06 November 2011

Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar


Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Pagi ini, sebagaimana lebaran Idul Adha sebelumnya, tidak ada yang spesial di rumah Pete. Seperti biasa, saya dan Tedy sholat Ied di masjid terdekat, pulang dan kemudian menjalankan hari Minggu ini sama seperti hari-hari Minggu lainnya. Beristirahat. Bedanya tahun ini, saya tidak menelpon Ibu saya di Paron karena beliau sedang di tanah suci menunaikan ibadah haji bersama Bulik saya yang tinggal di Depok. Biasanya melalui telepon kami akan berlebaran ria mengucapkan selamat dan salam, dan disusul dengan pertanyaan, "Masak apa Ma?". Walaupun seandainya Ibu saya tidak menjawabnya, saya sudah menebak menu yang dimasak beliau: soto dan rendang. Dua makanan favorit yang tidak pernah absen saat hari lebaran di rumah Paron. 

Berbeda dengan keluarga lainnya yang mungkin telah mempersiapkan aneka hidangan lebaran seperti ketupat & lontong sayur, rendang, opor dan segala pernak-perniknya, saya justru di dapur membuat semangkuk besar salad buah-sayur yang segar, dan sepanci kecil kwetiaw ikan yang resepnya menyusul akan saya tampilkan di JTT. Menyedihkan? Mungkin. Tapi bagi kami Lebaran Idul Adha memang tidak semeriah Idul Fitri, sehingga tidak ada masakan spesial yang kudu saya hidangkan. ^_^

Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar
Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Pukul sembilan pagi, setelah menyantap semangkuk salad dan kwetiaw kuah, adik saya mulai memanaskan mobil. Hmm, saya sudah menebak, pasti nge-date. Jadi, tinggallah saya bersantai, rebahan di kasur sambil memelototi monitor laptop, browsing dan membaca e-book hingga kepala pening dan mata berair. Ahh, betapa nikmatnya jika setiap hari seperti ini. Agak siangan, tiba-tiba Paklik saya menelpon, menawarkan daging kambing kurban. Wak, mimpi apa saya semalam hingga tiba-tiba rejeki datang begitu saja tanpa usaha? Paklik saya yang ditinggal istrinya ke tanah suci, rupanya kebingungan dengan 2 bungkus daging kurban yang didapatkannya. "Yang sebungkus sekarang lagi di sate, yang satu lagi diantar ke Pete ya"? Okeh, saya pun langsung menyambarnya, sambil mengucap terima kasih dan syukur memiliki Paklik sebaik ini yang  bersedia mengantarkan daging kambing jauh-jauh dari Depok. 

Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Karena sebungkus daging kambing dengan berat lebih dari satu kilo ini, lebaran Idul Adha saya di hari Minggu ini menjadi sedikit sibuk. Aneka masakan dari daging kambing pun bersliweran di kepala saya, yang paling umum tentu saja sate kambing. Namun seperti biasa saya tidak akan menyerah pada satu resep saja, karena itu daging kambing ini pun lantas bertransformasi menjadi masakan-masakan lain selain sate kambing yang akan saya posting secara bertahap. Resep sate kambing bumbu ketumbar ini saya ambil dari buku Sisca Soewitomo dengan beberapa modifikasi. 

Tips yang pernah saya dapatkan dari Bulik saya jika memasak daging kambing adalah hindari mencuci daging, jadi cukup bersihkan saja jika ada kotoran atau darah yang menempel, kemudian potong-potong dan rendam dengan bumbu minimal 1 jam. Dengan cara ini daging menjadi tidak berbau dan cepat empuk kala dipanggang. Tidak ada salahnya mengikuti saran orang tua, jadi saya pun melakukan hal yang sama dan hasilnya sate kambing bebas bau, dagingnya sangat empuk dan bumbu pun meresap hingga serat-seratnya. 

Anda tertarik untuk mencoba? Berikut resepnya dan selamat Hari Raya Idul Adha ya ^_^ 

Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Sate Kambing Bumbu Ketumbar
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Masakan Terfavorit Sisca Soewitomo - Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Untuk 8 - 10 tusuk sate

Bahan:
- 370 gram daging kambing, tidak perlu dicuci
- 3 lembar daun kol, iris tipis
- 1 buah tomat iris tipis
- 2 butir bawang merah, iris tipis
- tusuk sate

Bumbu perendam, dihaluskan:
- 2 sendok teh ketumbar sangrai
- 4 butir bawang merah
- 2 butir bawang putih
- 3 butir kemiri, sangrai (resep asli tidak pakai)
- 1/4 sendok teh jinten, sangrai
- 1 ruas jahe
- minyak untuk menumis 

Bumbu lainnya:
- 2 lembar daun jeruk, rajang halus
- 3 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh garam 
- 2 sendok teh madu, saya ganti dengan 1 sendok teh gula Jawa sisir
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Bahan & bumbu saus kacang:
- 50 gram kacang tanah, goreng, haluskan
- 1 siung bawang putih, haluskan
- 4 butir cabai rawit merah, haluskan
- 1/2 sendok teh garam
- 4 sendok makan kecap manis
- 50 ml air matang, tambahkan jika terlalu kental

Cara membuat:  
Bersihkan daging kambing dari kotoran dan darah yang menempel jika ada. Potong-potong bentuk segi empat, agak tipis dan panjang. Masukkan ke mangkuk dan sisihkan.

Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Siapkan wajan, panaskan minyak di wajan dan tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga bumbu matang, Masukkan air asam, kecap manis, garam, gula Jawa sisir, kaldu bubuk jika pakai dan merica bubuk. Aduk dan masak hingga air dibumbu mengering. Angkat.

Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Tuangkan bumbu halus ke potongan daging, aduk rata. Tutup mangkuk dan simpan daging di kulkas minimal 1 jam lamanya agar bumbu meresap dan daging menjadi empuk. 

Siapkan tusuk sate, tusukkan potongan daging ke tusuk sate, kira-kira 3 - 4 potong tergantung besarnya daging. Rapatkan barisan daging jangan sampai ada batang sate yang terbuka di antara daging dan ujung tusuk sate. Bagian tusuk sate yang terbuka akan membuatnya terbakar saat sate di panggang dan tusuk menjadi patah. 

Jangan buang bumbu perendam, tambahkan 2 sendok makan kecap manis dan 1 sendok makan minyak/mentega cair. Aduk rata. Kita akan menggunakannya untuk mengolesi sate saat dipanggang. 

Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Panggang sate di bara api atau pemanggang sate yang diletakkan di atas kompor seperti yang saya pergunakan. Alasi permukaan panggangan dengan alumunium foil agar pemanggang bersih dari air daging yang menetes saat sate dipanggang. Sesekali celupkan sate di bumbu olesan atau olesi dengan kuas ke permukaan sate saat dipanggang. Balik-balikkan sate agar matangnya merata. Jika permukaannya telah kecoklatan angkat dari panggangan. 

Membuat sambal kacang: 


Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan saus kacang ke dalamnya, aduk rata.

Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar
Resep Sate Kambing Bumbu Ketumbar

Tata sate di piring saji, lengkapi dengan rajangan kol, tomat iris dan bawang merah iris. Siram dengan saus kacang diatasnya. Sajikan dengan nasi putih hangat. Hmm, yummy! 

Source:
Buku 500 Resep Masakan Terfavorit Sisca Soewitomo - Sate Kambing Bumbu Ketumbar



20 komentar:

  1. kemarin pas Idul Adha ak coba resepnya,,rasanya enak pas bgt,,&bahan2nya jg ga susah,,Makasih resep na ba,,,

    BalasHapus
  2. Resep-resep di blog ini memang maknyus-maksnyus. sepertinya mau nyoba resep ini pas Idul Adha nanti. Insyaallah. maaf mbak mau tanya, apa dagingnya perlu dibungkus daun pepaya atau direndam juice nanas biar empuk. makasih. (Padma-Riau)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Padma, thanks ya. Kalau kambingnya muda dan fresh, tidak perlu dibungkus daun pepaya/rendam jus nanas udah empuk kok mba. Kalau yakin dengan kebersihan daging dan baru saja hangat dipotong, daging gak perlu dicuci langsung saja dibumbui dan dipanggang.

      Hapus
  3. Mbak tanyaaaa....
    Di keterangan cara memasak ada air asamnya.... di penjelasan bahan2nya gak tercantum.... air asamnya berapa banyak mbak...?
    Trimakasih ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai 1 sendok makan air asam yang kental ya mba. sorry kelupaan di resep

      Hapus
  4. liad resep ini jd gak sabar nunggu mama plg dr jkt bawa 8 bungkus daging, nyecesnya mnta ampun dh.. siap2in bumbu2nya dlu x ya.. jd pas nyampe lsg hajar wkakakaka
    pesta nyate yg tertunda nih.. hiks.. yg lain udah pd bakar2an dsni cm bs memandang fotona ajah :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Bella, gimana 8 bungkus dagingnya? Wah bs buat nyate sampai berhari2 tuh hehehe. Sukses yaaa

      Hapus
    2. mabok mbaa... wakkakaa buanyak bgt.. udh di sate, sate goreng jg, di bumbu asam manis udah 2x, sambal hati jg udah, rencana mw di tongseng sisanya, gak abis2 rasanya.. mblenger wkwkwk
      dlm beberapa minggu kdepan gak mau liat yg namanya daging, ayam aja deh sm ikan wakakak
      heran si mama dapet bungkusan byk bgt gitu, malak siapa ya.. untung penghuninya gak cm berdua, jd bs bagi2 maboknya.. huakakaka
      btw mba, sesuai dugaanku, mantab bgt sate gorengnyaaaa.. kesampean jg deh sate goreng pk daging kambing.. mamamia lezatos!

      Hapus
    3. waduuuuh, asli ngiler banget bacanya. Rejeki banget dapat daging kambing banyak, hahahah, disini garing nih makaya lebaran ini saya gak kutak katik apapun, bahannya gak ada hahhahah

      Hapus
  5. Mba'.. kalau pake daging sapi, langkah2nya sama aja ya mba? Didiemin di kulkas selama sejaman? Pasti empuk jg gak ya mba'..? hihihi... maklum sate nya yg makan ntar nenek2 mba'..^,^

    BalasHapus
  6. Mba, makasih resepnya,. Sudah saya praktekan tapi saya menggunakan daging sapi yang saya cincang karena buat anak2 biar lebih empuk, hasilnya enak, dan anak2 suka. Pokoknya recommended....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yuvita, thanks ya Mba, senang sekali resepnya disuka yaa. sukses selalu! ^_^

      Hapus
  7. mba aku mau bikin bumbunya tapi gak langsung dipakai ke ayam. buat stok besok ato lusa gitu biar ga repot. ga rusak kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, tapi masuk kulkas ya bumbunya, tutup rapat.

      Hapus
  8. Mb endangggg... salam kenal saya vita. Hehe ini first comment dr saya. Udah coba byk resep dr sini dan semua berhasil. Yum yum pokoknya. Sangat membantu mengobati kangen tanah air. Ditambahin lg dong resep kambingnya. Nasi goreng kambing, kambing bumbu lapis, dkk. Hehehe soalny Cuman dikit resep kambingnya.
    Salam dr negri kanguru mb endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Nur, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Wah saya hanya mencoba daging kambig kalau dapat daging kurban saja mba hehehhe

      Hapus
  9. Mba makasih banyak ya,satenya jd enak banget,keluargaku suka makasih ya mba.
    Oia sedikit koreksi mba utk sambal kacangnya 100ml air kebanyakan,jd kayak kuah,tp biar kentel aq masak lg mba hehe biar airnya menguap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya sharingnya, senang resepnya disuka. Akan saya koreksi sambalnya wakkakkaka, kadang saya main kira2 saja, karena terkadang capek juga menakar semuanya ehhehhee

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...