02 Januari 2012

Resep Bakwan Gindara Pedas


Resep Bakwan Gindara Pedas

Terus terang saya sudah agak sedikit desperate untuk memberdayakan ikan gindara yang masih beberapa bungkus teronggok di freezer. Seperti yang pernah saya sebutkan di postingan sebelumnya mengenai gindara, ikan ini memang menguarkan bau amis yang luar biasa karena kandungan minyaknya yang tinggi. Berbagai macam makanan mulai dari sup ikan, pempek, otak-otak, atau gindara goreng balur tepung telah saya coba dan sejauh ini hanya otak-otak dan pempek saja yang memberikan hasil terbaik, artinya bau amisnya sedikit tereduksi. 

Walaupun seorang teman menyarankan untuk tidak menggoreng gindara karena kandungan omega 3-nya yang berkurang jika terkena panas minyak dan saya pun mengerti mengenai hal ini, namun tampaknya teknik menggoreng menghasilkan rasa dan aroma yang much, much better dibandingkan kukus atau sup. Karena itu di Minggu sore yang suram dan mendung kemarin, saya pun iseng menyulap ikan gindara.... Kali ini dengan mengubahnya menjadi bakwan goreng saja. Hasilnya? Yah, not bad lah! ^_^

Resep Bakwan Gindara Pedas

Untuk membuat bakwan ikan plus sayuran ini saya menghaluskan ikan menggunakan food processor, walaupun mencincangnya di talenan dengan pisau tajam atau menggilingnya dengan mesin blender juga bisa memberikan hasil yang baik. Ikannya bisa menggunakan jenis ikan berdaging putih lainnya jadi tidak harus ikan gindara. Sedangkan sayuran yang bisa ditambahkan ke dalamnya sangat bervariasi sebagaimana bakwan sayuran umumnya, berhubung saya hanya memiliki wortel dan serutan ubi jalar sisa membuat roti kukus ubi jalar - anda bisa klik di sini untuk melihat resepnya - maka hanya dua jenis tumbuhan tersebutlah yang masuk ke dalam adonan bakwan ikan saya. Bersama bumbu-bumbu, rajangan daun jeruk purut, satu butir telur dan tiga sendok makan tepung terigu, jadilah adonan bakwan yang siap di goreng dalam minyak panas.  

Karena rasanya sudah pedas, maka anda tidak perlu menggigit cabai lagi. Namun bagi anda yang ingin membuatnya untuk lauk atau kudapan si buah hati skip saja si cabai dan tambahkan aneka sayuran lainnya yang lebih bergizi ke dalam adonan. Bentuk adonan bakwan tipis-tipis agar bisa matang hingga ke bagian tengahnya dan santap selagi hangat. Apakah rasa amis ikan gindara berkurang? Hmm... mana mungkin lah yauw?! ^_^

Berikut resepnya jika anda berminat ya.  

Resep Bakwan Gindara Pedas

Bakwan Gindara Pedas
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk sekitar 8 buah bakwan

Bahan:
- 250 gram fillet ikan gindara, atau ikan berdaging putih lainnya
- 1 buah wortel, serut  kasar
- 1/2 butir ubi jalar ukuran sedang atau 1 buah ukuran kecil, serut kasar
- 1 batang daun bawang rajang halus
- 1 butir telur, kocok lepas
- 3 sendok makan penuh tepung terigu serba guna
- 2 lembar daun jeruk purut, rajang halus
- minyak untuk menggoreng

Bumbu haluskan:
- 5 butir cabai rawit
- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir

Cara membuat:
Siapkan food processor atau blender atau talenan kayu beserta sebuah pisau yang tajam. Kemudian giling atau cincang daging ikan hingga lembut. 

Resep Bakwan Gindara Pedas

Dalam mangkuk besar masukkan ikan gindara cincang, wortel & ubi jalar serut, tepung terigu, daun jeruk, telur kocok dan semua bumbu, aduk rata. Cicipi rasanya. 

Panaskan minyak agak banyak di wajan. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk menjadi piringan bulat yang gepeng dengan diameter sekitar 5 cm. Jika lengket, taburi tangan dengan tepung terlebih dahulu. 

Resep Bakwan Gindara Pedas

Goreng adonan ke dalam minyak panas hingga matang, coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Bakwan ikan siap disantap sebagai teman lauk nasi atau begitu saja juga yummy kok! ^_^




2 komentar:

  1. hehehehehehehe, gitu ya mbak? :D. selama ini penasaran dg gindara sejak punya buku resep berdasar golongan darah. kalo di buku itu, gindara dioven dg blenderan nanas n bawang putih. gambarnya menggoda sekali. mau mencoba? :D

    salam kenal, seneng banget mbaca blog ini, meskipun blom bisa masak :

    BalasHapus
  2. Halo, salam kenal juga ya. Hehehe, haduh kayanya saya rada-rada nyerah neh sama si ikan satu ini. Kemarin teman saya mengolahnya menjadi sup tom yum, mungkin agak lumayan ya karena tom yum kaya rempah. Nanas dan bawang putih? Hmm, saya pikirkan dulu ya, but thanks atas sarannya. ^_^

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...