27 Desember 2017

Resep Creamy Zuppa Soup


Resep Creamy Zuppa Soup

Kejadian sehari-hari dikantor penuh dengan aneka cerita, entah itu suka, duka, atau super menggelikan yang jika teringat akan membuat saya tersenyum-senyum sendiri. Terkadang terpikir untuk merangkum kejadian unik tersebut dalam sebuah cerita. Kantor tempat saya bekerja termasuk perusahaan yang kecil, total jumlah karyawan tidak lebih dari 50 orang. Kebanyakan dari kami sudah bekerja lebih dari lima tahun lamanya, saya sendiri telah bekerja selama 10 tahun disini, sementara ada beberapa rekan lainnya yang bahkan telah bekerja sejak awal perusahaan didirikan. Karyawan lama memiliki loyalitas yang sangat tinggi dan tidak terlalu banyak menuntut, sementara karyawan baru umumnya akan keluar masuk secepat angin berlalu.

Lingkungan kerja yang friendly, boss yang tidak bossy, aturan yang sedikit longgar, serta jumlah karyawan yang tidak banyak membuat kami merasa seperti saudara. Setiap hari sepertinya selalu ada kejadian lucu, unik, atau menyesakkan dada yang membuat aktifitas sehari-hari dikantor memiliki riak-riak kecil. Suasana kerja menjadi tidak terlalu monoton dan membosankan. 

Resep Creamy Zuppa Soup
Resep Creamy Zuppa Soup


20 Desember 2017

Resep Custard Caramel Pudding


Resep Custard Caramel Pudding

Puding custard yang creamy dan sedap ini selalu mengingatkan saya akan Jepang. Ketika traveling kesana beberapa tahun yang lalu, hampir semua Yen saya habiskan di minimarket Swanson. Swanson di Jepang jauh berbeda dengan saudaranya di Indonesia, disini minimarket tersebut tak jauh berbeda dengan kompetitornya yang lain, kurang menarik bahkan cenderung sepi. Tapi di Jepang, aneka makanan dan minuman sedap bisa ditemukan di Swanson. Favorit saya adalah onigiri dengan smoked salmon dan custard caramel pudding. Minimarket tersebut juga selalu ramai terutama ketika pagi dan sore hari saat karyawan kantor cepat-cepat meraih makanan siap saji hangat dan latte panas kala akan berangkat ke kantor, serta sore hari ketika pulang kantor dan perlu mengganjal perut dengan makanan yang tidak terlalu mengenyangkan. 

Asyiknya di Swanson, mereka menyediakan beberapa buah microwave yang berjajar di dekat pintu. Jadi saya dan kakak saya, Wulan, cukup membeli nasi dan memanaskannya disana. Ellan, keponakan saya bahkan mendapatkan ransum hariannya berupa telur rebus dan nasi putih dari Swanson.  Seperti yang pernah saya ceritakan pada link disini, ketika kami ke Jepang, saya membawa banyak rendang, abon ikan dan sambal goreng kentang. Lauk tersebut cukup menghemat Yen selama lebih dari seminggu di Jepang. 😁


Resep Custard Caramel Pudding
Resep Custard Caramel Pudding


18 Desember 2017

Resep Banana Apple Cinnamon Rolls


Resep Banana Apple Cinnamon Rolls

Beberapa waktu yang lalu sesama rekan Blogger mengirim direct message di Instagram, "Mbak Endang, kok selalu semangat terus sih posting resep? Setiap hari selalu ada resep baru. Saya kok malas ya akhir-akhir ini, nggak ada mood mencoba resep baru dan posting di blog." Jawaban saya simple, "Karena saya sedang semangat," jika sedang kehilangan mood seperti akhir-akhir ini maka kondisinya bisa sangat ekstrim. Boro-boro mencoba resep baru, melakukan kegiatan apapun juga ogah dilakukan, yang saya inginkan kala weekend hanyalah mendekam di kasur sambil membaca sebuah novel yang mengharu biru dan membuat air mata berleleran (super lebay), atau menonton film-film Hallmark di You Tube dan berharap bisa menjelma menjadi cinderella, atau terbahak-bahak menonton serial The Big Bang Theory yang kocak. Sungguh, saat-saat seperti itu memasak berada pada list terbawah kegiatan yang akan saya lakukan dalam hidup, termasuk juga posting resep di blog. 😂


Resep Banana Apple Cinnamon Rolls
Resep Banana Apple Cinnamon Rolls


12 Desember 2017

Resep Brown Sugar Pound Cake


Resep Brown Sugar Pound Cake

Betapa cepatnya waktu  berlalu, dua hari weekend lewat begitu saja. Tahun pun sebentar lagi berganti, sisa tiga minggu di bulan ini saya yakin sekejap mata akan terlewati. Terkadang menyeramkan juga memperhatikan diri yang seakan berkejaran dengan waktu. Rutinitas yang itu dan itu saja memang membuat seakan-akan hari dilalui dengan hal yang sama. Pagi berangkat ke kantor dan sore hari kembali ke rumah. Seringkali kami, para karyawan di kantor, saling melemparkan joke, "Ngapain sih kita pulang ke rumah? Toh besok pagi sudah kembali lagi." Atau "Baru kemarin kita ketemu, eh sekarang ketemu lagi." 

Jika ditanya apakah rutinitas seperti itu terasa membosankan, maka terus terang jawaban saya adalah, "Yep, super membosankan." Tapi mau bagaimana lagi? Hidup harus dilalui, tanggung jawab perlu dipenuhi dan tagihan wajib dibayar setiap bulannya. Jika bisa memilih, siapa sih yang tidak ingin hidup nyaman, traveling keliling dunia tanpa perlu harus pusing tujuh keliling memikirkan digit di rekening setiap bulannya? Bagi saya, tentu saja itu hanya mimpi, saat ini yang bisa dilakukan hanyalah bekerja keras menumpuk koin untuk mewujudkan mimpi tersebut. 😅

Resep Brown Sugar Pound Cake
Resep Brown Sugar Pound Cake


07 Desember 2017

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur


Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Sekarang setiap pagi sebelum pukul setengah enam saya memiliki kegiatan baru yaitu berjalan pagi. Jika dulu hanya dilakukan di hari weekend, maka kini hampir setiap hari. Awalnya memang berat, pagi sebelum berangkat ke kantor adalah waktu yang sangat hectic terutama jika harus mempersiapkan bekal makan siang sekaligus. Tapi semua bisa teratasi dengan persiapan. Misalnya, bekal makan siang untuk beberapa hari sudah terpacking rapi didalam kulkas, dan pakaian yang akan dikenakan untuk esok hari sudah tergantung dibelakang pintu. Dengan bangun lebih pagi dari biasanya juga membantu saya tidak tergopoh-gopoh karena diburu oleh waktu. 

Beberapa minggu menjalankannya, hanya terkendala ketika hujan deras di pagi hari, saya merasa lebih fresh dan tubuh terasa enteng. Rasa malas yang biasanya mendera di pagi hari dan berangkat ke kantor dengan tubuh dan semangat lesu kini menghilang. Mungkin karena pemanasan yang dilakukan selama 1 jam berjalan pagi sangat membantu menaikkan mood dan membuat tubuh lebih aktif. Entahlah, yang jelas tujuan saya hanya satu yaitu beraktifitas dan menggerakkan tubuh lebih banyak. 

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur
Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

06 Desember 2017

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar


Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar

Resep simple bukan berarti tidak bisa memiliki cita rasa yang dahsyat, justru banyak sekali masakan dengan bumbu minimalis menghasilkan rasa yang maksimalis. Maksimalis menghabiskan nasi sebakul. Contohnya sambal tempe yang pernah saya posting disini, atau cumi-cumi asam garam a la Ibu saya yang resepnya bisa diklik pada link disini. Kedua masakan tersebut hingga kini tetap menjadi favorit dirumah terutama jika mood memasak sedang drop, nafsu makan sedang hilang atau ide memasak susah dikumpulkan. Nah ayam bawang dengan saus brown sugar yang saya posting kali ini sepertinya menambah resep minimalis dengan cita rasa lezat berikutnya. Prosesnya super mudah, namun rasa yang dihadirkan dari kolaborasi antara brown sugar, minuman soda, soy sauce dan air jeruk lemon mampu membuat takaran beras ditambahkan kala memasak nasi beberapa minggu yang lalu. Sungguh, jika sering-sering memasak model beginian maka diet rendah karbo benar-benar hanya wacana saja. 😂

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar


04 Desember 2017

Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu


Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu

Freezer di rumah selalu penuh sesak. Bukan karena berisi bahan makanan untuk stok setiap hari tetapi penuh dengan sisa bahan makanan, atau makanan hasil eksperimen, misal sepotong adonan kulit pie sisa membuat pie, atau setengah porsi adonan pizza. Terkadang, susah payah saya harus membongkar tumpukan aneka makanan terbungkus plastik tersebut demi menemukan sepotong dada ayam, ikan atau daging. Seringkali saya berpikir, banyak sisa bahan makanan tersebut akan dipergunakan kembali di lain kesempatan, namun kenyataannya mereka tetap diam bercokol disana berbulan-bulan lamanya. Jika sedang melakukan acara bersih-bersih kulkas (yang jarang saya lakukan!) maka sisa-sisa makanan tersebut akhirnya dimasukkan ke tempat sampah. Kebanyakan karena saya sendiri lupa bungkusan tersebut sebenarnya berisi makanan apa.

Minggu lalu, karena saya perlu memasukkan sebongkah roti tawar kismis hasil eksperimen menjajal Philips Bread Maker, saya justru menemukan 3 buah ubi jalar ungu kukus yang mendekam disana berbulan-bulan lamanya. Jika anda ingin mengawetkan ubi jalar maka cara terbaik adalah bukan dengan membiarkannya diam dalam kondisi mentah disuhu ruang didapur, melainkan dengan mengukusnya hingga matang dan membekukannya di freezer. Dalam kondis matang dan beku, ubi jalar sama sekali tidak mengalami perubahan kala dicairkan kembali untuk digunakan. Biasanya saya memasukkan ubi ke dalam microwave atau mengukusnya sebentar hingga empuk kembali.

Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu
Resep Roti Manis Ubi Jalar Ungu


29 November 2017

Resep Apple Strudel


Resep Apple Strudel

Menjelang akhir tahun ini saya merasa buah-buahan sedang melimpah di Jakarta, entah kalau di daerah lainnya. Tetapi di berbagai supermarket disekitar kantor sering sekali dilakukan promo buah dengan harga jauh lebih murah dibandingkan biasanya. Bahkan jenis buah yang jarang muncul seperti kiwi dan delima merah sebesar kepala bayi juga dibandrol dengan harga terjangkau kantung. Buah lainnya seperti mangga, pir, anggur, apel, buah naga hampir setiap hari harganya miring terus. Kalau sudah seperti ini saya pun menjadi bergelimang segar dan manisnya buah. Saat jam istirahat makan siang tiba, saya pasti bisa ditemukan sedang berkeliaran di supermarket mengecek harga. 

Nah beberapa minggu yang lalu saya beruntung mendapatkan apel Fuji dengan harga sale. Bukan apel dengan tampilan terbaik karena ukurannya yang kecil-kecil dan kurang kinclong kulitnya. Sepertinya apel hasil screening, setelah yang terbaik disisihkan. Bukan masalah besar, yang penting masih berupa apel, kondisinya baik, dan terlihat cukup segar. Jadi dua buang kantung plastik besar pun saya penuhi dengan buah tersebut, walau kemudian rasa sesal timbul kala harus ngos-ngosan membawanya pulang kerumah. 😄

Resep Apple Strudel


27 November 2017

Resep Cinnamon Raisin Bread feat PHILIPS Bread Maker (Plus Tips Menggunakan Bread Maker)


Cinnamon Raisin Bread dengan Bread Maker JTT

Minggu lalu saya mendapatkan project untuk menjajal dua produk baru Philips yaitu bread maker dan masticating juicer-nya. Kedua alat ini sudah dipasarkan di department store di Indonesia seperti Metro, Sogo, Seibu dan Debenhams. Nah product launchingnya sendiri diadakan mulai pada tanggal 27 November 2017 pada Pameran New Product Philips di Mall Central Park, Jakarta Barat selama 1 minggu. Untuk rekan-rekan yang ingin mendapatkan harga promo selama pameran bisa langsung menuju kesana ya. Bagi yang ingin tahu kisaran harganya, saya tadi baru saja iseng mengecek di beberapa toko online, harganya berkisar antara Rp. 1,7 hingga 2 jutaan. Sepertinya tidak terlalu jauh berbeda dengan bread maker bermerk lainnya. 

Kedua barang tiba dikantor pada hari Jumat. Dua kardus yang berukuran cukup lumayan besar. Untungnya pulang kantor saya selalu 'nebeng' mobil rekan kantor saya, Mbak Fina, jadi saya tidak perlu mengeluarkan ongkos taksi untuk membawanya pulang. Baik Philips Bread Maker maupun Masticating Juicernya telah saya posting di Instagram, dan komentar panjang bermunculan. Well, bagi yang mengira saya mendapatkan kedua alat ini maka anggapan itu salah ya. Saya hanya diberi kesempatan untuk mencobanya selama 1 minggu saja, dan menampilkan hasil produknya di Instagram. Walau bread maker dan masticating juicer adalah dua peralatan perang dapur idaman yang ingin satu saat saya miliki, saat ini saya cukup bersyukur diberi kesempatan untuk mencobanya sebelum memutuskan membeli. 😄


Cinnamon Raisin Bread dengan Bread Maker JTT


24 November 2017

Resep Mi Tim Ayam Jamur feat Mi Burung DARA


Resep Mi Tim Ayam Jamur JTT

Seru juga menjajal resep yang satu ini. Mi tim ayam jamur sering muncul didaftar menu restoran dan cukup populer, namun seumur-umur saya belum pernah mencoba membuatnya sendiri. Melanjutkan project mengenyangkan saya bersama Mi Burung DARA, setelah sukses membuat arem-arem mi isi sambal goreng hati dari Mi Burung DARA Original, kali ini saya menjajal Mi Urai Pipihnya. Saya pernah mengeksekusi versi nasinya, nasi tim ayam, cukup mantap rasanya, link resep bisa diklik disini. Baik menggunakan nasi atau mie kedua jenis makanan ini sebenarnya sama dalam proses pembuatannya. 

Bagi anda yang bosan dengan nasi atau resep mi yang itu dan itu saja, maka mi tim ayam jamur ini sangat layak dicoba weekend ini. Rasanya sedap, perpaduan mi kenyal lembut dan tumisan ayam jamur diatasnya yang gurih dan kaya bumbu menjadikan makanan ini super nendang. Terutama jika menggunakan Mi Urai Pipih seperti resep kali ini. Sejak menggunakan Mi Burung DARA di arem-arem mi yang pernah saya posting sebelumnya, link resep bisa diklik disini, sepertinya saya ogah pindah ke lain hati untuk menjajal mi lainnya. 😃


Resep Mi Tim Ayam Jamur JTT


23 November 2017

Resep Cumi-Cumi Masak Hitam


Resep Cumi-Cumi Masak Hitam

Entah sudah berapa banyak resep sejenis saya posting di blog, tetapi setiap kali melihat seseorang share foto tumis cumi masak hitam di medsos maka air liur saya kontan menetes dan keinginan untuk menyantap masakan ini pun menggebu-gebu. Seperti itulah yang terjadi ketika dua minggu lalu saya mendapatkan kiriman foto cumi masak hitam dari Mba Tri (salah seorang pembaca JTT) di Instagram. Kebetulan saya memiliki sebongkah cumi-cumi beku di freezer sejak sebulan yang lalu, jadi tidak ada alasan menunda untuk mengolahnya menjadi cumi-cumi masak hitam yang sangat mudah dibuat. Sayangnya ternyata cumi-cumi yang telah dibekukan kurang memberikan warna hitam seperti yang saya inginkan. Entah karena proses pembekuan membuat tinta berkurang warnanya atau karena memang cumi-cumi yang saya pakai kurang banyak memiliki tinta di kantungnya. Apapun alasannya, walau kurang gelap namun tumisan ini tetap sedap rasanya.

Resep Cumi-Cumi Masak Hitam
Resep Cumi-Cumi Masak Hitam


22 November 2017

Resep Arem-Arem Mi Isi Sambal Goreng Hati-Ampela feat Mi Burung DARA



Teman saya, Mbak Fifi, beberapa waktu yang lalu membawa arem-arem ke kantor, dia membelinya dari tetangga di sebelah rumah yang setiap pagi berjualan aneka snack dan menu sarapan pagi. Jika biasanya arem-arem terbuat dari nasi, maka arem-arem yang dibawa rekan saya ini terbuat dari mi. Walau terasa kurang kenyang karena hanya menyantap satu buah saja, namun makanan ini menjadi selingan dan ide baru yang menyenangkan. Well sebenarnya arem-arem mi bukanlah camilan yang baru, saya sudah lama mendengar tentangnya, hanya saja baru mencicipinya setelah Mbak Fifi membawanya ke kantor. Rasanya cukup lezat, terbuat dari mi dan bumbu serta sedikit sayuran berupa cincangan wortel dan daun bawang. Tanpa isi sama sekali, jadi sebenarnya mirip-mirip seperti mi goreng yang dibungkus daun pisang dan dikukus. Sejak mencicipi makanan itu, saya pun terobsesi membuatnya sendiri. 

Arem-arem mi dalam bayangan saya tidaklah sama seperti yang dibawa Fifi. Saya ingin tekstur mi-nya padat, mirip seperti arem-arem nasi umumnya. Plus tentunya harus diberi isi, karena bukan arem-arem namanya jika tidak ada isi ditengahnya bukan? Jadi weekend lalu saya pun mengutak-atik resep arem-arem mi versi saya sendiri, kali ini dengan sambal goreng hati-ampela ayam sebagai isi tengahnya. Rasanya super duper mantap, apalagi karena saya menggunakan Mi Burung Dara Original yang kenyal dan sedap diolah menjadi aneka makanan. Yuk lanjut!

Resep Arem-Arem Mi Isi Sambal Goreng Hati-Ampela

21 November 2017

Resep Brown Sugar Custard Pie dengan Biscuit Crust


Resep Brown Sugar Custard Pie dengan Biscuit Crust

Sebenarnya memanfaatkan brown sugar dalam aneka resep bukanlah pekerjaan susah. Walau berbeda dengan gula umumnya namun produk ini toh masih tetaplah gula, bersifat sebagai pemanis di aneka makanan. Tapi ketika setiap minggu harus menyetorkan kreasi resep dari brown sugar ke Ricoman Brown Sugar, kepala saya cukup dibuat pening juga. Apalagi jika ternyata hasil kutak-katik yang dilakukan berakhir gagal. Mulai dari cinnamon rolls yang mengembang fantastis dan kemudian kempes di luar oven gara-gara saya memberikan pengembang terlalu banyak, hingga cookies yang berakhir bantat. Belum lagi saat makanan hendak difoto matahari sudah tenggelam di ufuk barat, atau mendung tebal tiba-tiba menggelayuti Jakarta. Makanan dengan tampilan cantik pun berubah menjadi buram.

Masih melanjutkan project saya bersama Ricoman sebelumnya, saya diminta untuk menyerahkan beberapa resep yang menggunakan brown sugar didalamnya. Betapa leganya, Senin kemarin akhirnya project sesi pertama pun usai. Tak diduga, Pak Jimmy memberikan saya project sesi kedua! Masih sama seperti sebelumnya, harus menyerahkan 4 buah resep makanan dan aneka tips baking selama 1 bulan. Rejeki yang mengalir tentu saja membuat saya mengucap syukur alhamdullilah, tapi mengapa tiba-tiba pelipis kiri mulai terasa 'nyut-nyutan' kala memikirkan resep apa yang harus dibuat berikutnya ya? 😂

Resep Brown Sugar Custard Pie dengan Biscuit Crust
Resep Brown Sugar Custard Pie dengan Biscuit Crust


17 November 2017

Resep Upside Down Banana Bread


Resep Upside Down Banana Bread

Rumah kami di Paron akhirnya masuk ke dalam bursa penjualan sejak beberapa bulan terakhir ini. Spanduk besar dipasang di pagar berharap bisa menarik pembeli yang berminat. Toko peralatan motor plus bengkel yang menempel didepan rumah dan sudah beroperasi sejak saya duduk di bangku SMP itu akhirnya ditutup. Semua onderdil dijual termasuk sisa barang-barang toko didalamnya. Ibu saya bahkan sudah melakukan sale besar-besaran isi rumah seperti lemari pakaian, sofa, buffet dan tempat tidur jati berukir yang tobat besarnya dan memiliki ukuran tidak standar. Kami memiliki 3 buah tempat tidur dari jati yang dibuat oleh seorang tukang mebel di Paron atas pesanan alm. Bapak. Waktu itu jati bukanlah jenis kayu langka yang memerlukan sertifikasi dan perijinan jika hendak memilikinya. Jadi Bapak membuat tiga buah tempat tidur dengan ukiran super rumit dan heboh di bagian headboard dan kakinya.

Walau tempat tidur kayu berukir bukanlah favorit saya, tapi harus diakui mereka cantik, bagus, kekar, kokoh dan bahkan bisa digunakan hingga 5 generasi. Masalah terbesar adalah tempat tidur tersebut memiliki ukuran tidak standar. Tidak ada satupun spring bed yang bisa pas masuk kedalamnya! Anda pernah menemukan bed berukuran 250 cm x 200 cm? Nah itulah ukuran tempat tidur yang ada di rumah Paron. 😄


Resep Upside Down Banana Bread


15 November 2017

Resep Oatmeal Raisin Cookies


Resep Oatmeal Raisin Cookies

Lama tidak membuat kue kering oatmeal dengan kismis, minggu lalu stoples kosong di rumah akhirnya terisi kembali dengan kue-kue tersebut. Kebetulan semua bahan tersedia, sebungkus oatmeal instan yang telah lama tergeletak di meja dapur akhirnya bisa dimanfaatkan. Terus terang saya mulai bosan mengisi sarapan pagi dengan bubur oat, walau sebenarnya mengudap cookies manis juga bukan aktifitas yang menyehatkan, jadi untuk resep ini saya menambahkan banyak oat dan kismis. Teksturnya agak chewy di dalam, sedikit crispy dipermukaannya namun rasanya sungguh lezat. Hampir mirip dengan oat cookies-nya Quaker, namun yang ini saya jamin lebih enak rasanya. 

Saya cukup surprised kala menemukan cookies justru terasa lebih sedap ketika telah berada didalam stoples disuhu ruang selama 1 minggu lamanya. Kondisinya tidak bisa dikatakan melempem, tidak juga crispy dan garing sebagaimana kue kering umumya. Tapi tekstur seperti inilah yang paling saya suka. Selain itu kolaborasi antara oat yang memiliki rasa khas dan kismis terasa sangat pas. Akibatnya sepulang kantor, dua atau tiga kue lantas saya comot dan menjadi pengganjal perut di malam hari. Tobat!

Resep Oatmeal Raisin Cookies
Resep Oatmeal Raisin Cookies


14 November 2017

Resep Slow Cooker Apple Butter


Resep Slow Cooker Apple Butter

Sudah lama sebenarnya saya hendak mengeksekusi resep ini, mungkin bertahun-tahun yang lampau sejak menemukan makanan bernama apple butter. Berbeda dengan sepupunya applesauce, maka apple butter lebih smooth, gelap, shiny, kental, dan creamy. Tekstur ini dihasilkan dari proses memasak yang lama. Rencana tersebut terkendala semata-mata karena saya malas harus memutar otak menghabiskan apple butter yang dibuat, plus harga apel yang selalu mahal. Nah kebetulan minggu lalu supermarket disebelah kantor sedang menjual apel Fuji dengan harga murah, sekilo apel yang biasanya dibandrol harga tiga puluh ribuan kini hanya seharga tujuh belas ribu rupiah saja. Saya pun membeli berkilo-kilo apel hingga kulkas terlihat sesak dan susah dimasukkan makanan lainnya. Berhari-hari apel menjadi makanan selingan hingga rasa bosan mulai mendera. 

Tak kuasa menghabiskan apel berikutnya, saat weekend kemarin  akhirnya saya lantas membuatnya menjadi apple butter. Banyak resep bertebaran di internet dan cara termudah membuatnya adalah dengan menggunakan slow cooker. Semangat saya pun membumbung tinggi melihat prosesnya yang super mudah, dan dalam rangka memanfaatkan brown sugar Ricoman yang masih banyak di pantry, jadilah dua gelas apple butter yang super delicious. Kini saya justru tergila-gila dengan rasa selai apel ini di permukaan roti panggang. 😃

Resep Slow Cooker Apple Butter


10 November 2017

Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas


Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas

Saya pernah menghadirkan masakan sejenis ini sebelumnya, namun kali ini resep tersebut saya remake dengan sedikit tweak. Ketika ke Batam beberapa waktu yang lalu, kakak saya mengajak makan siang di sebuah resto sup ikan di kota tersebut. Sup ikan adalah masakan yang sepertinya menjadi ciri khas Batam karena dimana-mana kita bisa menemukan menu serupa. Sup ikan yang umum diperjualbelikan biasanya berkuah bening sedikit keruh dengan potongan fillet ikan putih, rajangan tomat hijau, terasa segar, light, dan tidak asam. Kali ini kakak saya mengenalkan jenis sup ikan yang berbeda dan saya sama sekali tidak kecewa dengan rasanya yang asam segar. 

Resto sup ikan tersebut terletak di sebuah ruko yang banyak dipenuhi dengan aneka resto yang menjual Chinese food. Restorannya tidak terlalu besar, kursi-kursi dan meja diletakan sebagian diluar resto dan saat jam makan siang penuh sesak dengan pengunjung yang sedang menikmati sup dan aneka masakan dari seafood lainnya. "Kalau kesiangan sedikit supnya habis. Disini luar biasa laris," jelas kakak saya waktu itu, jadi tak heran kami langsung meluncur kesana setelah menjemput saya di bandara Hang Nedim. 

Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas
Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas


08 November 2017

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce


Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce

Ada banyak ide untuk memanfaatkan saus barbecue yang beberapa waktu lalu saya posting di blog. Resepnya bisa diklik pada link disini ya. Rencana awal, sebenarnya saya hendak membuat ayam panggang utuh dengan olesan saus barbecue dipermukaannya, terus terang ayam panggang versi yang selama ini saya buat mulai terasa membosankan (jika setiap dua minggu sekali dieksekusi untuk bekal makan siang di kantor!). Resep ayam panggang utuh andalan saya bersama saus gravy-nya yang gurih bisa diklik pada link disini. Tapi di freezer saya masih memiliki sebungkus daging giling beku yang pernah dibeli disebuah supermarket dengan harga murah. 

Jika anda mengunjungi supermarket yang sama dengan saya, mungkin tahu mengenai sale daging giling beku yang dipaket bersama sebungkus pasta dan saus tomatnya ini. Gelap mata melihat harga yang murah, saya lantas membeli dua paket daging sekaligus. Nah apesnya ternyata daging giling tersebut terasa hambar, tidak moist, dan rasa gurih khas daging 'hampir'  tidak terasa. Agar si daging giling tetap bisa memberikan rasa sedap dan saya bisa menyantapnya dengan nikmat, sebungkus daging lantas saya permak menjadi spaghetti meatballs, resep disini ya. Sebungkus daging berikutnya saya olah menjadi meatloaf dengan saus barbecue yang mantap ini. 😄

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce
Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce

06 November 2017

Resep Bistik Ayam


Resep Bistik Ayam JTT

Berusaha meningkatkan kualitas hidup, minggu lalu saya mencetuskan diri untuk mulai rutin berolahraga. Target saya hanyalah berjalan kaki keliling kompleks diseputar rumah sekitar 30 menit, dan berenang di hari Sabtu atau Minggu. Dulu, hm beberapa tahun nan lampau, saya cukup rajin mengelilingi lapangan di Gelora Bung Karno (GBK). Saya berangkat berjalan kaki dari rumah hingga tempat tujuan, berkeliling lima atau enam putaran dan pulang dengan menaiki TransJ. Terkadang jika malas mengelilingi GBK, saya lantas menuju ke mal Blok M yang terletak tidak jauh dari rumah. Mal Blok M memiliki gedung dengan bentuk berputar yang antar lantainya dihubungkan dengan jalan berupa jembatan kecil (bukan hanya eskalator). Mengenakan sepatu kets, saya akan berkeliling dari lantai dasar hingga puncak dan turun kembali. Ini dilakukan berulangkali hingga kaki terasa gempor. Terkesan aneh, tapi jika ingin jalan sehat, bebas polusi, plus cuci mata maka mal menjadi tempat yang asyik untuk berolahraga. Tak ada orang yang peduli walau kita beputar-putar di tempat yang sama seratus kali sekalipun. 😃

Resep Bistik Ayam JTT
Resep Bistik Ayam JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...