26 Maret 2021

Resep Pepes Ayam Kampung


Resep Pepes Ayam JTT

Gajian setiap tanggal 25 seakan hanya numpang lewat saja dari rekening saya, saking banyaknya cicilan yang harus dibayar. Swear, saya mulai merasa sesak nafas tiap kali melihat gaji hanya mendekam 10 menit saja di dalam rekening, dan detik berikutnya sudah ditransfer ke aneka kewajiban seperti cicilan KPR, listrik, telepon, internet dan lain sebagainya dan lain sebagainya. Kapan ya bisa merasakan gaji utuh tiap bulan dan uang tersebut tidak mengalir keluar untuk membayar hutang, benar-benar digunakan hanya untuk kesenangan diri? Hm, tapi dulu ketika usia masih kepala dua, saya seperti itu. Tak memikirkan masa depan, tak memikirkan masa tua, tak memikirkan mengumpulkan asset atau menabung. Uang gaji dipakai untuk membeli aneka barang kesenangan diri seperti sepatu, tas, pakaian dan pernak-pernik aksesoris penunjang penampilan kerja. Setiap kali jalan ke mal, ujung-ujungnya singgah ke toko pakaian atau sepatu dan pulang dengan membawa tentengan. Gaji lenyap begitu saja, dan hanya berakhir menjadi tumpukan pakaian dan sepatu di lemari dan pada akhirnya tidak dipakai juga. Sampai akhir usia kepala tiga, saya tak punya asset sepotong pun!

Resep Pepes Ayam JTT
Resep Pepes Ayam JTT

25 Maret 2021

Resep Udang Tahu Kuah Tauco Pedas


Resep Udang Tahu Tauco JTT

Purging. Satu kata yang bisa diartikan macam-macam, tapi umumnya mengacu pada purification (pemurnian) atau cleansing (pembersihan). Bila digunakan dalam konteks kesehatan biasanya mengacu pada gangguan makan (purging disorder), dimana satu individu membersihkan dirinya dengan merangsang terjadinya muntah demi menurunkan berat badan. Pada kasus saya tidak berhubungan dengan purging disorder, tapi purging barang-barang di rumah dan isi lemari. Seberapa sering anda melakukan pembersihan isi rumah dan isi lemari pakaian seperti mensortir isinya, memilah mana yang masih diperlukan dan mana yang bisa diberikan ke orang lain? Saya belum pernah melakukannya, walau kegiatan itu sudah masuk dalam rencana di kepala. Tapi minggu lalu saya putuskan lemari pakaian dan barang lainnya di rumah harus segera dilakukan purging, karena memang jumlahnya sudah terlalu banyak dan kebanyakan hanyalah barang atau pakaian yang tidak  akan digunakan lagi.

Ada banyak laci dan lemari di rumah yang penuh dengan aneka barang. Rumah yang saya tempati saat ini adalah rumah adik saya, dimana dulunya pernah dihuni oleh beberapa anggota keluarga lainnya. Ketika anggota keluarga ini sudah tidak tinggal disini, mereka meninggalkan aneka barang yang mangkrak di berbagai sudut. Barang tersebut ada di dalam lemari dan kardus. Bahkan adik saya sendiri memiliki banyak perabotan warisan mertuanya yang disimpan di rumah. Misal aneka mebel, lemari pajangan, meja telpon, tempat tidur, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya rumah ini cukup besar, tapi dengan banyaknya perabotan ditambah kesukaan saya membeli perabot, tetap terasa penuh sesak. 

Resep Udang Tahu Tauco JTT


22 Maret 2021

Resep Gyudon - Japanese Beef Bowl


Resep Gyudon JTT

Composting, alias pengomposan. Proses super mudah yang telah dikenal nenek moyang kita sejak jaman kuda namun hingga kini masih susah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal jika setiap rumah tangga bersedia mengomposkan limbah organiknya setiap hari, maka berapa ton sampah organik akan berkurang timbunannya di tempat pembuangan sampah? Mbah saya jaman dulu, tidak tahu istilah pengomposan dan bagaimana proses mikrooganisme menguraikan bahan organik menjadi senyawa yang lebih sederhana yang mudah diserap oleh akar tanaman, tapi beliau tahu pasti jika kotoran ayam yang ditimbunnya setiap hari di sudut halaman lama-kelamaan akan menjadi pupuk yang mampu menyuburkan tanah. 

Mbah memiliki banyak ayam kampung yang diternakkan free range, hanya malam hari saja ayam-ayam itu digiring pulang dan dikumpulkan di dapur. Yep, dapur kami menjadi satu dengan kandang ayam. Esok paginya, Mbah akan menebarkan abu dapur ke seantero permukaan lantai dapur yang terbuat dari tanah, menyapunya dan mengumpulkan kotoran ayam plus abu ini. Kegiatan ini dilakukan setiap hari dan kompos kotoran ayam lama-lama menggunung. Jika sudah diperoleh berkarung-karung, Mbah akan membawa pupuk kandang ini ke desanya di Slambur, Ponorogo, dan menggunakannya untuk memupuk padi. Pupuk kandang kaya akan unsur Nitrogen (N) yang memang diperlukan padi terutama saat masuk fase pertumbuhan dan menumbuhkan anakan. Mbah tidak tahu apa itu unsur N,  tapi Mbah tahu pasti pupuk kandang yang sudah didiamkan lama ini bagus untuk tanaman padinya.

Resep Gyudon JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...