18 Maret 2019

Resep Ayam Rica - Rica


Resep Ayam Rica - Rica JTT

Walau masakan Manado mudah ditemukan di mal Ambasador di sebelah kantor, tetapi akhir-akhir ini saya jarang sekali makan siang disana. Dulu paling tidak dua minggu sekali saya pasti nongkrong di salah satu kursi yang banyak berjajar di lorong tempat deretan kios Manado berada. Alasannya, selain harganya mahal saya juga merasa tampilannya kurang begitu fresh. Tapi kuliner Manado adalah kesukaan saya, membayangkan rasa masakannya yang pedas, light dan tidak terlalu berat bumbu seperti hidangan Padang mampu membuat air liur menetes. 

Nah bulan lalu, seperti biasa pulang kantor saya menebeng mobil Mbak Fina, rekan kantor, yang kebetulan perjalanan pulangnya melewati rumah Pete. Terjebak macet dan perut yang lapar, saya lantas  mengajak Mbak  Fina mampir ke restoran Manado bernama Beautika di jalan Hang Lekir.   Resto Manado ini terkenal di kalangan pecinta kuliner Manado di Jakarta, menurut mereka cita rasanya otentik dan super pedas. Saya sudah lama tahu mengenai restoran Manado terkenal ini, bahkan adik saya, Wiwin, sering membeli aneka lauk dan sup ikan jika kebetulan dirumahnya sedang ada acara keluarga. Tapi seumur-umur saya belum pernah menginjakkan kaki kesana. 

Resep Ayam Rica - Rica JTT
Resep Ayam Rica - Rica JTT

Beautika terletak tidak jauh dari mal Senayan City, untungnya malam itu resto cenderung sepi sehingga tempat parkir mudah ditemukan. Masuk ke dalam resto, mata saya langsung dimanjakan dengan aneka hidangan khas Manado seperti ikan bakar, woku, rica-rica, pampis dan aneka tumisan sayur seperti bunga pepaya. Tampilan ayam woku dan rica-ricanya tidak seperti yang pernah saya masak atau bayangkan selama ini. Umumnya bumbu tidak dihaluskan hingga lumat, melainkan masih berbentuk serpihan kasar. Jujur saya penasaran dengan semua rasa masakan yang disajikan, semata-mata untuk membandingkannya dengan buatan sendiri.

Di sebelah kiri, dikotak kaca lainnya terpajang kue-kue tradisional khas Manado. Perut lapar membuat mata menjadi lapar juga, saya lantas memesan seporsi sup ikan marlin, 1/2 porsi daging yang dimasak rica-rica, sementara Mbak Fina yang tidak suka pedas memesan ayam masak kecap. Sup ikannya datang lebih awal, semangkuk besar sup yang penuh dengan rempah dan potongan ikan ini bisa disantap untuk tiga orang. Permukaan sup dipenuhi dengan daun bawang dan tomat merah yang masih fresh, cabai rawit hijau, daun kunyit, kemangi dan daun jeruk. Rasanya super segar, sayang ikan marlin terlalu kasar seratnya dan agak susah dikunyah.

Resep Ayam Rica - Rica JTT
Resep Ayam Rica - Rica JTT

Selama ini saya mengira masakan rica-rica mirip-mirip dengan sambal balado, tapi setelah semangkuk daging rica-rica muncul semua bayangan tersebut lenyap. Warnanya tidak terlalu kemerahan selayaknya balado, agak jingga, dan  sedikit berkuah (nyemek-nyemek). Semua rasa masakannya sedap dan cocok dengan selera saya karena pedas dan tidak terlalu berat. Menyantap di resto masakan daerah yang otentik seperti ini memang membuat pikiran dan wawasan jadi lebih terbuka tentang rasa dan tampilan satu hidangan, tidak semata-mata mengandalkan pada buku masakan atau resep-resep yang bersliweran di internet.

Nah karena ayam rica-rica belum pernah dieksekusi dan hadirkan di blog, maka weekend lalu saya coba buat dengan acuan daging rica-rica yang disajikan di Beautika. Saya tidak menggunakan  bawang putih, daun salam, lengkuas dan gula, karena umumnya masakan Manado memang tidak menggunakan rempah dan bumbu tersebut. Walau banyak yang mem posting rica-rica dengan tambahan kemangi, tapi karena Beautika tidak memakainya maka saya skip dari resep. Selera setiap orang tentu saja berbeda, jadi jika anda menyukai kemangi maka silahkan ditambahkan.

Resep Ayam Rica - Rica JTT

Untuk menghasilkan  bumbu kasar seperti di resto maka saya memprosesnya di chopper, hasilnya seperti cincangan kasar bumbu, atau anda juga bisa menumbuknya kasar dicobek. Menurut saya versi rica-rica ini memiliki rasa yang sudah hampir mirip dengan versi Beautika, tapi entah apakah resepnya sama atau tidak.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Ayam Rica - Rica JTT

Ayam Rica-Rica
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 10 porsi

Tertarik dengan resep masakan Manado lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Ayam Woku

Tumis Bunga Pepaya Ikan Tongkol
Sup Brenebon

Bahan:
- 1 ekor ayam, saya pakai ayam negeri, potong menjadi 12 bagian  + 1/2 sendok makan garam
- 1/2 butir jeruk nipis, peras airnya
- 1 1/2 sendok teh garam

Bumbu ditumbuk kasar:
- 20 buah cabai rawit merah
- 10 buah cabai merah keriting
- 8 siung bawang merah
- 3 cm jahe
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja

Bumbu dan bahan lainnya:
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- 5 siung bawang merah, iris tipis
- 5 lembar daun jeruk, sobek kasar
- 2 lembar daun pandan, disimpulkan (optional)
- 500 ml air
- 1/2 buah jeruk nipis, peras airnya
- 2 sendok teh garam

Cara membuat:

Resep Ayam Rica - Rica JTT

Siapkan ayam yang sudah dipotong, remas-remas dengan 1/2 sendok makan garam. Cuci hingga bersih, tiriskan. Tambahkan 1 1/2 sendok teh garam dan air jeruk nipis, remas dan diamkan selama 15 menit.

Siapkan wajan, tuangkan sedikit minyak dan panaskan. Goreng ayam hingga setengah matang saja, permukaannya sedikit kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

Resep Ayam Rica - Rica JTT

Gunakan wajan bekas menggoreng ayam, tumis bumbu yang ditumbuk, hingga harum. Tambahkan bawang merah, daun jeruk dan daun pandan, aduk dan tumis hingga rempah layu. Masukkan potongan ayam, aduk rata. Tuangkan air, jeruk nipis, dan garam. Aduk hingga rata. 

Masak hingga ayam matang dan air hampir habis. Jika kuah habis tetapi ayam belum matang maka tambahkan air panas dan masak hingga ayam matang dan kuah menyusut. 

Resep Ayam Rica - Rica JTT

Masakan agak sedikit nyemek-nyemek. Cicipi rasanya, sesuaikan garamnya. Bisa menambahkan kemangi pada tahap ini. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat. Super yummy!



10 komentar:

  1. Halo mba.. aku udah coba ayam rica nya... Maknyozzzz kek di resto Manado thanks resepnya mba, tetaplah menjadi inspirasi dapurku wkwkwkw

    BalasHapus
  2. Saya mau coba masakan ini mba ..kalau resep ayam rica-rica diatas ditambah daun kunyit apakah bisa? kalau ayam woku saya lihat pake. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mbak, rica2 gak pakai daun kunyit krn akan merubah pakemnya, woku mmg pakai. tidak semua masakan manado kudu pakai daun kunyit. saya pernah share resep ayam rica2 di IG dan diprotes sama orang manado krn bumbunya terlalu macam2 katanya.

      Hapus
    2. Terimakasih mba respon jawabannya, mengurai kebingungan saya terhadap perbedaan ayam rica-rica dan ayam woku. Soalnya sering lihat juga postingan teman/orang lain ayam balado dianggap ayam rica-rica.

      Hapus
  3. Hai mba Endang, saya salah satu followers yg udah banyak recook resep2 Mba Endang.. Terima kasih inspirasi masak2nya ya Mba ��

    Oiya mba saya mw tanya, kalau digoreng setengah matang begini, saya selalu lihat ada darah2 yg keluar dari potongan ayamnya Mba. Apakah ayam yg saya gunakan "bermasalah" atau memang ada trik supaya darah ayam tidak keluar2 jika dimasak setengah matang seperti ini mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mbak, gak masalah mbak, goreng setengah matang hanya agar permukaan ayam lbh kering dan ada aroma khas gorengan yang membuat masakan lbh harum. Toh nantinya ayam dimasak dalam bumbu dan air hingga matang.

      Hapus
  4. Ini resepnya ga pke bawang putih ya

    BalasHapus
  5. Baru eksekusi. Hasilnya mantap mba seperti biasa ga pernah gagal kalo resep jtt

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...