02 Desember 2012

Sup Ayam dengan Jagung Manis, Wortel, Kacang Polong dan Jamur Merang



Sudah lebih dari dua minggu ini setiap kali pulang kantor selalu disambut dengan hujan, jalanan becek dan macet yang sangat parah. Perjuangan berat untuk tiba di rumah membuat kondisi tubuh menjadi kurang fit. Jika sudah seperti ini maka makanan hangat berkuah yang menyehatkan selalu menjadi alternatif yang paling saya suka. Sup ayam selalu menjadi pilihan, aneka sayuran bisa saya tambahkan kesana, dan kalau malas lagi menyerang seperti ini maka sayuran dalam kaleng menjadi penyelamat. ^_^

Sup ayam mungkin merupakan makanan yang paling universal, hampir semua negara memilikinya. Walaupun teknik dan bumbunya bisa berbeda-beda namun memiliki benang merah yang sama yaitu ayam direbus dalam cairan, bisa susu atau air biasa. Makanan ini memiliki reputasi sebagai makanan yang membantu penyembuhan penyakit flu dan sering dianggap sebagai comfort food, yaitu jenis makanan yang membuat badan terasa nyaman. Kelebihan lainnya adalah selain membuat perut menjadi kenyang, sup ayam juga juga memiliki kalori yang relatif rendah. 


Kunci dalam kelezatan sup ayam adalah kaldu yang kental dan lezat, salah satu teknik untuk mendapatkan kaldu seperti ini adalah dengan merebus ayam secara perlahan menggunakan api yang kecil, tujuannya agar sari pati ayam bisa keluar secara maksimal. Untuk mendapatkan kaldu yang jernih dan bersih, selalu ambil busa dan kotoran yang mengapung di permukaan kaldu saat ayam direbus atau saring kaldu menggunakan saringan yang halus. Selain kedua hal di atas, bagi saya sup ayam yang lezat harus beraroma bawang putih dan bawang bombay yang cukup kuat, selain tentu saja rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh dan pala yang wajib ditambahkan mendampingi merica, rempah wajib untuk sup. Jika anda bukan penggemar bawang seperti saya, kurangi takaran bawang yang saya pakai di resep, walau jujur saya akui sup ayam dengan takaran bawang yang saya gunakan akan menghasilkan rasa yang mantap.

Walau saya jamin anda pasti sangat ahli membuat masakan ini namun tidak membuat saya ragu untuk tetap menampilkannya karena it's so yummy. Yuk kita buat.   ^_^


Sup Ayam dengan Jagung Manis, Wortel, Kacang Polong dan Jamur Merang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 - 7 porsi

Bahan:
- 1 ekor ayam kampung ukuran sedang, bersihkan dan biarkan utuh
- 1 buah wortel, potong dadu
- 1 kaleng jamur merang, tiriskan, belah dua
- 1 pack kapri manis segar, siangi bisa diganti dengan 1 kaleng kacang polong, tiriskan, buang airnya
- 2 buah jagung manis, sisir bisa gunakan 1 kaleng jagung manis, gunakan beserta airnya 
- 2 butir kentang, potong dadu
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- 3 liter kaldu dari merebus ayam

Bumbu:
- 1 1/2 sendok teh merica butiran, haluskan
- 1 bonggol bawang putih, cincang halus
- 2 butir bawang bombay, cincang kasar
- 2 buah kaldu blok rasa ayam atau 2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 batang kayu manis
- 5 butir cengkeh
- 1 buah pala, pipihkan
- 1/2 sendok makan garam

Cara membuat:


Siapkan panci, masukkan 3 liter air dan masak hingga air mendidih. Kecilkan api, masukkan ayam, rebus dengan api kecil hingga ayam lunak dan matang. Merebusnya dengan perlahan akan menghasilkan kaldu yang lebih nendang. Selama proses perebusan, buang kotoran yang mengapung di permukaan kaldu.
  
Angkat ayam, tiriskan dan biarkan mendingin. Lepaskan daging ayam dari tulangnya, suwir-suwir dagingnya, masukkan kembali dagingnya ke dalam air kaldu bekas merebus ayam. Sisihkan.


Siapkan wajan, masukkan 2 sendok makan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan berwarna kecoklatan. Masukkan pala, cengkeh dan kayu manis, aduk sebentar, angkat. 

Tuangkan tumisan bumbu ke dalam panci berisi ayam, tambahkan merica, kaldu blok dan garam. Masak kembali kaldu hingga mendidih. 

Tambahkan kacang polong, wortel, jagung manis beserta airnya dan jamur, masak hingga wortel empuk, tambahkan daun bawang. Buang kotoran dan busa yang mengapung. Aduk sebentar, cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat. 


Sup ayam siap disantap selagi hangat. Yummy!

Source:
Wikipedia - Chicken Soup
    




13 komentar:

  1. Thanks atas tips bikin kaldu yg yummy.....saya tunggu resep2 lainnya yg serba berkuah bening...

    BalasHapus
  2. okeh bgt resepnya mbak..ijin nyontek yaa..oya mau nanya, resep ini bisa utk berapa porsi? lalu jagung kaleng itu kenapa hrs bersama airnya ya?kalo jagung manis segar jg bisa kan?terima kasih mbak..ditunggu resep2 lainnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Anti, wah resep ini bisa untuk 10 orang Mba, banyak banget 1 panci. Soalnya kalau makanan kaleng saya suka sekaligus dimasak, nggak disisain. Jagung manis kaleng airnya manis dan enak hahahha, kadang2 saya suka gadoin begitu saja,kalau gak ada camilan. Pakai jagung manis segar malah lebih bagus dan enak Mba. Thanks ya Mba ^_^

      Hapus
  3. Halo Mba Endang,

    lagi cari inspirasi buat makanan anak saya nih.. soalnya dia suka makanan berkuah, tapi kalo tiap hari saya masakin sup takut bosen juga hihihi.. habis muter mulu, sup merah, sup pangsit, sup sayur, terus begitu :D (emak kurang kreatif)
    Btw kayu manisnya kalo diganti yang bubuk bisa ga ya? thank u Mba,

    Indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indah, kayu manisnya pakai bubuk bisa kok. Untuk anak2 mungkin rempah2 agak dikurangi supaya gak terlalu tajam rasanya. Hmm, sama kaya ponakan saya, sukanya berkuah, dia maniak soto ayam dan rawon wakkaka, kenapa gak coba soto ayam Mba? Hehheheh

      Hapus
  4. kalo pake ayam potong cara masaknya apa tetap sama mbak? untuk bagian pembuatan kaldunya? terima kasih :)

    BalasHapus
  5. Mba mba, ngrebus ayamnya kira2x brp jam yak bwt dpt kaldu yg nendang ituuu? Thank u!

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba atina, sekitar 30 s.d 1 jam pakai api kecil ya.

      Hapus
  6. Mba mau nanya ya, kalo pakai pala dan kayu manis bubuk berapa ya takarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pala dan kayu manis pakai 1/4 sendok teh saja ya mba, terlalu banyak takutnya ntar rasanya mendominasi

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...