21 Mei 2011

Resep Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan


Resep Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan JTT

Cuaca di Jakarta memang sedang tidak menentu, atau cuaca di Indonesia tepatnya, karena di Jawa Timur pun menurut Ibu saya, cuaca bisa berubah-ubah dalam sekejap. Pagi hari telah dimulai dengan matahari yang terik menyengat dan kemudian diatas pukul dua belas siang tiba-tiba saja awan mendung berarak menaungi langit Jakarta dan hujan pun turun dengan deras terkadang hingga larut malam. Nah, dalam kondisi seperti ini kesehatan tubuh memang kudu dijaga, selain makan yang teratur dan bergizi,  asupan vitamin C, tambahan porsi buah pun dirasa makin perlu supaya tetap fit dan tentu saja ... olah raga. Kegiatan yang terakhir ini saya ganti dengan menyapu, mengepel dan menyetrika baju bergunung-gunung. Maklum, saat tidak ada asisten di rumah Pete, maka acting sebagai upik abu pun saya lakoni ^_^.

Resep Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan JTT

Biasanya jika di kantor, saat siang hari panas begini saya akan menyerbu abang penjual rujak buah di seputar kantor ketika jam makan siang.  Walaupun buah-buahan yang ditawarkan sebenarnya kurang begitu menggugah selera, tetapi itu lebih baik dibandingkan tidak ada sama sekali. Selain rujak buah, ada satu lagi olahan buah lainnya yang manis dan segar serta pas untuk dicicipi setelah makan siang yang berat, sop buah. Penjual sop buah ini letaknya di samping kantor KPK, cukup jauh dari kantor saya sebenarnya. Disana, deretan penjual makanan komplit berjajar dan rasanya pun lumayan lezat untuk lidah karyawan kantor seperti saya. Sop buahnya segar dengan aneka buah yang menggugah selera. Sayang, porsinya kurang nendang... bagi saya ^_^.

Resep Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan JTT

Bagi anda yang belum pernah mecicipi sop buah jangan bingung ya, namanya memang sop buah tetapi makanan ini tidak ada hubungannya dengan sayur sop. Sop buah merupakan makanan sejenis es buah dimana di dalamnya berisi potongan-potongan buah seperti strawberry, jambu biji merah, melon, buah naga, apel, mangga, alpuka, kiwi, sirsak dan anggur. Lengkap kan? Buah-buahan ini ditata di dalam mangkuk dan disiram dengan susu kental manis, jus jeruk, sirup gula serta serutan es batu yang banyak. Mirip-mirip es teler hanya saja minus kelapa muda. Ketika es mencair maka akan tercipta kuah segar, manis dengan aroma jeruk dimana didalamnya potongan-potongan buah mengapung dengan cantiknya. Rasanya? Suegerrr!

Resep Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan JTT

Penjual sop buah cukup banyak di Jakarta, umumnya mereka menjajakan dagangannya menggunakan gerobak di tepian jalan, terutama di daerah perkantoran seperti di Jl. Rasuna Said atau Jl. Jend. Sudirman.  Berbekal resep si abang penjual sop buah disamping kantor KPK, maka saya pun membuatnya sendiri di rumah dari buah apapun yang masih tersisa di kulkas. Ternyata hasil mengaduk-aduk kulkas yang saya lakukan cukup memuaskan, saya menemukan apel, strawberry beku, sebuah jambu biji, satu buah pear, jus jeruk, jeruk lemon yang kulitnya telah hilang karena saya parut untuk membuat muffin. Kemudian si sop pun saya tambahkan dengan jagung manis kalengan dan agar-agar beku yang ada di freezer sisa membuat es sarang burung. So, apalagi yang kurang jika surga telah ada di mangkuk saya? 

Jika anda berniat membuatnya namun terasa berat karena banyaknya jenis buah yang digunakan, kenapa tidak membeli potongan-potongan aneka buah di abang penjual rujak? Hanya dengan enam ribu rupiah, satu bungkus potongan buah tersebut bisa anda sulap menjadi semangkuk sop buah yang laziz. Praktis kan?

Yuk kita buat saja.

Resep Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan JTT

Sop Buah
Resep dari penjual sop buah di bilangan Kuningan, Rasuna Said

Untuk 3 porsi sop buah

Bahan:
- 1 buah apel, kupas dan potong dadu, ciprati air jeruk nipis agar tidak berubah warna menjadi kecoklatan
- 5 buah strawberry, belah 4
- 1 buah pear, kupas dan potong dadu
- 1 buah jambu biji warna merah, kupas dan potong dadu
- 1/2 kaleng jagung manis pipilan
- 2 buah peach kaleng, potong dadu
- 1 potong agar-agar, parut kotak ukuran setengah cm

Kuah:
- Susu kental manis
- Sirup gula, saya menggunakan sirup vanila merk Marjan, anda bisa membuatnya sendiri dengan merebus 250 gram gula pasir dengan 1/2 liter air + 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk.
- Madu (optional)
- 6 butir jeruk peras ambil airnya
- 1 butir jeruk lemon ambil airnya (optional)
- Es batu yang dihancurkan
- Air matang

Cara membuat: 
Siapkan 3 buah mangkuk. 

Resep Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan JTT

Untuk masing-masing mangkuk, beri takaran seperti berikut:
- susu kental manis: 3 sendok makan
- sirup vanila: 3 sendok makan
- madu: 1 sendok makan
- air jeruk lemon: 1 sendok makan
- jus jeruk dari 2 butir jeruk peras
- air matang + 50 ml

Siramkan semua bahan-bahan diatas ke potongan buah dan taburi dengan es batu secukupnya.

Resep Sop Buah: Dingin, Cantik, Menyegarkan JTT

Sop buah siap disajikan. Mantap!




10 komentar:

  1. Hmm..siang2 ngeliat ginian pas puasa rasanya super sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas buka saya rasa lebih super, soalnya bisa langsung dicicipi heheheh

      Hapus
  2. Soree mbaa...mohon pencerahan nii..apakah cara bwt sirup cma segampang itu yaa mba?krn sy prnh bwt sirup tp pas dingin sirupnya jd spt dodol mba,kentalll puuoolll..masukin sendok,susah cabutnya...itu kira2 knp yaa mba..maaf g nyambung dg topik d ats..makasi sblmnya...joice,dili

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Joice, sirup diatas bukan seperti sirup botolan yaaa, sirup diatas hanya sebagai pemanis pengganti gula di sop buah supaya mudah tercampur dengan bahan lain. Kalau mba mau buat sirup kental seperti yang dijual di supermarket jangan menggunakan resep diatas mba, karena konsistensinya beda, takutnya gak awet di kulkas

      Hapus
  3. Allow Mba Endang...
    Ini aku lagi...Eva Shellina...hehehe...
    Mba...posting-in resep bir pletok-nya khas Betawi dooonnggg...

    Suwun yoooo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Eva, yep bir pletok masih penasaran pengen coba, cuman cari kayu secang-nya ini yang rada2 susah

      Hapus
  4. Pokoke resep bir pletok-nya aku tunggu loh Mbaaaaa....hehehe...

    BalasHapus
  5. Sore mba...saya mau tanya...
    susu kental dcampurkan dengan jeruk apa gkan pecah ya mba?
    Biasanya susu klo ktemj yg asam2 suka pecah alias menggumpal begitu...
    makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, nggak ya selama jeruk yang digunakan tidak terlalu asam, dan susu cair yang dipakai banyak.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...