31 Mei 2018

Resep Es Jelly Buah


Resep Es Jelly Buah

Seakan sudah menjadi tradisi, setiap bulan puasa rekan-rekan di kantor saya akan patungan membuat es buah jelly. Entah siapa yang memulai tradisi ini, tanpa ada ada-aba, selalu ada yang bersedia menjadi sponsor bahan-bahan yang biasanya kami beli di supermarket di sebelah kantor. Saking seringnya kegiatan itu dilakukan, hingga akhirnya sebuah kontainer plastik ukuran besar ditinggal dipantry kantor, siapapun bebas menggunakannya. Bahan-bahan es buah jelly sendiri super mudah, anak-anak dikantor biasanya hanya menggunakan jelly siap pakai dalam air yang dikemas dalam plastik, sari buah kelapa, cincau, buah kaleng, dan selasih. Semua berupa produk yang sudah siap pakai, cukup diceburkan jadi satu bersama susu kental manis, air, sirup dan es batu, aduk-aduk dan jadi deh es buah jelly nan segar.

Resep Es Jelly Buah


30 Mei 2018

Resep Nasi Uduk dan Ceritanya


Resep Nasi Uduk


Saya dibesarkan dengan nasi uduk. Alm. Nenek yang biasa kami panggil dengan sebutan Mbah Wedhok sering mengadakan kendurian dirumah dan nasi uduk adalah makanan wajib menu selamatan. Beliau adalah orang tua jaman dulu yang masih menjalankan adat Kejawen dengan taat. Setiap hari kelahiran dan kematian entah itu orang tua, kakek nenek atau anak selalu dilakukan acara selamatan. Tentu saja Mbah Wedhok menggunakan sistem penanggalan Jawa, dan hari kelahiran disebut dengan weton. Saya tidak begitu mengerti dengan sistem yang dipakai Mbah, tapi saya takjub dengan daya ingatnya yang luar biasa. Ketika beliau masih sehat dan belum terkena pikun, beliau hafal semua hari lahir dan hari kematian anggota keluarga yang jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit. Mbah Wedhok buta huruf, tidak pernah menulis tanggal-tanggal tersebut di sebuah buku catatan namun beliau memiliki sistem tersendiri untuk mengingatnya.

Saya sendiri terus terang senang ketika Mbah mulai menunjukkan tanda-tanda hendak mempersiapkan acara kendurian. Jauh hari beliau telah menimbun kentang, kelapa yang masih utuh bersama batoknya, kol, mie, dan aneka bumbu. Ayam untuk ingkung tentu saja tidak perlu dibeli karena Mbah memiliki ayam piaraan sendiri. Ayam kampung beliau gendut-gendut dan sehat, padahal hanya sekali diberi makan kala pagi hari, dan sisa hari si ayam mencari makanan sendiri ke penjuru kampung. 


Resep Nasi Uduk
Resep Nasi Uduk


28 Mei 2018

Resep Humble Bihun Goreng


Resep Humble Bihun Goreng

Melihat kedua keponakan saya, Rafif dan Fatih, membuat saya bersyukur betapa penuh warnanya masa kecil saya dulu. Kedua bocah tersebut - sepertinya juga hampir semua bocah lainnya yang hidup di kota besar - sebagian besar waktu mereka penuh diisi dengan sekolah, segambreng tugas dan kegiatan sekolah, aneka les tanpa henti dan kemacetan dijalan. Bahkan di Sabtu atau Minggu pun mereka harus les piano, gitar, karate, berenang, dan kursus Bahasa Inggris. Jika masih terdapat sisa waktu untuk beristirahat saya melihat keduanya duduk di depan komputer asyik bermain game, atau bergeletakan di sofa dengan gadget di tangan. Bagi saya, betapa stress dan tidak penuh warnanya kegiatan seperti itu. 

Bandingkan kala saya masih kecil dulu. Ketika kami masih tinggal di Tanjung Pinang, rumah kami terletak didekat pantai dan rawa. Jarak antar rumah tetangga cukup berjauhan dan dipisahkan dengan hutan kecil yang tidak terlalu lebat. Pohon bakau memenuhi parit disamping rumah, pohon kelapa menjulang tinggi dengan buah yang bergelantungan. Sebuah parit selebar dua meter mengalir didepan rumah, airnya berasal dari laut dan ketika pasang tiba akan penuh terisi ikan-ikan kecil. Setiap hari sepulang sekolah saya akan menghabiskan waktu dihutan, atau diparit mencari ikan.

Resep Humble Bihun Goreng
Resep Humble Bihun Goreng


25 Mei 2018

Resep One Pot Spaghetti Tomatoes


One Pot Spaghetti Tomatoes

Saya sudah lama hendak mencoba resep ini, pasta yang dimasak dalam 1 panci sekaligus bersama dengan bumbu dan sayuran lainnya. Cara ini super praktis karena tidak perlu merebus pasta terpisah, menumis bumbu dan sayur terpisah, dan kemudian baru mengaduknya menjadi satu. Awalnya saya sempat ragu, membayangkan harus mengira-ngira seberapa banyak takaran air yang harus digunakan. Kurang air akan membuat pasta tidak matang, terlalu banyak air akan merubahnya menjadi pasta kuah. Tentu saja dari dua pilihan 'zonk' tersebut, masih bagus jika pasta kurang air, karena kita bisa menambahkan porsi air panas dan memasaknya lebih lama hingga matang. 

Melihat gambarnya yang bersliweran di internet dan videonya di beberapa vlog yang saya ikuti, akhirnya rasa penasaran berubah menjadi keberanian untuk mencobanya. Ternyata super mudah dan rasanya tak kalah dengan proses yang biasa kala kita membuat pasta umumnya.

Resep One Pot Spaghetti Tomatoes


23 Mei 2018

Resep Ayam Bacem


Resep Ayam Bacem

Ayam bacem selalu membuat saya teringat dengan Jogya. Kota adem ayem yang penuh memori mengesankan, kala berjuang dibangku kuliah dengan uang saku pas-pasan. Kampus saya dulu terletak di wilayah Condong Catur, dan saya pun 'ngekos' didaerah yang sama. Ada satu warung ayam bacem goreng bernama Mbok Kromo di dekat Institut Pertanian Jogya (Instiper) yang selalu, dan selalu menduduki peringkat pertama 'makanan yang wajib dibeli kala uang kiriman dari Bapak tiba'. Ayam bacemnya gurih, dengan bumbu meresap ke setiap serat daging, ukurannya besar (saya selalu memesan bagian dada supaya lebih besar porsinya), dan taste manisnya pas dengan selera saya. Sayang harganya cukup mahal untuk anak kuliahan berkantung cekak seperti saya waktu itu, jadi ayam Mbok Kromo hanya hadir beberapa bulan sekali saja. Rasa ayam bacem Mbok Kromo ini selalu menjadi acuan saya kala memasak bacem sendiri di rumah, entah itu ayam, paru, telur, atau tempe dan tahu.

Resep Ayam Bacem
Resep Ayam Bacem


22 Mei 2018

Resep Asinan Kelengkeng Jeruk


Resep Kelengkeng Jeruk

Walau terkadang hujan deras turun, namun cuaca panas lebih mendominasi akhir-akhir ini. Musim mulai bergeser ke kemarau dan saatnya bertepatan dengan umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Jika sedang di kantor, suhu AC yang super dingin membuat rasa haus tidak terlalu terasa. Tapi kondisi ini sangat berbeda jika di rumah, tak mungkin rasanya harus ngendon melulu di kamar bermandikan AC karena tagihan listrik bisa membuat kantong jebol. Kalau sudah seperti ini kepala saya hanya terisi dengan makanan yang segar-segar untuk berbuka. Pilihannya selalu jatuh ke jenis jus buah, asinan atau rujak karena terus terang saya bukan penggemar es buah. 

Sejak kecil, es buah memang bukan makanan favorit. Saya lebih prefer yang terasa asin, asam, manis dibandingkan melulu manis saja. Dulu ketika masih tinggal di Paron, buah mangga muda saat musim kemarau seperti ini luber dimana-mana. Mangga arummanis adalah tanaman favorit masyarakat di Ngawi dan sekitarnya, tanah dan iklim yang cocok membuat mangga tumbuh subur dan mampu berbuah lebat. Hampir tiap hari di bulan puasa saya membuat semangkuk besar asinan mangga muda. Ketika masih kecil (masih muda tepatnya!), kala gigi dan perut kuat menerima rasa asam dan pedas, rasanya menyantap mangga dan jeruk yang asam, atau bahkan belimbing wuluh tidak pernah menimbulkan masalah berarti. Namun kini, membayangkannya saja sudah membuat gigi linu dan perut mulas. 😅

Resep Kelengkeng Jeruk
Resep Kelengkeng Jeruk

21 Mei 2018

Resep Asam Manis Pindang Ikan Tongkol


Resep Asam Manis Pindang Ikan Tongkol

Weekend lalu akhirnya saya panen tomat juga! Tanaman ini benihnya berasal dari tomat busuk yang buahnya saya lempar ke dalam pot kompos. Sama sekali tidak berniat untuk menanamnya, karena saya telah membeli banyak benih tomat cherry di online shop. Ketika beberapa bulan lalu pot berisi kompos homemade ini dibongkar dan dipakai untuk menanam pohon tin, sebatang tanaman tomat kecil tumbuh disana, terlihat kekar dan sehat. Tak ingin tersia-sia dan dimakan tikus, pohon tomat balita itu saya pindahkan ke pot tersendiri dan disiram setiap hari. Ketika ukurannya telah sepanjang 20 cm, saya pindahkan ke sebuah pot berdiameter 30 cm. Tanamannya tumbuh subur, tinggi, gendut, kekar dan terlihat sehat, hingga saya topang dengan sebatang kayu panjang, tapi bunganya hanya bisa dihitung dengan jari.

Saya kemudian membeli pupuk P dan K di olshop, serta rutin menyiram media tanamnya dengan minyak ikan. Bunga-bunga yang tadinya jarang kini mulai bermunculan, membuat hati saya bersorak girang membayangkan sebatang pohon tomat yang sarat dengan buah merah bergelantungan. Sayangnya hampir 80 persen bunga tersebut rontok dihajar hujan, menyisakan beberapa buah (delapan tepatnya) yang akhirnya tumbuh membesar, merah dan siap dipanen. Sungguh, walau buah ini murah dipasar namun menanamnya sendiri ternyata penuh perjuangan juga. 😄



18 Mei 2018

Resep Sambal Goreng Kentang a la My Mom


Resep Sambal Goreng Kentang a la My Mom

Keponakan saya, Fatih, putra bungsu adik saya, Wiwin, sangat menggemari sambal goreng kentang. Bahkan kegemarannya ini saya anggap sudah dalam tahap akut, artinya super maniak. Si kalem ini sanggup makan dengan lauk sambal goreng kentang setiap hari, berminggu, bahkan berbulan lamanya. Awalnya, Ibu saya yang selalu membawa sambal goreng kentang buatannya dari Paron, dan dari sekian banyak anggota keluarga hanya Fatih yang menghabiskan sambal goreng tersebut. Kemudian Fatih mulai request, "Umi, kalau kembali ke Jakarta jangan lupa bawa sambal goreng kentang kesukaan adik ya," dan mulailah Ibu saya setiap ke Jakarta secara rutin membawa makanan favorit cucunya ini. Karena sambal goreng kentang bukanlah makanan kesukaan saya, maka lauk tersebut tidak pernah saya cicipi sama sekali hingga Ibu sekarang mulai tinggal bersama adik saya, Wiwin, di Mampang.

Resep Sambal Goreng Kentang a la My Mom
Resep Sambal Goreng Kentang a la My Mom


17 Mei 2018

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake


Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Demi tuntutan blog dan foto makanan, serta timbulnya rasa bosan dengan background (backdrop) yang itu-itu saja, minggu lalu saya mencoba alas foto print out dengan aneka motif yang banyak dijual di online shop. Harganya bervariasi mulai dari tiga puluh ribu hingga ratusan ribu rupiah. Saya membeli dua buah, satu memiliki motif marmer dan lainnya adalah motif kayu tua, ukurannya sekitar 50 x 70 cm. Selama ini saya menggunakan background DIY yang dibuat sendiri, artikel prosesnya bisa diklik pada link disini. Background tersebut terbuat dari kayu peti kemas yang banyak dijual di sepanjang jalan di Lenteng Agung, Depok. Permukaan kayu dicat dengan cat kayu dan cat semprot aneka warna. Material alami memang membuat tampilan foto terlihat lebih natural, sayangnya dengan ukuran background yang 50 x 100 cm dan berbahan kayu, membuatnya cukup berat terutama ketika harus dipakai berganti-ganti disetiap sesi foto.

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake
Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake


11 Mei 2018

Resep Soto Banjar


Resep Soto Banjar

Saya pernah membuat soto Banjar sebelumnya, resepnya bisa diklik pada link disini. Waktu itu saya membuatnya berdasarkan bumbu kira-kira setelah mencicipi soto Banjar buatan teman asli Banjar yang membuka warung soto di Jakarta. Tidak mungkin bertanya resepnya, saya pun asal saja memasukkan bumbu dan rempah, dan ternyata itu kurang tepat. Postingan resep soto Banjar tersebut kemudian menuai protes dari pembaca yang berasal dari Banjarmasin. Rata-rata menyesalkan daun salam, serai dan beberapa rempah lain yang saya masukkan ke bumbu, dan seharusnya tidak berada disana. Bahkan ada komentar yang mengatakan saya seharusnya tidak memodifikasi resep daerah dan sudah seharusnya masakan daerah otentik harus dilestarikan. 

Well, sejak itu saya mendapatkan pengalaman untuk berhati-hati jika mencoba masakan daerah tertentu. Bila tidak mendapatkan resep asli dari mereka yang memang tinggal didaerah tersebut maka saya enggan mengekesekusinya. Kecuali mungkin masakan Jawa dan Sumatera yang memang akrab dalam hidup saya sejak kecil. 

Resep Soto Banjar

08 Mei 2018

Resep Wafer Blondies dengan Chocochips


Resep Wafer Blondie dengan Chocochips

Ada satu resep cookies yang saya ingin coba buat, terinspirasi dari sebuah bakery di New York bernama Levain. Walau belum pernah mencoba rasanya, namun copycat resepnya banyak bertebaran di net, cukup ketikkan 'Levain copycat cookies' maka aneka resep bermunculan. Saya juga pernah melihat copycat cookies tersebut di jual di bakery di Jakarta yang memasang fotonya di Instagram, belum pernah mencicipinya juga namun saya sudah bisa memperkirakan rasanya. Levain cookies sangat terkenal dan iconic di New York, beberapa bahkan mengatakan jika berkunjung ke kota tersebut maka kudu datang ke Levain Bakery untuk mencicipi kuenya.

Keunikan Levain cookies adalah ukurannya yang super jumbo, diameter cookies bisa mencapai sekitar 10 - 12 cm. Seukuran telapak tangan orang dewasa! Berat masing-masing cookies sudah pakem yaitu 6 ons atau sekitar 170 gram. Kue tampil sangat tebal, dengan permukaan garing namun ditengah tampak moist dengan coklat yang berleleran. Terlihat sangat menggoda dan membuat air liur saya menetes ketika memandang gambarnya. Sayangnya beberapa kali mencoba resepnya, selalu gagal total. Paling umum terjadi adalah kue meleber sebesar taplak meja (bukan tebal dan gemuk seperti seharusnya), atau kue menjadi garing renyah karena tipis dan terlalu lama dipanggang, padahal seharusnya moist dan fudgy. Kalau dilihat-lihat sebenarnya cookies a la Levain memiliki tekstur seperti brownies. 


Resep Wafer Blondie dengan Chocochips
Resep Wafer Blondie dengan Chocochips


04 Mei 2018

Resep Soto Daging Betawi


Resep Soto Daging Betawi

Indonesia memang negeri yang kaya ragam masakannya, namun soto sepertinya menempati masakan yang paling banyak jenisnya. Bayangkan saja, jika dikumpulkan dari Sabang sampai Merauke, berapa banyak jenis soto yang ada? Ketika beberapa minggu yang lalu diselenggarakan event kuliner di Kelapa Gading dan dikhususkan pada soto, saya sampai takjub melihat list nama-nama soto yang dicantumkan, sebagian bahkan belum pernah didengar namanya. Walau berbeda-beda, namun basic soto di masing-masing daerah hampir sama, berkuah bening atau santan, dengan bumbu light dan lebih ringan dibandingkan masakan seperti gulai, atau kari sehingga terasa lebih segar. Protein hewani yang digunakan bisa daging sapi, ayam atau jeroan. 

Saya termasuk penggemar soto, walau tidak terlalu maniak namun ada saat-saat tertentu dimana rasa kangen terhadap soto begitu menggelora. Di Paron, Ngawi, kampung halaman saya, soto adalah makanan sehari-hari.  Penjual soto bertebaran dimana-mana, dan soto di Paron adalah soto ayam berkuah bening. Resepnya pernah saya share sebelumnya yang bisa diklik pada link disini. Soto di Paron sangat simple, light dan segar, serta umumnya menggunakan ayam kampung sehingga kuahnya menjadi gurih rasanya. 

Resep Soto Daging Betawi
Resep Soto Daging Betawi


03 Mei 2018

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi dengan Magic Cooker Maspion Black Diamond 1,8L


Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

"Mba, nggak ke Inacraft?" Tanya Sintya, teman saya, minggu lalu. "Kepengen kesana, mungkin Minggu sore. Hari terakhir biasanya produknya banyak didiskon," jawab saya. Hari Minggunya, Sintya kembali mengirimkan pesan melalui WA, "Jadi ke Inacraft?" Tanyanya. Saya yang saat itu masih bermalas-malasan di kasur melirik jam di dinding, jarum pendeknya menunjuk ke angka tiga. Hati dan badan sebenarnya malas hendak jalan kesana, apalagi cuaca yang tadinya mendung kini berubah menjadi panas terik. Tapi saya membutuhkan beberapa piranti makan untuk keperluaan food photography, jadi walau sebenarnya berat melangkah, saya menuju ke kamar mandi juga untuk membasuh diri dan bersiap-siap ke JHCC.

Jika anda belum mengetahui mengenai Inacraft, maka ini adalah pameran kerajinan produk dalam negeri yang setiap tahun diselenggarakan di JHCC (Jakarta Hilton Convention Center) di Senayan. Bertahun-tahun yang lampau saya rajin berkunjung ke pameran kerajinan ini, namun tidak dalam dua tahun belakangan ini. Dulu produk Inacraft cukup terjangkau bagi kocek saya, banyak barang kerajinan yang lucu dengan harga cukup murah. Kini Inacraft dipenuhi produk berkelas yang walau harus saya akui kualitasnya memang bagus dan layak ekspor, tapi harganya berat bagi dompet. 

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi


02 Mei 2018

Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap


Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap

Berkantor di sebelah Mall Ambassador, anda tidak akan kehabisan ide hendak bersantap siang dimana. Food Court di mal dan ITC Ambassador menyajikan aneka makanan dan camilan sedap menarik dengan keragaman yang tinggi. Sudah sekitar 6 tahun kantor tempat saya bekerja, berlokasi disini, setelah sebelumnya bertahun-tahun bertempat di Puri Imperium di Jalan HR. Rasuna Said. Dulu ketika masih di Puri Imperium, pilihan makanan hanya terbatas, biasanya seputar pagar dibelakang kantor yang penuh berjajar gerobak penjual makanan, sekitar 'amigos' (agak minggir got sedikit) kantor KPK lama, atau paling jauh di Pasar Festival. Seminggu sekali setiap hari Jumat, memanfaatkan jam istirahat hari itu yang lebih panjang, kami akan berbondong-bondong ke Mall Ambassador. Kini, perjuangan tersebut tentu saja tidak terjadi lagi, berkantor ditengah-tengah dua buah mal besar, plus seputaran 'amigos' dibelakang kantor, maka ide makan siang selalu mengalir lancar, yang penting uang dikantong tersedia. 😄

Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap
Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...