31 Juli 2018

Resep Bolu Pisang Moist - Best Banana Bread


Resep Bolu Pisang Moist

Weekend lalu, saya dan Ibu berkunjung ke rumah adik saya, Tedy, di Cilebut, Bogor.  Kami berdua membawa bibit pohon pisang yang tumbuh subur di halaman rumah, Wiwin, adik saya lainnya yang tinggal di Mampang. Rencananya pohon pisang tersebut akan ditanam dirumah saya dan Tedy di Cilebut. Jika anda mengikuti perjalanan blog ini, pasti pernah membaca kisah si pohon pisang yang sebenarnya bibitnya berasal dari rumah kakak di Batam. Jenis pisang hijau dengan ukuran pohon pendek dan buah yang luar biasa banyak. Satu pohon mampu menghasilkan hingga 9 sisir pisang yang gendut dan besar ukurannya, bahkan pohon pertama yang berbuah memiliki buah lebih besar dari pisang Sunpride yang banyak dijual di supermarket. Sayangnya, walau pisang ini sangat produktif dan mudah ditanam, namun kadar gulanya yang tinggi membuat buahnya cepat sekali matang. Ketika matang, maka serentak satu tandan pisang akan matang bersamaan membuat kami pusing tujuh keliling mencari akal hendak mengolahnya.  Tekstur dagingnya yang lembek membuat tidak semua suka menyantapnya sebagai buah meja.

Resep Bolu Pisang Moist
Resep Bolu Pisang Moist


30 Juli 2018

Resep Green Goddess Salad Dressing


Resep Green Goddess Salad Dressing

Walau banyak sekali salad dressing siap pakai dijual di supermarket, membuatnya sendiri jauh lebih menyehatkan. Kita bisa menentukan bahannya sesuai selera dan tentu saja memilih jenis bahan yang lebih sehat. Umumnya salad dressing buatan pabrik menggunakan mayonnaise sebagai bahan dasarnya. Seperti yang kita tahu mayo terbuat dari minyak dan kuning telur untuk menciptakan emulsi. Kebanyakan jenis minyak yang dipakai didalam mayo adalah minyak kedelai atau jenis minyak sayur lainnya, jika membuatnya sendiri maka kita bisa menggunakan minyak yang lebih bernutrisi seperti minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari.

Resep Green Goddess Salad Dressing
Resep Green Goddess Salad Dressing


25 Juli 2018

Resep Roti Cone Isi Custard Markisa


Resep Roti Cone JTT

Sudah lama sebenarnya roti cone seperti postingan kali ini ingin saya buat. Saking inginnya, ketika berkunjung ke toko bahan kue Titan tahun lalu saya menyempatkan diri membeli dua buah cetakan roti cone yang terbuat dari stainless steel, berbentuk corong panjang dengan ujung lancip. Cetakan tersebut lumayan harganya karena bahan berkualitas yang digunakan. Sayangnya setelah dibeli, cetakan masuk ke kotak perkakas baking dan terlupakan. Walau didalam kepala tetap ada rencana untuk membuat roti cone, namun membayangkan betapa lama proses memanggang (mengingat cetakan hanya dua buah saja!), menjadikan semangat saya drop. 

Bulan lalu, keinginan membuat roti cone muncul kembali. Saat itu karena endorse produk sirup GK Markisa, yang meminta saya menggunakan sirup markisa sebagai bahan krim custard. Awalnya saya hanya ingin membuat roti manis bulat dengan isi krim, namun sepertinya terlalu biasa, hingga akhirnya saya teringat dengan cetakan cone yang mangkrak di kotak. Googling sebentar, saya menemukan cara membuat roti bentuk corong ini tanpa menggunakan cetakan aslinya, melainkan dengan sedikit prakarya dari karton, aluminium foil dan staples. Hasilnya tak kalah dengan versi dengan cetakan aslinya. 😄

Resep Roti Cone JTT
Resep Roti Cone JTT


23 Juli 2018

Resep Bakso Goreng Ikan - Fried Japanese Fish Cakes


Resep Bakso Goreng Ikan - Fried Japanese Fish Cakes

Salah satu jenis video yang sering saya tonton di You Tube adalah tentang negara Jepang. Keindahan alam, budaya, pertanian, makanan, dan gaya hidup masyarakat Jepang sangat menarik perhatian saya.  Walau pernah kesana beberapa tahun yang lalu bersama kakak saya, Mbak Wulan dan putra semata wayangnya, Ellan, saya masih berkeinginan untuk bisa berkunjung kesana lagi, dan kali ini bukan pada saat winter, melainkan dimusim semi kala bunga-bunga sakura bermekaran. Mungkin nanti ketika urusan cicilan KPR yang menyita sebagian besar porsi gaji saya ini bisa sedikit terkurangi bebannya. 

Video tentang Jepang yang paling menyita perhatian saya adalah tentang satoyama, satu istilah dalam bahasa Jepang untuk menggambarkan area antara gunung dan tanah datar dimana masyarakat yang bermukim disana hidup penuh harmoni dengan alam. Memandang indahnya alam Jepang, sungai-sungai yang mengalir jernih penuh ikan, persawahan yang begitu teratur dan rumah penduduk yang rapi dan bersih membuat saya ingin bisa melangkahkan kaki kesana dan menikmati keindahannya secara langsung. Etos kerja orang Jepang yang luar biasa dan rasa menghargai alam yang tinggi membuat lingkungan sekitarnya tetap terjaga kelestariannya.

Resep Bakso Goreng Ikan - Fried Japanese Fish Cakes
Resep Bakso Goreng Ikan - Fried Japanese Fish Cakes


20 Juli 2018

Resep Spaghetti alla Carbonara


Resep Spaghetti alla Carbonara

Sudah lama sekali hendak membuat spaghetti alla carbonara, dan yang membuat saya ragu-ragu hanyalah telur kocok yang digunakan didalam resep untuk membuat tekstur pasta menjadi creamy. Saya membayangkan telur mentah yang melapisi spaghetti, rasa dan aroma amisnya pasti akan terasa mengerikan.  Tapi bulan lalu ketika menyantap pasta sejenis di sebuah resto Italia di Senayan City Mall, akhirnya saya putuskan untuk mencoba mengeksekusinya. Carbonara di resto terasa creamy, dan sama sekali tidak ada aroma dan bau amis telur mentah. Bahkan wujud telurnya sendiri sama sekali tak terlihat, yang tampak hanyalah helaian pasta yang  terbungkus selapis saus mengkilap yang gurih.

Dari sekian banyak resep, pilihan saya jatuh ke resep di website Food Network. Bahannya mudah diperoleh dan tekniknya juga gamblang dijelaskan, jadi saya yakin tidak akan gagal kala mencobanya. Ternyata membuat spaghetti alla carbonara tidaklah sesulit dan serumit yang saya bayangkan, bahkan sangat mudah. Walau tak segurih carbonara sejenis yang saya santap di resto (karena keju Parmesan yang kurang!), secara overall resep kali ini cukup memuaskan. 

Resep Spaghetti alla Carbonara
Resep Spaghetti alla Carbonara

19 Juli 2018

Resep Ayam Panggang Klaten & Progress Diet


Resep Ayam Panggang Klaten


Hari Rabu kemarin, genap satu bulan saya menjalankan diet semi keto, dan hasilnya cukup menggembirakan. Ketika weekend lalu berkunjung ke rumah adik di Mampang, Ibu dan saudara-saudara langsung berseru takjub, "Kamu mengurus! Sukses dietnya," dan saya tersenyum-senyum puas. Well, tentu saja berat badan ini masih jauh dari target yang saya tetapkan sendiri, tapi mendapatkan komentar 'mengurus' adalah pencapaian yang cukup fantastis. Walau belum naik ke atas timbangan, saya sudah merasa beberapa kilogram lemak menghilang. Celana kain untuk ke kantor yang selama ini hanya mangkrak di lemari mulai bisa digunakan minggu ini. Beberapa baju yang tadinya lengan dan bagian dadanya terasa sesak kini meluncur dengan bebas. Langkah kaki juga menjadi lebih enteng, dan yang paling menyenangkan adalah muka lebar saya yang seperti tampah ini mulai sedikit menciut. Secara overall, saya merasa lebih confident dan semakin semangat menjalankan diet yang saat ini saya anggap sebagai bagian dari lifestyle.

Resep Ayam Panggang Klaten
Resep Ayam Panggang Klaten


13 Juli 2018

Resep Blueberry Crumble Bars


Resep Blueberry Crumble Bars

Indonesia adalah negeri yang kaya dan makmur, aneka sayuran dan buah tropis tersedia sepanjang waktu dan mudah ditemukan dimana-mana. Harganya pun tidak menguras isi kantong. Saya tentu saja sangat bersyukur dengan semua berkah tersebut, namun ada kalanya memimpikan andai bisa hidup dinegara empat musim yang memiliki keragaman hayati yang berbeda, misalnya ketika hendak membuat blueberry crumble bars ini. Betapa akan lebih sedap dan lebih bernutrisi jika menggunakan buah blueberry segar dan bukan versi selainya yang  kaya gula dan mungkin bukan  terbuat dari buah segar asli. 

Buah-buahan jenis berry terkenal dengan nutrisinya yang tinggi dan kaya akan antioksidan, bahkan diet keto yang melarang mengkonsumsi buah masih memperbolehkan jenis berry seperti raspberry dan blackberry. Sayangnya semua jenis berry (kecuali strawberry) sulit ditemukan di Indonesia, jikalau ada harganya juga membuat mata melotot. Dikemas dalam kotak plastik kecil seberat 125 gram, harganya dibandrol diatas lima puluh ribu rupiah. Saya membayangkan betapa buah-buah kecil tersebut masuk ke mulut saya hanya dalam sekali  'hap' saja. 😁

Resep Blueberry Crumble Bars
Resep Blueberry Crumble Bars


11 Juli 2018

Resep Mongolian Beef


Resep Mongolian Beef

Alpukat sepertinya menjadi buah favorit di kantor saya akhir-akhir ini, tepatnya sejak banyak yang mulai kasak-kusuk hendak menerapkan diet keto. Saya sendiri terus-terang berburu alpukat dimana-mana, mulai dari supermarket disebelah kantor, pasar, hingga online shop, masing-masing harga diperhitungkan sedemikian 'njlimetnya' seakan tak mau rugi walau hanya selisih seribu perak sekalipun. 

Usai Lebaran bulan lalu, ketika saya sedang bernafsunya hendak menjalankan keto dengan benar, alpukat susah ditemukan dimana-mana. Teman kantor saya, Pak Kustandi, yang kebetulan berdomisili didekat pasar Jatinegara dan biasanya menjadi pemasok utama alpukat murah bahkan mengibarkan bender putih tanda menyerah. "Nggak ada stocknya Bu, ada tadi satu yang jual tapi kecil dan jelek, mana harganya mahal lagi." Ah padahal mood keto sedang gencarnya dan saya menghindar menyantap olive oil sebagai pasokan lemak dan lebih memilih menyantap alpukat yang kaya nutrisi.

Resep Mongolian Beef
Resep Mongolian Beef



06 Juli 2018

Resep Creamy Salad Dressing, Super Yummy!


Resep Creamy Salad Dressing

Untuk memenuhi kebutuhan potassium sebanyak 4700 mg setiap hari, maka kita harus menyantap sayuran berdaun hijau sekitar 5 - 7 cup setiap harinya. Sayuran yang disarankan sebaiknya dari keluarga Cruciferae atau Brassicaceae (kubis-kubisan) seperti brokoli, sawi/caisim, pak choy, kale, kembang kol, kailan, lobak, kol, selada air, dan tanaman sejenisnya yang banyak sekali macamnya. Sayuran dari keluarga Cruciferae atau biasa disebut dengan Cruciferous vegetables ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kaya serat, mengandung banyak nutrisi dan phytochemicals, serta anti kanker. Untuk mendapatkan manfaat sayuran ini secara maksimal maka menyantapnya dalam kondisi mentah sangat disarankan. Sayuran mentah masih mengandung enzym yang bermanfaat bagi kesehatan kita seperti melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Walau sayuran yang telah dimasak tetap bergizi karena vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya, namun telah kehilangan enzym akibat pemanasan pada suhu tinggi. 

Resep Creamy Salad Dressing
Resep Creamy Salad Dressing


04 Juli 2018

Resep Sapo Tahu dan Jamur


Resep Sapo Tahu dan Jamur

Sapo selalu mengingatkan saya saat awal mulai bekerja. Lulus kuliah, enggan menceburkan diri di dunia kerja, saya sempat mengambil lagi D2 Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Jogya. Entah apa yang saya pikirkan saat itu, tapi setiap kali membayangkan harus mulai bekerja, berada dalam situasi asing yang terasa tidak nyaman, membuat rasa percaya diri saya drop pada titik nol derajat. Karena itulah start bekerja saya terlambat beberapa tahun dari rekan sealmamater yang bersamaan menempuh wisuda sarjana. Kelar mengambil kelas Bahasa Inggris, alm. Bapak yang sepertinya mulai gerah dengan saya yang tak kunjung berminat mencari pekerjaan, memberikan ultimatum. "Lulus dari belajar Bahasa Inggris ini Bapak sudah nggak sanggup membiayai lagi Nduk, kamu harus mulai mencari pekerjaan dan menghidupi diri sendiri." 

Saya pun kemudian pergi ke Jakarta, kota yang penuh dengan seribu mimpi, harapan, dan sepertinya menjadi tujuan ribuan orang yang mencari pekerjaan seperti saya saat itu. Uang saku yang diberikan Bapak sangat pas-pasan, dan tanpa sepengetahuan beliau, Ibu saya menjual beberapa perhiasaan tak seberapa yang dimilikinya. "Nduk, ini buat bekal di Jakarta ya. Jangan boros, uangnya diawet-awet sampai dapat kerjaan," wajahnya tampak sedih dan mata saya berkaca-kaca kala mengucapkan terima kasih.

Resep Sapo Tahu dan Jamur
Resep Sapo Tahu dan Jamur


02 Juli 2018

Resep Mie Kari Udang dan Pengalaman Saya Berdiet


Resep Mie Kari Udang

Sudah 2 minggu saya melakukan diet semi keto, dan hasilnya mulai terasa pada celana dan pakaian kerja yang dikenakan sehari-hari. Terasa sedikit longgar! Bahkan hari ini Rani, rekan kantor yang duduk disebelah meja berkomentar takjub, "Mbak, kurusan ya? Tadi aku lihat dari belakang, pinggangnya agak mengecil." Hidung saya kontan langsung kembang-kempis mendengarnya, walau sebenarnya mungkin lemak yang luntur hanya berapa kilogram saja, tapi beberapa kilogram itu sangat berarti. "Turun berapa kilo Mba?" Tanyanya kembali. "Ehem, belum ditimbang, nggak berani. Nanti saja kalau mulai benar-benar celana ini melorot, baru deh naik timbangan," jawab saya sambil menunjuk celana panjang kain berwarna hitam yang dipakai setiap hari ke kantor. Terus-terang saya sudah amat sangat 'eneg' dengan celana ini tetapi dia adalah satu-satunya celana di lemari yang ukurannya super jumbo, berbahan elastis (bahkan paha gajah sekalipun bisa masuk karena kemampuan melarnya yang fantastis!) dan nyaman dipakai. Saya enggan membeli celana baru, selain sayang uangnya juga karena dilubuk hati kecil yang paling dalam selalu berharap, suatu saat akan kurus kembali dan semua celana di lemari akan muat dipakai. 😃

Resep Mie Kari Udang
Resep Mie Kari Udang


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...