08 November 2017

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce


Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce

Ada banyak ide untuk memanfaatkan saus barbecue yang beberapa waktu lalu saya posting di blog. Resepnya bisa diklik pada link disini ya. Rencana awal, sebenarnya saya hendak membuat ayam panggang utuh dengan olesan saus barbecue dipermukaannya, terus terang ayam panggang versi yang selama ini saya buat mulai terasa membosankan (jika setiap dua minggu sekali dieksekusi untuk bekal makan siang di kantor!). Resep ayam panggang utuh andalan saya bersama saus gravy-nya yang gurih bisa diklik pada link disini. Tapi di freezer saya masih memiliki sebungkus daging giling beku yang pernah dibeli disebuah supermarket dengan harga murah. 

Jika anda mengunjungi supermarket yang sama dengan saya, mungkin tahu mengenai sale daging giling beku yang dipaket bersama sebungkus pasta dan saus tomatnya ini. Gelap mata melihat harga yang murah, saya lantas membeli dua paket daging sekaligus. Nah apesnya ternyata daging giling tersebut terasa hambar, tidak moist, dan rasa gurih khas daging 'hampir'  tidak terasa. Agar si daging giling tetap bisa memberikan rasa sedap dan saya bisa menyantapnya dengan nikmat, sebungkus daging lantas saya permak menjadi spaghetti meatballs, resep disini ya. Sebungkus daging berikutnya saya olah menjadi meatloaf dengan saus barbecue yang mantap ini. 😄

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce
Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce


Meatloaf adalah masakan yang terbuat dari daging cincang/giling yang diberi aneka bumbu beserta tambahan bahan lainnya, dibentuk bulat memanjang seperti sebongkah roti tawar (loaf of bread), kemudian dipanggang atau diasap. Bentuknya yang seperti sebongkah roti ini dihasilkan dari proses memanggang cincangan daging didalam sebuah loyang loaf (loaf pan) atau membentuknya dengan tangan dan meletakkannya di sebuah loyang datar. Umumnya meatloaf dibuat dari daging sapi, namun jenis daging lainnya seperti kambing, babi, ayam, seafood, atau rusa juga sering dipergunakan. Meatloaf sendiri telah dikenal pada jaman Romawi, disebutkan didalam koleksi masakan Romawi, Apicius, sejak awal abad ke-5. Makanan ini merupakan menu tradisional masyarakat Jerman, Skandinavia, dan Belgia, dan masih bersaudara dengan bola-bola daging dari Belanda. 

Pada masa Great Depression di U.S., memasak meatloaf merupakan cara keluarga untuk mengurangi biaya bahan makanan. Meatloaf tetap sedap walau dimasak dengan menggunakan daging dari jenis yang murah. Tambahan bahan-bahan lainnya membuat volume masakan menjadi lebih banyak sehingga bisa disantap pada sesi makan berikutnya. Selain rempah dan bumbu maka bahan lain seperti biskuit asin, roti, oatmeal, atau sereal umum ditambahkan ke dalam adonan meatloaf. Tradisi menambahkan bahan-bahan lain ke dalam meatloaf bertujuan untuk menghasilkan hidangan dengan kadar lemak rendah namun memiliki kemampuan mengikat yang tinggi sehingga meatloaf tetap kompak dan tidak hancur ketika telah matang dan diiris.

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce
Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce

Meatloaf a la Amerika biasanya disantap bersama sejenis saus tertentu atau acar. Beberapa resep menggunakan saus tomat atau saus pasta yang disiram kepermukaan meatloaf selama  proses pemanggangan untuk menghasilkan lapisan crust (kerak). Saus dengan bahan dasar tomat ini bisa digantikan dengan saus coklat biasa atau saus bawang. Bisa juga menggunakan sup krim jamur, dan meatloaf tetap dimasak dengan cara yang sama. Saus barbecue, saus tomat, atau campuran saus tomat dan mustard juga sering digunakan. Saat disajikan, meatloaf biasanya dihias (garnished) dengan saus tomat atau 'saus meatloaf' yang terbuat dari campuran saus tomat dan brown sugar. Irisan meatloaf kemudian disantap bersama aneka sayur rebus, kentang rebus, kentang goreng, atau mashed potato.

Nah menuju resep meatloaf yang kali ini saya share. Proses membuatnya sangat mudah, jika anda memiliki food processor maka semua daging dan bumbu seperti bawang bombay, dan bawang putih bisa langsung dimasukkan ke dalam alat dan proses hingga hancur. Adonan dituangkan ke dalam mangkuk dan ditambahkan bahan-bahan lainnya. Poin minus yang sering ditemukan pada meatloaf adalah teksturnya yang kurang moist dan tidak mampu menggumpal sehingga hancur ketika diiris. Hal ini umumnya terjadi karena bahan campuran yang dipakai kurang memiliki kemampuan untuk mengikat dengan baik (misal terlalu banyak menambahkan cincangan sayuran), atau terlalu banyak menambahkan bahan tambahan lainnya dibandingkan porsi daging. Kurang telur di resep juga akan membuat adonan meatloaf menjadi beremah. Untuk mempertahankan teksturnya yang moist maka sedikit susu cair diperlukan di resep. Biskuit yang dipergunakan juga sebaiknya diaduk terlebih dahulu dengan susu agar lembab dan tidak menyerap cairan dari daging saat adonan dicampurkan. Selain biskuit maka breadcrumbs, oatmeal, dan roti tawar juga bisa digunakan. 

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce

Rasa spesial meatloaf dengan saus barbecue ini juga disumbangkan dari gula yang digunakan, saya menggunakan dark brown sugar dari Ricoman. Ricoman memiliki aneka jenis gula berkualitas yang sedap untuk produk baking maupun masakan, seperti light brown sugar, dark brown sugar dan gula castor. Saya bahkan pernah mengulas brown sugar Ricoman pada sebuah resep ginger cookies disini.

Brown sugar berbeda  dengan gula palem bubuk jadi jangan sampai salah mengira kedua jenis gula ini sama. Brown sugar terbuat dari gula pasir dengan butiran yang sangat halus (gula castor) ditambah dengan molasses. Molasses yang terbuat dari tetes tebu ini memiliki warna coklat gelap, aroma yang sedap dan bersifat melembabkan terutama jika dipakai pada cake, dan kue kering. Sedangkan palm sugar (gula palem) terbuat dari nira kelapa yang dimasak hingga kental dan diolah menjadi gula bubuk berwarna kecoklatan. Di meatloaf, brown sugar menambah rasa lebih sedap pada saus dan adonan daging. Saya juga menggunakan brown sugar didasar loyang, selain memberikan rasa lebih sedap, brown sugar juga membuat permukaan meatloaf menjadi lebih gelap, dan shiny ketika telah matang dan dibalikkan ke piring saji. 


Seperti ulasan pada paragraf sebelumnya, maka ada dua cara memanggang meatloaf: menggunakan loyang loaf seperti yang saya lakukan kali ini, atau membentuknya menjadi bulatan panjang di permukaan loyang datar beralas kertas baking. Saya menuangkan sebagian saus barbecue ke dasar loyang agar tekstur meatloaf lebih moist dan ketika dibalikkan lapisan saus membuat tampilannya menjadi cantik. Jika anda menggunakan loyang datar (bukan loaf) maka olesi meatloaf berulangkali dengan saus kala sedang dipanggang. Selebihnya membuat meatloaf super duper mudah, rasanya sangat sedap, dan resep ini bisa menjadi andalan kala mendapatkan daging cincang murah di supermarket. Meatloaf juga bisa dibekukan hingga 1 bulan lamanya. Telah beberapa hari ini menu makan siang saya adalah irisan meatloaf dengan barbecue sauce, dan saya belum merasa bosan. 😁

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce

Meatloaf dengan Barbecue Sauce
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 8 porsi 

Tertarik dengan resep dengan daging cincang lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:

Bahan meatloaf: 
- 400 gram daging sapi cincang (giling) 
- 300 gram daging ayam cincang (giling) 
- 1 buah  bawang bombay, cincang halus 
- 4 siung bawang putih, cincang halus 
- 100 gram biskuit asin dihancurkan kasar 
- 150 ml susu cair 
- 2 butir telur 
- 2 sendok makan mayonnaise
- 1 sendok teh merica hitam tumbuk kasar 
- 2 sendok teh garam 
- 1 sendok makan kecap Inggris (Worcestershire sauce) 
- 1 sendok makan saus tiram 
- 2 sendok makan Ricoman Dark Brown Sugar + 2 sendok makan untuk ditaburkan didasar loyang 
- 400 ml homemade saus barbecue (link resep disini)

Bahan pelengkap: 
- wortel rebus 
- kentang rebus 
- buncis rebus 

Persiapan:
Siapkan saus barbecue, kita akan menggunakannya untuk memanggang meatloaf dan saat makanan disajikan.

Rebus semua sayuran untuk pendamping hingga empuk dan matang. 

Hancurkan biskuit asin (biskuit keju) hingga menjadi serpihan kecil. Cara termudah dengan memasukkan potongan biskuit ke dalam kantung plastik dan pukul-pukul dengan kayu penggilas atau ulekan. Bisa menggunakan  jenis biskuit asin apapun.

Membuat meatloaf:

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce

Siapkan mangkuk, masukkan daging sapi, daging ayam, bawang bombay, dan bawang putih ke dalamnya. Aduk rata, sisihkan. Siapkan mangkuk lainnya, masukkan biskuit, telur, susu cair, mayo, merica, garam, kecap Inggris, saus tiram, 2 sendok makan Ricoman Dark Brown Sugar, aduk hingga rata. 

Tuangkan adonan biskuit ke dalam adonan berisi daging, aduk rata. Jika adonan terasa basah dan lembek tambahkan beberapa sendok makan biskuit yang dihancurkan. Cicipi rasanya dengan menggoreng secuil adonan. Sesuaikan rasa asinnya.

Resep Meatloaf dengan Barbecue Sauce

Siapkan loyang loaf ukuran 26 x 13 cm, taburkan 2 sendok makan Ricoman Dark Brown Sugar didasar loyang secara merata. Tuangkan 6 sendok makan saus barbecue diatas brown sugar. Masukkan adonan daging, dan ratakan permukaannya. Panggang di oven suhu 170’C selama 50 menit atau hingga permukaan meatloaf mulai sedikit kecoklatan. 

Keluarkan dari loyang. Diamkan selama 10 menit di loyangnya. Balikkan meatloaf dipiring datar. Oles permukaan meatloaf dengan 2 – 3 sendok makan saus barbecue. Potong meatloaf ketika sudah agak mendingin. Sajikan dengan sayuran rebus dan saus barbecue. Super yummy!

Sumber:
Wikipedia - Meatloaf



8 komentar:

  1. Duuh jd pengen bikin..enak bgt nih...gak usah ke resto..cukup eksekusi resepnya mbak Endang..dijamin Mak nyus...kmrn sy bikin bumbu Bali n ayam popnya jtt...sukses n pd sukaaa.mbak Endang pk kecap Inggris merek apa mbak?
    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nur, yep gak perlu ke resto Mba, mahal wakakka. Saya pakai kecap Inggris Lea & Perrins ya, rasanya enak

      Hapus
  2. Salut bgt deh buat ibu kita yg satu ini, ga berenti2 maenan di dapur. Hihihi
    Semoga mb endang selalu di berika kesehatan biar bisa berbagi ilmu terus, amin..
    Sy sering eksekusi resep2 dr mb endang, kmrn sy baru eksekusi ikan tuna tp sy pakai bumbu asam manis pedas mb endang. Cuma sy keep pedasny, anak sy blm berani pedes. Hehehe... Dan anak sy bilang, hebat bibu.. Mantap jiwa masakanny. Padahal yg hebat mb endang, sy mah cuma nyontek. Hihihi...
    Mb, minta saran dong. Cake yg pas buat tart ulang tahun apa ya? Biar ga terlalu eneg klo di kasih butter atau fondant,,,
    Makasih ya mb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tya, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka. Cake ultah saya suka bingung wakkaka, tipe sponge cake oke mba, lembut tapi gak terlalu berat. Bisa cokklat atau vanila, keduanya oke ya.

      Hapus
  3. seneng dapet resep baru buat bekal anak n suami;) btw mbak endang,klo pengganti saus tiram dan kecap inggris apa ya mbak?krn alergi tiram,dan kecap inggris suami kurang suka,maturnuwn
    Ima pasuruan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Ima, skip saja Mba, tetap enak kok asalkan mayp-nya nggak diskip ya.

      Hapus
  4. Haii mbk endang, mbk maaf nih oot mbk punya resep tahu campur khas lamongan gx?, tx cari di kolom pencarian kok gx ada. Sasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sasa, saya belum pernah bikin tahu campur khas lamongan Mba, kalau tahu campur saja sih ada ya.

      http://www.justtryandtaste.com/2014/12/resep-pembaca-jtt-tahu-campur-la-elmi.html

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...