19 Desember 2018

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker)


Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Saat ini setelah dipikir-pikir, saya merasa memiliki apartemen lebih banyak susahnya dibandingkan manfaatnya. Terutama karena apartemen tersebut tidak ditempati, sementara biaya abunemen listrik dan maintenance gedung terus berjalan. Saya membeli apartemen ini sekitar tiga tahun yang lalu, ukurannya hanya 34 meter persegi. Sebuah apartemen dua kamar yang terletak di Jakarta Timur. Waktu itu saya membelinya karena panggilan jiwa, usia sudah semakin menua namun belum memiliki properti sebutirpun. 

Rumah yang saya tempati sekarang adalah milik adik saya, Wiwin, yang begitu baik hatinya mengijinkan saya tinggal disana bertahun-tahun lamanya. Saya tahu, suatu saat rumah tersebut diperlukan pemiliknya, dan saya harus pergi.  Nah apartemen tersebut adalah solusi jika sewaktu-waktu harus angkat kaki. Jaraknya tidak jauh dari kantor, terletak dipusat kota, mudah dijangkau kendaraan umum dan memiliki mall sendiri. Semua fasilitasnya cukup buat single seperti saya yang tidak memiliki kebutuhan 'neko-neko' kecuali memasak dan ngeblog. Oke, saya akui hobi memasak mungkin kurang bisa tersalurkan jika tinggal di apartemen, dapurnya hanya secuplik dan lebih pas jika memasak makanan simple seperti mi rebus atau telur dadar. Tapi hey, bukahkah kondisi itu akan membuat otak saya berpikir keras mencari resep praktis a la apartemen? Saya bahkan sudah berpikir hendak nge-vlog ketika stay disana. Itu adalah ide awalnya.

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT
Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

17 Desember 2018

Resep Gulai Telur Daun Mangkokan


Resep Gulai Telur Daun Mangkokan

Weekend kemarin adalah dua hari yang cukup produktif bagi saya. Beberapa resep posting untuk endorsement berhasil diselesaikan, dan halaman depan rumah yang sudah seperti hutan belantara karena lama tidak terurus, kini bersih. Bersih karena hampir semua tanaman dipangkas gundul dan masuk ke gerobak sampah. Seperti biasa, saya berkolaborasi dengan bapak pengangkut sampah langganan setelah sempat terhenti menggunakan jasanya beberapa waktu. Sekitar empat bulan lalu, berharap bisa mengirit, saya nekat membersihkan halaman sendiri. Aksi bersih-bersih tersebut menghasilkan tiga kantung plastik sampah ukuran terbesar yang membuat saya kebingungan harus dibuang kemana. Badan pun luar biasa capek, sempat panas demam selama dua hari dan penderitaan itu harus ditambah pula dengan biaya ekstra ketika meminta sampah diangkut. Bagaimana tidak terkena charge ekstra? Gerobak si bapak langsung penuh terisi sampah dari saya! Nah jika meminta si bapak membersihkan halaman, maka upah yang saya berikan sudah termasuk jasa membuang sampahnya sekalian. Jadi, dari pada pusing saya pun kembali ke selera asal. 😆

Resep Gulai Telur Daun Mangkokan JTT
Resep Gulai Telur Daun Mangkokan JTT


13 Desember 2018

Tepache - Minuman Fermentasi Khas Meksiko


Tepache - Minuman Fermentasi Khas Meksiko JTT

Nanas adalah salah satu buah favorit saya, terutama jenis nanas madu dari Subang yang berukuran besar. Kandungan airnya tinggi, teksturnya lembut, dan rasanya manis walau kulitnya masih berwarna hijau. Di pasar Blok A, nanas jenis ini banyak dijual pedagang buah, harganya berkisar antara lima belas ribu hingga dua puluh ribu rupiah. Jika sedang ke pasar, saya biasanya memborong beberapa buah sekaligus. Kulitnya yang tebal membuat nanas menjadi buah yang tahan lama disimpan disuhu ruang bahkan hingga seminggu lamanya dimeja dapur. Jika terlalu banyak, nanas yang telah dikupas dan dipotong saya masukkan ke freezer. Kondisi beku membuat nanas menjadi campuran segar smoothie buah dan sayuran, selain juga sedap menjadi campuran sup ikan. 

Seringkali usai mengupas nanas, kulitnya yang segambreng dibuang begitu saja, atau kalau lagi rajin saya masukkan ke dalam pot kompos. Tapi dua buah pot kompos dihalaman sudah sedemikian penuhnya dan belum dimanfaatkan, padahal kompos didalamnya sudah lebih dari enam bulan lamanya. Walau musim hujan telah tiba, semangat berkebun saya belum nongol juga, sehingga kompos tersebut masih tergeletak tak berguna. Ujung-ujungnya kulit nanas pun terbuang. Tapi dua minggu yang lalu kala sedang iseng mencari-cari info mengenai makanan fermentasi, saya terdampar ke minuman bernama tepache dari Meksiko. Nah minuman fermentasi ini terbuat dari kulit nanas dan rasanya asam manis segar.

Tepache - Minuman Fermentasi Khas Meksiko JTT
Tepache - Minuman Fermentasi Khas Meksiko JTT


11 Desember 2018

Resep Siomay dengan Minyak Cabai


Resep Siomay dengan Minyak Cabai JTT

Setiap kali melihat foto pangsit bergelimang minyak cabai di internet, saya selalu ngiler. Bukan ngiler dengan pangsitnya, karena makanan ini tidak terlalu saya suka, melainkan dengan merah meronanya minyak cabai yang terlihat menggiurkan. Jika bersantap di resto dimsum maka minyak cabai seperti ini selalu tersedia di meja. Biasanya saya akan menuangkannya banyak-banyak, karena disantap bersama nasi begitu saja sudah terasa sedap. Rasanya yang manis, asin, sedikit asam dan tidak terlalu pedas membuat banyak orang ketagihan dengan sambal ini. 

Ketika Bertolli Olive Oil meminta saya mengeksekusi 11 resep lokal yang menggunakan minyak zaitun didalamnya, saya memasukkan resep siomay dengan minyak cabai. Okeh, siomay dan minyak cabai sebenarnya bukan makanan lokal, melainkan masakan China yang populer di Indonesia. Tapi  siomay sudah berbaur dengan kuliner lokal sedemikian eratnya sehingga mudah ditemukan disetiap pelosok tanah air, ehem maksud saya, pelosok Jakarta. Di ibu kota, disetiap sudut jalan mudah sekali ditemukan gerobak abang siomay yang mangkal, salah satunya ada yang berjualan persis didepan gedung tempat saya bekerja. Siomay a la lokal umumnya disajikan dengan saus kacang, tapi dengan minyak cabai menurut saya tak kalah sedapnya. Jika minyak yang bergelimang membuat kita terjengit dan enggan menyantapnya, maka menggunakan minyak zaitun sedikit mengurangi rasa berdosa itu. 😅

Resep Siomay dengan Minyak Cabai JTT
Resep Siomay dengan Minyak Cabai JTT


06 Desember 2018

Resep Pindang Iga dan Suka Duka Menghadapi Calon Klien


Resep Pindang Iga JTT

Minggu lalu, dalam rangka program edukasi dan literasi keuangan, perusahaan tempat saya bekerja mengadakan acara talk-show bersama dengan beberapa perusahaan sekuritas lainnya disebuah universitas swasta di Jakarta Selatan. Temanya adalah pengenalan pasar modal dan investasi saham untuk kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Selain talk-show, beberapa perusahaan sekuritas juga membuka meja pameran kecil-kecilan didalam aula tempat berlangsungnya acara sebagai antisipasi jika ada pengunjung talk-show berminat melakukan pembukaan rekening efek. Sejujurnya saya tidak terlalu antusias akan ada peserta yang melakukan pembukaan rekening, mengingat pengunjung yang tidak terlalu banyak dan mayoritas masih berstatus mahasiswa. Walau saat ini sudah banyak mahasiswa yang mengerti mengenai investasi pasar modal namun dari beberapa kali acara sejenis di kampus-kampus, biasanya yang melakukan pembukaan rekening sangatlah minim.

Nah karena ini masuk kedalam program edukasi perusahaan, maka saya bertanggungjawab terhadap meja pameran yang dibuka oleh kantor. Tak ingin bengong saat acara talk-show berlangsung saya lantas menggandeng Aggnes dan Pak Wawan, dari bagian Customer Service dan General Affairs. Acara berlangsung dari pukul sembilan pagi hingga jam dua belas siang dan sepanjang waktu tersebut tidak ada satupun pengunjung yang singgah di meja pameran. Sekotak snack berisi tiga buah kue dan segelas air mineral telah habis saya gasak sejak 30 menit pertama acara, bukan karena lapar karena paginya perut saya telah diisi dengan semangkuk bubur kacang hijau, tapi demi mengisi waktu dan menggebah suhu dingin didalam aula yang AC-nya luar biasa moncer. 

Resep Pindang Iga JTT
Resep Pindang Iga JTT


30 November 2018

Resep Bakso Loa Hoa


Resep Bakso Loa Hoa JTT

"Life is like riding a bicycle. To keep your balance you must keep moving"
~ Albert Einstein, 


Hua, genap dua bulan saya tidak ngeblog. Sejujurnya, saya benar-benar berpuasa melakukan aktifitas memasak, bahkan memasak menu simple untuk makan siang dikantor. Sehari-hari saya memilih jajan diwarung dibelakang gedung perkantoran atau menghabiskan jam istirahat siang berkeliaran di seputaran area stand makanan promo GoPay di Kuningan City Mal yang berlangsung selama 3 bulan. Selama dua bulan ini, hanya Instagram saja yang rutin diupdate, itupun bukan dengan resep baru melainkan dengan resep lama di blog yang sudah sejak dulu dipost. Bagi mereka yang bukan pembaca blog dan hanya mengikuti JTT di IG mengira saya rajin memasak karena setiap hari (kecuali hari libur) selalu ada dua buah postingan resep yang dihadirkan. Tapi bagi pembaca blog sejati pasti tahu, dan terkadang iseng berkomentar, "Resep lama di blog ya Mba?" Saya hanya bisa nyengir kuda. 

Saya baru terpaksa mengeluarkan mikser dan aneka perabot baking jika kebetulan menerima endorse dengan menu spesifik, selebihnya aktifitas memanggang kue ini benar-benar berhenti total. Setelah hampir delapan tahun rutin ber-food blogging, baru dua bulan terakhir ini saya benar-benar kehilangan mood memasak dan menulis. Tidak ada resep baru yang mengelitik minat untuk dicoba, walau list aneka resep yang disimpan di folder semakin panjang. Begitu banyak aneka makanan unik, menarik dan terlihat menggiurkan di Instagram dan You Tube, sayangnya tidak ada yang mampu menggebah rasa malas dalam diri untuk mulai menguliknya didapur. Tobat!  😃

Resep Bakso Loa Hoa JTT
Resep Bakso Loa Hoa JTT


25 September 2018

Resep Ayam Tangkap Khas Aceh


Resep Ayam Tangkap Khas Aceh JTT

Hua, tak terasa sudah satu bulan saya tidak update blog! Semangat menulis lagi drop dan kerjaan di kantor sedang banyak-banyaknya hanyalah alasan yang dicari-cari, faktor sebenarnya apalagi kalau bukan kemalasan. Nah hari ini berhubung sedang payment day, artinya hati lagi senang karena gajian tiba, walau sebenarnya uang gaji hanyalah numpang lewat sejenak, karena begitu masuk langsung ditransfer ke berbagai sumber untuk membayar aneka cicilan yang mulai 'ngap' dirasa. Swear, saya baru mencicil KPR rumah selama dua tahun dan rasanya mulai malas menyetor uang gaji bulanan ke bank. Membayangkan harus 13 tahun lagi saya melakukan hal yang sama setiap bulan rasa-rasanya  ingin menjerit saja. 😅

Okeh lupakan curhat colongan diatas, kembali ke aktifitas memasak. Sebenarnya bukan saja aktifitas menulis yang mandek, aktifitas memasak juga berhenti beberapa minggu ini, baru hari Sabtu Minggu lalu saya berkutat lagi didapur karena setoran project yang masuk deadline. Instagram JTT masih tetap aktif, posting tetap saya lakukan tapi bukan resep baru melainkan resep lama bertahun lampau di blog yang belum pernah di-upload di IG. Saya aktif di IG memang baru tahun 2015 sehingga banyak sekali resep-resep lama di blog yang belum ditampilkan. Agar IG tetap interaktif resep lama tersebut satu persatu saya munculkan. 

Resep Ayam Tangkap Khas Aceh JTT

28 Agustus 2018

Resep Risoles Isi Ragut


Resep Risoles Isi Ragut JTT

Hari Sabtu, seperti biasa jadwal saya adalah mengunjungi Ibu ke Mampang, rumah adik saya, Wiwin. Kami berencana hari itu berkumpul bersama untuk membakar sate jatah pembagian daging kurban yang lalu. Adik saya, Tedi, datang dari Cilebut bersama istrinya, Diar dan kedua putrinya yang imut. Hari itu saya memasak sate kambing, sate ayam dan tongseng daging, menu yang selalu dibuat kala Lebaran Haji tiba. Menjelang sore, ketika perut telah kenyang dengan tongseng dan sate, saya duduk di kamar Ibu menonton pertandingan bulu tangkis Asian Games. Sejak era emas bulu tangkis telah berlalu dari bumi Indonesia, saya kurang mengikuti perjalanan olah raga ini, jadi walau pertandingan bulu tangkis dimainkan di televisi dan ditonton dengan serius oleh Ibu dan adik saya, Dimas, saya lebih memilih browsing internet di hape. 

"Semoga Anthony Ginting hari ini nggak cedera kram lagi," komentar Ibu saya, beliau berbaring di matras tebal dilantai dekat televisi agar bisa melihat lebih jelas. Walau tidak terlalu tertarik, saya ikutan nimbrung, "Memang si Ginting hebat Mba?" tanya saya tanpa mengalihkan tatapan dari layar handphone. "Hebat kalau mainnya dua set saja, kalau sudah tiga set biasanya kalah." Saya menatap layar kaca ketika mendengar jawaban itu.

Resep Risoles Isi Ragut JTT
Resep Risoles Isi Ragut JTT


23 Agustus 2018

Resep Gulai Nangka Kacang Panjang


Resep Gulai Nangka Kacang Panjang

Hari Selasa kemarin, saya dan dua rekan kantor pergi ke Cisarua. Kami bermaksud melakukan survey untuk acara outing kantor yang akan dilakukan beberapa bulan lagi. Berangkat di pukul delapan pagi dari kantor, perjalanan luar biasa lancar tanpa hambatan sama sekali karena terjadi dihari kerja. Kondisi ini tentunya akan sangat jauh berbeda pada weekend. Mobil melaju kencang, tol begitu lengang dan perjalanan agak sedikit tersendat saja ketika mendekati pasar Cisarua yang ramai. Tujuan utama kami adalah visit ke Pesona Alam Resort & Spa di jalan Taman Safari, beberapa gambar yang ditunjukkan di website sangat menjanjikan. Tiba di lobi hotel yang terletak dilantai atas sehingga pemandangan pegunungan lepas menghampar didepan mata, kami setuju, hotel ini memang keren.

Sayangnya sales representative yang harusnya menemui kami sedang morning briefing, dan apesnya hari itu mereka melakukan meeting lebih lama dari biasanya. Selama hampir satu jam menunggu di lobi, walau pemandangannya indah dan angin pegunungan semilir tetapi lama kelamaan kami menjadi jenuh juga. "Kita nggak dikasih welcome drink nih?" Tanya Pak Wawan, rekan kantor saya sambil celingukan ke arah bar kecil didepan lobi. Saya nyengir, "Mana dikasih, kan kita visit buat compare harga. Bukan mau menginap," dan kami pun duduk menunggu bersama rasa haus yang mulai mendera di tenggorokan. 

Resep Gulai Nangka Kacang Panjang
Resep Gulai Nangka Kacang Panjang


15 Agustus 2018

Resep Gurame Bakar Kecap & Bertolli Olive Oil


Resep Gurame Bakar Kecap & Bertolli Olive Oil

Selama ini saya mengira minyak zaitun (olive oil) hanya tepat untuk salad dressing saja dan tidak bisa dipakai untuk memasak dalam suhu tinggi seperti menggoreng, memanggang atau bakar. Itu sebelum saya menerima slide berisi product knowledge dari Bertolli Olive Oil minggu lalu. Yep, perkiraan saya tersebut salah. Di Indonesia, Bertolli Olive Oil ternyata memiliki 3 varian minyak zaitun, dan ketiganya bisa dipergunakan untuk berbagai macam masakan.

BERTOLLI Classico Olive Oil: Rasanya yang lembut dan netral membuat Bertolli Classico sangat fleksibel dan cocok untuk diet sehat. Sangat sesuai untuk memasak dengan panas tinggi seperti menggoreng, memanggang, dan bakar. BERTOLLI Extra Virgin Olive Oil: Dengan rasa buah buahan dan harum, jenis yang ini memberikan rasa Mediterania yang nikmat pada masakan tanpa merusak keseluruhan rasa makanan. Cocok untuk saus roti, saus pasta, dan salad. BERTOLLI Extra Light Olive Oil: memiliki rasa ingan dan lembut, Bertolli Extra Light adalah minyak zaitun yang sempurna untuk menggantikan minyak nabati. Ideal digunakan untuk memanggang dan menggoreng, termasuk memasak dalam suhu yang tinggi.

Resep Gurame Bakar Kecap & Bertolli Olive Oil
Resep Gurame Bakar Kecap & Bertolli Olive Oil


14 Agustus 2018

Resep Mi Siram Seafood


Resep Mi Siram Seafood

Akhir-akhir ini saya sedang concerned banget dengan masalah kesehatan. Jika dulu setiap malam browsing internet lebih banyak yang berhubungan dengan berkebun, resep, dan traveling, kini saya lebih fokus mendengarkan ceramah para dokter dan ahli mengenai berbagai macam penyakit. Minat saya sebenarnya berawal dari menjaga pola makan sehat yang dilakukan akhir-akhir ini, serta rasa takut jika jatuh sakit. Bulan lalu, Mbak Fina, teman kantor saya, bertemu dengan rekan lamanya yang baru sembuh dari stroke. Usia temannya baru sekitar 45 tahun, sedikit over weight dan stroke-nya dipicu oleh kolesterol yang tinggi. Untungnya (masih ada untungnya) karena cepat ditangani maka rekannya ini tidak terlalu lama harus mendekam di rumah sakit untuk terapi, setelah tiga bulan cuti 'ngantor' akhirnya kini bisa beraktifitas dengan normal kembali. 

Keluarga saya sendiri memiliki riwayat diabetes dan stroke. Bapak saya dan keluarga, memiliki penyakit ini dan bahkan meninggal diusia kepala enam karena diabetes dan stroke. Ibu saya yang tidak pernah menderita diabetes sebelumnya, kini menginjak usia kepala enam justru mengidap penyakit gula. Dengan latar belakang kesehatan keluarga seperti ini, saya merasa tidak heran jika diantara kami, anak-anaknya, ada yang menerima turunan penyakit tersebut.

Resep Mi Siram Seafood
Resep Mi Siram Seafood


13 Agustus 2018

Resep Homemade Vanilla Extract


Resep Homemade Vanilla Extract JTT

Weekend lalu demi mengeksekusi resep pina colada smoothie (sejenis minuman dari Puerto Rico), saya pergi ke penjual kelapa muda di dekat rumah. Resep asli pina colada menggunakan santan kelapa, namun saya ganti dengan daging kelapa muda yang diblender. Penjual kelapa adalah Ibu-Ibu dengan usia mendekati lima puluhan, saya sering membeli kelapa hijau jualannya namun kali ini kelapa hijau sedang kosong. Kios kelapanya kecil, lebarnya mungkin hanya satu setengah meter dengan panjang sekitar 3 meter, jadi memanjang seperti lorong. Di kios tersebut beliau juga membuka usaha jahit kecil-kecilan. Setiap kali saya membeli kelapa mudanya, si Ibu (yang saya tidak tahu namanya) akan mengajak mengobrol. Beliau sangat ramah dan sering berbagi aneka info, umumnya seputar kesehatannya. "Mau dibuat klapertart Mba?" Tanyanya ketika mendengar instruksi saya, "Kelapa muda tapi sudah agak berdaging ya." Saya menggelengkan kepala, agak ragu menjelaskan mengenai rencana hendak mempermak kelapa menjadi pina colada, namun akhirnya saya  bercerita juga (karena dasarnya saya memang tukang cerita!).

Resep Homemade Vanilla Extract JTT

12 Agustus 2018

Resep Roasted Spicy Chicken


Resep Roasted Spicy Chicken

Sudah lama tidak hujan, saya mulai 'deg-degan' dengan kemarau panjang tahun ini. Jika tahun sebelumnya musim kemarau hampir tidak ada karena sepanjang tahun turun hujan, maka tahun ini yang terjadi adalah kebalikannya. Hal yang paling saya khawatirkan adalah ketersediaan air sumur, rumah Pete tidak menggunakan air dari PDAM melainkan jet pump bekerja menarik air dari dalam tanah. Kawasan pemukiman padat disekitar rumah dan masing-masing rumah menggunakan jet pump membuat persaingan air sangat ketat. Rata-rata rumah di area ini menggunakan mesin pompa bertenaga powerful dengan pipa yang panjang. Saya pernah mengalami air sumur tidak keluar karena kemarau panjang hingga harus memanggil tukang sumur untuk memperdalam sumur. Membayangkan serombongan orang memasuki rumah (karena titik sumur terletak di teras belakang) dan lumpur yang mengotori lantai rasanya tak tertahankan. Setiap kali pompa meraung ketika menarik air, jantung saya berjengit dan telinga mendengarkan dengan seksama bunyi aliran air. 

Resep Roasted Spicy Chicken
Resep Roasted Spicy Chicken


07 Agustus 2018

Resep Sambal Mangga


Resep Sambal Mangga

Weekend dua minggu lalu kala ke Bogor bersama Ibu dan keluarga adik saya, Tedy, kami menyempatkan diri mampir di sebuah restoran khas India bernama Indian Royal Cafe yang terletak di Jalan Pandu Raya, Bogor. Rumah  makannya tidak terlalu besar, berada di tepian jalan, namun adik saya menyakinkan kami semua jika resto ini menyediakan masakan otentik India. Pemilik resto yang memang asli India kebetulan adalah salah satu boss di kantor adik saya, jadi kami yakin akan disuguhi dengan menu India bercita rasa asli. Ibu saya yang penggemar segala macam jenis nasi biryani dan nasi rempah khas Timur Tengah sangat antusias diajak kesana. Saya sendiri sebenarnya menghindari resto yang hidangan utamanya mengandung nasi, tapi karena rasa penasaran dengan masakan asli a la India akhirnya bersemangat juga digiring kesana. 

Dulu, lebih dari sepuluh tahun yang lalu, saya pernah makan malam di sebuah resto India terkenal di kawasan Sudirman. Kala itu kantor saya mengadakan acara makan-makan dan si Boss memilih hidangan India. Walau sebagian besar saya lupa dengan jenis masakan yang disantap kala itu, namun satu hal yang masih diingat adalah hidangan India asli sangat kuat akan rempah-rempah seperti kapulaga, jintan, dan adas. Walau saya penggemar rempah-rempah, namun terlalu banyak justru akan membuat rasanya menjadi lebay dan aneh.

Resep Sambal Mangga
Resep Sambal Mangga


02 Agustus 2018

Resep Rugelach


Resep Rugelach JTT

Satu bulan menjalani diet keto, saya merasa tidak terlalu craving akan makanan manis atau nasi atau lontong. Makanan yang disebutkan terakhir adalah yang paling berat dihindari kala diet karena saya suka nasi dan maniak dengan lontong. Sebelum melakukan diet ini, apapun harus dimakan pakai nasi. Contohnya saat memasak sayur lodeh sepanci penuh, saya berencana sayur sebanyak itu akan membuat perut kenyang tanpa perlu dilahap bersama nasi. Tapi ketika sayur lodeh matang dan semangkuk masuk kedalam perut, tetap ada 'perasaan' yang kurang. Bayangan nasi bersliweran dikepala dan sayur lodeh nan pedas memang paling sedap dimakan dengan nasi dan tempe goreng. Akhir cerita sudah bisa ditebak, saya memasak nasi se-rice cooker penuh! Mulut dan perut ini baru terasa puas ketika nasi dan sayur lodeh berkolaborasi. 😂

Resep Rugelach JTT
Resep Rugelach JTT


31 Juli 2018

Resep Bolu Pisang Moist - Best Banana Bread


Resep Bolu Pisang Moist

Weekend lalu, saya dan Ibu berkunjung ke rumah adik saya, Tedy, di Cilebut, Bogor.  Kami berdua membawa bibit pohon pisang yang tumbuh subur di halaman rumah, Wiwin, adik saya lainnya yang tinggal di Mampang. Rencananya pohon pisang tersebut akan ditanam dirumah saya dan Tedy di Cilebut. Jika anda mengikuti perjalanan blog ini, pasti pernah membaca kisah si pohon pisang yang sebenarnya bibitnya berasal dari rumah kakak di Batam. Jenis pisang hijau dengan ukuran pohon pendek dan buah yang luar biasa banyak. Satu pohon mampu menghasilkan hingga 9 sisir pisang yang gendut dan besar ukurannya, bahkan pohon pertama yang berbuah memiliki buah lebih besar dari pisang Sunpride yang banyak dijual di supermarket. Sayangnya, walau pisang ini sangat produktif dan mudah ditanam, namun kadar gulanya yang tinggi membuat buahnya cepat sekali matang. Ketika matang, maka serentak satu tandan pisang akan matang bersamaan membuat kami pusing tujuh keliling mencari akal hendak mengolahnya.  Tekstur dagingnya yang lembek membuat tidak semua suka menyantapnya sebagai buah meja.

Resep Bolu Pisang Moist
Resep Bolu Pisang Moist


30 Juli 2018

Resep Green Goddess Salad Dressing


Resep Green Goddess Salad Dressing

Walau banyak sekali salad dressing siap pakai dijual di supermarket, membuatnya sendiri jauh lebih menyehatkan. Kita bisa menentukan bahannya sesuai selera dan tentu saja memilih jenis bahan yang lebih sehat. Umumnya salad dressing buatan pabrik menggunakan mayonnaise sebagai bahan dasarnya. Seperti yang kita tahu mayo terbuat dari minyak dan kuning telur untuk menciptakan emulsi. Kebanyakan jenis minyak yang dipakai didalam mayo adalah minyak kedelai atau jenis minyak sayur lainnya, jika membuatnya sendiri maka kita bisa menggunakan minyak yang lebih bernutrisi seperti minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari.

Resep Green Goddess Salad Dressing
Resep Green Goddess Salad Dressing


25 Juli 2018

Resep Roti Cone Isi Custard Markisa


Resep Roti Cone JTT

Sudah lama sebenarnya roti cone seperti postingan kali ini ingin saya buat. Saking inginnya, ketika berkunjung ke toko bahan kue Titan tahun lalu saya menyempatkan diri membeli dua buah cetakan roti cone yang terbuat dari stainless steel, berbentuk corong panjang dengan ujung lancip. Cetakan tersebut lumayan harganya karena bahan berkualitas yang digunakan. Sayangnya setelah dibeli, cetakan masuk ke kotak perkakas baking dan terlupakan. Walau didalam kepala tetap ada rencana untuk membuat roti cone, namun membayangkan betapa lama proses memanggang (mengingat cetakan hanya dua buah saja!), menjadikan semangat saya drop. 

Bulan lalu, keinginan membuat roti cone muncul kembali. Saat itu karena endorse produk sirup GK Markisa, yang meminta saya menggunakan sirup markisa sebagai bahan krim custard. Awalnya saya hanya ingin membuat roti manis bulat dengan isi krim, namun sepertinya terlalu biasa, hingga akhirnya saya teringat dengan cetakan cone yang mangkrak di kotak. Googling sebentar, saya menemukan cara membuat roti bentuk corong ini tanpa menggunakan cetakan aslinya, melainkan dengan sedikit prakarya dari karton, aluminium foil dan staples. Hasilnya tak kalah dengan versi dengan cetakan aslinya. 😄

Resep Roti Cone JTT
Resep Roti Cone JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...