23 Januari 2019

Resep Cuciwis Siram Jamur


Resep Cuciwis Siram Jamur JTT

Pernah atau justru sering menemukan jenis sayuran ini di pasar? Di Jakarta, cuciwis termasuk langka ditemukan di pasar tradisional. Atau mungkin karena memang pasar di dekat rumah saya sangat terbatas jenis sayur segar yang dijual. Cuciwis biasanya justru dijual setiap waktu di supermarket. Banyak yang menyebut sayuran ini adalah kol Brussel atau Brussels sprouts, tapi sebenarnya bukan. Walau kol dan Brussels sprouts berasal dari keluarga yang sama yaitu Brassicaceae bahkan memiliki nama spesies yang sama yaitu Brassica oleraceae, namun dari kultivar yang berbeda. Spesies Brassica oleraceae sendiri sangat luas macamnya didalamnya termasuk kale, kol, kembang kol, brokoli, Brussels sprouts, kai lan, kohlrabi, dan collards green.

Lantas apa sebenarnya cuciwis? Tekstur dan rasanya mirip kol, bentuknya tidak terlalu seperti kol atau Brussels sprout yang padat dan berlapis-lapis. Cuciwis sebenarnya adalah tunas muda tanaman kol. Ketika ujung tanaman kol dipanen dan diambil produk utamanya yaitu kol, sisa batang tanaman dan daun dibagian bawah lantas dibiarkan hidup dan terus tumbuh. Tidak berapa lama maka tunas-tunas muda kol bermunculan di sela ketiak helaian daun, saat itulah panen dilakukan yang kedua kalinya, tapi kali ini dengan nama produk berbeda yaitu cuciwis. 

Resep Cuciwis Siram Jamur JTT

09 Januari 2019

Resep Spaghetti Bolognese


Resep Spageti Bolognese

Melanjutkan kisah sewa menyewa apartemen. Perjuangan menyewakan 1 unit apartemen yang pernah saya share beberapa waktu yang lalu di blog, ceritanya bisa diklik pada link disini, berakhir baik tapi bukan berarti tanpa pengorbanan. Artinya si penyewa akhirnya menempati unit tersebut, setelah mengajukan permintaan penambahan wall paper, perbaikan keran kamar mandi, penambahan kaca di kamar mandi, hingga 2 buah sprei di kamar anak. Saat itu saya berpikir semua persoalan telah usai dan melenggang santai berlibur ke Batam bersama Ibu kala libur panjang Natal bulan lalu. Perkiraan saya tersebut salah total. Ketika sedang asyik menikmati liburan, saya menerima beberapa kali WA berisi komplain. Mulai dari tabung gas Elpiji yang disediakan tidak disukai penyewa dan meminta penggantian merk Blue Gas hingga penggantian AC ruang tamu. Sialnya, semua permintaan ini bertubi-tubi berdatangan setelah kontrak sewa ditanda-tangani dan uang sewa ditransfer. Seandainya semua itu belum terjadi, mungkin lebih baik saya batalkan saja semua urusan sewa menyewa ini daripada harus keluar lebih banyak dana tambahan demi apartemen ini.


Resep Spageti Bolognese
Italian seasonings
Resep Spageti Bolognese



04 Januari 2019

Resep Mexican Bean Salad & Happy New Year 2019


Resep Mexican Bean Salad JTT

Tahun 2019 sudah dimulai, dan tak terasa sudah menginjak hari ke-4. Libur panjang usai, kembali ke pekerjaan dan aktiftas sehari-hari yang mulai terasa membosankan. Biasanya jika tahun berganti, maka tercetus di benak hendak membuat resolusi di tahun yang baru. Tahun ini saya tidak ada resolusi apapun kecuali keinginan untuk hidup lebih sehat. Lebih banyak sayur dan buah, menghindar gorengan, gula, dan makanan berlemak tinggi. Yep, menjaga kesehatan lebih penting dibandingkan resolusi apapun. Nah masalah utamanya adalah bagaimana memotivasi diri untuk tetap semangat. Karena walau sayuran itu enak dan bergizi, serta buah terasa segar dan banyak mengandung vitamin, tetap saja jika dilahap setiap hari rasa muak itu muncul. Ujung-ujungnya balas dendam ke makanan yang terasa sedap dilidah namun bikin badan terasa sakit.

Ah sebelum melantur kemana-mana, saya ucapkan selamat tahun baru 2019 ya. Lupakan resolusi gagal di tahun 2018 dan sambut 2019 dengan semangat dan optimisme baru. 😃

Resep Mexican Bean Salad JTT
Resep Mexican Bean Salad JTT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...