godog Betawi


Resep Sayur Godog Betawi

Kantor saya sedang dihebohkan dengan cerita horor, sebenarnya bukan akhir-akhir ini saja tapi selentingan tentang adanya makhluk ghaib ini sudah didesahkan sejak beberapa tahun yang lalu. Cerita selalu dimulai dan diakhiri dengan seorang karyawan yang memiliki indra keenam alias sixth sense, dan berhubung saya tidak memiliki indra nomor enam tersebut maka cerita-cerita horor tersebut tidak terlalu saya pedulikan. Terus terang saya tidak terlalu suka dengan hal-hal yang berbau horor, anti menonton film horor atau mendengar cerita horor. Bukan karena saya tidak percaya hal-hal semacam itu, saya yakin ada banyak jenis makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT baik yang kasat mata maupun yang tak tampak, namun terlalu terlibat didalamnya membuat hidup saya akan dipenuhi bayangan nightmare. Hidup sudah cukup complicated dan susah, mengapa harus ditakut-takuti lagi dengan hal-hal berbau horor bukan? Itu prinsip saya.

Resep Sayur Godog Betawi
Resep Sayur Godog Betawi

05 Juni 2018

Resep Pindang Patin


Resep Pindang Patin

Saya suka ikan, apapun jenisnya, baik ikan air tawar maupun laut. Dibesarkan dengan menu ikan sejak bayi di Tanjung Pinang, membuat seafood lebih dipilih oleh keluarga saya dibandingkan ayam atau daging sapi. Tapi walaupun begitu, ada satu jenis ikan yang saya paling anti yaitu ikan patin. Tekstur dagingnya yang lembek dan aromanya yang sedikit aneh membuat patin masuk dalam list 'ikan yang tidak akan dibeli dalam kondisi apapun'. Apalagi sejak seorang teman yang beternak patin di daerah Bogor bercerita betapa mengerikan makanan si patin, sejenis catfish yang doyan segalanya, menjadikan saya semakin tidak menyukainya.

Tapi sebenarnya, ketika menyantap seporsi pindang patin di Palembang dan Pekanbaru beberapa tahun yang lalu, saya cukup surprised dengan rasanya. Teksturnya masih sama, sama-sama lembek, tetapi aroma lumpur dan aneh tersebut tidak terdeteksi didagingnya. Konon katanya, patin di Palembang dan Pekanbaru ditangkap di sungai besar, bukan hasil ternak di empang, sehingga ikannya lebih bersih dan bebas lumpur.

Resep Pindang Patin
Resep Pindang Patin


04 Juni 2018

Resep Nastar Keju


Resep Nastar Keju

"Nduk, Mama kepengen bikin nastar. Kalau liburan buatin adonannya ya, nanti Mama yang bunder-bunderin," kalimat itu diucapkan Ibu saya dua minggu yang lalu, seperti biasa saat itu saya sedang berkunjung ke rumah Wiwin, adik saya. "Nastar buat siapa Ma? Ntar kalau kita makan bisa tambah gendut lho," jawab saya mengerang, teringat selama dua minggu puasa ini berat badan tidak turun satu gram pun. "Ya buat dibagi-bagi, jangan dimakan sendiri. Nanti buat Mbak Wulan satu, buat Tedy satu, buat Dimas satu," dan Ibu saya terus menyebutkan satu persatu nama-nama penerima jatah nastar yang kalau dijumlahkan menjadi lumayan banyak. 

Sebenarnya membuat kue kering sama sekali tidak masuk kedalam list rencana tahun ini. Walau membuat adonan nastar bisa dilakukan dalam sekejap mata namun membentuknya menjadi kue kecil yang rapi jali membutuhkan kesabaran dan ketelatenan tingkat dewa. Tapi demi menyenangkan hati Ibu, saya pun berkata, "Ya, ntar dibuatkan adonannya, gampang kok." Walau Lebaran masih lama namun weekend lalu saya telah mempersiapkan bertoples-toples nastar dan kastangel yang semoga tidak keburu habis dimakan sendiri sebelum hari H Lebaran tiba. 😄

Resep Nastar Keju


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...