28 Juni 2019

Resep Selat Solo


Resep Selat Solo JTT

Anda percaya dengan keberuntungan? Saya, tidak terlalu, karena keberuntungan jarang datang dalam hidup ini. Tapi menyaksikan pengumuman mega lotere di Eropa dimana seorang pria yang hanya pernah membeli dua tiket lotere seumur hidupnya, salah satu tiketnya berhasil memenangkan undian terbesar dalam sejarah berupa uang tunai lima ratus juta US dollar, angka yang fantastis yang membuat saya mempercayai keberuntungan itu ada, bagi orang lain. Ketika diwawancarai, si Bapak yang berusia sekitar lima puluh tahun ini begitu humble berkata, "Semua ini karena kehendak Yang Kuasa." Siapa yang tidak ngiler dengan uang sebesar itu bukan? 

Bicara tentang keberuntungan, saya jarang, bahkan hampir tidak pernah mendapatkannya. Jika saya memperoleh sesuatu, itu karena hasil kerja keras dan jerih payah sendiri, atau bantuan keluarga. Bukan dari hasil undian atau door prize. Bahkan pada saat acara-acara outing kantor dan acara lain dimana door prize dibagikan dengan luber, dan hampir setiap peserta pulang membawa rice cooker, setrika atau blender, maka saya pulang dengan tangan hampa. Hingga saya yakin, jika ada 99 buah hadiah door prize untuk 100 orang, maka satu orang yang tidak mendapatkan hadiah tersebut adalah saya. Namun walau sebegitu pesimisnya saya dengan namanya keberuntungan, tetap saja tidak pernah membuat saya pupus bermimpi suatu saat akan mendapatkan undian sebesar 500 juta US dollar! Gubrak!😅


Resep Selat Solo JTT
Resep Selat Solo JTT


27 Juni 2019

Resep Ayam Panggang Madu


Resep Ayam Panggang Madu

"Masyarakat Indonesia memang umumnya tidak suka membaca"! Entah sudah berapa kali topik ini saya ulas di blog, hingga kini pendapat tersebut tak pernah berganti. Tobat dah! Sejak saya aktif di Instagram, kini lebih banyak pencari resep beralih ke IG, hanya pembaca setia saja artinya mereka yang memang suka membaca akan tetap berkunjung ke blog. Para pencari resep ini umumnya akan langsung menuju ke slide gambar yang saya sajikan di IG, tak perduli dengan apa yang saya tuliskan di caption. Padahal caption terkadang sama pentingnya dengan gambar, karena disini saya sering memasukkan koreksi resep (yang tidak bisa dirubah di gambar), tips dan informasi seputar resep atau link menuju postingan lain yang berkaitan dengan resep. Selalu ada yang bertanya hal yang sudah dijelaskan di caption. Ini artinya, caption yang susah payah saya tuliskan tak sedikitpun dilirik. 

Contohnya kemarin, baru saja resep nasi goreng tom yum diposting dengan caption berisi link menuju cara membuat homemade saus tom yum (tom yum paste), langsung dua orang mengajukan pertanyaan, "Mbak, saus tom yumnya merk apa"? Bagaimana rambut saya yang lurus seperti ijuk ini tidak langsung berubah keriting? 😐 Dulu saya akan menjelaskan panjang lebar jika, "Sausnya homemade, bisa dicek resepnya di link bla bla bla", kini saya langsung menjawab, "Cek caption." Sebenarnya saya ingin menambahkan lima tanda seru dibelakang kalimat itu, tapi akhirnya hanya bisa menghela nafas gondok sendiri. 

Resep Ayam Panggang Madu JTT
Resep Ayam Panggang Madu JTT


26 Juni 2019

Resep Bruschetta Udang


Resep Bruschetta Udang JTT

Akhir-akhir ini saya tak pernah membuat roti lagi, bukan karena prosesnya tidak menyenangkan, justru kebalikannya. Membuat roti walau harus diuleni secara manual dan mengeluarkan tenaga tapi sebenarnya merupakan aktifitas yang membuat otak menjadi rileks. Gerakan menguleni yang monoton dan diulang berkali-kali mampu membuat pikiran saya terfokus hanya pada seonggok adonan di jemari tangan dan melupakan hal lain disekitar. Ada rasa happy didalam hati kala adonan yang tadinya kasar, lengket dan tak mau diatur berubah menjadi lembut, smooth, kenyal sekaligus lemas ditangan. Apalagi ketika roti keluar dari oven dengan aroma yang begitu menggoda, tampilannya yang seksi mampu membuat saya berjingkrak riang sendiri. Walau telah berkali-kali dibuat namun perasaan itu tak pernah hilang. 

Tak heran jika Julia Child berkata 'The art of bread making can become a consuming hobby, and no matter how often and how many kinds of bread one has made, there always seems to be something new to learn'.


Resep Bruschetta Udang JTT
Resep Bruschetta Udang JTT


24 Juni 2019

Resep Bolu Sarang Semut


Resep Bolu Sarang Semut JTT

Saya sepertinya harus berperang melawan tikus di pekarangan. Sekian lama dibiarkan, kini tampaknya tidak bisa seperti itu lagi. Kondisinya kian hari semakin mengkhawatirkan. Tikus-tikus bersarang dan membuat beberapa lubang dihalaman, kian hari saya perhatikan lubangnya semakin membesar, dan di malam hari suara cicitan tikus semakin menggebu-gebu. Dulu sebenarnya halaman depan rumah dipaving total. Tidak ada secuilpun tanah terbuka yang terlihat, tapi gara-gara ingin menambah jumlah lahan resapan air hujan, semua paving itu saya lepas. Akibatnya tikus membuat lubangnya yang pertama diujung pekarangan, dan beberapa bulan kemudian membuat lagi sebuah lubang kedua di tengah halaman. Minggu ini saya menemukan lubang ketiga! 

Aneka tanaman yang bisa dimakan akan habis disikat, mulai dari tanaman cabai hingga tanaman hias seperti anggrek pun diembat. Saya bahkan berhenti berkebun cabai dan tomat karena ngeri membayangkan semua semaian bibit habis dihajar. Beberapa waktu belakangan ini saya memperhatikan tikus mulai merambah ke teras, jika dulunya mereka hanya berputar disekitar halaman, kini mulai naik ke lantai. Beberapa barang yang bergulingan dan kotoran tikus yang saya temukan di pintu depan membuat saya yakin, teras rumah telah berubah menjadi area bermain. Puncaknya ketika sedang menyiram tanaman kala weekend kemarin jam sebelas siang, dua ekor tikus got gendut berlarian dihalaman rumah membuat saya menjerit-jerit sendiri. Mereka bahkan sekarang berani muncul disiang hari, kala saya sedang eksis dihalaman. Tobat!

Resep Bolu Sarang Semut JTT
Resep Bolu Sarang Semut JTT


21 Juni 2019

Resep Karipap - Pastel Isi Kari


Resep Karipap - Pastel Isi Kari JTT

Ketika acara jalan-jalan kantor ke Thailand, dua tahun yang lalu, salah satu destinasi wisata yang diwajibkan oleh pemerintah Thailand untuk dikunjungi adalah Gems Gallery. Supermarket dan galeri batu mulia ini terletak di Pattaya. Sebenarnya saya sama sekali tidak berkeinginan membeli produk apapun yang mereka jual, yaitu perhiasan berupa batu mulia.  Namun sebagaimana kaum cewek lainnya yang tertarik dengan segala sesuatu yang 'blink-blink', dari hanya sekedar melihat, mencoba, hingga akhirnya kesengsem dengan seperangkat perhiasan dari batu rubi. Rubi adalah batu mulia yang menjadi andalan negara Thailand selain safir. Walau sebenarnya banyak batu mulia dijual di negara kita, namun Gems Gallery pilihannya begitu banyak dengan aneka model cantik mulai dari cincin, anting-anting, gelang, liontin, dan masih banyak lagi. Setiap pembelian batu mulia dilengkapi dengan sertifikat keasliannya dan harganya juga lumayan terjangkau. Saya membeli seperangkat perhiasan berupa cincin, liontin dan giwang bermata rubi, walau peridot yang berwarna hijau sebenarnya adalah batu mulia yang sesuai dengan zodiak saya. 


Resep Karipap - Pastel Isi Kari JTT
Resep Karipap - Pastel Isi Kari JTT


18 Juni 2019

Resep Tumis Daging Sapi Brokoli


Resep Tumis Daging Sapi Brokoli JTT

Fotografi adalah hobi yang menghabiskan uang. Itu adalah pendapat saya sejauh ini jika ditanya mengenai hobi yang satu ini. Well, bisa saja sebenarnya tetap berkutat dengan kamera dan peralatan apa adanya, tapi hasilnya kurang memuaskan. Dulu bermodal sebuah kamera DSLR bagus, cukup bagi saya untuk membuat foto-foto hasil masakan yang lumayan menarik dilihat mata, tapi kini sepertinya tidak. Cahaya adalah kunci utama sebuah foto yang baik, saya mengandalkan pada matahari sebagai sumbernya. Cahaya matahari terbaik untuk food photography berkisar pada pukul 11 pagi hingga 2 siang, kurang dari itu hasil foto terlihat kebiruan dan pucat, lebih dari itu hasilnya akan kuning dan kemerahan. Karena setiap hari harus bekerja di kantor, maka proses memasak saya lakukan pada hari weekend, itupun masakan harus kelar pada waktu matahari masih bersinar mantap. Saya harus berpontang-panting menyelesaikannya dalam waktu pendek, demi mendapatkan cahaya terbaik. Ketika membuat buku memasak, cara ini terasa melelehkan. Saya pernah harus memasak 10 resep sehari selama 3 hari. Setelahnya, badan menjadi panas dingin dan nafas bengek. Untuk saat ini buku memasak terpaksa berhenti dibuat karena tak sanggup mengulangi hal yang sama 😄


Resep Tumis Daging Sapi Brokoli JTT
Resep Tumis Daging Sapi Brokoli JTT


17 Juni 2019

Resep Ayam Sisit Kemangi


Resep Ayam Sisit Kemangi JTT

Libur Lebaran yang panjang ternyata tidak mengurangi dahaga saya akan hasrat berlibur yang memang telah menggebu-gebu sejak beberapa bulan terakhir ini. Rasa jenuh akan aktifitas rutin sehari-hari yang itu dan itu lagi membuat dada saya seakan hendak meledak dilanda rasa bosan. Ada keinginan untuk merasa bebas, free melakukan apapun yang saya suka, mengeksplorasi belahan dunia lain atau daerah lain yang bukan hanya sekedar kantor, rumah dan mall di sekitar, atau bertualang melupakan, meninggalkan semua ini. Sungguh, saya mulai muak dengan gaya hidup saat ini. Walau saya cukup handal bekerja di belakang meja alias pekerjaan kantoran, namun bukan ini sebenarnya jiwa saya.

Sejujurnya, saya tidak terlalu suka pekerjaan yang mengikuti rules dan aturan tertentu. Tidak suka juga diatur dan harus tunduk pada perintah orang lain alias boss. Jiwa saya selalu ingin terbang bebas, sebebas burung-burung camar yang melayang-layang ditepian pantai, melanglang buana melihat tepian pantai lainnya. Terkadang rasa bosan itu membuat saya berkeliaran sendiri seperti orang gila di mall, hanya melihat-lihat barang yang dijajakan, atau seringkali duduk disalah satu kafe, asyik dengan khayalan dan dunia sendiri. Banyak teman yang bisa dikontak untuk diajak kongkow, tapi terkadang saya suka dengan kesendirian ini karena teman seringkali tak mengerti dengan jalan pikiran yang kacau di kepala saya.

Resep Ayam Sisit Kemangi JTT
Resep Ayam Sisit Kemangi JTT


15 Juni 2019

Resep Pho Bo (Pho Daging Sapi)


Resep Pho Bo (Pho Daging Sapi) JTT

Saya suka dengan hidangan berkuah dari Vietnam bernama pho bo ini sejak mencicipinya pertama kali sekitar sembilan tahun yang lalu. Kala itu seorang rekan mengajak bersantap malam di sebuah resto pho di daerah Pondok Indah. Jujur, walau banyak resto pho bertebaran di Jakarta karena hidangan ini cukup populer di Indonesia, namun saya belum pernah tertarik untuk mencobanya. Satu resto pho yang membuka banyak cabang di Jakarta dan beberapa kota besar lain di negara kita adalah Pho 24, dan menurut saya masih masuk dlaam list resto pho dengan kuah yang lezat. Sayangnya saat ini saya merasa dedaunan rempah yang diberikan sebagai condiment sangat sedikit dibandingkan dulu.

Minggu lalu saya diajak Sintya, teman baik sekian tahun lamanya dan teman kongkow kala keinginan bersosialisasi dengan manusia lain muncul, mengajak saya mencicipi pho Madame Mai di Lotte Avenue. Walau beberapa kali sering melongok ke resto ini kala berkeliling di food court mall tersebut namun baru minggu lalu saya duduk didalam resto dan mencicipi semangkuk pho bo-nya. Walau bisa dibilang rasanya sedap, namun menurut saya kuah pho di Madame Mai tidak segurih Pho 24, tapi di resto ini kita bisa mengambil sebanyak-banyaknya aneka daun rempah disini. Bagi manusia pemakan dedaunan maniak seperti saya, fasilitas yang diberikan tentu saja disambut gembira. 😄

Resep Pho Bo (Pho Daging Sapi) JTT
Daun Ketumbar
Resep Pho Bo (Pho Daging Sapi) JTT
Daun Mint


12 Juni 2019

Resep Jangan Lombok


Resep Jangan Lombok JTT

Tempe dan tahu, dua protein lauk yang menjadi staple food di Jawa sejak jaman baheula dan kini bahkan semakin ngetrend sejak veganisme bergaung dimana-mana. Dulu ketika masih tinggal di Tanjung Pinang, seingat saya kedua lauk ini tak pernah muncul di meja makan. Ibu saya tidak pernah menyajikannya. Melimpahnya hasil laut seperti ikan dan seafood lainnya dengan harga yang sangat terjangkau membuat dua olahan kedelai ini tak pernah masuk kedalam list menu sehari-hari. Tapi setelah kami pindah ke Paron, Jawa Timur, maka tempe dan tahu seakan tak pernah absen. Harganya yang murah sebenarnya menjadi alasan utama mengapa kedua lauk ini menjadi pilihan utama ibu rumah tangga yang ingin tetap bisa menghadirkan makanan sehat dengan rasa lezat. Selain itu, makanan ini juga sangat fleksibel diolah menjadi beragam jenis masakan.

Walau kini tempe dan tahu perannya bergeser bukan sebagai lauk utama lagi melainkan hanya sebagai snack atau side dish, tapi dulu kedua makanan ini adalah lauk utama di rumah kami. Nenek saya, Mbah Wedhok, setiap hari akan menyediakan tempe atau tahu goreng, sayur asem atau sayur sop dan secobek sambal terasi atau sambal tomat. Sesekali makanan ini akan terasa luar biasa sedap, bahkan hingga kini masih sering saya cari, tapi tidak jika disantap setiap hari. Membuka tudung saji dan bertemu tempe goreng adalah pengalaman yang sama sekali tidak mengesankan. Kecuali jika saat itu perut benar-benar didera rasa lapar yang luar biasa. 😂


Resep Jangan Lombok JTT
Resep Jangan Lombok JTT


11 Juni 2019

Resep Homemade Selai Kacang (Peanut Butter) dan Bocah Tantrum


Resep Homemade Selai Kacang (Peanut Butter)

Pengalaman saya berurusan dengan anak kecil alias balita tidaklah terlalu banyak, walau dulu ketika kedua adik lelaki saya, Tedy dan Dimas masih kecil, saya sering mengasuh mereka berdua. Jarak usia Tedy dan Dimas memang cukup jauh dengan kami, ketiga kakak perempuan, ketika Dimas masih bayi saya bahkan masih duduk di bangku kuliah. Tapi tentu saja mengasuh sesekali dengan rasa tanggung jawab yang tidak besar berbeda rasanya jika kita benar-benar menjadi orang tua. Walau saya terbilang suka dengan anak kecil, namun rasa suka itu muncul ketika si bocah sangat lucu, menggemaskan dan suka mengoceh. Tapi bagaimana jika bocah tersebut sedang mengamuk hebat? Hm, nanti dulu.

Tingkat rasa sabar saya memang agak tipis ketika menghadapi bocah yang sedang tantrum. Lebih tepatnya tingkat rasa sabar saya sebenarnya tipis untuk semua hal, namun menghadapi makhluk mungil yang tidak bisa diajak berbicara, tidak mau mendengar, meraung keras dan berguling-guling di lantai benar-benar menguji iman. 😄

Resep Homemade Selai Kacang (Peanut Butter)
Resep Homemade Selai Kacang (Peanut Butter)


10 Juni 2019

Resep Rujak Kweni & Jalan-Jalan ke Ancol


Resep Rujak Kweni JTT

Sebelum 'ngoceh' kemana-mana, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin ya. Libur panjang Lebaran tahun ini saya dan sekeluarga stay di Jakarta saja, bukan di rumah masing-masing, melainkan di sebuah hotel di Ancol. Yep Ancol! Tapi sepertinya itu strategi menghabiskan libur panjang yang salah, karena hampir semua orang Jakarta yang  tidak mudik ke kampung halaman  juga memiliki pemikiran yang sama!  Ancol kala libur panjang benar-benar bukan tempat yang bisa dinikmati, walau sebenarnya memang bukan destinasi wisata yang saya suka juga. Udara super panas, kondisi lingkungan yang semrawut dan kumuh, obyek wisaya yang tidak keren-keren amat, jadul dan butuh dirombak total, adalah pendapat utama saya kala menginjakkan kaki disana. Selama ini jika berkunjung di Ancol maka hanya restoran Bandar Djakarta saja yang menjadi terget utama, namun menghabiskan empat hari libur  membuat kami terpaksa menjelajah setiap sudutnya. 

Resep Rujak Kweni JTT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...