14 November 2017

Resep Slow Cooker Apple Butter


Resep Slow Cooker Apple Butter

Sudah lama sebenarnya saya hendak mengeksekusi resep ini, mungkin bertahun-tahun yang lampau sejak menemukan makanan bernama apple butter. Berbeda dengan sepupunya applesauce, maka apple butter lebih smooth, gelap, shiny, kental, dan creamy. Tekstur ini dihasilkan dari proses memasak yang lama. Rencana tersebut terkendala semata-mata karena saya malas harus memutar otak menghabiskan apple butter yang dibuat, plus harga apel yang selalu mahal. Nah kebetulan minggu lalu supermarket disebelah kantor sedang menjual apel Fuji dengan harga murah, sekilo apel yang biasanya dibandrol harga tiga puluh ribuan kini hanya seharga tujuh belas ribu rupiah saja. Saya pun membeli berkilo-kilo apel hingga kulkas terlihat sesak dan susah dimasukkan makanan lainnya. Berhari-hari apel menjadi makanan selingan hingga rasa bosan mulai mendera. 

Tak kuasa menghabiskan apel berikutnya, saat weekend kemarin  akhirnya saya lantas membuatnya menjadi apple butter. Banyak resep bertebaran di internet dan cara termudah membuatnya adalah dengan menggunakan slow cooker. Semangat saya pun membumbung tinggi melihat prosesnya yang super mudah, dan dalam rangka memanfaatkan brown sugar Ricoman yang masih banyak di pantry, jadilah dua gelas apple butter yang super delicious. Kini saya justru tergila-gila dengan rasa selai apel ini di permukaan roti panggang. 😃

Resep Slow Cooker Apple Butter

Umumnya resep selai apel meminta menggunakan apel hijau Granny Smith atau jenis apel Malang yang terasa asam dengan tekstur keras, atau campuran antara apel hijau dengan apel jenis lainnya yang lebih lunak teksturnya. Saya hanya menggunakan apel Fuji yang terasa manis, dan teksturnya yang lunak sama sekali tidak mempengaruhi hasil akhir apple butter. Beberapa resep menganjurkan untuk menggunakan kulit apelnya sekaligus, saya tidak menghendaki serpihan kulit apel di selai, serta apel yang digunakan bukanlah jenis organik jadi saya mengupas apel dan membuang bijinya. 

Untuk pemanisnya saya menggunakan dark brown sugar. Saya mendapatkan banyak kiriman dark dan light brown sugar dari Ricoman, dan telah menggunakannya didalam berbagai masakan. Rasa brown sugar memang berbeda dari gula palem, gula pasir atau gula merah biasa. Brown sugar tidak semanis gula pasir karena tidak murni terbuat dari gula pasir, dan memberikan aroma dan rasa yang gurih pada makanan. Jika  anda  tidak memilikinya, maka ganti brown sugar di resep dengan 50 gram gula palem bubuk dan sisa porsi gula dengan gula pasir biasa. Mengganti 100% brown sugar dengan gula palem akan membuat selai memiliki rasa gula palem yang kuat dan menenggelamkan rasa dan aroma apel yang unik. 

Resep Slow Cooker Apple Butter
Resep Slow Cooker Apple Butter

Menggunakan slow cooker adalah cara termudah dan sangat efektif untuk memasak apple butter. Suhu rendah dan waktu memasak yang lama membuat apel menjadi sangat smooth, membentuk karamel dan terlihat shiny. Slow cooker juga membuat kita tidak khawatir masakan menjadi gosong walau dimasak dalam waktu yang lama. Aduk sesekali rebusan di slow cooker dan tinggalkan. Biarkan panci memasak apel dalam tempo lama hingga menjadi sangat lunak dan gelap.

Kita tentu saja bisa membuat apple butter dipanci biasa diatas kompor. Masak semua bahan dengan api kecil hingga teksturnya menjadi sangat lunak, kental dan warnanya berubah menjadi coklat gelap. Proses pemasakan yang lama menjadi pembeda antara apple butter dengan apple sauce yang berwarna lebih cerah dan tidak terlalu shiny. Jika kita memasak dengan panci biasa maka rebusan apel harus sering diaduk. Mengingat kita merebusnya tanpa tambahan air sedikitpun jadi air yang terbentuk murni berasal dari sari buah. Gunakan api yang kecil saat memasak agar masakan tidak cepat gosong. 

Resep Slow Cooker Apple Butter
Resep Slow Cooker Apple Butter

Walau applesauce dan apple butter dibuat dengan memasak irisan apel, rempah dan gula dalam waktu yang lama hingga apel berubah menjadi lunak seperti saus, namun sebenarnya kedua jenis selai ini berbeda. Applesauce dibuat dengan memasak apel hingga menjadi lunak, tapi tidak sampai kehilangan teksturnya, warnanya lebih coklat muda. Apel kemudian dihaluskan dengan blender, namun terkadang applesauce masih menyisakan potongan buah apel didalamnya. Jika kita terus melanjutkan memasak applesauce maka kita memperoleh apple butter. Apple butter dimasak dalam waktu lebih lama sehingga apel menjadi hilang teksturnya, menyusut, dan berubah menjadi karamel, glossy serta mudah untuk dioleskan pada permukaan roti. 

Ada banyak sekali resep yang bisa dibuat dengan menggunakan apple butter dibahannya. Cake, muffin, isian roti manis bahkan cinnamon rolls dengan apple butter didalamnya akan terasa lebih sedap dibandingkan hanya gula dan kayu manis bubuk biasa. Kreasi dengan apple buter tak terbatas dan resepnya pun banyak bertebaran di internet. Saya sendiri berkeinginan untuk menggunakannya pada satu resep cake atau cinnamon rolls, tentu saja jika apple butter yang dibuat kemarin masih tersisa di dapur. 😆

Resep Slow Cooker Apple Butter
Resep Slow Cooker Apple Butter

Apple butter tahan hingga 2 minggu lamanya di dalam kulkas, masukkan selai ke dalam wadah yang memiliki tutup. Disuhu ruang mungkin apple butter bisa bertahan hingga 4 hari lamanya, saya sendiri belum mencobanya. Mengingat konsistensinya tidak sepekat selai umumnya (seperti selai nanas) karena kandungan gulanya yang tidak terlalu tinggi maka memasukkannya ke dalam kulkas adalah cara penyimpanan yang aman.

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Slow Cooker Apple Butter

Slow Cooker Apple Butter
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk sekitar 700 gram selai

Tertarik dengan resep selai lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Homemade Selai Kacang
Selai Strawberry
Selai Kiwi

Bahan:
- 1.5 kg apel (resep menggunakan apel Fuji), bisa menggunakan jenis apel lainnya
- 150 gram dark brown sugar (saya pakai Ricoman Dark Brown Sugar)
- 50 gram gula pasir
- 2 batang kayu manis, masing-masing sepanjang 4 cm
- ¼ sendok teh cengkeh bubuk
- ¼ sendok teh pala bubuk
- ¼ sendok teh garam
- 1/2 buah jeruk lemon, peras airnya
- 2 sendok teh vanilla extract

Note: jika tidak memiliki brown sugar ganti dengan 50 gram gula palem bubuk dan 150 gram gula pasir biasa.

Cara membuat:

Resep Slow Cooker Apple Butter

Siapkan apel, bisa menggunakan jenis apel apapun. Kupas apel dan buang bijinya, iris tipis. Masukkan apel ke dalam wadah slow cooker. Tambahkan brown sugar, gula pasir, kayu manis, cengkeh, pala dan garam. Tutup slow cooker dan set di suhu tinggi dan masak selama 5 jam, turunkan ke rendah dan masak selama 2 jam. Pada tahap ini rebusan apel akan berubah kental, coklat dan sangat lunak. 

Matikan slow cooker, dan diamkan hingga dingin. Tuangkan apel ke dalam blender, tambahkan vanilla extract,  dan proses hingga halus. Tuangkan apple butter ke stoples, dan simpan di dalam kulkas. Apple butter tahan  hingga 2 minggu lamanya didalam kulkas dan sedap untuk olesan roti sebagaimana selai buah umumnya.  Super yummy!




5 komentar:

  1. mba ini hasil nya manis atau cenderung agak tawar kah? kalau brown sugar jadi 120gram aja nanti tawar gak?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. manis asam ya, tergantung jenis apelnya, kalau jenis manis gula bs dikurangi

      Hapus
  2. Kalau pakai kompor proses masaknya brp jam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai lunak dan tampilannya seperti gambar2 diatas

      Hapus
    2. hai mba aku ud bkin tp dimodif dikit hehhe jadinya cm 1kg (keadaan uda kupas kulit dan buang biji) plus brown suhar aja 150gr. masak pakai panci sekitar 45menit lalu diblender, enakkk

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...