19 Desember 2018

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker)


Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Saat ini setelah dipikir-pikir, saya merasa memiliki apartemen lebih banyak susahnya dibandingkan manfaatnya. Terutama karena apartemen tersebut tidak ditempati, sementara biaya abunemen listrik dan maintenance gedung terus berjalan. Saya membeli apartemen ini sekitar tiga tahun yang lalu, ukurannya hanya 34 meter persegi. Sebuah apartemen dua kamar yang terletak di Jakarta Timur. Waktu itu saya membelinya karena panggilan jiwa, usia sudah semakin menua namun belum memiliki properti sebutirpun. 

Rumah yang saya tempati sekarang adalah milik adik saya, Wiwin, yang begitu baik hatinya mengijinkan saya tinggal disana bertahun-tahun lamanya. Saya tahu, suatu saat rumah tersebut diperlukan pemiliknya, dan saya harus pergi.  Nah apartemen tersebut adalah solusi jika sewaktu-waktu harus angkat kaki. Jaraknya tidak jauh dari kantor, terletak dipusat kota, mudah dijangkau kendaraan umum dan memiliki mall sendiri. Semua fasilitasnya cukup buat single seperti saya yang tidak memiliki kebutuhan 'neko-neko' kecuali memasak dan ngeblog. Oke, saya akui hobi memasak mungkin kurang bisa tersalurkan jika tinggal di apartemen, dapurnya hanya secuplik dan lebih pas jika memasak makanan simple seperti mi rebus atau telur dadar. Tapi hey, bukahkah kondisi itu akan membuat otak saya berpikir keras mencari resep praktis a la apartemen? Saya bahkan sudah berpikir hendak nge-vlog ketika stay disana. Itu adalah ide awalnya.

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT
Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Saya sangat bersyukur dibantu oleh keluarga ketika membeli apartemen tersebut. Tanpa bantuan mereka, saya tidak akan pernah bermimpi membelinya secara cash. Tapi saya akui, sejak awal saya tidak pernah 'sreg' tinggal di apartemen. Sejak dulu saya selalu bermimpi, jika punya rumah sendiri maka rumah tersebut haruslah landed house dengan halaman yang luas dimana saya bisa bercocok tanam dan menyalurkan hobi berkebun. Sejak kecil, hati saya selalu terpanggil untuk dekat dengan alam. Dulu nenek saya di kampung memiliki kebun pisang luas dihalaman belakang. Kebun tersebut dialiri selokan kecil yang penuh terisi air ketika hujan turun deras. Selain pisang dan kelapa, kebanyakan hanya tanaman liar yang tumbuh disana tapi saya justru melihat keindahan dalam kesemrawutan itu. Apalagi ketika hujan baru saja berhenti, tanah basah dan tetes air menutupi setiap helai daun, semua terasa indah dan dalam keheningan kebun amburadul itu saya menemukan kedamaian.

Tapi memiliki apartemen tentu saja bisa menjadi sebuah investasi jangka panjang sekaligus destinasi alternatif ketika harus pindah. Jadi saya lantas meminta sebuah agen dekorasi yang membuka kios disekitar apartemen untuk mendekor bagian dalamnya, sehingga si apartemen kini menjadi full furnished. Selama hampir dua tahun lamanya, apartemen tersebut kosong. Setiap bulan saya membayar langganan listrik dan air, dan setiap 6 bulan membayar maintenance bulanan yang lumayan bikin kantong semakin jebol. Akhirnya, dua bulan lalu saya putuskan untuk menerima penyewa. 

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Seharusnya sejak dua tahun yang lalu saya menyewakan apartemen tersebut, tetapi rasa sayang dengan aneka perabotan baru yang belum pernah digunakan, lebih dominan. Beberapa teman yang pernah berurusan dengan sewa menyewa apartemen berbagi cerita horror mengenai kondisi rusak dan biaya renovasi yang besar, jiwa pelita hati saya pun timbul. Daripada pusing memikirkan kerusakan, lebih baik dibiarkan saja kosong, padahal itu berarti biaya bulanan yang harus keluar sendiri dari kocek.  Tapi kini saya berubah pikiran. Rumah cicilan di Cilebut sudah serah terima sejak awal tahun ini, saya berpikir untuk nekat tinggal disana. Walau jaraknya jauh, walau harus berdesak-desakan di kereta, walau harus penuh perjuangan ke kantor, walau kondisi sekitar rumah masih sepi, walau bagian dapur harus direnovasi, walau ini, walau itu, dan banyak sekali hal kalut yang masuk dalam kepala saya, tapi saya sudah putuskan akan tinggal disana. Setidaknya rumah tersebut memiliki halaman cukup luas (karena posisinya di hook), jadi saya bisa mulai bertanam sayur-mayur. Itu adalah ide berikutnya.



Walau sudah diiklankan, dan bekerja sama dengan agen yang menjadi broker urusan sewa menyewa, tidak ada yang berminat untuk menyewa. Waktu berlalu, bulan lalu tiba-tiba saya dikontak si broker, "Bu, ada yang mau sewa apartemennya, bayarnya bulanan. Tapi penyewa minta dilengkapi dengan TV dan kulkas 2 pintu." Argh! Biaya tambahan baru lagi yang harus saya keluarkan dan membuat kepala nyut-nyutan. Tetapi sewa-menyewa apertemen full furnished memang brutal. Begitu banyak apartemen kosong yang ditawarkan dan masing-masing pemilik 'jor-joran' mempercantik dan melengkapi apartemen mereka. Jadi walau berat dan sedang bokek, terpaksa sebagian reksadana saya cairkan. Lima juta pun melayang untuk membeli TV 32 inch dan kulkas dua pintu. Nah penderitaan ini ternyata belum berakhir, si penyewa yang katanya akhir bulan lalu akan masuk tiba-tiba membatalkan dan hilang kabarnya, padahal TV dan kulkas sudah nangkring disana. Saking kesalnya saya bahkan sampai beriklan disebuah situs jual rumah, dan memasang iklan menjual. Yep, lebih baik dijual saja, daripada menjadi sumber pengeluaran.

Minggu ini, saya mendapat WA dari broker, kali ini pesannya, "Bu, ada yang mau sewa, langsung 6 bulan, tapi minta wall paper dipasang semua," saya menghela nafas berat. "Beneran bakalan nyewa nggak? Ntar sudah dipasang dan keluar biaya, dibatalkan lagi," cetus saya kesal. "Kali ini beneran Bu, orangnya sudah siap bayar. Dia bilang bisa lanjut 1 tahun." Okeh deh kakak, saya pun kemudian menginstruksikan pemasangan wall paper. Semoga saja kali ini benar-benar jadi, kalau tidak alamak! Tobat dah.

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Sekarang menuju ke resep ayam saus coklat kali ini. Resep dengan slow cooker sebenarnya kalau mau dieksplorasi tak terhingga banyaknya. Satu hal yang saya suka memasak dengan alat ini adalah semua bahan cukup diceburkan menjadi satu kedalam panci, dan dibiarkan hingga matang. Tidak perlu ditengok-tengok dalam waktu tertentu, selama air cukup maka makanan tidak akan gosong. Cocok untuk si pemalas seperti saya yang lebih suka menunggu makanan matang dengan tidur-tiduran di kasur, daripada sport jantung akibat kelupaan mematikan kompor. Nah ayam di resep bisa juga digantikan dengan daging sapi, hidangan ini biasanya disebut dengan pot roast. Bedanya, jika pot roast biasanya daging sapi ditumis sebentar didalam panci diatas kompor, kemudian daging dimatangkan dengan memasukkan panci kedalam oven. Hidangan ini paling tokcer disantap dengan kentang rebus atau kentang tumbuk, side dish-nya berupa sayuran rebus seperti wortel, buncis, brokoli atau kembang kol.  Makanan kemudian dikucurkan dengan saus coklat dari kaldu rebusan yang gurih, menjadi hidangan sedap dan mengenyangkan.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Ayam Saus Coklat (Slow Cooker)
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep slow cooker lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Sup Iga Sapi Sawi Asin dengan Slow Cooker
Slow Cooker Apple Butter
Spaghetti Meatballs Keju dengan Saus Tomat Homemade

Bahan dan bumbu ayam:
- 1 ekor ayam negeri yang gemuk (besar)
- 1 sendok makan mentega untuk menumis
- 1 buah bawang bombay, cincang kasar
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 250 ml air
- 2 sendok makan kecap Inggris (Worcestershire sauce)
- 2 sendok makan kecap asin
- 1 sendok makan gula palem bubuk
- 1 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/4 buah pala, diparut/dihaluskan
- 5 butir cengkeh
- 1 batang kayu manis
- 4 buah kapulaga
-  1 1/2 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 100 ml air

Bahan dan bumbu kentang tumbuk:
- 3 - 4 buah kentang ukuran besar (600 gram), kupas dan rebus hingga lunak
- 150 ml krim kental/heavy whipping cream
- 1 sendok makan mentega, dicairkan
- 50 gram keju cheddar parut
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- daun peterseli cincang, secukupnya

Cara membuat:

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Siapkan ayam utuh, gosok permukaan dan rongga dalam perut ayam dengan 3 sendok makan garam. Cuci bersih, tiriskan. Masukkan ayam ke dalam panci slow cooker. Sisihkan.

Siapkan panci, panaskan 1 sendok makan mentega. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang, angkat. Tuangkan tumisan ke dalam panci slow cooker berisi ayam, masukkan air, kecap Inggris, kecap asin, pala, gula palem, merica, kapulaga, cengkeh, kayu manis dan garam. Tutup panci, set di posisi 'high' dan masak selama minimal 3 jam hingga ayam matang. Tiriskan ayam dari kuahnya. Sisihkan.

Membuat saus coklat:

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Tuangkan kuah rebusan ayam ke panci bekas menumis bumbu. Masak hingga saus mendidih, tambahkan larutan maizena bertahap hingga tercapai kekentalan yang diinginkan. Cicipi rasa saus, sesuaikan garamnya. Jika saus terlalu kental tambahkan sedikit air panas, dan jika terlalu encer tambahkan larutan tepung maizena. Angkat, sisihkan.

Membuat kentang tumbuk:
Masukkan kentang rebus ke mangkuk, hancurkan dengan garpu hingga lumat. Masukkan merica, garam, mentega cair dan krim kental, kocok dengan mikser speed rendah hingga teksturnya lembut, halus dan menggumpal. Tambahkan keju dan daun peterseli cincang, kocok hingga smooth. Cicipi rasanya, sesuikan asinnya. Jika kentang terlalu pekat bisa menambahkan porsi krim kental. 

Resep Ayam Saus Coklat (Slow Cooker) JTT

Sajikan ayam dengan kucuran saus coklat dan kentang tumbuk.



18 komentar:

  1. Halo mbak endang... selalu suka dgn ceritanya... bersyukur yah sdh punya apartemen dan rumah sekaligus... semoga Allah menyegerakan jodohnya...biar nggak sendirian terus 🙏🙏... btw resepnya ak kira pake cokelat beneran utk saosnya...ternyata cuman warna saos yah yg cokelat krn gula palm dan rempah2 lainnya...😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Mba atas doanya, moga bisa disegerakan ^_^

      hehehe, nggak pakai coklat Mba, warnanya saja yang coklat.

      Hapus
  2. Mba Endang tinggal di Cilebut ... Jangan2 kita pernah satu gerbong desak2an sampai Jakarta mbaa ... Salam rocker ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum Mba, saat ini masih di jaksel hehhehe. Saya kadang sabtu atau minggu ke cilebut, soalnya ada adik saya yang juga tinggal disana hehehhe

      Hapus
    2. rumah saya cikini, kantor saya di depok. seringkali sedih pake banget kalau liat gerbong dari bogor ke jakarta. berjubel mba..

      Hapus
    3. betul Mba Wulan, kadang saya bermimpi, kapan yaaa kerete jkt bogor itu dibuat 2 tingkat wakakka, kan bs muat banyaak

      Hapus
  3. Semoga yang mau sewa apartemen kali ini berlanjut ya mbak......

    BalasHapus
  4. kisah sewa apartement nya sukses bikin saya baper.. trus gimana ending nya mba endang? iiiihh kan saya nya kepo wkwkwkkk.

    kalau resep ayam nya, saya simpen dulu. nunggu wangsit dan mood yang kece untuk eksekusi

    semoga sehat2 terus ya mba.. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakka, thanks Mba, ntar saya lanjutkan ke cerita berikutnya yaaa. Kadang saya lupa mau update.

      Hapus
  5. Ooo kalau mau sewa apartemen gitu, si penyewa bisa request fasilitasnya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau apartemen full furnished rata2 bisa request mba. Soalnya kan banyak pilihan lainnya, jadi pemilik biasanya akan kasih asalkan masih masuk akal hehehhe

      Hapus
  6. Dapat resep, dapat cerita menarik juga... jadi bertambah pengetahuan dari cerita-cerita mbak Endang. Terus cerita ya mbak.. dan posting resep-resep enak...

    BalasHapus
  7. Resep slow cooker lagee ya.. hmm bikin makin mupeng sm slow cookernya, merk apa mba end?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Putri, saya pakai Mitzui, dulu beli blender dpt hadiah slow cooker

      Hapus
  8. Terima kasih mb Endang, ini resep yang saya cari selama ini. Pingin cepet2 eksekusi. Kalo nggak pakai kecap Inggris & Kecap asin, kira2 rasanya ok nggak? Soalnya saya jarang masak pakai kecap Inggris & kecap asin. Bisa nggak diganti kecap manis? Sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
  9. Apakah dikasih saus coklat beneran?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...