15 April 2012

Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang yang Crispy & Super Yummy!



Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Anda tidak perlu memiliki oven jika ingin menikmati sepotong pizza yang yummy! Masa sih? Yep! Karena pizza goreng yang lezat ini bisa menjadi alternatif solusi bagi yang malas berurusan dengan oven dan rasanya tak kalah sedapnya dengan versi panggangnya. Jika anda masih tidak percaya, saran saya adalah bertanya pada Ririn, sepupu saya, yang pada hari Minggu nan cerah ini berkunjung ke rumah Pete untuk belajar membuat cake dan pizza ^_^. Hmm, another amatir cooking class yang berakhir dengan sukses, menyenangkan dan tentu saja mengenyangkan. Ririn pulang ke kampus tercinta di Bogor dengan membawa hasil praktek berupa pizza goreng dan cake jagung manis serta segudang foto yang dijepretnya menggunakan ponsel untuk di upload di Facebook. Ahh, sweet Sunday indeed. ^_^

Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang
Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Pizza goreng atau fried pizza sebenarnya bukan makanan yang asing, telah cukup lama saya membaca artikel mengenai makanan ini di Wikipedia. Deep-fried pizza merupakan makanan yang umum di jumpai di kafetaria di Skotlandia. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1970 an dan merupakan jenis pizza cepat saji termurah. Biasanya deep-fried pizza disajikan bersama dengan keripik kentang dalam porsi utuh atau separuh porsi tanpa keripik kentang. Pizza ini umumnya digoreng tanpa melumuri permukaannya terlebih dahulu dengan adonan tepung walaupun varian lainnya yang dikenal dengan nama 'Pizza Crunch' sebelum digoreng dalam minyak panas yang banyak pizza dilumuri terlebih dahulu dengan adonan tepung yang tebal.

Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Selain Skotlandia, pizza goreng ternyata juga dikenal di Italia. Ada dua versi pizza goreng yang umum disajikan di sana. Jenis pertama adalah jenis pizza goreng yang dibuat dengan melekatkan dua lapisan adonan berbentuk piring lebar yang berisi tomat, keju, daging dan  bahan-bahan lainnya. Sementara versi lainnya berupa piringan adonan pizza tanpa topping sama sekali yang digoreng dalam minyak panas yang banyak dan disajikan dengan taburan garam atau gula. Resep masakan ini memiliki banyak nama di seantero negara Italia (mulai dari pizzarella di Roma, avvotolo di Perugia, ciaccia di Arezo, gnocco fritto di Bologna, torta fritta di Parma dan masih banyak lagi) dengan beberapa modifikasi yang berbeda di setiap resepnya.

Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Untuk membuat pizza goreng ini sangat mudah dan prosesnya terbilang cepat, bahkan menurut saya lebih cepat dari versi panggangnya. Adonan pizza yang telah mengembang, lantas dipotong-potong menjadi beberapa bagian kemudian masing-masing bagian di tipiskan membentuk piringan yang siap untuk di oles dengan saus dan diberi aneka topping. Saya menggunakan saus sambal botolan untuk mengolesi permukaan adonan pizza dan tumisan daging cincang yang dimasak dengan saus spaghetti, saus tomat dan aneka bumbu sebagai isinya. Taburkan juga keju cheddar atau mozarrela atau keju Kraft mudah meleleh yang selalu menjadi favorit saya jika membuat pizza, karena mirip mozarrela namun dengan harga yang jauh lebih murah. Tutup permukaan pizza yang telah diberi topping dengan adonan lainnya yang telah ditipiskan kemudian tekan dan rapatkan bagian tepinya.

Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Berbeda dengan versi Skotlandia dan Italia dimana pizza digoreng dalam minyak yang banyak, maka pizza goreng yang saya buat cukup digoreng dengan menggunakan sedikit minyak yang berfungsi hanya untuk membasahi loyang saja. Cara ini tentu saja untuk mengurangi kalori si pizza yang telah cukup berat dan memangkas penggunaan minyak goreng yang berlebihan. Goreng pizza di penggorengan anti lengket hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Pizza goreng ini terasa crispy pada permukaanya kala masih panas dan lembut di bagian dalamnya dengan lelehan keju gurih bercampur tumisan daging yang tasty. Super yummy! 

Ingin mencoba membuat pizza goreng tetapi dengan berusaha memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas rumah anda? Nah, pizza ini sebagaimana versi panggangnya sangat fleksibel sekali. Anda bisa mengisinya dengan sosis, ayam suwir, sardin kalengan, tuna bahkan dengan aneka tumisan sayuran, semuanya lezat. Jadi tunggu apalagi? Yuk, kita langsung tilik saja resep dan proses pembuatannya di bawah ini. ^_^

Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang
Resep adonan pizza diadaptasikan dari Peter Reinhart's Napoletana Pizza Dough Recipe dari website 101 Cookbooks Heidi Swanson
Resep isi daging cincang hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 buah pizza diameter + 15 cm

Bahan adonan pizza:
- 530 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar) + 50 gram untuk menabur meja dan menguleni adonan
- 370 ml air dingin
- 30 ml minyak goreng, saya menggunakan minyak zaitun
- 1 sendok teh ragi instan (7 gram), pastikan fresh, ragi masih aktif dan cek masa kedalursanya

Bahan dan bumbu isi daging cincang:
- 370 gram daging sapi cincang
- 4 butir bawang merah, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 4 sendok makan saus spaghetti botolan siap pakai
- 2 sendok makan saus tomat
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk instan
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- seujung kuku mixed herbs/Italian seasoning
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan lain:
- saus sambal botolan secukupnya untuk olesan, jika suka
- keju Kraft cheddar atau Kraft mudah meleleh, secukupnya

Cara membuat:
Membuat isi daging cincang


Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. 

Masukkan daging sapi cincang, masak dan aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan saus spaghetti, saus tomat, gula, garam, kaldu bubuk dan mixed herbs. Aduk rata. Masak hingga tumisan daging mengering dan matang. Cicipi rasanya. Angkat.

Membuat adonan pizza
Untuk proses pembuatan adonan pizza yang lebih detail, anda bisa klik disini. Adonan tidak perlu dibuat satu hari sebelumnya sebagaimana yang tercantum di resep Pizza Pepperoni yang pernah saya posting di link tersebut.


Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan adonan. Aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan basah yang kasar. Siapkan meja datar, taburkan tepung pada permukaan meja. Tuangkan adonan tepung ke atasnya. Uleni adonan hingga lembut, lentur dan kalis. Sesekali taburi permukaan meja dan lumuri tangan anda dengan tepung jika adonan terasa lengket di tangan. 

Adonan yang terbentuk lembek dan lentur jadi jangan menambahkan banyak tepung ke dalamnya. Selalu taburkan tepung pada meja tempat menguleni adonan dan bukan langsung pada adonan.

Jika adonan telah kalis, olesi mangkuk bekas menguleni adonan dengan minyak goreng. Bulatkan adonan dan letakkan di tengah mangkuk. Tutup dengan kain bersih dan istirahatkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat.


Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Kempiskan adonan dan bagi menjadi 12 potong, masing-masing dengan berat sekitar 80 - 100 gram. Bulatkan sepotong adonan dengan menggelindingkannya di telapak tangan. Letakkan di permukaan meja bertabur tepung. Pipihkan bulatan adonan dengan menekannya menggunakan ujung jari dan telapak tangan hingga adonan melebar dengan diameter + 15 - 20 cm. 


Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Olesi permukaannya dengan saus sambal menggunakan kuas hingga rata. Taburi dengan 2 - 3 sendok makan tumisan daging cincang. Taburi dengan keju Kraft mudah meleleh atau cheddar secara merata di atas tumisan daging. 

Ambil sepotong adonan lagi, bulatkan dan pipihkan menjadi bentuk piring lebar dengan diameter yang sama. Letakkan adonan ini ke permukaan adonan yang telah ditaburi dengan tumis daging dan keju parut. Rapatkan dan tekan-tekan bagian pinggirnya dengan ujung jari agar menyatu rapat sehingga isi tidak berhamburan keluar. 


Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Menggunakan telapak tangan, tekan bagian tengah pizza secara perlahan hingga melebar dan tidak terlihat gendut di bagian tengah sambil jari-jari tangan merapikan bentuknya agar membulat cantik.


Resep Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang

Siapkan pan penggorengan teflon anti lengket, basahi permukaan wajan dengan 1 -2 sendok makan minyak goreng, ratakan. Panaskan wajan kemudian letakkan pizza yang telah diisi ke tengah wajan. Tekan dan rapikan dengan spatula hingga bentuknya bulat rapi.

Goreng dengan api kecil hingga permukaan bawahnya kuning kecoklatan, balikkan pizza dan goreng sisi sebelahnya hingga matang. Angkat dan tiriskan di piring beralas tissue dapur. 

Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. 

Pizza siap disantap panas-panas dengan saus sambal. Yummy!

Sources:
Resep adonan pizza diadaptasikan dari Peter Reinhart's Napoletana Pizza Dough Recipe dari website 101 Cookbooks Heidi Swanson 
Wikipedia - Deep-fried pizza



82 komentar:

  1. Wahhh... yummyy...
    Untuk adonannya lembut mana dibanding pizza bun mba??

    Oiya, salam kenal
    Saya penggemar blog mba lho, suka masak tapi ga suka yang ribet2 ^_^

    -fitria-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal ya. Untuk adonan lebih lembut pizza bun, yang ini aga kenyal ya, biasanya saya pakai adonan ini untuk pizza panggang dengan toping karena rotinya crispy dan enggak mudah membuat bosan. Tapi kalau mau versi lembutnya pakai yang pizza bun saja ^_^. Selamat mencoba dan sukses selalu ya!

      Hapus
  2. pengiiiiin nyoba....oya mb end...brownies crunchy resep dr mb end masih laris manis tiap kl aq nyoba bikin...n beberapa kl jg jadi ada beberapa temen yg pesen buat
    arisan..ktnya ini br brownies beneran...lembut n nyoklat bgt.trims bgt mb end....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wess, silahkan dicoba pizza gorengnya. Gampang banget dan yummy rasanya. Wahhh, borwniesnya kayannya menjadi favorit ya hahaha. Gak nyangka, sippp senang mendengarnya Mba. Sukses bisnis kuenya ya hahhaha

      Hapus
  3. Mbak, saya udah coba resep brownies panggangnya. Enak banget. Sekalian mau tanya mbak, mbak pake oven listrik apa ya? Saya ingin beralih ke oven listrik, karena si otang dirumah sudah mau pensiun. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Renata, saya di rumah pakai oven Sico, memang wattnya gedhe tapi stabil panasnya dan kuat. Harganya saya kurang tahu karena ini oven dipinjamin sama adik saya hahahha.

      Hapus
  4. siang mba, slam kenal,, saya syahrul, pgen bnget nyoba ini, wat adik2 saya,, tpi bahan yg mixed herbs/italian seasoning itu optional ga mba?? bsa di ganti ga ya,,

    newbie bnget di urusan beginian,, ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Syahrul, salam kenal juga ya & thanks. Mixed herbs nya skip saja, jika sudah pakai saus spaghetti botolan sebagai salah satu sausnya, karena saus spaghetti sudah mengandung serbuk rempah ini jadi aromanya udah oke. Resepnya sangat mudah jadi newbie seperti kita pasti bisa hahah. Salam buat adik-adiknya ya. ^_^

      Hapus
  5. mba..kalo ragi instannya diganti fermipan bisa ga?
    saya suka liat2 resep di blog mba soalnya yummy-yummy seh

    salam kenal (nita)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nita, Fermipan dan SAF adalah merk ragi instan yang umum dijual di pasaran. Jadi tentu saja menggunakan Fermipan oke-oke saja ya Non. Saya juga pakai merk itu di rumah hehehe. Sukses dengan pizza gorengnya ya ^_^

      Hapus
  6. kemarin pagi saya bikin ini, utk bekal suami ke kantor. pas liat saya bikin, suami bilang mau bawa 2 buah aja, cukup. tp saya kasih 4 buah. pas pulang malamnya, katanya enak banget, 4 dimakan semua, temennya ga ada yang dikasih... hehehe... makasih ya mbaaaakk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okeh, sippp, senang mendengarnya, wah lama2 suami bisa gendut nih hahahah

      Hapus
  7. hi mbak endang. Q pengen nyoba resep mbak yang ni tp di tempatku susah nyari saus spageti apalagi mixed herbs. maklum mbak, di kampung hehehe...Kira2 bisa diganti bahan lain nggak mbak? biar tetep enak gitu. btw, makasih resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, kalau tidak ada saus spaghetti, skip saja, tambahkan saja takaran saus tomatnya, bisa dicampur dengan saus sambal botolan juga. Mixed herbs gak pakai gpp Mba, hehehe. Asalkan taste asin manisnya sudah pas pasti oke kok rasanya.

      Hapus
  8. mbak, mau nanya donk...kira2 kalo bikin pizza goreng ini pake adonan roti yang ga pake diuleni itu..bisa ga ya?hehehe
    maless nguleninnya...
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, bisa kok. Btw nguleninya gak susah kok, adonannya lembut dan lemas.

      Hapus
  9. halo mbak, pizza goreng nya menggoda nih untuk dicoba ^^, cuma saya mau nanya, itu adonannya (setelah dikasih filling) bisa di stok di kulkas gak ya? trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Wilda, sebaiknya kalau mau distok di kulkas jangan dikasih filling dulu, atau kalau pakai filling jangan simpan lama. Besok langsung digoreng ya. Jangan lupa dimasukkan wadah yang tertutup rapat supaya adonan tetap lembab. Moggo dicoba ^_^

      Hapus
  10. Hallo Mba...
    Sy br baca2 blog mba nihh...menarik & tiba2 pengen coba bikin pizza goreng, unt pizza goreng adonannya gak pake garam ya mba? Adonan yg sdh dibuat itu kira2 bisa tahan berapa lama/ hari yaa...? (maksutnya bikin adonan yg banyak sekalian & kalo pengen bs bikin langsung pizza gorengnya tanpa perlu bikin adonan lagi)
    Makasih mba...salam kenal yaaa

    Hans

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga ya. Yep gak pakai garam, kalau mau tambah garam bisa kok, kasih saja 1/2 sendok teh ya. Adonan di kulkas (chiller) hanya tahan semalam saja, dan kudu ditutup rapat, nggak boleh kena udara kulkas. Jika di simpan di freezer bisa sampai 1 bulan lamanya dalam wadah rapat juga ya.

      Hapus
  11. Makasih Mba Endang ats responnya...mw tanya lagi, sy sdh baca semua cara membuat adonan pizza diblog mba ini..kok ada yg pake garam ada yg gak ya? Bedanya apa ya? Lalu ada yg pake air dingin ada juga yg pake air hangat? Bedanya juga apa ya?
    Smua adonan pizza yg mba buat itu maksimal bisa bertahan berapa lama/hari?
    Makasih ya mba sebelumnya...maaf banyak tanya...heheheee

    Salam
    Hans

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Bro Hans, adonan pizza saya diambil dari aneka resep pizza yang saya suka coba2, jadi bisa beda2 bahannya. Untuk tahu manfaat masing2 bahan di roti (pizza) bisa baca2 link posting saya ini ya: http://www.justtryandtaste.com/2012/06/buatlah-roti-anda-sekarang-i-roti.html

      air hangat atau dingin: air hangat membuat ragi aktif bekerja sehingga proses fermentasi lebih cepat tandanya roti mengembang dengan cepat. Air dingin ragi bekerja lebih lambat, namun rasa roti yang dihaslikan lebih sedap karena ragi memiliki waktu cukup untuk mendevelop rasa. Pilih mana? tergantung kebutuhan dan waktu ya. ^_^

      Adonan roti hanya bisa bertahan semalam saja di chiller kulkas, lebih dari itu ragi akan mati karena kekurangan makanan (kecuali gula ditambahkan), akibatnya adonan akan terasa pahit seperti alkohol. Kalau dbekukan bisa untuk 1 bulan lamanya, saya sudah pernah coba.

      Pizza sebenarnya sama dengan roti, jadi prosesnya gak jauh beda ya.

      Moga membantu. Sukses selalu!

      Hapus
  12. Makasih Mba Endang...ilmunya bermanfaat bangett...sy akan coba praktek bikin pizza sendiri di rumah special buat anak2 & istriku tercinta...heheheee

    Salam
    Hans

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mas Hans, silahkan dicoba, moga sukses ya! Gak ada yang lebih enak selain pizza buatan sendiri ^_^

      Hapus
    2. Dear Mba Endang...
      Dr coba2 bikin pizza sendiri di rmh berkat resep2 yg yg Mba Endang posting...menginspirasi sy untuk buka usaha pizza sendiri di rmh...
      Doa'in ya Mba...besok Jum'at (05.07.13) sy akan buka gerai pizza pertama sy di Teras Alfamart Kotabumi 4, Kotabumi-Tangerang
      Nama Gerainya Pizza Hit's, Indonesia Pizza By Mr. Han

      Makasih mba...sukses selalu yaaa!!

      Salam
      Hans

      Hapus
    3. hai Bro Hans, wah senang sekali membacanya! Sip, saya doakan semoga sukses usahanya ya! ^_^

      Hapus
  13. Mba,dah nyoba pizza gr nya,hmm yummi,,kesekian kalinya nyoba resep2 yg da di blog nya mba endang,yg gagal cuma keripik bawang,g renyah,xixix,,suka bgt,,,klu buat usaha kuliner kynya bagus neh,,makasih yaa mb endang,luv somaaaadhhh deeh:p,,,deti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Deti, wah senang pizzanya sukses. loh keripik bawang gagal ya? kurang renyah ya, setahu saya yang suka gagal itu keripik tempe hehehhe. rada2 susah memang. thanks sharingnya ya. sukses selalu!

      Hapus
  14. mba ragi yg duah dibuka disimpan di freezer ato kulkas ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasa simpan di kulkas saja Mba (chiller), dalam wadah tertutup rapat gak boleh kena udara ya.

      Hapus
  15. Lapor mbak Endang, barusan tadi pagi saya buat ini untuk Lunch. Hasilnya Oke bgt. Rotinya enak. cuman kayaknya agak hambar, mungkin enak kl dikasi sedikit garam di dough nya ya. Untuk isinya saya pakai sosis sapi..... Mantab.....anak-anak suka. Kemaren Sabtu saya cobain Ayam Percik & Nasi Lemak. Ayamnya wenakkkk bgt.Thanks for sharing the recipes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ina, yep silahkan ditambahkan garam di adonannya supaya lebih asin ya. Karena isian saya tumisan daging cincang yang rasanya sudah nano2 maka adonannya saya buat plain. Tapi kalau pakai sosis memang tambah garam lebih sip.

      thanks sharingya Mba Ina, sukses selalu ya!

      Hapus
  16. Mb Endang... aku udah coba resep yang ini... siiip & sukses, weeenaaak puooool (terharu). Pas pizza pertama jadi dan diincip rasanya kreezz-kreezz deh. Tp anakku ga begitu suka ma isinya. Kebetulan ada meses ma keju, muncul ide buat isi ma bahan itu.. anakku tak ajak bikin mbak, pas matang dan dimakan, dia suka bangeeet.. enaaak katanya ^^, (suami jg lebih suka isi keju ma meses).. akhirnya muncul tantangan baru dari anakku, "ibu harus bikin lagi tapi isi meses dan keju yaaaaa??" ... wooookeeeh!! makasi mbak Endang.. aku jadi keranjingan baca blog ini dan pengen nyoba smua resepnya.. sukses terus yaaaa?? ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Cilla, thanks sharingnya ya, yep pizza diatas isinya bisa bervariasi tergantung kesukaan saja. sip, moga suka resep lainnya ya

      Hapus
  17. Mba endaaanng.. G pnya tepung cakra neh. Adanya kuncibiru and segitiga biru. Gpp kah? Dilema tinggal di kabupaten yg sedikit minimarketnya. Uhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tisha, bisa kok Mba pakai segitiga biru, gak harus cakra. saya juga seringnya sediain tepung segitiga dirumah hehhehe

      Hapus
  18. Pagi mbak, sy pengen buat resep pizza gorengnya... Mw nanya, klo saus tomatnya diganti dengan saus guacamole bisa ga ya? Sekedar eksperimen aja ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas andi, untuk eksperimen boleh2 saja kok hehehe, terkadang pizza ada juga yang pakai topping pesto ya, tapi saya kok paling suka pizza dengan topping tomato sauce dan guacamolenya buat cocolan tortila chips saja, yummy ehhehhehhe

      Hapus
  19. Siang mba... thank you resepnya, terlihat mudah dan patut dicoba, berhubung saya baru aja pindah ke daerah yg terpencil dan disini ngga ada yg jual pizza, jadi kepingin bikin sendiri, btw goreng pizzanya bisa kah di wajan cekung? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Medina, kalau mau menggunakan wajan cekung buat ukuran yang kecil2 saja ya, kalau terlalu besar bentuknya nanti gak bisa pipih seperti kalau menggunakan pan datar

      Hapus
  20. Sore,Mba Endang..Iseng2 wkt googling cari resep bakpao,,taunya ketemu blog'nya Mbak Endang..Langsung dipraktekkan dan berhasil..

    Terus sy coba jg resep nugget ayam dan berhasil jg,Mbak..Yummyyy bgt!!

    Nah,,setelah bbrp kali sy nyontek trs resep Mbak,,akhirnya sy ga tahn juga utk ga komen dan ucapin makasih buat MbaK Endang..
    ^_^

    Oh,ya Mbak..Sekalian mau nanya nih tentang resep pizza goreng'nya..Setelah adonan diisi topping dan ditutup,,adonan sebaiknya dibiarkan lagi sampai mengembang atau langsung digoreng aja,Mbak??Makasih bnyk ya Mbak..
    ^_^

    -Fitri, Bandung-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Fitri, langsung digoreng oke, difermentasikan supaya rileks selama 15 menit juga lebih baik ya Mba. Thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resep2nya disuka ^_^

      Hapus
  21. Hai mba endang :) Makasih ya untuk info2 dan hidden knowledgenya tentang roti2. Pas lagi mau belajar2 tentang roti, sy nyasar ke blog mba dan langsung jatuh cinta dengan penjelasan yang rinci dengan tahapan gambar yang jelas :)
    Keep inspiring ya mba. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya yaa, senag sekali resep dan tipsnya bisa membantu. Roti memerlukan jam terbang, makin sering dibuat makin tahu adonan yang baik itu seperti apa heheheh

      Hapus
    2. Sekalian lapor lagi nih mba, resepnya oke banget!
      Sy buat dgn takaran 1/2 resep, dan hasilnya bener2 maknyus.
      Apalagi daging cincangnya. Sempet nyesel kenapa ga naruh mozarella lebih banyak di pizzanya, soalnya yang awalnya terlihat cukup setelah sudah masak eh lumeran kejunya hanya sedikit :D

      Sy request resep2 roti yang ga perlu dibake lagi mba. Hehe. Sangat bermanfaat untuk anak perantauan yg ga punya oven. Hehe. Makasih mba ;)

      Hapus
    3. Halo Mba Liza, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Basicnya adonan roti itu bisa dipanggang, kukus atau goreng, nah tinggal kreatifitas kita saja untuk memmodifikasinya ya. Sukses selalu ya

      Hapus
  22. Halo mba endang.. maafkan saya yang pemula ini, itu daging cincang sama ya dengan daging yang di giling food processor? atau yang di cincang kasar pake pisau? terima kasih ma endang atas resep2nya yang enak dan dengan penjelasan yang sangat mudah di mengerti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dengan daging giling food pro ya mba. tidak perlu dicincang manual ya

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh Mba Nurlili, mohon maaf komentarnya gak sengaja terhapus, bisa tulis ulang lagi, mungkin ada yang perlu ditanyakan?

      Hapus
  24. pizza goreng ini sukses bkin kekenyangan sblm mkn malem, jd lah gak mkn malem hr ini.. pdhl doughnya masing2 cm 50gr.. gmn klo 100 ya, bs jumbo bgt tuh.. makan 1 aja udh kenyang pake bingit.. isiannya disesuaikan dgn isi kulkas, pk cincangan bawang bombay, bawang putih, wortel, kornet, kentang rebus, daun bawang, dan telur rebus.. gampang uleninnya, simple bahan2nya, isi bs disesuaikan.. ah mantab lah mba endang ini.. alternatif klo lg males makan ^^
    sumpah mba kenyang bgt.. wkwkwkwk
    thanks ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Bella, thanks sharingnya yaa, pizza goreng ini super tobat bikin kenyang padahal saya buat ukuran jumbo waakakakka

      Hapus
  25. Hai Mba Endang, saya penggemar baru blognya mba Endang nih. Resepnya oke2 buat saya yang ga bisa masak, hihi
    Udah nyobain beberapa resep, baru kali ini yang gagal, huhu. Rotinya itu lho mba kok jadinya alot yak? Apa kebanyakan tepung? Atau kurang tipis gilasnya? Soalnya cuma digilas pake tangan aja mba, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, alot biasanya karena kebayaka tepung ya, jadi next time tambahka air dan jangan tergoda buat banyak2 menambahkan tepung. makin lembek adonan hasilnya makin empuk

      Hapus
  26. hai mba Endang, kemarin aku sama temen2 coba2 buat masak terus nemulah resep ini.
    terus kayanya aku siwerr pas baca resep dan memahaminya, jadilah bahan tidak diistirahatkan, tepung juga adanya hanya tepung kunci, fermipan pakai satu bungkus dituang semua. dan hasilnya jeng jeng jeeeeeeng ... jadiiiii mba .. surprisingly . enyaaaaaakkk .. empuk juga . thks for sharing this recipe ya mba .
    salam big big thanks from us <3 <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Oksy, thanks ya sharingnya, wakakakak mantap banget percobaanya, yang penting hasilnya ocre yaa. saya ikutan happy membacanya hehehe

      Hapus
  27. Mba Endang, kalo mau nyimpen pizza ini, perlu digoreng dulu atau mentah aja? trus bertahan berapa lama kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba rena, bisa simpan adonan mentah yng sudah dikembangkn di freezer, kalau mau dipangang tinggal di cairkan disuhu ruang, dan kasih topping. Atau pizza yang sudah dipanggang juga bs dibekukan, kalau mau disantap tinggal dipanaskan di microwave ya

      Hapus
    2. Mbak Eenn, aku udah cobain resepnya, dan hasilnya enaakk banget..
      suami dan anakku yang baru umur 1,5 tahun suka banget (pica, pica katanya ^_^)
      dan karena pizza goreng ini suamiku pengen beliin aku oven, mau bikin yang versi panggangnya katanya..
      makasyii ya mbak Endang, semoga mbak En panjang umur, supaya bisa sharing resep terus ^o^

      Hapus
    3. hai mba rena, wakakkak, ngakak saya baca si imut 1,5 tahun makan 'pica' lucu banget siiiiihhhh.

      thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka, dan semoga ovennya segera terwujud yaaa. Amiin

      Hapus
    4. mbak endang misalkan adonan yg udah dipanggang kelupaan dimasukkan ke kulkas, tahan berapa jam ya supaya adonan tetep enak digoreng lagi? 3 jam masih enak nggak? atau nanti agak keras/kelembekan?

      btw saya udah coba resep pizza panggang yang Peter Reinhart, kelupaan masuk di chiller lbh dr 12 jam tp tetep enak hahaha. makasih ya mbak dan tolong dijawab pertanyaannya

      Hapus
    5. Hai Mb, adonan disimpan dalam wadah tertutup rapat/masuk plastik ikat rapat, sebaiknya hanya 24 jam saja, lebih dari itu akan berubah asam rasanya ya.

      Hapus
    6. Iti yg sesudah dipanggang kan? Ok makasih infonya mbak.

      Hapus
    7. belum dipangang ya, adonan mentah, saya belum pernah menyimpan adonan yang sudah dipanggang di freezer ya, tapi menurut saya tetap bs. jangan kena udara kulkas.

      Hapus
  28. Hai mbak endang, saya mau tanya apakah pizza goreng ini bisa dbuat frozen food, yg tinggal goreng saja kalau ingin menyantapnya? saya lagi mencari resep pizaa goreng yg bs dbuat frozen food nih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba salma, mungkin bisa dibuat setengah matang ya mba, saya sendiri belum pernah coba freezed ini pizza, tapi menurut saya bs ya

      Hapus
  29. mba endang sy mau tanya itu air dinginnya air kulkas bukan mba? makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, yep pakai air es atau air dr kulkas ya.

      Hapus
  30. Hallo mbak endang,saya boleh minta resep brownies nya gak ya?soalnya saya scroll bnyk bgt resep lainn jd tenggelem gitu resep brownies nya hahaha..sebelumnya salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba handini, saya juga bingung brownies seperti apa yang diinginkan ya, karena memang banyak banget. Ini yang simple dan mudah dibuat:
      http://www.justtryandtaste.com/2010/11/brownies-simple-lezat-sekejap.html

      Hapus
  31. Alohaa..Mbak Endang yg cantik n baiiik hati ^^
    Selama ini saya hanya menjadi silent reader blognya mbak Endang, banyak resep mbak yg sudah saya praktikan, seperti cake kukus coklat yg moist banget, karage, salmon dan enoki yg dikukus (favorit saya), dll. sekarang saya memberanikan diri utk sharing saat buat pizza goreng ini.

    mbak, akhirnya saya bisa mempraktikkan pizza goreng ini dengan penuh semangattt \(^0^)/, sangking semangatnya sampai lupa masukin bumbunyaaa mbak >,<
    belum beres smua digoreng uda diincip2 sangking penasarannya ..wuaa enaakkk.. pizza sudah beres digoreng..pas mau cuci-cuci peralatannya, terlihat mangkuk kecil isi bumbu yg saya siapkan sebelumnya "lhaa...mangkuk ini kok masih ada bumbunyaa?! walah dalah saya lupa masukin bumbunya dong" utk menghibur hati, tetep enakkk ToT hehe..next mau buat lagiiii, pasti enakkk bangettt.

    Makasih ya mbak utk resep-resep lezatnya. Terus berkarya ya, Mbak Endang ^^

    salam,
    Ika

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Ika, salam kenal dan thanks sudah menjdi pembaca JTT. Senang sekali resep2 JTT disuka. Sukses selalu dan GBU ya ^_^

      Hapus
  32. Askm halo mbaaak Endang..supeer awesome bgt blognyaa huhu awalnya nyasar dari cari resep lasagna..smpe skrg jadi ketagihan masak2 hehe
    Mbak..mau tanya kalo bt pizza nya hanya separo resep..brarti bahan2 tinggal kubagi dua aja? Kayak raginya itu..
    Terus mau tanya lagi mba..kalo aku kask garam d adonan yg ada raginya nanti mati ga ya mb raginya..makaciii

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Savina, thanks ya sudah menyukai JTT. Yep resepnya tinggal dibagi dua saja ya mba. Asal ragi tidak langsung bertemu dengan garam, gak papa ya mba

      Hapus
    2. tapi waktu pertama bikin malah ragi sy tabur di atas garem sebelum ngasih tepung? saya bikin seper4 resep, diplastikin hari pertama plastiknya nggembung, terus diambil separuh dan sisanya sy masukin lagi ke plastik dan masuk kulkas, plastiknya pol nggembung lagi

      Hapus
    3. memang akan menggelembung mba, karena proses fermentasi tetap jalan walau dalam chiller, kecuali jika dibekukan di freezer ya tdk masalah kok.

      Hapus
  33. Terima kasih mba endang buat resep2nya.. Selama ini jd silent reader tp kok katanya ada yg ngeganjel Blom ngucapin makasih... Resep2 jtt emang TOP BGT, Bnr2 nolongin sy yg amatir dlm masak memasak., udah pernah eksekusi pempk dos, pampis ikan tongkol, cake coklat kukus, cilok... Dan sukses semua...sampe suami muji ternyata istrinya ini bs masak ������ ini rencana pengen eksekusi pizza goreng ini.. Doakan sy berhasil y mba ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Aryan, salam kenal dan thanks sharingnya ya, senang resep2 JTT banyak dicoba dan disuka, sukses selalu yaaa. Moga pizza gorengnya berhasil yaa

      Hapus
  34. Mba En kalo isian pizza ini aku pake di resep pau a la tobias lee bs ga mba? Kering kan ini mba? takut pau bocor.. Soalnya lg pgn mkn pau yg isiannya daging.. ngiler pgn isian daging pake resep ini krn liat pake bumbu spagheti, hehee pasti manteb rasanya.. oia mba kalo isiannya disimpen dikulkas bs ga? tahan brp lama? -agnes-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Agnes, yep isian daging ini kering ya, bisa digunakan buat isi pau Mba. Bisa tahan 4 hari di kulkas isinya mba

      Hapus
  35. Halo mba Endang :)
    Terimakasih atas resep2nya yang begitu mudah dan enak 😁
    Saya mau tanya resep ini bisa tidak yaa dimasak seperti resep mba yang roti tanpa oven isi custard itu?
    Hanya dimasak di teflon saja tanpa minyak begitu.
    Terimakasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, bisa ya, semua jenis roti sebenarnya bs di panggang di teflon, hanya mungkin warnanya kurang coklat terpanggang saja

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...