14 Agustus 2020

Resep Manggo Mousse


Resep Manggo Mouse JTT

Bulan Agustus, tapi kenapa tiba-tiba seakan mulai masuk ke musim penghujan ya? Bukankah harusnya bulan ini panas sedang gahar-gaharnya dan musim mangga pun tiba. Jika hujan seperti ini, bunga-bunga mangga yang ukurannya kecil dan sangat fragile itu akan rontok diterpa angin dan air hujan. Alamat tak ada lagi sale mangga murah di supermarket. Untungnya beberapa minggu kemarin, mangga gedong gincu favorit saya dijual murah di Lotte Mart, sekilonya hanya dua puluh ribu saja. Tapi tahun lalu, kala musim kemarau sangat panjang, mangga ini bahkan hanya lima belas ribu sekilo, dan benar-benar puas menyantapnya. Menurut saya gedong gincu yang bentuknya agak membulat dan tampilannya mirip mangga apel ini memiliki rasa yang paling lezat didunia, tidak melulu manis. Selain itu, aromanya sungguh menggugah selera. 

Saya jadi teringat dulu ketika masih kuliah, teman satu kos saya bernama, Dewi, ayahnya adalah petani mangga di Indramayu. Mangga-mangga yang ditanam khusus gedong gincu dan kualitasnya ekspor. Ketika panen raya, mangga-mangganya akan disortir ketat dan dikirim ke Jepang. Saking begitu mantap kualitasnya, banyak peneliti Jepang yang kemudian datang ke kebun ayah Dewi ini. Konon kata Dewi, peneliti ini membawa aneka instrumen, bahkan mengajukan proposal hendak mengalunkan musik ke kebun, untuk melihat pengaruh musik pada produktivitas mangga. Ayah Dewi tidak mengijinkannya.  Kata Dewi, bapaknya khawatir jika pohon mangganya ngambek dan tak berbuah sama sekali, bisa tak ada pemasukan dari mangga tahun itu.

Resep Manggo Mouse JTT
Resep Manggo Mouse JTT

13 Agustus 2020

Resep Chicken Tikka Masala


Resep Chicken Tikka Masala JTT

Sudah lama saya ingin mengesekusi masakan India, selain roti naan dan samosa yang pernah saya share sebelumnya disini dan disini. Tapi setiap kali melihat aneka rempah dan bumbunya yang segudang banyaknya, keinginan itu langsung lenyap. Swear, saya tak terlalu bersemangat memasak makanan dengan banyak rempah dan bumbu. Selain itu, masakan India yang super kuat dirempah terutama jintan dan caraway, membuat saya kehilangan nafsu makan setiap kali menyantapnya di restoran India. 

Saya sebenarnya termasuk cukup open minded jika berurusan dengan mencoba aneka makanan atau masakan dari berbagai daerah di Indonesia ataupun dari negara lain dibandingkan anggota keluarga. Perbedaan rasa menurut saya adalah sesuatu hal yang unik dan harus dibiasakan oleh lidah untuk menikmatinya dibandingkan langsung menolak ketika satu hidangan asing disodorkan dimuka hidung untuk dicicipi. Selama makanan tersebut higienis, bahan-bahannya bernutrisi dan terbuat dari bahan yang halal menurut kaidah Islam, maka tidak ada masalah untuk disantap, dan dalam kasus saya tidak ada masalah untuk dicoba didapur. 

Resep Chicken Tikka Masala JTT
Resep Chicken Tikka Masala JTT

12 Agustus 2020

Resep Hot Chocolate Super Lezat


Resep Hot Chocolate Super Lezat JTT

Saya selalu bermimpi menguasai minimal lima bahasa, seperti Jason Bourne. Ketika bertemu dengan orang dari negara lain, langsung switch ke bahasa setempat. At least, bahasa Inggris, Perancis, Italia, Rusia, Spanyol, dan Jerman. Tapi mempelajari bahasa tidak ada dalam bakat terpendam saya. Apalagi dengan kapasitas otak yang pas-pasan, dan tak ada sedikitpun DNA hyperpolyglot dalam sel-sel saya, maka  mempelajari bahasa terasa super susah. Belajar bahasa Inggris sejak SMP, usia 13 tahun, hingga kini bahasa inipun masih tidak terlalu fasih. Logat Jawa medhok saya mengacaukan lidah ini untuk mengalir indah mengucapkan kata. Terkadang malu sendiri mendengarnya, terutama jika iseng merekam kata-kata kala membaca teks bahasa Inggris. Tapi so far tidak terlalu bermasalah, paling tidak saya bisa terlibat dalam percakapan non formal dalam bahasa Inggris, cukup lancar membaca literatur bahasa Inggris, menonton video berbahasa Inggris tanpa teks, atau menulis sebuah surat standar dengan kata-kata yang tidak terlalu variatif dalam bahasa Inggris. Tidak terlalu memalukan, hanya masih jauh dari harapan.

Resep Hot Chocolate Super Lezat JTT

Resep Nasi Liwet


Resep Nasi Liwet JTT

Saat Lebaran Haji 2 minggu yang lalu, saya datang berkunjung ke rumah adik saya, Wiwin, di Mampang. Keluarga Tedy, Ibu saya dan Dimas, adik bungsu saya, juga berada disana, jadi kami sekalian memasak hidangan istimewa hari itu. Saya lantas membuat nasi kebuli menggunakan bumbu instan merk Sahla. Beberapa kali mencoba aneka masakan dengan merk ini, termasuk nasi biryani dan sup dagingnya, saya sangat puas dengan rasanya. Proses memasak nasi dengan bumbu ini pun sangat mudah, karena bahan-bahannya sudah disediakan bahkan hingga minyak samin untuk menumisnya pun ada. Semua bumbu cukup diceburkan ke rice cooker, ditambahkan beras basmati, dan dalam sekejap nasi kebuli yang tak kalah lezat dengan restoran Arab telah tersedia.

Saya hanya memiliki 1 bungkus bumbu instan yang bisa dipakai untuk 1 kg beras. Tapi karena Wiwin punya beras 2 kg, dia meminta saya menggunakan semua beras tersebut. Saya sudah khawatir rasa nasi tidak akan selezat jika kita menggunakan takaran yang benar, jadi akhirnya kami tambahkan bumbu racikan sendiri. Keraguan saya terbukti benar, nasi kebuli kali ini tak selezat yang saya buat sebelumnya, walau sebenarnya masih cukup enak jika lidah ini tak terlanjur merasakan versi takaran yang sebenarnya.😂

Resep Nasi Liwet JTT
Resep Nasi Liwet JTT

04 Agustus 2020

Resep Coto Makassar


Resep Coto Makassar JTT

Berbicara mengenai project endorsement, banyak ceritanya entah manis atau pahit. Umumnya sih tidak terlalu aneh, karena permintaan yang ribet biasanya saya tolak. Terus terang, daripada kepala pusing dan menghabiskan waktu karena banyaknya request ini dan itu, saya memilih menolak project tersebut. Project-project endorsement ini berhubungan dengan post di Instagram, entah itu berupa bahan yang diolah menjadi satu resep, alat memasak yang diuji coba dan di-review, atau hanya sekedar foto produk saja. Saya membatasi hanya produk yang berhubungan dengan makanan, bahan mentah, bumbu, dan alat perlengkapan dapur dan rumah tangga. Terkadang juga promosi aplikasi yang berhubungan dengan kuliner. Saya tidak menerima promo atau endorse diluar itu karena selain tidak berhubungan dengan tema Just Try & Taste, juga akan membuat wall Instagram terlihat tidak profesional. 

Resep Coto Makassar JTT
Resep Coto Makassar JTT

30 Juli 2020

Yuk Follow Instagram Just Try & Taste!



Hai, sudah follow Instagram Just Try & Taste @justryandtaste? 

Jika belum yuk follow.

Setiap komen dan pertanyaan diusahakan direspon lebih cepat dibandingkan dengan blog.  Di Instagram saya juga lebih mudah berbagi aktifitas diluar resep.

So, jika anda cinta Just Try & Taste, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti juga Instagramnya ya.

Stay safe, stay healthy and fit!

Love you all 💗

Endang

Resep Pangsit Goreng


Resep Pangsit Goreng JTT

Seandainya saya hendak membuka usaha makanan, sepertinya saya tertarik jenis kafe kecil nan cozy. Menyajikan minuman seperti es kopi atau coklat dengan es krim sebagai topping-nya. Makanannya yang ringan-ringan saja, seperti homemade carrot cake, brownies, atau cinnamon bun, jenisnya berganti setiap hari. Jikalau ingin agak berat sedikit mungkin hanya satu atau dua jenis hidangan spesial dihari itu seperti sup, pasta atau nasi, yang setiap hari berganti. Misal di hari Senin, spaghetti bolognese, dan hari Jumat, sup buntut goreng. Suasana kafe dibuat nyaman, musik jazz lembut mengalun, aneka tanaman dalam pot bertebaran dimana-mana sehingga terasa adem. Mungkin ala-ala greenhouse cafe. 

Tapi saya sendiri tak yakin akan banyak pengunjungnya. Saya suka dengan suasana seperti itu, tapi pangsa konsumennya sangat terbatas. Berbeda dengan di Eropa atau negara-negara maju dimana kafe atau resto banyak bertebaran di tepian jalan. Umumnya memiliki nuansa yang sangat nyaman dan ditata cantik. Pengunjung duduk-duduk hingga ke pedestrian, santai menikmati semilir angin senja atau sinar matahari lembut saat spring. Disini? Mana ada pengunjung mau berpanas-panas ditengah terik gahar matahari dipinggiran jalan? Debu beterbangan dan asap knalpot menari-nari diudara. Seharian saja duduk didepan kafe, alamat bengek selama 10 tahun. Gubrak!

Resep Pangsit Goreng JTT
Resep Pangsit Goreng JTT


29 Juli 2020

Resep Sate Maranggi


Resep Sate Maranggi JTT

Saya suka sekali menonton video tentang traveling, makanan, budaya dan kehidupan masyarakat suatu daerah, ketika semuanya dicombine menjadi sebuah film dokumenter yang menarik maka betapa betahnya saya menonton berjam-jam didepan laptop. Saat ini saya sedang mengikuti film dokumenter dari BBC dengan host Rick Stein yang mengulas kuliner di kawasan Mediterania, mencakup beberapa kota di Yunani, Italia, Spanyol, Prancis, Maroko dan masih banyak lainnya. Rick Stein yang merupakan seorang chef ini memiliki wawasan luas mengenai masing-masing kuliner yang dicicipinya sehingga mampu menjelaskannya dengan apik dan memberikan informasi seputarnya. Kita dibawa bukan hanya ke restoran kelas atas tetapi juga ke resto di pinggiran jalan, ke rumah penduduk yang menyajikan satu hidangan unik, hingga ke ujung gunung dimana sebuah resto terkenal menyajikan satu hidangan yang tak bisa ditemukan di daerah lainnya. Selama perjalanan kita disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, kafe-kafe dan jalanan yang cantik, pasar tradisional dan fish market, hingga bagaimana bahan makanan tersebut diambil dari alam dan dimasak di dapur menjadi hidangan yang spektakuler. Sungguh, jika memiliki waktu dan anda berminat dengan kuliner dan traveling seperti saya, maka film dokumenter yang disajikan dengan apik oleh BBC ini layak ditonton untuk mengisi waktu luang dan menambah wawasan.

Resep Sate Maranggi JTT
Resep Sate Maranggi JTT

28 Juli 2020

Resep Mango Sticky Rice


Resep Mango Sticky Rice JTT

Kalau dipikir-pikir, sekolah tinggi tapi tanpa skill di jaman serba 'kudu punya kreatifitas tinggi' seperti ini akan menjadi 'mubazir'. Well bukan mubazir secara keilmuan dan wawasan, karena apapun bentuknya semua ilmu positif tentunya bermanfaat. Tapi mubazir  yang saya maksudkan disini adalah ketika ilmu yang susah payah dipelajari tersebut tidak bisa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, skill apapun itu, selama bisa dipergunakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari rumah, sangat diperlukan. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini dimana lowongan kerja sangat terbatas dan banyak perusahaan yang menunda merekrut karyawan baru karena kondisi ekonomi yang susah serta untuk meminimalisir risiko penularan virus. 

Kemampuan menjahit, bertukang, mekanik, memasak, menciptakan aneka barang, komputer, design grafis dan website, editing video, fotografi, berkebun, beternak, menulis dan masih segambreng skill lainnya yang jika dimiliki maka kita bisa membuka usaha kecil-kecilan atau memulai menciptakan sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Toh semua usaha kita bersekolah susah-susah sekian tahun lamanya ujung-ujungnya adalah untuk mendapatkan penghasilan bukan? Uang. Jadi apapun caranya, selama itu halal, tidak menyusahkan orang lain dan bisa membuat kita mandiri sangat dibutuhkan.

Resep Mango Sticky Rice JTT
Resep Mango Sticky Rice JTT

27 Juli 2020

Resep Pecak Ikan Betawi


Resep Pecak Ikan Betawi JTT

Rekan kantor saya ada yang memelihara ikan lele didalam ember, disekeliling ember digantung pot-pot kecil berisi tanaman kangkung yang sebagian potnya terendam didalam air. Ternyata kata beliau, budidaya lele kecil-kecilan di halaman rumah dengan cara ini sedang nge-trend, banyak videonya bertebaran di You Tube. Ember yang digunakan lumayan besar, diameter sekitar 40 - 50 cm, bagian bawah ember dipasang kran untuk membuang air dan kotoran dari dasar. Karena jenis ikannya adalah lele maka ember tidak dilengkapi dengan pompa aerator. Lele cukup tahan banting dalam kondisi air kotor bahkan berlumpur sekalipun. Hasilnya menurut rekan saya ini oke, dalam 6 bulan ikan sudah bisa dipanen. Nah yang ini tentu saja lebih berkualitas, karena jenis  lele organik yang diberi pakan pelet dengan kualitas air yang bersih. Saya terus terang sangat berminat dengan sistem ini, tapi bukan ikan lele yang akan saya pelihara, melainkan ikan nila yang sering dikonsumsi. Sejak dulu saya tidak menyukai jenis catfish termasuk didalamnya adalah lele dan patin. Saya bahkan tak pernah mengkonsumsi lele mungkin sejak sepuluh tahun nan lampau.

Resep Pecak Ikan Betawi JTT
Resep Pecak Ikan Betawi JTT

24 Juli 2020

Resep Korean Garlic Cheese Bread


Resep Korean Garlic Cheese Bread JTT

Saya tak punya mobil, tak ada kemampuan juga untuk menyetirnya. Beberapa kali kakak dan Ibu menyuruh saya untuk mengambil kursus menyetir, beberapa kali juga Ibu saya berkata, "Di keluarga ini hanya Endang yang tidak bisa menyetir mobil." Uh seakan Ibu saya bisa menyetir mobil saja, paling banter juga sepeda tanpa motor alias sepeda onthel. At least saya begini-begini masih bisa menyetir sepeda motor, bahkan dulu ketika kuliah di Jogya sempat melanglang buana hingga Bantul, Magelang, Kopeng, Kaliurang, Prambanan, dengan motor. Sejak tinggal di Jakarta, tanpa sepeda motor, ngeri hendak menunggangi motor beroda dua di belantara ibukota yang lalu lintasnya gahar, SIM saya pun akhirnya expired dan saya enggan memperpanjangnya. Padahal motor jika hanya dipakai sekeliling komplek area rumah, lumayan juga bisa mengantarkan diri kemana-mana tanpa capek kudu menunggu angkutan umum, atau merogoh kocek membayar taksi. Apalagi kondisi pandemi ini sepertinya semua orang ingin menyetir kendaraannya sendiri, enggan berdesak-desakan didalam angkutan umum. Entah itu dengan mobil, motor atau sepeda, kendaraan yang terakhir ini saya lihat fenomenanya semakin menggeliat. Semakin banyak orang kantoran mengayuh sepeda ke kantor. Sayangnya, tidak diimbangi dengan aspek keamanan yang layak. 

Resep Korean Garlic Cheese Bread JTT
Resep Korean Garlic Cheese Bread JTT

23 Juli 2020

Resep Banana Marble Chiffon Cake


Resep Banana Marble Chiffon Cake JTT

So little time, so much to do. So many plan, so lazy to do anything. Sungguh, saya merasa begitu banyak hal yang ingin dilakukan, tetapi merasa sedikit sekali waktu tersedia. Namun ketika begitu banyak waktu luang, contohnya kala libur dua hari weekend, maka yang saya lakukan hanyalah bermalas-malasan. Saya punya ratusan ide resep yang bagi saya semua terasa menarik untuk dieksekusi, bahan-bahan pun sudah disiapkan dan tersimpan di kulkas, tetapi saat tiba waktunya untuk dipraktekkan betapa malasnya menyeret kaki ke dapur. Dua hari dihabiskan hanya dengan berleha-leha di kasur membaca aneka artikel bagaimana menghilangkan rasa malas, atau menonton video You Tube tentang bagaimana memotivasi diri meraih mimpi. Mimpi saya begitu banyak, sebanding dengan rasa malas saya yang berkarung-karung beratnya. Mengapa susah banget sih menghilangkan sifat buruk ini? Tobat!

Resep Banana Marble Chiffon Cake JTT
Resep Banana Marble Chiffon Cake JTT


15 Juli 2020

Resep Ayam Panggang Kecombrang & Cerita Horor


Resep Ayam Panggang Kecombrang JTT

Di kantor saya beberapa waktu lalu sempat heboh cerita horor. Cerita horor yang berhubungan dengan hal-hal gaib alias tidak kasat mata dan susah dinalar pakai science. Sebenarnya cerita horor sudah lama beredar tapi karena hanya kalangan tertentu saja yang bisa melihat dan merasakannya maka kita semua tidak terlalu peduli. Hal-hal mistis seperti ini memang percaya, tidak percaya. Kalau belum merasakannya sendiri memang umumnya tidak percaya, bahkan saya yang pernah mengalami kejadian aneh secara langsung pun terkadang hingga kini nalar masih susah untuk menerimanya. Tapi entah itu di Asia, atau belahan dunia manapun yang namanya kisah horor selalu ada. Bahkan di US, setiap rumah yang hendak dijual harus memasukkan kriteria 'berhantu' atau tidak, karena banyak kasus bermunculan dimana penghuni baru mengalami kejadian-kejadian supranatural.

Pada kasus di kantor saya, beberapa rekan yang sangat sensitif dengan hal ini, dan dikatakan memiliki indra keenam alias sixth sense, beberapa kali merasakannya di toilet kantor, terkadang di beberapa meja karyawan. Kejadiannya biasanya setelah senja dimana karyawan dikantor sudah tidak banyak jumlahnya. Saya tidak terlalu mengambil pusing dengan cerita-cerita ini, tidak berminat juga mengorek keterangan detail lebih jauh, karena buat apa menambah beban hidup dengan cerita horor bukan? Mendengarnya akan menimbulkan rasa takut dan akhirnya setiap kali ke toilet di malam hari jadi terasa ngeri-ngeri stres. 

Resep Ayam Panggang Kecombrang JTT
Resep Ayam Panggang Kecombrang JTT


14 Juli 2020

Resep Sup Daging Asam Pedas Thai


Resep Sup Daging Asam Pedas Thai JTT

Di masa pandemi seperti ini ruang gerak terasa terkungkung, mau kemana-mana takut. Weekend dihabiskan mendekam di dalam rumah, saat ngantor di jam makan siang pun lebih banyak duduk manis saja di meja. Rasa bosan merayap tak keruan tapi mau bagaimana lagi, daripada kelayapan tak jelas dan terekspose virus terpaksa menahan-nahan diri untuk keluar rumah atau kantor. Terus terang saya sudah merasa super boring, ingin rasanya segera mengepak koper dan pergi berlibur atau pergi keluar kota ke daerah sejuk penuh pepohonan, minim manusia, berjalan lepas bebas tanpa masker. Betapa nikmat rasanya duduk didepan vila di Puncak bersama keluarga, mengobrol ditemani secangkir kopi susu panas dan sepiring tahu goreng. Arrgh! Saya sungguh mati gaya dengan kondisi ini, dan menyeramkannya kondisi ini diprediksi akan terus berlanjut hingga tahun depan. Tobat!

Resep Sup Daging Asam Pedas Thai JTT
Resep Sup Daging Asam Pedas Thai JTT

10 Juli 2020

Resep Cheesy Chicken Pasta


Resep Cheesy Chicken Pasta JTT

Saya tak mengerti hingga kini masih ada yang beranggapan bahwa Covid-19 hanya sekedar hoax, rekayasa, permainan elite belaka. Tidak mengerti mengapa masih ada yang begitu ignorance dengan pandemi ini sedangkan data dan fakta ditunjukkan ke hidung kita setiap hari, setiap jam, menit dan detik melalui berbagai media. Tidak mengerti mengapa masih banyak yang menyepelekan, menganggap enteng bahkan beranggapan virus ini urusan remeh sementara banyak negara di belahan dunia lainnya pontang-panting berusaha mengendalikan penyebaran virus, rumah sakit kewalahan menerima pasien, dan tempat penguburan setiap hari seakan tak pernah absen mengkebumikan mereka yang meninggal karena Covid. Kemarin, tanggal 9 Juli 2020, bertambah 2657 orang yang positif terinfeksi virus, kasus harian terbanyak sejak Covid pertama kali terdeteksi di Indonesia. 

Setiap hari di negara kita kasus baru mencapai rekor baru, mulai dari 1200, 1500, 1600 hingga kemudian meloncat menjadi 2600 an. Angka-angka ini bukan sekedar statistik, bukan sekedar number, tapi adalah penduduk Indonesia yang terkena virus dan jumlahnya akan semakin bertambah setiap harinya jika melihat kondisi saat ini yang seperti ini. Masa PSBB ketat sudah berlalu, kita memasuki masa 'new normal', tapi bagaimana mau hidup normal jika kasus positif setiap hari jauh lebih banyak dibandingkan dengan bulan Maret - Mei lalu dimana PSBB diketatkan?  Angka seratus ribu jumlah penduduk yang terkena Covid bukan tidak masuk akal lagi akan tercapai, dengan penambahan harian diatas 1000 orang setiap hari maka total kasus seratus ribu akan kita peroleh sekitar bulan depan. Tobat!

Resep Cheesy Chicken Pasta JTT
Resep Cheesy Chicken Pasta JTT


09 Juli 2020

Resep Yogurt Coffee Cake


Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Air adalah kebutuhan yang paling vital didalam sebuah rumah, ketika air terhenti seperti yang saya alami hari Sabtu kemarin, betapa kebalakan dibuatnya. Sebenarnya sejak 4 bulan lalu, pompa pendorong yang terletak didekat bak penampungan air (torn) dilantai dua tidak berfungsi, pompa ini membantu agar air mengucur deras. Ketika pompa mati, air masih mengalir hanya alirannya sangat kecil sekali. Dulu bertahun nan lampau, tukang pompa langganan saya, Pak Junaedy, sudah memberikan peringatan, "Bu, pompa pendorong ini jangan sampai mati ya. Kalau mati, airnya bisa mampet karena tertutup lumut." Lumut didalam torn mudah tumbuh dengan subur dan sering masuk kedalam aliran air dan membuatnya berhenti total.

Waktu berlalu, tahun berganti, tak terasa sudah empat tahun sejak Pak Junaediy membersihkan torn diatas. Selama air baik-baik saja, saya tak begitu peduli dengan kondisi didalamnya, boro-boro hendak mengurasnya secara rutin. Hingga akhirnya air mati total. Saya kehilangan kontak dengan Pak Junaedi, karena handphone yang telah berganti beberapa kali. Akhirnya saya WA adik saya, Wiwin, menanyakan tukang pompa langganannya. Nomor tukang pompa lainnya diberikan dengan embel-embel, "Bapak yang ini lebih murah biayanya dari Pak Junaedy," dan langsung saya kontak saat itu juga. 

Resep Yogurt Coffee Cake JTT
Resep Yogurt Coffee Cake JTT


08 Juli 2020

Resep Ayam Kemangi


Resep Ayam Kemangi JTT

Saat masa PSBB masih ketat beberapa bulan lalu, dimana masih banyak karyawan kantoran me-lock down-kan diri dan bekerja dari rumah, gardening menjadi salah satu pelarian untuk mengisi waktu.  Banyak yang tiba-tiba jatuh cinta dengan tanaman, semangat berkotor-kotor diri di kebun, berusaha menanam tanaman dalam skala kecil. Saya dan beberapa rekan di kantor termasuk salah satunya. Saking semangatnya, saya membeli banyak aneka benih sayuran di online shop. Barter tanaman menjadi hal biasa dikantor, mulai dari tanaman buah seperti murbei yang diberikan Pak Freddy, yang saya barter dengan stek basil dan blackberry. Atau biji kemangi yang diberikan Bu Jane yang saya barter dengan biji ketumbar. Obrolan seputar tanaman menjadi pembicaraan biasa, mulai dari tomat yang tak kunjung berbuah, hama di cabai, atau biji sayuran yang enggan berkecambah. Kami begitu antusias dan penuh semangat, seakan semua tanaman yang ditanam tersebut akan tumbuh, subur, sukses dan menghasilkan. Kenyataannya, nihil, untuk kasus saya. 

Resep Ayam Kemangi JTT
Resep Ayam Kemangi JTT


01 Juli 2020

Resep Basil Pesto


Resep Basil Pesto JTT

Basil tidak seperti saudaranya kemangi, memang jarang digunakan didalam masakan lokal tanah air. Rempah daun ini lebih ngetop dipakai didalam kuliner Italia dan Mediterania. Tak heran ketika dijual di supermarket, harganya cukup mahal untuk seikat kecil daun. Tidak masalah jika hanya diperlukan sedikit, misal untuk mengharumkan saus pasta atau pizza, tapi menjadi masalah besar jika menjadi bahan utama, harus dalam kondisi masih segar, dan diperlukan cukup banyak didalam saus bernama pesto. Demi saus ini jugalah akhirnya saya menanam basil sendiri di halaman. 

So far, pengalaman saya menanam basil sama sekali tidak susah. Tanaman ini sama mudahnya seperti kemangi, gampang tumbuh di iklim panas Indonesia dan tidak rewel. Saya menanamnya dari biji (benih) yang dibeli di online shop, sengaja saya pilih jenis sweet Italian basil yang berdaun lebar karena lebih rimbun dan besar daunnya. Benih saya semai di gelas plastik bekas air mineral atau kotak plastik bekas kemasan sayur segar. Cukup gunakan media siap pakai yang banyak dijual di tukang kembang, tebarkan benih, tutup permukaannya dengan media tipis-tipis saja, siram dan letakkan di tempat teduh. Saya letakkan di teras, dan jika benih yang dipakai tokcer maka dalam beberapa hari baby basil bertumbuhan. 

Resep Basil Pesto JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...