03 Januari 2012

Resep Chocolate Cola Cake


Resep Chocolate Cola Cake

Oke, saya akui cake coklat yang satu ini tidak terlalu istimewa, tidak selezat cake coklat sebelumnya yang pernah saya posting. Walaupun begitu cake ini tetap memiliki kelebihan yaitu mudah dibuat dari bahan-bahan yang murah dan teksturnya juga cukup moist walaupun dimasak dengan cara dipanggang. Namun tidak seperti dugaan saya semula bahwa cola yang digunakan akan memberikan taste yang unik pada cake, ternyata rasa colanya sama sekali tidak terdeteksi di lidah. Jadi sebenarnya sedikit mengecewakan juga. 

Cake ini saya buat masih dalam rangka  request Ibu saya yang tiba-tiba beberapa minggu yang lalu, sehingga saya pun harus membongkar-bongkar bahan-bahan di dapur rumah Pete, mereka-reka cake seperti apa yang saya bisa buat dengan bahan seadanya. Kebetulan saya memiliki sebotol Coca Cola dari Hoka-Hoka Bento yang telah lama duduk manis di meja makan dan saya pun langsung terpikir bagaimana rasanya cake yang menggunakan minuman cola sebagai salah satu bahannya? Berselancar sejenak di web, saya menemukan salah satu resep cake sederhana yang sesuai dengan kondisi saya saat itu. I love the internet very much!

Resep Chocolate Cola Cake
Resep Chocolate Cola Cake

Lain di lidah saya ternyata lain juga di lidah Ibunda tercinta. Ibu saya keesokan harinya langsung mengirimkan pesan melalui handphone ke saya, rupanya Tedy telah sampai di Paron dan cake telah dicicipi. Nadanya terbaca riang, pizzanya enak dan cakenya lezat! Saya langsung menelpon beliau karena tidak percaya. Wah! Ibu saya langsung heboh berkomentar di telpon dan tidak setuju ketika saya katakan cake coklatnya tidak begitu oke. "Siapa bilang? Enak kok cake coklatnya! Banyak sekali kuenya, mau dikembalikan pakai apa nih? Mama mau ke Batam dan Tanjung Pinang awal Januari, Mama bawain otak-otak ikan saja ya?". Jadilah sekarang saya mengharapdotcom menunggu Ibu saya datang ke Jakarta menenteng oleh-oleh yang sangat, sangat saya gemari, otak-otak ikan Tanjung Pinang. Hmm, memang memberikan sesuatu dengan ikhlas dan cinta akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. ^_^

Resep Chocolate Cola Cake
Resep Chocolate Cola Cake

Sebenarnya, cake coklat cola ini menggunakan frosting di bagian permukaannya yang terdiri atas coklat bubuk, mentega, minuman cola dan gula halus. Tapi jam telah menunjukkan pukul 1 malam kala cake keluar dari panggangan, mata saya terasa berat dan kaki pun pegal. Lagipula dua buah cake dan 1 loyang pizza  ini akan dipacking dalam satu wadah tupperware besar dan adanya frosting akan membuat proses packing menjadi ribet. Jadi dengan berat hati saya skip bagian tersebut walau hati saya sangat penasaran dengan rasa si cake seandainya frosting cola diaplikasikan di atasnya. Bagi anda yang berminat mencoba dan ingin menggunakan frosting maka saya sertakan resepnya di bawah.

Berikut resepnya ya. 

Resep Chocolate Cola Cake


Chocolate Cola Cake
Resep diadaptasikan dari web BBC-Food-Recipes - Chocolate Cola Cake 

Bahan:
- 250 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru dan Kunci Biru)
- 1 1/2 sendok teh baking powder (pastikan fresh dan double acting)
- 1/4 sendok teh garam 
- 3 sendok makan coklat bubuk
- 370 gram gula pasir
- 250 gram mentega
- 250 ml minuman cola (saya menggunakan Coca Cola)
- 125 ml susu cair
- 2 butir telur, kocok lepas
- 1 sendok teh vanila ekstrak

Untuk frosting-nya:
- 100 gram mentega
- 2 sendok makan minuman cola
- 2 sendok makan coklat bubuk
- 200 gram gula icing

Cara membuat:
Panaskan oven disuhu  180'C, letakkan rak pemanggang di tengah. Siapkan loyang cake bulat atau tulban diameter 23 cm. Olesi dengan mentega dan taburi tepung pada permukaannya, sisihkan.

Resep Chocolate Cola Cake

Siapkan mangkuk, ayak bahan kering menjadi satu (tepung terigu, baking powder, coklat bubuk dan garam). Tambahkan gula pasir, aduk rata. 

Siapkan panci kecil, masukkan mentega dan cola ke dalamnya dan masak dengan api kecil hingga mentega meleleh. Aduk rata dan angkat. Masukkan bahan kering ke dalam larutan mentega + cola. Aduk hingga rata. Pastikan adonan benar-benar dingin sebelum anda memasukkan kocokan telur ke dalamnya.

Resep Chocolate Cola Cake

Tambahkan telur, susu dan vanila ekstrak ke dalam adonan, aduk perlahan hingga tercampur baik. 


Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan, panggang selama 40 menit atau ketika lidi kita tusukkan tidak ada adonan yang menempel. Keluarkan dari dalam oven dan diamkan selama 15 menit sambil anda mempersiapkan frosting-nya.

Membuat frosting
Masukkan mentega, cola dan coklat bubuk ke dalam panci kecil, masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan mentega lumer. Angkat panci dari kompor kemudian masukkan gula icing ke dalamnya, kocok hingga menjadi larutan yang halus (smooth).

Tuangkan larutan gula mentega ini keatas permukaan cake saat masih hangat. Dinginkan cake di dalam loyang.  Selamat mencoba! 

Source:
Web BBC-Food-Recipes - Chocolate Cola Cake



2 komentar:

  1. hai mbak...hari minggu kemarin iseng nyoba cake ini karena stok di kulkas tinggal cola aja, maklum belum belanja tapi pengen ngemil. malamnya tumben ada teman datang jadi aku suguhkan cake ini. mereka pada suka mbak, top markotop katanya dan tentunya pada ga nyangka kalau dari cola. thanks ya mbak bt resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Christi, wah makasih sharingnya disini ya, senang sekali resepnya berhasil dicoba dan disuka. Sukses selalu ya!

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...