27 Desember 2017

Resep Creamy Zuppa Soup


Resep Creamy Zuppa Soup

Kejadian sehari-hari dikantor penuh dengan aneka cerita, entah itu suka, duka, atau super menggelikan yang jika teringat akan membuat saya tersenyum-senyum sendiri. Terkadang terpikir untuk merangkum kejadian unik tersebut dalam sebuah cerita. Kantor tempat saya bekerja termasuk perusahaan yang kecil, total jumlah karyawan tidak lebih dari 50 orang. Kebanyakan dari kami sudah bekerja lebih dari lima tahun lamanya, saya sendiri telah bekerja selama 10 tahun disini, sementara ada beberapa rekan lainnya yang bahkan telah bekerja sejak awal perusahaan didirikan. Karyawan lama memiliki loyalitas yang sangat tinggi dan tidak terlalu banyak menuntut, sementara karyawan baru umumnya akan keluar masuk secepat angin berlalu.

Lingkungan kerja yang friendly, boss yang tidak bossy, aturan yang sedikit longgar, serta jumlah karyawan yang tidak banyak membuat kami merasa seperti saudara. Setiap hari sepertinya selalu ada kejadian lucu, unik, atau menyesakkan dada yang membuat aktifitas sehari-hari dikantor memiliki riak-riak kecil. Suasana kerja menjadi tidak terlalu monoton dan membosankan. 

Resep Creamy Zuppa Soup
Resep Creamy Zuppa Soup


20 Desember 2017

Resep Custard Caramel Pudding


Resep Custard Caramel Pudding

Puding custard yang creamy dan sedap ini selalu mengingatkan saya akan Jepang. Ketika traveling kesana beberapa tahun yang lalu, hampir semua Yen saya habiskan di minimarket Swanson. Swanson di Jepang jauh berbeda dengan saudaranya di Indonesia, disini minimarket tersebut tak jauh berbeda dengan kompetitornya yang lain, kurang menarik bahkan cenderung sepi. Tapi di Jepang, aneka makanan dan minuman sedap bisa ditemukan di Swanson. Favorit saya adalah onigiri dengan smoked salmon dan custard caramel pudding. Minimarket tersebut juga selalu ramai terutama ketika pagi dan sore hari saat karyawan kantor cepat-cepat meraih makanan siap saji hangat dan latte panas kala akan berangkat ke kantor, serta sore hari ketika pulang kantor dan perlu mengganjal perut dengan makanan yang tidak terlalu mengenyangkan. 

Asyiknya di Swanson, mereka menyediakan beberapa buah microwave yang berjajar di dekat pintu. Jadi saya dan kakak saya, Wulan, cukup membeli nasi dan memanaskannya disana. Ellan, keponakan saya bahkan mendapatkan ransum hariannya berupa telur rebus dan nasi putih dari Swanson.  Seperti yang pernah saya ceritakan pada link disini, ketika kami ke Jepang, saya membawa banyak rendang, abon ikan dan sambal goreng kentang. Lauk tersebut cukup menghemat Yen selama lebih dari seminggu di Jepang. 😁


Resep Custard Caramel Pudding
Resep Custard Caramel Pudding


18 Desember 2017

Resep Banana Apple Cinnamon Rolls


Resep Banana Apple Cinnamon Rolls

Beberapa waktu yang lalu sesama rekan Blogger mengirim direct message di Instagram, "Mbak Endang, kok selalu semangat terus sih posting resep? Setiap hari selalu ada resep baru. Saya kok malas ya akhir-akhir ini, nggak ada mood mencoba resep baru dan posting di blog." Jawaban saya simple, "Karena saya sedang semangat," jika sedang kehilangan mood seperti akhir-akhir ini maka kondisinya bisa sangat ekstrim. Boro-boro mencoba resep baru, melakukan kegiatan apapun juga ogah dilakukan, yang saya inginkan kala weekend hanyalah mendekam di kasur sambil membaca sebuah novel yang mengharu biru dan membuat air mata berleleran (super lebay), atau menonton film-film Hallmark di You Tube dan berharap bisa menjelma menjadi cinderella, atau terbahak-bahak menonton serial The Big Bang Theory yang kocak. Sungguh, saat-saat seperti itu memasak berada pada list terbawah kegiatan yang akan saya lakukan dalam hidup, termasuk juga posting resep di blog. 😂


Resep Banana Apple Cinnamon Rolls
Resep Banana Apple Cinnamon Rolls


12 Desember 2017

Resep Brown Sugar Pound Cake


Resep Brown Sugar Pound Cake

Betapa cepatnya waktu  berlalu, dua hari weekend lewat begitu saja. Tahun pun sebentar lagi berganti, sisa tiga minggu di bulan ini saya yakin sekejap mata akan terlewati. Terkadang menyeramkan juga memperhatikan diri yang seakan berkejaran dengan waktu. Rutinitas yang itu dan itu saja memang membuat seakan-akan hari dilalui dengan hal yang sama. Pagi berangkat ke kantor dan sore hari kembali ke rumah. Seringkali kami, para karyawan di kantor, saling melemparkan joke, "Ngapain sih kita pulang ke rumah? Toh besok pagi sudah kembali lagi." Atau "Baru kemarin kita ketemu, eh sekarang ketemu lagi." 

Jika ditanya apakah rutinitas seperti itu terasa membosankan, maka terus terang jawaban saya adalah, "Yep, super membosankan." Tapi mau bagaimana lagi? Hidup harus dilalui, tanggung jawab perlu dipenuhi dan tagihan wajib dibayar setiap bulannya. Jika bisa memilih, siapa sih yang tidak ingin hidup nyaman, traveling keliling dunia tanpa perlu harus pusing tujuh keliling memikirkan digit di rekening setiap bulannya? Bagi saya, tentu saja itu hanya mimpi, saat ini yang bisa dilakukan hanyalah bekerja keras menumpuk koin untuk mewujudkan mimpi tersebut. 😅

Resep Brown Sugar Pound Cake
Resep Brown Sugar Pound Cake


07 Desember 2017

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur


Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Sekarang setiap pagi sebelum pukul setengah enam saya memiliki kegiatan baru yaitu berjalan pagi. Jika dulu hanya dilakukan di hari weekend, maka kini hampir setiap hari. Awalnya memang berat, pagi sebelum berangkat ke kantor adalah waktu yang sangat hectic terutama jika harus mempersiapkan bekal makan siang sekaligus. Tapi semua bisa teratasi dengan persiapan. Misalnya, bekal makan siang untuk beberapa hari sudah terpacking rapi didalam kulkas, dan pakaian yang akan dikenakan untuk esok hari sudah tergantung dibelakang pintu. Dengan bangun lebih pagi dari biasanya juga membantu saya tidak tergopoh-gopoh karena diburu oleh waktu. 

Beberapa minggu menjalankannya, hanya terkendala ketika hujan deras di pagi hari, saya merasa lebih fresh dan tubuh terasa enteng. Rasa malas yang biasanya mendera di pagi hari dan berangkat ke kantor dengan tubuh dan semangat lesu kini menghilang. Mungkin karena pemanasan yang dilakukan selama 1 jam berjalan pagi sangat membantu menaikkan mood dan membuat tubuh lebih aktif. Entahlah, yang jelas tujuan saya hanya satu yaitu beraktifitas dan menggerakkan tubuh lebih banyak. 

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur
Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

06 Desember 2017

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar


Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar

Resep simple bukan berarti tidak bisa memiliki cita rasa yang dahsyat, justru banyak sekali masakan dengan bumbu minimalis menghasilkan rasa yang maksimalis. Maksimalis menghabiskan nasi sebakul. Contohnya sambal tempe yang pernah saya posting disini, atau cumi-cumi asam garam a la Ibu saya yang resepnya bisa diklik pada link disini. Kedua masakan tersebut hingga kini tetap menjadi favorit dirumah terutama jika mood memasak sedang drop, nafsu makan sedang hilang atau ide memasak susah dikumpulkan. Nah ayam bawang dengan saus brown sugar yang saya posting kali ini sepertinya menambah resep minimalis dengan cita rasa lezat berikutnya. Prosesnya super mudah, namun rasa yang dihadirkan dari kolaborasi antara brown sugar, minuman soda, soy sauce dan air jeruk lemon mampu membuat takaran beras ditambahkan kala memasak nasi beberapa minggu yang lalu. Sungguh, jika sering-sering memasak model beginian maka diet rendah karbo benar-benar hanya wacana saja. 😂

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar


04 Desember 2017

Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu


Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu

Freezer di rumah selalu penuh sesak. Bukan karena berisi bahan makanan untuk stok setiap hari tetapi penuh dengan sisa bahan makanan, atau makanan hasil eksperimen, misal sepotong adonan kulit pie sisa membuat pie, atau setengah porsi adonan pizza. Terkadang, susah payah saya harus membongkar tumpukan aneka makanan terbungkus plastik tersebut demi menemukan sepotong dada ayam, ikan atau daging. Seringkali saya berpikir, banyak sisa bahan makanan tersebut akan dipergunakan kembali di lain kesempatan, namun kenyataannya mereka tetap diam bercokol disana berbulan-bulan lamanya. Jika sedang melakukan acara bersih-bersih kulkas (yang jarang saya lakukan!) maka sisa-sisa makanan tersebut akhirnya dimasukkan ke tempat sampah. Kebanyakan karena saya sendiri lupa bungkusan tersebut sebenarnya berisi makanan apa.

Minggu lalu, karena saya perlu memasukkan sebongkah roti tawar kismis hasil eksperimen menjajal Philips Bread Maker, saya justru menemukan 3 buah ubi jalar ungu kukus yang mendekam disana berbulan-bulan lamanya. Jika anda ingin mengawetkan ubi jalar maka cara terbaik adalah bukan dengan membiarkannya diam dalam kondisi mentah disuhu ruang didapur, melainkan dengan mengukusnya hingga matang dan membekukannya di freezer. Dalam kondis matang dan beku, ubi jalar sama sekali tidak mengalami perubahan kala dicairkan kembali untuk digunakan. Biasanya saya memasukkan ubi ke dalam microwave atau mengukusnya sebentar hingga empuk kembali.

Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu
Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...