29 April 2011

Resep Molten Chocolate Cake


Resep Molten Chocolate Cake JTT

Tadi malam tiba-tiba saya ingin sekali makan kue coklat, kue coklat yang moist, lembut dan lumer di mulut. Sebenarnya saya bukan penggila coklat, entah coklat batangan atau cake coklat, tapi jika sedang stress memang rasanya mulut ini ingin makan yang manis-manis dan coklat menjadi alternatif yang paling menyenangkan. Akhir-akhir ini memang situasi di kantor cukup membuat beban pikiran sehingga ketika pulang ke rumah, saya ingin segera men-switch otak saya dari urusan kantor menjadi hal lain yang menyenangkan. Salah satunya adalah memasak dan... makan. Tak heran jarum timbangan susah sekali bergeser turun :)

Resep Molten Chocolate Cake JTT


28 April 2011

Resep Kue Lobak


Resep Kue Lobak JTT

Lobak (Raphinus sativus), merupakan tanaman sayur yang masuk ke dalam kelompok keluarga Brassicaceae atau kubis-kubisan. Tanaman ini berasal dari China dan saat ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia terutama di daerah dataran tinggi. Bagian tanaman yang banyak dimanfaatkan adalah umbinya yang berwarna putih ini, walaupun menurut Wikipedia bagian daun, pucuk tanaman dan polong buahnya bisa dimakan juga. Jenis lobak sendiri bermacam-macam, ada yang berkulit merah, dengan ukuran kecil dan bentuk cenderung bulat, dikenal dengan nama European radishes. Jenis lainnya yaitu daikon atau Chinese/Japanese radishes, umumnya ditanam  di dataran Asia termasuk Indonesia, merupakan lobak dengan kulit berwarna putih dan memiliki ukuran yang besar.

Resep Kue Lobak JTT


27 April 2011

Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai


Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT

Hari libur memang hari untuk bermalas ria, apalagi libur tiga hari, seperti yang terjadi  di minggu lalu. Libur jatuh mulai dari hari Jumat! Wuih, betapa nikmatnya dunia. Saya menghabiskan setengah hari libur pertama dengan bermalas-malasan di tempat tidur sambil membaca koleksi e-book yang seakan tidak ada habisnya. Kalau sudah seperti ini maka perut keroncongan pun tidak saya gubris, sayang rasanya meninggalkan pulau kasur dan cerita seru untuk berkunjung ke dapur mengolah makanan. Tetapi akhirnya saya tidak tahan juga mendengar teriakan Tedy, adik saya, yang kelaparan berat. Pukul dua siang dengan terpaksa saya luangkan waktu juga memasak apapun yang bisa dimasak disana. ^_^

Resep Bihun Bumbu Kari ala Thai JTT
Bihun/rice vermicelli


26 April 2011

Resep Keripik Bawang


Resep Keripik Bawang JTT

Keripik, kerupuk, rempeyek dan aneka jenis makanan kecil yang renyah dan gurih seakan tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat kita. Hampir semua orang di Indonesia menyukai jenis penganan yang digoreng garing ini sehingga variasinya pun sangat banyak. Memang sulit menolak godaannya. Parahnya lagi ketika masuk ke mulut maka mesin penggiling baru bisa berhenti jika satu stoples telah habis dan tandas masuk ke perut. Nah, keripik bawang ini salah contoh camilan yang sulit untuk ditolak dan sering membuat ketagihan. Terbukti ketika saya buat, hanya dalam waktu dua hari habis tak bersisa, padahal hasilnya lumayan banyak lho: satu stoples ukuran jumbo :)

Resep Keripik Bawang JTT


25 April 2011

Resep Cake Kukus Tape Singkong & Chocolate Chips


Resep Cake Kukus Tape Singkong & Chocolate Chips JTT

Sekian lama ber-food blogging ria (ehem, lebih tepatnya sih baru 6 bulan), saya memperoleh satu kesimpulan mengenai resep apa yang paling diminati oleh pembaca JTT, yaitu cake kukus. Data ini mudah dilihat dari gadget Posting Populer di blog ini dimana cake kukus selalu bertengger di urutan paling atas dari enam resep yang saya tampilkan. Sebenarnya ini bukan hal yang mengherankan, mengingat cake atau kue yang dikukus selain memang lezat rasanya juga relatif mudah dibuat dan... tidak semua keluarga di Indonesia memiliki oven tetapi hampir semua pasti memiliki dandang pengukus :).

Resep Cake Kukus Tape Singkong & Chocolate Chips JTT

Karena alasan itulah maka sayapun berusaha mencari resep-resep kreasi cake kukus yang mudah dibuat dengan bahan yang tidak terlalu mahal serta bisa diperoleh di sekitar rumah sehingga setiap pembaca JTT bisa mempraktekkannya sendiri dan tentu saja menyajikannya untuk keluarga tercinta. Saya akui memang ada kepuasan tersendiri jika kita berhasil membuat kue sendiri, paling tidak ada unsur sedikit pamer jika di rumah ada acara dan kue yang disajikan adalah buatan si pemilik dapur. Anda bisa menjadi ratu dapur sehari! Predikat yang layak dibanggakan lho, yah setidaknya itu yang sering saya rasakan ketika keluarga atau teman ber-ooh dan aahh ketika mencicipi kue yang saya buat (promosi dot com).

24 April 2011

Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika


Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT

Tidak semua orang suka olahan ikan dengan cara di tim atau kukus, banyak yang mengklaim aroma dan rasa ikan yang amis akan menjadi semakin kuat. Tedi, sebagaimana kaum cowok umumnya yang lebih menyukai ayam dan daging sapi, salah satu yang tidak mau menyentuh masakan ini ketika saya membuatnya pagi ini. Ikan baginya baru akan terasa sedap jika digoreng garing dengan bumbu yang asin dan gurih. Well, kebalikannya bagi saya, sedikit saja rasa dan bau amis pada ayam, daging dan telur bisa membuat saya lari ke kamar mandi menumpahkan isi perut, tapi indra  perasa dan penciuman sudah tidak berfungsi jika berurusan dengan ikan dan aneka olahannya. Jadi akhir cerita sudah bisa ditebak, ikan kukus inipun saya sikat sendiri hingga tandas :) 

Resep Tim Ikan Dengan Sawi Asin & Paprika JTT


21 April 2011

Resep Quiche Bayam & Tuna


Resep Quiche Bayam & Tuna JTT

Saya pernah menyebutkan mengenai makanan bernama quiche sebelumnya ketika  saya memposting artikel mengenai puff pastry. Nah, adonan puff pastry yang saya buat minggu lalu saya kreasikan menjadi dua macam hidangan, yaitu Peach Puff Pastry dengan cita rasa manis - anda bisa klik resepnya disini - dan Quiche Bayam & Tuna yang saya posting resepnya kali ini, untuk mereka yang suka dengan makanan yang asin dan gurih. Keduanya membuktikan betapa flexible-nya kulit pastry untuk diolah menjadi aneka makanan yang lezat. Untuk resep cara membuat puff pastry, anda bisa klik di Membuat Adonan Untuk Kulit Pastry (Butter Puff Pastry) yang pernah saya posting sebelumnya. 

Resep Quiche Bayam & Tuna JTT


20 April 2011

Resep Homemade Bakso Kuah Daging Sapi


Resep Homemade Bakso Kuah Daging Sapi JTT

Harus saya akui ternyata tidak mudah membuat bakso sendiri di rumah. Kesekian kalinya saya mencoba membuatnya dan kesekian kalinya pula saya tidak puas dengan hasilnya, dan  pengalaman membuat bakso yang saya posting kali ini pun bukan masterpiece yang patut saya banggakan, walaupun tentu saja selangkah lebih baik dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. 

Resep Homemade Bakso Kuah Daging Sapi JTT


19 April 2011

Resep Brownies Kukus


Resep Brownies Kukus JTT

Update 12 Juni 2016,

Halo, saya tahu resep Brownies Kukus ini banyak penggemarnya dan mungkin banyak hal yang ingin anda tanyakan seputarnya. Namun sayang sekali kapasitas komentar di artikel ini sudah maksimal sehingga komentar baru tidak bisa lagi saya publish. Untuk pertanyaan seputar resep ini, anda bisa email langsung ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com atau melalui FB Just Try & Taste atau Twitter @justtryandtaste.com. Terima kasih.

Brownies kukus yang satu ini memang benar-benar lembut dan lezat, rasa coklatnya yang nendang membuatnya tidak kalah dengan versi yang dipanggang. Tidak heran, kue ini menjadi oleh-oleh yang disasar jika kita pergi ke Bandung. Beberapa merk terkenal seperti Amanda, biasanya yang menjadi andalan pengunjung. Padahal membuatnya sendiri di rumah tidak sulit, bahkan masuk ke dalam kategori jenis cake yang mudah dibuat. Saya katakan cake, karena menurut saya brownies kukus ini tidak bisa dimasukkan ke dalam kategori brownie karena teksturnya yang lembut dan mengembang sebagaimana tekstur cake umumnya.

Resep Brownies Kukus JTT


18 April 2011

Resep Sup Bola-Bola Tahu


Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT

Sup, adalah salah satu jenis masakan sayur yang tidak pernah membuat saya bosan. Ini karena kuah sup yang bening dan kaya akan rempah seperti lada dan pala membuat rasanya sangat segar dan tidak eneg. Apalagi jika disantap kala kuahnya masih panas mengepul di saat musim hujan yang dingin. Penderita flu juga disarankan untuk sering-sering mengkonsumsinya, karena hidangan ini kaya akan gizi, menghangatkan dan menambah asupan cairan yang diperlukan tubuh dikala sedang sakit. Bahan-bahan sup sangat fleksibel untuk dimodifikasi sesuai dengan yang kita sukai dan tentu saja yang tersedia di dapur. Sup juga merupakan masakan yang sangat mudah dibuat sehingga boleh dikatakan sebagai sayur sejuta umat, hampir semua yang pernah ke dapur mampu membuatnya.

Resep Sup Bola-Bola Tahu JTT


17 April 2011

Resep Sate Ikan Bungkus Daun Pisang


Resep Sate Ikan Bungkus Daun Pisang JTT

Bosan dengan ikan yang hanya di goreng, dipepes atau di sop? Nah, mungkin resep sate ikan yang saya posting kali ini bisa menjadi variasi menu lauk di rumah. Membuatnya tidak sulit walaupun harus melalui proses lipat-melipat dan bungkus-membungkus dengan daun pisang. Saya justru menganggapnya seperti sedang membuat prakarya ;). Ikan bandeng yang terkenal dengan durinya yang banyak biasanya diolah menjadi bandeng presto, tetapi dengan mengolahnya menjadi sate ikan maka duri yang mengganggu ini bukan lagi menjadi masalah besar. Karena untuk mambuat sate ikan ini, daging bandeng beserta duri-duri halusnya di blender hingga halus.


16 April 2011

Resep Kue Mangkuk Ubi Kuning


Resep Kue Mangkuk Ubi Kuning JTT
 
Kue mangkuk merupakan kue tradisional yang telah dikenal sejak jaman kakek-nenek kita atau bahkan mungkin lebih lama lagi dari itu. Kue ini umum dijumpai di pasar-pasar yang masih menjajakan aneka penganan tradisional dan termasuk ke dalam kategori jajan pasar. Kue mangkuk yang dimasak dengan cara dikukus ini sebenarnya hampir sama dengan kue apem, bedanya jika kue apem terbuat dari tepung beras maka kue mangkuk yang memiliki tekstur lebih lembut ini terbuat dari tepung terigu, walaupun ada juga yang menggunakan tepung beras untuk membuatnya dan menyebutnya dengan kue mangkuk juga.

Resep Kue Mangkuk Ubi Kuning JTT


15 April 2011

Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang


Resep Otak-Otak Ikan Saus Kacang JTT

Otak-otak ikan, siapa sih yang tidak mengenalnya? Apalagi bagi yang tinggal di Jakarta dan daerah-daerah penghasil ikan seperti Makasar atau tanah kelahiran saya, Tanjung Pinang-Riau. Walaupun masing-masing daerah ini menggunakan bumbu yang berbeda namun tetap satu nama yaitu otak-otak. Makanan berbahan dasar ikan dan dibungkus dengan daun, apakah daun pisang atau daun kelapa ini sangat lezat dan banyak digemari karena kegurihannya.  Umumnya otak-otak, disantap begitu saja sebagai snack dengan ditemani saus kacang atau saus tauco. 


14 April 2011

Resep Bothok Jagung


Resep Bothok Jagung JTT

Sudah pernah merasakan bothok jagung? Kalau belum pernah, saya sarankan anda untuk membuatnya. Makanan ini mudah dibuat, lezat dan sehat. Di kampung halaman saya, Paron, Ngawi, bothok jagung dijual oleh mbok-mbok pedagang keliling yang menjajakannya dengan menggunakan bakul di pinggang. Selain bothok jagung tentu saja aneka ragam makanan khas dari desa lainnya seperti pepes ikan, bothok tempe-teri-lamtoro, pelas (yang ini mirip dengan bothok jagung hanya saja terbuat dari kedelai yang dihaluskan) dan aneka panganan yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang lainnya. Sedap dan sehat.

Resep Bothok Jagung JTT


Resep Tumis Brokoli Bawang Putih


Resep Tumis Brokoli Bawang Putih JTT

Simple, lezat dan sehat. Hmm, apalagi yang dituntut dari menu yang anda santap setiap hari jika telah memenuhi ketiga kriteria tersebut? Masalahnya adalah tidak mudah menemukan variasi resep masakan seperti itu. Nah, tumis brokoli bawang putih ini salah satu jenis masakan yang menurut saya sangat mudah dibuat, rasanya juga lezat dan tentu saja brokoli telah terkenal akan kandungan zat gizi, vitamin C serta  memiliki kemampuan anti kanker. 

Resep Tumis Brokoli Bawang Putih JTT

Kendalanya di brokoli adalah sayuran ini mudah busuk dan tidak tahan lama, bahkan di kulkaspun dalam waktu 2 -3 hari akan berubah warna menjadi kekuningan. Saya pernah mencoba membekukan brokoli di freezer, namun hasilnya kurang memuaskan. Karena itu yang paling baik adalah begitu dibeli dari pasar atau supermarket maka brokoli harus segera diolah dan disantap.


13 April 2011

Resep Bayam & Tuna Fritata


Resep Bayam & Tuna Fritata JTT

Fritata adalah makanan yang bahan dasarnya terbuat dari telur, mirip-mirip seperti omelete dan quiche. Bahan makanan lainnya yang umum ditambahkan pada fritata adalah irisan daging, keju, sayur-mayur, atau pasta, plus aneka rempah untuk memperkaya rasanya. Makanan ini berasal dari Italia dan nama fritata diambil dari bahasa Italia, fritto, yang merupakan bentuk lampau dari kata to fry (friggere) artinya digoreng, dan pada awalnya merupakan istilah umum yang digunakan untuk memasak telur dengan menggunakan penggorengan. 


12 April 2011

Resep Palmiers dari Puff Pastry Instan


Resep Palmiers dari Puff Pastry Instan JTT

Kue kering yang renyah dan berlapis seperti pastry ini dibuat hanya dengan empat bahan yang relatif mudah diperoleh. Adonannya bisa dibuat, dicetak dan disimpan di kulkas dalam plastik tertutup hingga 1 minggu lamanya, jika dibekukan di freezer maka bisa tahan hingga 3 minggu. Resepnya menggunakan sour cream, cream ini bisa anda dapatkan di supermarket besar di bagian dairy product (produk susu), biasanya bersama-sama dengan yoghurt, keju dan produk susu lainnya. Saya mengganti sour cream ini dengan cream cheese karena kebetulan masih ada sisa cream cheese di kulkas dan sayang jika tidak dimanfaatkan. Kue yang dihasilkan tetap renyah dan lezat.


11 April 2011

Resep Pie Isi Peach dari Homemade Puff Pastry


Resep Pie Isi Peach dari Homemade Puff Pastry JTT

Nah, setelah berhasil membuat adonan puff pastry-nya seperti yang saya posting di artikel Membuat Kulit Pastry (Butter Puff Pastry), sekarang saya akan ajak anda untuk mengolah adonan ini menjadi peach puff pastry yang super yummy. Peach ini hanya salah satu buah dari aneka buah lainnya yang bisa anda gunakan, alternatif lainnya seperti strawberry, mangga, anggur, kiwi atau nanas bisa anda coba juga dan saya yakin rasanya pasti lezat. 

Resep Pie Isi Peach dari Homemade Puff Pastry JTT
Buah peach kaleng


Resep Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry)


Resep Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry) JTT

Jika anda penggemar puff pastry tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kulit pastry yang berlapis-lapis dan renyah ini memang tidak mudah untuk dibuat tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk bisa dihasilkan, yang dibutuhkan adalah kesabaran, ketekunan, waktu yang cukup dan tentu saja jam terbang. Seperti kata orang bijak, practice makes perfect maka membuat puff pastry pun membutuhkan uji coba yang berulangkali agar hasilnya sempurna. Tetapi sekali anda berhasil membuatnya, maka adonan ini bisa anda kreasikan menjadi aneka kue pastry yang lezat. Sedap untuk diisi dengan krim lembut dan aneka buah, serta mantap untuk dikreasikan menjadi aneka pie seperti quiche, pie yang berisi kocokan telur dan aneka sayuran.

Menurut buku Baking with Passion dari Baker & Spice, asal mula pastry bisa ditelusuri sejak dari jaman Romawi. Saat ini, nama pastry digunakan untuk mendeskripsikan aneka bentuk, mulai dari basic shortcrust/adonan paling dasar untuk kulit pastry yang umumnya digunakan untuk tart hingga variasi lain dengan mentega yang lebih banyak supaya mendapatkan pastry yang lebih mengembang (puffy). Serta pastry yang paling puncak dan rumit yaitu croissant. Selain itu, yang juga dimasukkan ke dalam keluarga pastry adalah hot water crust - pastry dengan bahan dasar lemak yang kuat, biasanya digunakan untuk pie tunggal - dan choux (kue sus), mirip dengan pastry, merupakan kue berongga yang terbuat dari pasta yang elastis dan mengandung telur. 

Resep Homemade Kulit Pastry (Puff Pastry) JTT
Quiche Bayam


08 April 2011

Resep Martabak Kembang Tahu Isi Ayam, Sayur & Udang


Resep Martabak Kembang Tahu Isi Ayam, Sayur & Udang JTT

Kemarin ketika saya mampir di All Fresh, supermarket buah di dekat rumah Pete, saya menemukan kulit kembang tahu yang berbeda dengan yang biasanya saya beli. Kulitnya halus, tidak berkerut-kerut dan lebih tipis. Saya pun jadi tertarik untuk mencoba menyulapnya menjadi aneka makanan. Kulit kembang tahu umumnya berbentuk lembaran/sheet dan stick/batangan, yang berbentuk lembaran biasanya digunakan untuk membungkus aneka dim sum. Saya menggunakannya untuk membuat risoles, lumpia atau martabak. Sedangkan kulit kembang tahu yang berbentuk seperti batang/tongkat lezat untuk aneka tumisan dan sup. 

Resep Martabak Kembang Tahu Isi Ayam, Sayur & Udang JTT


07 April 2011

Resep Roti Goreng Isi Talas


Resep Roti Goreng Isi Talas JTT

Inspirasi roti goreng isi talas ini saya dapatkan ketika minggu lalu, saya dan seorang teman, sepulang kantor menyempatkan diri mampir ke Din Tai Fung di Plaza Senayan. Menu di resto ini cukup unik dengan porsi-porsi kecil yang menggugah selera, menjadikan saya penasaran dengan rasanya. Salah satu dari sekian yang kami pesan adalah Golden Taro Bread, penampilannya yang unik dan menggunakan bahan taro/talas di dalamnya lah yang membuat saya terkilik. Terus terang saya memang suka terinspirasi dengan bahan pangan alternatif  seperti ubi, lobak, talas, pisang atau jagung yang mampu menjelma menjadi penganan unik yang lezat. 

Golden taro bread ini berupa roti gulung goreng nan empuk dengan permukaan kulit yang crispy dimana didalamnya diisi dengan adonan semacam vla yang terbuat dari talas yang berwarna ungu.  Penampilannya menarik, kreatif dan tentu saja rasanya pun cukup yummy.
 
Resep Roti Goreng Isi Talas JTT


05 April 2011

Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake)


Resep Cake Kukus Tumis Ayam (Chicken Steamed Cake) JTT

Bosan dengan cake bercita rasa manis? Mungkin anda perlu mencoba cake kukus gurih asin resep Ny. Liem yang satu ini. Chicken Steam Cake ini rasanya asin gurih dan ditaburi dengan tumisan ayam cincang diatasnya. Membuatnya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Cake kukus tumis ayam ini sebenarnya sudah lama saya incar ketika secara tidak sengaja melihatnya pada salah satu website, sayangnya si website tidak menyertakan resepnya. Ternyata, oh ternyata, ketika sedang membuka-buka buku masakan Ny. Liem, resep itu bercokol disana. Pucuk dicinta ulam pun tiba, akhirnya jadi juga saya membuat chicken steamed cake ini.


Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris


Resep Garang Asem Ayam Bumbu Iris JTT

Teman kantor saya, Titi, kemarin request ke saya untuk mencoba membuat garang asem ayam. Saya pernah posting masakan ini sebelumnya, hanya saja kali ini saya akan mencoba masakan yang sama dengan racikan bumbu yang berbeda. Jika di garang asem ayam posting-an sebelumnya bumbu-bumbu dihaluskan maka kali ini bumbu-bumbunya cukup saya iris saja dan santannya sengaja saya buat agak encer sehingga ketika bungkusan daun dibuka maka terlihat potongan ayam dan bumbu yang berkubang kuah santan yang gurih.  Jika anda tertarik dengan garang asem versi bumbu yang dihaluskan maka anda bisa klik link disini.  


04 April 2011

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi


Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT

Makanan yang digulung kemudian diisi dengan aneka isian yang lezat memang menarik, tak terhitung berapa banyak model makanan yang seperti ini. Mulai dari lauk pauk, kue dan aneka camilan yang populer banyak melibatkan teknik seperti ini. Selain membuat tampilannya lebih cantik juga membuat kita yang akan menyantapnya sedikit penasaran karena harus menebak-nebak isinya. Contoh makanan versi ini misalnya saja rolade, entah terbuat dari daging sapi, ayam atau sayuran, kemudian sushi, risoles, lumpia, semar mendem, dadar gulung, dan tentu saja masih banyak segudang jenis lainnya yang bisa diciptakan tergantung selera, kemampuan dan kemauan. 

Resep Kubis Gulung Isi Tumis Nasi & Daging Sapi JTT


03 April 2011

Mengenal Daun Gedi, Sayuran Khas Manado


Mengenal Daun Gedi, Sayuran Khas Manado JTT

Bagi anda yang bukan orang Manado, seperti saya, mungkin jarang melihat dan mengkonsumsi jenis sayuran ini, karena daun gedi memang sulit ditemukan di daerah Jawa dan sekitarnya serta jarang diperjual belikan di pasar tradisional maupun supermarket. Saya sendiri mengetahui mengenai daun ini dari informasi teman saya yang kebetulan asli Manado. Ibu-nya memiliki tanaman ini di pekarangan rumahnya beserta dengan pohon leilem, yang daunnya juga menjadi salah satu sayuran khas dari Manado.

Mengenal Daun Gedi, Sayuran Khas Manado JTT
Bubur Manado dengan daun gedi


Resep Kerupuk Ikan (Keropok Lekor)


Resep Kerupuk Ikan (Keropok Lekor) JTT

Makanan ini berbeda dengan kerupuk ikan kering yang banyak dijual di pasar atau supermarket, yang biasanya di kemas dalam plastik aneka ukuran. Keropok lekor merupakan makanan khas Terengganu, Malaysia.  Dalam kondisi basah/belum digoreng kering maka keropok lekor mirip sekali dengan pempek lenjer-nya Palembang. Awalnya saat saya sedang searching di internet mengenai kerupuk ikan, secara tak sengaja saya menemukan resep dan artikel mengenai makanan ini, tentu saja website yang berasal dari negeri Jiran, Malaysia. Nah, kalau ada masakan yang berbau ikan sudah pasti membuat saya penasaran dan bersemangat mencari artikelnya.  Saya coba masuk ke Wikipedia dan pencarian saya diarahkan ke Wikipedia Malaysia, artikelnya sih tidak panjang tetapi yang unik ternyata ada resep mengenai makanan ini beserta cara membuatnya. 

Resep Kerupuk Ikan (Keropok Lekor) JTT


02 April 2011

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju


Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Bola-bola ubi jalar isi keju ini camilan yang sangat mudah sekali membuatnya. Selain mudah, murah, rasanya juga lezat. Isi keju yang saya tambahkan disini merupakan modifikasi yang saya lakukan karena kebetulan saya memiliki quick cooking melt cheese dari Kraft di kulkas. Anda tentu saja boleh meng-eliminirnya dari resep, walau saya akui lelehan keju ini membuat si bola-bola ubi menjadi lebih lezat dan gurih. 

Sebenarnya bola-bola ubi goreng bukan jenis makanan baru, di kampung halaman saya di Paron, Ngawi, sejak kecil saya sudah sering mengudap jenis kue ini. Kami menyebutnya timus. Resep timus jauh lebih sederhana, ubi jalar dikukus kemudian dihaluskan dan ditambahkan gula dan sedikit tepung terigu atau tapioka. Adonan ubi dikepal dan digoreng hingga kecoklatan.

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...