09 Desember 2016

Resep Tahu Kung Pao


Resep Tahu Kung Pao

Frekuensi saya bersantap di resto berkurang drastis sejak 6 bulan belakangan ini, dulu sepulang kantor saya lebih memilih nongkrong di cafe atau resto menghabiskan waktu ngobrol 'ngalor ngidul' dengan teman dibandingkan pulang ke rumah. Resto andalan saya adalah Koki Kafe di Plaza Semanggi yang menyajikan masakan Palembang. Pempek dadar dan mie celornya menjadi favorit karena super duper sedap dan harganya terjangkau. Sayangnya saat ini Koki Kafe telah menutup bisnisnya disana, sepertinya pengunjung mall lebih suka makanan a la western dibandingkan menyantap masakan lokal.

Resto lainnya yang dulu juga menjadi tempat 'kongkow' adalah QQ Kopitiam di FX Mall, teh tarik dan kwetiaw sapi lada hitamnya selalu saya pesan ketika bersantap disana. Kwetiaw sapi lada hitamnya bahkan memberikan inspirasi bagi saya untuk mencoba membuat menu serupa di rumah, resepnya pernah saya posting di JTT, anda bisa klik link resepnya disini. 

Resep Tahu Kung Pao
Resep Tahu Kung Pao


08 Desember 2016

Resep Homemade Pangsit Kuah


Resep Homemade Pangsit Kuah

Bus Transjakarta berjalan lambat, selambat pasangan pengantin yang hendak menuju ke pelaminan. Saya mendesah kesal, tak sabar, dan berkali-kali melihat jam tangan yang melingkar di pergelangan. Biasanya di pukul setengah delapan saya sudah hampir tiba di halte busway Karet, namun kini bis masih berkutat di sekitar Gelora Bung Karno. Penasaran, saya pun melongokkan kepala ke jalanan di depan mencari tahu penyebabnya. Sederetan mobil pribadi tampak masuk ke dalam jalur busway yang biasanya steril. Tak heran bis berjalan seperti keong! 

Hingga kini saya masih tak habis pikir bagaimana mungkin, hari gini, masih ada segelintir makhluk egois yang sibuk terpusat dengan dirinya sendiri, dengan kenyamanan dirinya pribadi tanpa memperdulikan kepentingan umum. Saat kami penumpang Transjakarta berdiri dan berdesakan di dalam bis, mereka dengan nyamannya berada di dalam mobil, mendengarkan musik dan mungkin tertawa-tawa ketika sukses menyerobot jalur busway tanpa tertangkap oleh petugas. Mungkin mereka sibuk membanggakan diri ketika tiba di ujung dengan selamat tanpa terkena tilang. Swear! Betapa saya sibuk berdoa semoga polisi muncul dan mengganjar mereka dengan denda yang besar, namun sialnya di pagi ini tak satupun petugas kepolisian ada di sepanjang jalan Sudirman. Doa saya tidak dikabulkan.

Resep Homemade Pangsit Kuah
Resep Homemade Pangsit Kuah


06 Desember 2016

Resep Vegetarian Pizza Jamur dengan Simple Sauce


Resep Vegetarian Pizza Jamur dengan Simple Sauce

Memutuskan membeli rumah dengan budget terbatas memang pekerjaan yang mampu membuat kepala serasa pecah, menguras energi dan waktu. Fokus dengan kegiatan rutin sehari-hari pun menjadi buyar, dan tentu saja berimbas ke update postingan resep baru di JTT yang selama satu bulan ini kering kerontang. Sejak tiga bulan terakhir hari-hari saya disibukkan dengan browsing semua website iklan rumah dijual yang terpampang di internet. Sedangkan di hari weekend dipergunakan untuk survey lokasi. Entah sudah berapa banyak kompleks perumahan yang saya kunjungi dan sales yang dihubungi, namun yang jelas hingga kini saya belum menemukan rumah yang 'sreg' di hati. Kata orang, "Membeli rumah itu jodoh-jodohan", tapi terus terang saya tidak begitu setuju dengan pendapat tersebut karena menurut saya membeli rumah sebagaimana pembelian asset lainnya memerlukan perhitungan cermat, logika, pemikiran matang dan tentu saja dana yang cukup. ^_^

Resep Vegetarian Pizza Jamur dengan Simple Sauce
Resep Vegetarian Pizza Jamur dengan Simple Sauce


28 Oktober 2016

Obsesi Roti 45: Bagel - Roti kenyal yang mantap untuk sarapan!


Obsesi Roti 45 - Bagel

Jangan terkecoh dengan bentuk cincinnya dan mengira roti ini adalah donat. Walau berbentuk sama dan terbuat dari bahan yang sama yaitu tepung terigu, air dan ragi, tapi bagel bukanlah donat dan memiliki tekstur yang sangat berbeda dengan donat. Bagel terasa chewy (liat dan elastis) kala digigit, teksturnya padat namun sama sekali tidak keras. Berkebalikan dengan donat yang manis maka bagel cenderung tawar, asin atau gurih dan seringkali digunakan untuk menggantikan roti burger (burger bun). Berbeda juga dengan donat yang umumnya langsung disantap begitu saja (kecuali jika ingin menambahkan aneka topping) maka bagel cenderung plain jika tanpa aneka topping atau isi didalamnya. Karena itu bagel biasanya disantap bersama cream cheese, dan aneka selai untuk versi yang manis atau smoked beef, tomat dan aneka sayuran untuk versi asin dan gurih. 

Proses membuat bagel cukup unik karena melibatkan teknik merebus adonan yang tentu saja mengingatkan kita pada proses membuat pretzel yang pernah saya posting resepnya disini. Adonan yang direbus membuat bagel menjadi liat dan chewy serta memberikan sensasi tersendiri kala mengudapnya. Yang jelas, roti yang satu ini sangat mantap menemani makan pagi bersama segelas kopi atau teh manis hangat. Yummy!

Obsesi Roti 45 - Bagel
Obsesi Roti 45 - Bagel


27 Oktober 2016

Resep Lontong Sayur dengan Telur Balado


Resep Lontong Sayur dengan Telur Balado

Pagi hari dimulai dengan segelas kopi panas yang kental dan legit, serta sepiring pisang kepok kukus yang manis dan kenyal. Ah, hidup memang terasa super nikmat! Itulah yang terjadi pagi ini ketika rekan kantor saya, Pak Kustandi, tiba di pukul delapan pagi sambil menenteng sekardus pisang kepok kuning yang gendut dan matang sempurna dari pohonnya. Seperti biasa pisang-pisang ini kemudian kami masukkan ke microwave selama lima belas menit, dan jadilah pisang rebus yang yummy!

Pisang yang dimasak di dalam microwave memiliki tekstur lebih kesat dan kering, sangat jauh berbeda hasilnya jika dikukus atau direbus. Prosesnya pun sangatlah mudah, pisang yang sudah dilepaskan dari bonggolnya cukup ditata di piring tahan panas dan proses di microwave selama 10 hingga 15 menit tergantung dari banyaknya pisang yang hendak dimasak. Ketika kulitnya berubah menjadi kehitaman dan merekah maka berarti pisang telah matang dan siap disantap. Percayalah, rasanya jauh lebih sedap dibandingkan dimasak di atas kompor. ^_^

Resep Lontong Sayur dengan Telur Balado


25 Oktober 2016

Resep Mapo Tofu & Homemade Minyak Cabai (Chili Oil)


Resep Mapo Tofu & Homemade Minyak Cabai (Chili Oil)

Membuat mapo tofu alias mapo tahu alias mapo doufu ini sebenarnya sangatlah mudah, tentu saja jika anda sudah memiliki chili oil atau minyak cabainya. Sebenarnya membuat minyak cabainya pun sangatlah mudah, tentu saja jika anda memiliki aneka rempah-rempah yang saya cantumkan di resep ^_^. Minyak cabai yang harum, wangi, dengan aroma rempah khas masakan Szechuan (Sichuan) ini akan membuat mapo tofu yang anda buat terasa spesial, dan tak kalah dengan masakan serupa yang biasa kita santap di resto masakan China terkenal. 

Tak percaya? Saran saya cobalah mempersiapkan minyak cabainya terlebih dahulu, toh minyak ini akan tahan berbulan-bulan lamanya di botol dan bisa dipergunakan untuk mempersedap aneka masakan. Nasi goreng, mie goreng, mie ayam, mie rebus, atau tumisan masakan a la Chinese food lainnya bisa anda persedap dengan menumis bumbunya bersama minyak cabai. Semakin lama masa simpannya maka rempah-rempah yang terendam di dalam minyak akan membuat chili oil menjadi semakin kuat aromanya.

Resep Mapo Tofu & Homemade Minyak Cabai (Chili Oil)


24 Oktober 2016

Resep Lumpia Crispy Isi Bengkuang


Resep Lumpia Crispy Isi Bengkuang

Weekend yang penuh dengan perjuangan. Beginilah akibatnya jika semua pekerjaan rumah dalam satu bulan ditumpuk dan diselesaikan dalam satu weekend saja, tepatnya dalam satu hari saja. Setelah hari Sabtu dipakai berleha-leha, maka di Minggu pagi saya pun harus melakukan kerja bakti membersihkan rumah Pete yang penuh debu tebal dan rambut rontok yang berceceran dimana-mana. Semua pe-er ini berakhir di pukul tujuh malam itu pun setelah mencuci pakaian yang berember-ember banyaknya. Kondisi ini diperparah dengan mesin cuci yang rusak. Gara-gara melakukan pembersihan besar-besaran bulan lalu dimana mesin tak henti-hentinya bekerja mencuci pakaian, sprei, bed cover hingga keset akibatnya kini tabung penggilingnya ogah berputar. 

Sebenarnya sudah beberapa kali mesin cuci ini ngadat, sering kali akibat kotoran yang menyumbat di salurannya dan beberapa kali saya berakting sebagai tukang servis mesin cuci dengan membongkar bagian belakang mesin. Perbaikan asal-asalan yang saya lakukan sebelumnya berhasil dengan sukses namun kali ini kerusakannya sudah diluar kemampuan. Bahkan Google pun tak kuasa membantu walau aneka jenis saran perbaikan telah saya baca dengan seksama. Untungnya memiliki mesin cuci dua tabung seperti ini adalah ketika satu tabungnya ngadat maka tabung lainnya masih bisa dipergunakan, dalam hal ini tabung pengeringnya masih bisa saya ajak bekerja mengeringkan pakaian. Jadi untuk saat ini saya pun bertahan dengan kondisi yang ada.  ^_^

Resep Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Resep Lumpia Crispy Isi Bengkuang


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...