19 Juni 2020

Resep Mi Celor Udang


Resep Mi Celor Udang JTT

Beberapa hari ini saya sudah mulai rutin masuk ke kantor, dan Senin depan rencananya semua karyawan sudah diwajibkan hadir setiap hari. Karena masih ragu hendak menggunakan MRT, saya terpaksa pakai taksi setiap hari. Satu minggu berlalu terasa boncos juga. Pergi pulang kantor ongkos seratus ribu melayang. Dulu masa PSBB selama 3 bulan, biaya taksi dicover kantor, lumayan juga setiap hari dibekali voucher Blue Bird dua lembar. Tapi kini karena kondisi sudah mulai normal voucher taksi dihentikan. Perusahaan sepertinya berat harus membayar transportasi taksi karyawan, apalagi yang rumahnya  di Bogor, sekali jalan biayanya mencapai dua ratus ribu rupiah. 

Tapi saya masih bersyukur, kantor tempat saya bekerja masih manusiawi memperlakukan karyawan dimasa suram ini. Demi menghindari risiko karyawan yang masih bekerja terkena COVID, kami diperkenankan menggunakan taksi. Banyak perusahaan lainnya boro-boro di cover ongkos taksi, contohnya seperti kantor kedua adik saya, bahkan banyak yang justru melakukan pemotongan gaji hingga PHK. Untungnya kantor saya adalah perusahaan sekuritas kecil, total jumlah karyawan hanya sekitar 40 orang saja dan itu sudah termasuk team sales. Selain itu bisnis jasa keuangan seperti sekuritas yang mengandalkan transaksi beli dan jual saham masih tetap berjalan selama Bursa Efek dibuka. 

Resep Mi Celor Udang JTT
Resep Mi Celor Udang JTT


17 Juni 2020

Resep Korean Cucumber Salad


Resep Korean Cucumber Salad JTT

Saya suka makanan Korea, tapi tidak dengan drama Korea alias drakor. Bukan karena menurut saya ceritanya tidak oke, tapi karena saya menghindar mati-matian menonton cerita berseri seperti ini. Saya tahu jika sudah mengikuti dua atau tiga episode maka akan ketagihan dan ujung-ujungnya mengerikan. Tingkat rasa penasaran saya sangat tinggi, dalam sekejap saya akan menghabiskan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu sibuk menonton hingga selesai serialnya. Artinya, terbengkalailah semua kewajiban dan pekerjaan lainnya yang jauh, dan jauh lebih penting dibandingkan sekedar mengikuti drama Korea. Dulu waktu kuliah saya ketagihan dengan game di komputer. Hanya Super Mario Bro's dan game sejenis lainnya mampu membuat saya terjaga hingga pukul empat pagi agar bisa melewati setiap levelnya. 

Saya pernah juga ketagihan serial drama China, drama India, dan tentu saja telenovela, yang benar-benar membuat hidup menjadi tidak produktif. Pengalaman terparah adalah ketagihan serial CSI yang saya beli CD bajakannya bergepok-gepok di Mal Ambassador. Hal lain seakan menjadi tidak penting, begitu pulang kantor saya langsung nongkrong didepan laptop dan menonton hingga jam dua pagi. Keesokan harinya, kepala menjadi nyut-nyutan, mata mengantuk berat dan badan terasa meriang. Kerja menjadi tidak fokus. Rasa ketakutan jika melakukan error di pekerjaan dan kemungkinan dipecatlah yang membuat saya memasukkan semua CD CSI - padahal masih banyak yang belum saya tonton - ke dalam tas dan menyimpannya di lemari pakaian terdalam.  Tobat!

Resep Korean Cucumber Salad JTT
Gochugaru - cabai bubuk Korea
Gochujang - fermentasi  pasta cabai Korea


16 Juni 2020

Resep Steak Ayam Goreng


Resep Steak Ayam Goreng JTT

Walau kantor masih menerapkan work from home hingga akhir minggu ini, tapi sudah beberapa hari ini saya rutin masuk. Tidak banyak karyawan yang hadir, tapi kondisi hening dan tenang ini justru lebih menyenangkan untuk bekerja. Apalagi kecepatan internet kantor untuk browsing dan bekerja jauh lebih tokcer daripada Indihome di rumah yang akhir-akhir ini tobat lemotnya. Produk internet Telkom ini masih oke untuk menonton You Tube tapi ketika harus melakukan download atau upload file, bisa kejang-kejang menunggunya. Hanya file berukuran kecil, kadang butuh waktu setengah jam untuk mengunduh. Padahal download dan upload file termasuk kegiatan yang erat hubungannya dengan pekerjaan kantor. Tapi jika setiap kali perlu waktu setengah jam hanya untuk satu file berukuran 1000 kilobyte, bisa dibayangkan betapa kencangnya boss akan berteriak.

Resep Steak Ayam Goreng JTT
Resep Steak Ayam Goreng JTT


12 Juni 2020

Sapi Pedas Saus Tiram


Sapi Pedas Saus Tiram JTT

Beberapa waktu lalu ada kejadian yang membuat kepala saya pusing, apalagi jika bukan berurusan dengan tikus. Kali ini bukan tikus di halaman yang pernah saya ceritakan disini (dan ternyata nongol lagi lubangnya dilokasi lain dihalaman!), tapi tikus dalam rumah yang entah masuknya dari mana. Setahu saya semua pintu, jendela, dan apapun bentuk interaksi rumah dengan dunia luar selalu tertutup rapat, tapi ternyata tetap saja ada jalan bagi hewan menjijikkan ini untuk masuk. Karena air di rumah saya akhir-akhir ini agak lambat jalannya, maka saya menggunakan kamar mandi belakang yang menggunakan bak penampungan air, bukan shower

Sambil menunggu air didalam bak terisi penuh, saya habiskan waktu didepan laptop mengerjakan hal lainnya. Saat itu pintu kamar mandi sengaja saya biarkan terbuka agar kucuran air terdengar hingga ke kamar. Untungnya pintu penghubung antara ruangan tengah dengan ruangan belakang tempat dimana kamar mandi, jemuran dan mesin cuci berada telah ditutup. Ketika merasa air sudah memenuhi bak, saya pun berjalan ke kamar mandi berniat mematikan keran air. Betapa terperanjatnya saya kalau seekor tikus hitam super besar meloncat, berlari dan bersembunyi dibalik toilet. Karuan saya menjerit kaget dan otomatis menutup pintu kamar mandi agar si tikus tidak keluar.

Sapi Pedas Saus Tiram JTT
Sapi Pedas Saus Tiram JTT


Resep Caesar Salad


Resep Caesar Salad JTT

Ini salah satu salad favorit jika bersantap di resto, saya pasti selalu memesan salad ini diantara jenis lainnya yang ada di menu. Caesar salad memiliki rasa saus unik yang dulu saya susah menciptakannya sendiri di rumah. Salad ini simple, biasanya hanya berupa potongan selada romain yang di-topping dengan crouton dan serutan keju. Tapi sausnya yang agak dominan asam memang memiliki taste yang khas. Beberapa kali mencoba belum menemukan rasa pas, hingga akhirnya saya terdampar di sebuah video You Tube cara membuat saus caesar yang maknyus. Kuncinya pada penambahan anchovies, sejenis ikan teri basah yang diasinkan atau diawetkan dalam larutan minyak atau air. Anchovies ini yang memberikan  rasa gurih pada saus. Sayangnya awetan ikan kecil ini cukup mahal harganya hanya untuk beberapa potong didalam kaleng. Merknya terbatas, dan hanya dijual ditoko online saja. Saya pun mengurungkan niat untuk membuat saus caesar salad kembali hingga akhir tahun lalu traveling ke Aussie dan menemukan anchovies di supermarket Woolworths, lansung saja saya sikat sebotol. 

Resep Caesar Salad JTT
Resep Caesar Salad JTT


11 Juni 2020

Resep Best Ever Cinnamon Bun


Resep Best Ever Cinnamon Bun JTT

Saya rajin baking akhir-akhir ini bukan karena memang mood baking sedang menggelora, melainkan karena project endorse dengan Ricoman Sugar yang terus lanjut berbulan-bulan lamanya. Terus terang saya bersyukur mendapatkan project ini, mereka membutuhkan resep yang ditayangkan di website Ricoman dan juga tips seputar baking dan cooking, sedangkan saya mendapatkan fee dan resep yang bisa ditayangkan di blog atau IG. Jadi jika anda kebetulan singgah ke website mereka dan menemukan foto makanan dan resep sama dengan yang saya unggah di blog atau IG JTT, itu karena memang saya bekerja sama dengan mereka. Selain itu siapa sih yang tak happy mendapatkan segambreng aneka jenis brown sugar dan palm sugar Ricoman yang bagus kualitasnya? Jika selama ini  anda mengira susah menemukan brown sugar, maka kudu cek ke toko online, karena brown sugar merk Ricoman banyak yang menjualnya. Ada dua jenis brown sugar yaitu dark dan light, sesuai namanya  maka dibedakan oleh tampilan warnanya. Selain brown sugar, Ricoman juga punya produk palm sugar bubuk atau biasa disebut dengan gula semut.

Resep Best Ever Cinnamon Bun JTT
Resep Best Ever Cinnamon Bun JTT


10 Juni 2020

Resep Bingka Labu Kuning


Resep Bingka Labu Kuning JTT

Jika bicara kue tradisional yang jarang sekali saya buat karena lumayan ribet dan menghabiskan waktu, maka bingka termasuk kue favorit saya. Selain mudah dibuat juga rasanya yang manis gurih dengan tekstur lembut, super duper yummy! Saya suka jenis kue yang padat tapi lembut seperti ini. Perkenalan saya dengan bingka pertama kali ketika kuliah di Jogya. Ada satu warung makan yang menjual masakan khas Banjarmasin dan kue bingka dengan bentuk bunga ukuran selebar telapak tangan juga dipajang di meja. Biasanya berwarna hijau rasa pandan dan kuning tanpa pewarna. Sayangnya teksturnya tidak lembut dan lumer dimulut, terlalu keras, padat dan kurang gurih. Jadi saat itu saya berpendapat kue ini tidaklah begitu nyaman di mulut. 

Perkenalan kedua saya dengan bingka, terjadi di Kuala Lumpur. Terdampar di KL Sentral, stasiun pusat di Kuala Lumpur yang super besar dan penuh dengan jajaran kios makanan enak. Ada satu kios yang menjual nasi lemak ready to eat karena sudah dibungkus dan tinggal grab, kios ini juga menjual kue bingka aneka rasa. Baru kali itu saya melihat varian kue bingka yang begitu banyaknya dan semua terlihat lezat. Kue tampak lembut teksturnya, dan shiny tandanya banyak mengandung mentega dan santan. Hari pertama disana, saya hanya membeli 2 potong kue yang saya bawa pulang ke hotel. Seketika menyesal mengapa hanya membeli 2 potong, karena rasanya oh so yummy! 

Resep Bingka Labu Kuning JTT
Resep Bingka Labu Kuning JTT

09 Juni 2020

Resep Ayam Manis Pedas - Sweet & Spicy Chicken


Resep Ayam Manis Pedas JTT

Beberapa bulan lalu saya iseng mencoba menanam butternut pumpkin dari buah labu butternut yang saya beli di supermarket. Pikir saya daripada membeli benihnya di toko online yang biasanya dibandrol dengan harga 12 ribuan untuk beberapa buah biji labu, lebih baik  beli saja labunya sekalian hanya seharga 20 ribuan untuk separuh buah dengan banyak biji didalamnya. Labunya saya rebus dan santap dengan sedikit taburan gula palem bubuk dan susu cair, sementara bijinya dikeringkan. Ada sekitar 20 buah biji yang kemudian saya tanam didalam pot-pot kecil. Dari 20 biji ternyata hanya 2 yang tumbuh dan membesar menjadi tanaman labu. Satu bibit saya tanam di pot besar, sementara yang lainnya ditanam di tanah disamping pagar. Dalam sekejap bibit ini membesar, merayap dan mengular kemana-mana. Daunnya lebar, batangnya tebal dan terlihat sangat subur walau tumbuh berjejalan diantara pot kembang dan tanaman lain. Halaman sempit yang sudah penuh dengan aneka pot semakin tidak karuan karena lantainya kini dipenuhi dengan labu yang membelukar.

Resep Ayam Manis Pedas JTT
Resep Ayam Manis Pedas JTT

08 Juni 2020

Resep Misoa Kuah Udang


Resep Misoa Kuah Udang JTT

Saya sebenarnya bukan termasuk penggemar mi, walau dibesarkan di dalam keluarga yang maniak dengan olahan tepung yang satu ini. Dibandingkan mi, saya lebih suka bubur atau lontong, kedua makanan ini sanggup saya santap setiap hari tanpa bosan. Tapi dulu, ketika masih kecil dan tinggal bersama keluarga Mbah di Paron, hampir 3 atau 4 kali dalam seminggu Mbah akan membuat mi rebus. Mi kering kuning kiloan murah harganya, cukup ditambahkan sayur seperti kol, wortel dan daun bawang, bersama air segentong, garam dan micin, jadilah mi rebus yang dalam sekejap licin tandas diserbu anggota keluarga yang selalu merasa kelaparan. Tidak ada tambahan telur, bakso atau ayam, ketiga bahan makanan ini adalah barang mewah di keluarga kami waktu itu.

Apalagi jika musim hujan mulai tiba. Udara dingin dan suara tetesan hujan di atap rumah yang bocor disana sini, seakan menjadi penggugah selera makan. Mi rebus dengan banyak kol dan kuah adalah obatnya. Masa kecil saya tidak bisa dikatakan menyenangkan secara ekonomi, makanan terbatas jumlahnya dan sama sekali tidak mewah. Mungkin itu yang menyebabkan sekarang saya jadi berotak foodie dan selalu membeli atau memasak makanan dalam porsi besar, orang jawa menyebutnya dengan kemaruk. Porsi kecil selalu membuat hati ini terbersit rasa kurang, walau sebenarnya ketika dimakan banyak yang  tersisa.

Resep Misoa Kuah Udang JTT
Resep Misoa Kuah Udang JTT

05 Juni 2020

Resep Nasi Goreng Kambing


Resep Nasi Goreng Kambing JTT

Beragam cara dilakukan rekan-rekan di kantor mengantisipasi masa transisi dan new normal yang mulai diberlakukan oleh Pemda DKI bulan ini. Masa PSBB yang mulai diperlonggar dari sebelumnya dan disebut dengan masa transisi akan berlangsung hingga akhir bulan Juni. Mengingat mayoritas dari kami berangkat dan pulang kantor menggunakan angkutan umum, maka rekan-rekan dikantor termasuk saya mulai membekali diri dengan alat perlindungan diri. Bukan hanya masker yang memang sudah dikenakan sejak awal COVID-19 merambah ke tanah air, tetapi kini kami mulai menggunakan face shield (yang terbuat dari mika transparan untuk menutupi seluruh wajah), topi, jaket dan sarung tangan karet. Semua itu akan dikenakan kalau kondisi mulai berangsur normal, jalanan mulai ramai, transportasi umum mulai bersesak-sesakan dan masa bekerja dari rumah berakhir. Kala interaksi dengan manusia lain semakin tinggi entah itu di kantor atau jalanan, dan kala kegiatan diluar rumah semakin sering dilakukan dan panjang waktunya maka risiko terpapar virus yang masih banyak berkeliaran di masyarakat akan semakin tinggi. 

Resep Nasi Goreng Kambing JTT
Resep Nasi Goreng Kambing JTT


04 Juni 2020

Resep Chocolate Crinkle Cookies


Resep Chocolate Crinkle Cookies JTT

Seingat saya, sudah tiga kali saya membuat cookies ini dan baru resep ketiga yang dicoba berhasil dengan memuaskan. Percobaan pertama dan kedua, kue berakhir menjadi lelehan lava yang memenuhi loyang. Tipis seperti koin seratus rupiah dan tak ada motif retak pecah seribu di permukaannya. Cukup lama saya menahan diri untuk tidak mencobanya lagi, ragu apakah hasilnya akan memuaskan, hingga bulan lalu saya coba kembali resep yang ketiga. Sebenarnya ada rasa ragu apakah resep yang ini akan sukses, tapi ketika adonan dipegang tidak menempel di tangan dan ketika 10 menit nangkring di oven tidak meleber kemana-mana, saya menghembuskan nafas lega. Resep yang ini akan berakhir manis, semanis rasa chocolate crinkle cookies. 

Semua memang kembali lagi ke resep yang benar. Banyak resep dari website luar yang membagikannya, banyak juga dari website-website yang terpercaya, tapi ketika dicoba hasilnya belum tentu oke juga, hingga resep dari Cafe Delitas ini.

Resep Chocolate Crinkle Cookies JTT
Resep Chocolate Crinkle Cookies JTT


03 Juni 2020

Resep Ayam Pek Cam Kee (Ayam Rebus Garam)


Resep Ayam Pek Cam Kee JTT

Pernah melihat film silat China dimana seorang pendekar duduk dengan seonggok ayam rebus didepannya? Betapa nikmatnya kala menyaksikan si pendekar menarik sebuah paha ayam, menggigitnya dan mencabik daging yang terlihat lembut, empuk dan moist. Dulu saya begitu terngiler-ngiler jika melihat adegan ini. Dasar otak foodie, apapun jenis filmnya, jika ada adegan berbau makanan maka rasa ngiler pasti akan kumat. Menurut Pak Kustandi, rekan kantor keturunan Tionghoa yang punya banyak koleksi resep masakan maknyus, ayam pucat yang disantap si pendekar adalah ayam rebus garam atau ayam pek cam kee. Jika di kuliner lokal maka varian masakan ayam jenis ini mungkin mendekati ayam ingkung Jawa atau ayam bekakak. Hal yang membedakan mungkin, ayam rebus garam aslinya benar-benar ayam kampung yang direbus atau dikukus dengan garam hingga matang kemudian dioleskan dengan minyak wijen yang banyak. Rasa ayam kampung yang super gurih tidak memerlukan banyak bumbu lain untuk membuatnya lezat, cukup garam dan olesan minyak wijen sudah mampu mendongkrak nafsu makan hingga ke langit ke tujuh.

Resep Ayam Pek Cam Kee JTT
Resep Ayam Pek Cam Kee JTT


02 Juni 2020

Resep Moist Black Forest Cake


Resep Moist Black Forest Cake

Setiap kali membuat cake black forest, selalu ada kejadian lucu yang menyertainya. Kejadian pertama dulu ketika membuat black forest kukus yang pernah saya post disini. Waktu itu cake dibuat untuk ulang tahun keponakan saya, Kirana. Cake sukses jatuh didalam mobil dan permukaannya porak poranda seakan baru saja dihajar rudal. Kali ini cake black forest kedua juga ada kejadian unik lainnya. Senin lalu, ketika libur hari Kelahiran Pancasila, adik saya, Wiwin, mengundang kami semua untuk pesta steak dirumahnya dalam rangka ultahnya yang jatuh di awal bulan Juni. Saya menawarkan diri membawa saus untuk menemani steak, dan karena kebetulan saya juga sedang ada project endorse dari Ricoman Brown Sugar, sekalian saya membuat cake black forest dengan gula tersebut. 

Senin pagi sekitar jam 10, Wiwin dan suaminya, Azy, datang menjemput saya  di rumah Pete. Setiba di rumah Wiwin, adik saya, Tedy dan keluarganya telah tiba terlebih dahulu. Kedua putrinya Kirana dan Aruna yang kini masing-masing berusia 7 dan 4 tahun meloncat-loncat kegirangan kala melihat cake yang penuh hiasan cherry merah diatasnya. Aruna yang sangat suka dengan perayaan ulang tahun tampak riang, tapi saya melihat ada yang aneh diwajahnya. Poninya dipotong luar biasa cepak hingga mencapai bagian atas keningnya! Kontan saya mengeluarkan komentar, "Una, siapa yang potong rambutnya? Kenapa pendek banget?"

Resep Moist Black Forest Cake JTT
Resep Moist Black Forest Cake JTT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...