10 November 2017

Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas


Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas

Saya pernah menghadirkan masakan sejenis ini sebelumnya, namun kali ini resep tersebut saya remake dengan sedikit tweak. Ketika ke Batam beberapa waktu yang lalu, kakak saya mengajak makan siang di sebuah resto sup ikan di kota tersebut. Sup ikan adalah masakan yang sepertinya menjadi ciri khas Batam karena dimana-mana kita bisa menemukan menu serupa. Sup ikan yang umum diperjualbelikan biasanya berkuah bening sedikit keruh dengan potongan fillet ikan putih, rajangan tomat hijau, terasa segar, light, dan tidak asam. Kali ini kakak saya mengenalkan jenis sup ikan yang berbeda dan saya sama sekali tidak kecewa dengan rasanya yang asam segar. 

Resto sup ikan tersebut terletak di sebuah ruko yang banyak dipenuhi dengan aneka resto yang menjual Chinese food. Restorannya tidak terlalu besar, kursi-kursi dan meja diletakan sebagian diluar resto dan saat jam makan siang penuh sesak dengan pengunjung yang sedang menikmati sup dan aneka masakan dari seafood lainnya. "Kalau kesiangan sedikit supnya habis. Disini luar biasa laris," jelas kakak saya waktu itu, jadi tak heran kami langsung meluncur kesana setelah menjemput saya di bandara Hang Nedim. 

Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas
Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas

Kami diminta memilih jenis ikan apa yang akan digunakan dari dalam sebuah cooler. Kakap, kerapu, ikan kakak tua, bawal, kuwe dan banyak jenis ikan segar lainnya tertimbun segunung es batu di kotak pendingin. Kami lantas memilih kakap merah dan bawal, dan tukang masak langsung membersihkan ikan dan memasaknya. Uniknya sup ikan disini adalah kuah terpisah dengan ikannya. Jadi ikan yang sudah dibersihkan kemudian di kukus dan disajikan bersama kuah sup yang berwarna merah cerah, berisi potongan tomat, daun bawang, dan nanas, terasa asam pedas dan super segar. Walau ikannya hanya dibumbui sederhana dan dikukus namun aromanya sama sekali tidak amis, mungkin karena ikan yang dipakai masih fresh. Dagingnya yang putih terasa kenyal dan lembut, dan karena ukurannya yang besar maka saya menyantapnya dalam dua sesi, untuk makan siang dan makan malam. 😃

Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas
Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas

Terbayang dengan menu serupa, ketika memiliki ikan kakap minggu lalu, saya lantas mengolahnya menjadi sup yang sama. Sayangnya ikan kakap  merah yang saya pakai tidak sesegar ikan di Batam, jadi saya tidak mengukusnya seperti yang dilakukan di resto, namun merebusnya langsung bersama bumbu sebagaimana sup ikan umumnya. Untuk warna kuah yang merah,  tips penting adalah menggunakan cabai merah kering yang dihaluskan. Dulu ketika kami masih tinggal di Tanjung Pinang, Ibu saya selalu menggunakan cabai kering sebagai bumbu karena disana harga cabai kering lebih murah dibandingkan versi segarnya. Namun di Jakarta, cabai kering justru agak sulit ditemukan, tapi setahu saya di supermarket Lotte Mart selalu ada. Saya suka cabai merah kering dimaskaan, selain memberikan warna yang lebih gonjreng juga membuat kuah lebih kental. Selain itu cabai merah kering juga membuat masakan lebih tahan lama karena kandungan air yang hampir zero, misalnya saja pada masakan balado. 

Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas

Hal terpenting saat menggunakan cabai merah kering adalah cabai harus direndam terlebih dahulu dengan air panas untuk membuatnya lunak, mengembang, dan mudah dihaluskan. Jaman dulu, Ibu saya menghabiskan banyak waktu didapur untuk mengulek cabai kering yang teksturnya lebih liat dibandingkan versi segarnya ini, kini tentu saja semuanya lebih praktis dengan blender. Untuk urusan menghaluskan bumbu, saya tidak terlalu memusingkan opini yang mengatakan bumbu dihaluskan dengan cobek terasa lebih sedap dibanding blender, menurut saya semua kembali lagi ke komposisi bahan dan bumbu, serta tentu saja balancing antara garam dan gula. Nah agar rasa sup lebih segar dan spesial maka jangan skip penggunaan nanas di resep. Sup ikan, baik menggunakan resep dibawah atau jenis lainnya akan terasa lebih sedap dengan tambahan potongan nanas. 

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas

Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 porsi

Tertarik dengan resep sup lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Resep Sup Ikan a la Singapore
Resep Sup Seafood Batam
Resep Lempah Ikan Kakap dengan Daun Kedondong

Bahan:
1 ekor ikan kakap (+ 500 gram), siangi. Biarkan utuh. Lumuri dengan air perasan 1 buah jeruk nipis + 2 sendok teh garam. Diamkan 20 menit di kulkas. Cuci bersih. 

Bumbu dihaluskan:
- 5 buah cabai merah kering, rendam air panas hingga lunak (atau 4 buah cabai merah keriting segar)
- 4 buah cabai rawit merah
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 cm jahe
- 1 cm kunyit
- 1 sendok teh terasi bakar (optional)

Bumbu & bahan lainnya:
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
- 2 lembar daun jeruk
- 2 sendok makan gula jawa sisir halus
- 2 sendok teh garam
- 3 sendok makan air asam jawa
- 400 ml air
- 1 buah tomat merah, iris tipis
- 200 gram nanas, potong dadu
- 1 batang daun bawang, rajang kasar

Cara membuat:

Resep Sup Asam Pedas Ikan Kakap dengan Nanas

Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan berwarna lebih tua. Aduk-aduk selama dimasak agar tidak gosong dan jangan gunakan api terlalu besar. Masukkan serai, dan daun jeruk, tumis hingga layu. Tambahkan air, gula, garam dan air asam jawa, masak hingga mendidih. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asin dan manisnya. 

Masukkan ikan kakap, masak hingga kira-kira satu sisi matang, balikkan dan masak sisi lainnya. Jangan sering membalik-balik ikan saat dimasak agar tidak hancur.

Masukkan nanas, tomat dan daun bawang. Lanjutkan memasak selama 2 menit hingga nanas matang dan agak lunak. Angkat.  Sajikan panas dengan nasi hangat. Super yummy!



6 komentar:

  1. Resep ini bisa pakai ikan selain kakap mbak?

    BalasHapus
  2. Setuju bgt ma Mba Endang soal cobek vs blender. mpe gempor ngulek pake cobek ga bisa halus2, kurang bakat sepertinya ehehehe..
    ditambah kemangi makin oke kali ya mba.
    -Mala-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mala, haa iya, capek dan gak halus yaaa. Pakai kemangi enak Mba

      Hapus
  3. Sueger bgt supnya mbak Endang ..Mbak Endang...dah pernah nyoba pake meat grinder gak ya?..
    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nur, yep segger Mba hehhe. Saya ada meat grinder tapi membersihkannya susah, jadi menururt saya blender lebih praktis hehhee

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...