11 Desember 2012

Rujak Kangkung



Pertama kali saya merasakan makanan ini sekitar 15 tahun yang lalu saat awal-awal saya tinggal  di Jakarta. Seorang teman mengajak saya untuk menginap di rumah salah satu sepupunya dan saat makan siang tiba kami disuguhi dengan sepiring besar kangkung rebus beserta sambal rujak. Pertama kali mendengar dan melihatnya saya terheran-heran, setahu saya yang namanya rujak umumnya disantap dengan buah-buahan, yah okeh rujak cingur atau rujak petis a la Jawa Timuran juga menggunakan bahan sayuran di dalamnya hanya saja bumbunya sedikit berbeda dan mengandung petis. Namun rujak kangkung ini benar-benar kangkung yang disantap dengan sambal rujak buah. Walau terdengar aneh namun tidak membuat saya ragu untuk mengambil seporsi kangkung dengan kucuran sambal gula merah nan pedas di atasnya. Rasanya? Hmm, laziz!


Entah siapa penemu makanan lezat ini, katanya rujak kangkung berasal dari daerah Kuningan, Jawa Barat - tolong koreksi ya jika saya salah - yang jelas menurut saya si penemu rujak kangkung adalah seorang yang sangat jenius sekali ^_^. Selama ini jika menyantap kangkung saya hanya menggunakan sambal berambang-asem, klik disini untuk resepnya, namun setelah mengenal versi kangkung dengan sambal rujak maka saya sering membuat selingan lainnya untuk menyantap kangkung yang harganya murah meriah ini. Apalagi sejak sebuah supermarket besar di Jakarta  mengobral harga kangkung menjadi lima ratus rupiah seikat. Entah bagaimanakah nasib pedagang lokal di pasar tradisional jika harga kangkung dan bayam a la supermarket saja lebih murah dibandingkan dengan yang mereka jual. Terus terang saya mendukung produk lokal dan pasar tradisional, namun bagaimana jika harga seikat sayur di pasar lebih mahal tiga kali lipat dibandingkan dengan versi supermarketnya?


Kembali ke rujak kangkung, makanan ini mudah, murah, minim kalori, dan menyehatkan. Rasanya pun mantap di santap dengan nasi panas atau dimakan begitu saja sebagai camilan yang tidak membuat badan melar. Rasanya yang pedas dan nano-nano membuat kantuk pun hilang seketika, namun siap-siap jika mules datang menyerang. Agar rasanya maksimal jangan rebus kangkung terlalu lama, saya sendiri lebih suka mengukus kangkung atau sayuran lainnya dibandingkan memasaknya dengan cara merebus. Kukus kangkung setengah matang sehingga batangnya masih renyah, siram kangkung dengan air dingin agar proses pematangan berhenti dan kangkung tidak menjadi lebih lembek. Peras kuat-kuat airnya dan siap disantap dengan sambal. 

Sambal rujaknya sendiri paling sedap jika dibuat saat itu juga ketika kangkung akan disantap sehingga rasanya masih fresh. Air liur anda sudah menetes membayangkannya? Okeh, yuk kita langsung ke resepnya saja yang simple.  ^_^


Rujak Kangkung
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 3 ikat kangkung, siangi, cuci bersih
- 150 - 200 gram gula Jawa, sisir
- 1/2 sendok teh terasi bakar
- 4 butir cabai rawit merah
- 1/2 sendok teh garam
- 3 - 4 sendok makan air asam Jawa 

Cara membuat:


Kukus kangkung hingga setengah matang, jangan berlebihan mengukus kangkung hingga batangnya menjadi lembek. Kangkung yang terlalu matang akan menimbulkan rasa eneg. Angkat kangkung, masukkan ke dalam wadah plastik berlubang, siram dengan air dingin untuk menghentikan panas dan pematangan kangkung. Peras kuat-kuat hingga airnya habis. Sisihkan.


Siapkan cobek, haluskan cabai, garam dan terasi, tambahkan gula merah, dan tumbuk hingga semua bahan halus. Tuangkan air asam, aduk rata. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asin dan manisnya dengan menambahkan garam dan gula. 


Tata kangkung di wadah, siramkan bumbu rujak ke atas kangkung dan siap disantap. Paling sedap tentu saja dengan nasi hangat dan tempe goreng. Mantap!
  




15 komentar:

  1. Aduhhhhh malam2 gini ngapain sih nyasar di just try and taste....masa iya harus bela2in ke pasar induk nih beli kangkung, mbak tanggung jawab donkkkkkk, aku mau rujak kangkung malam ini juga...mmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woii Mba Yanti, gimana kabarnya? Wakakka, ayuk ke rumah saja, kita makan rujak kangkung bareng2, enaknya ini dimakan rame2 sambil kepedesan. Hahaha

      Hapus
  2. Wiiiiihhh... Manteepp..!!
    Disini / cirebon rujak kangkung dikenal dg nama sambel asem, di sini biasa disantap dengan krupuk melarat / kerupuk pasir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, hmmm mantep banget sampai ngiler nihhh hahaha, pasti di Cirebon lebih sedap lagi rasanya. Thanks sharingnya ya. ^_^

      Hapus
  3. Pengen nyobain... ijin nyontek ya mbaa :)

    BalasHapus
  4. Mbak, sambelnya ditambahin jeruk sambel lbh enak loh. Trus makannya pake tahu goreng anget+timun potong kecil2 + kerupuk. Selain sambel rujak, aku jg suka yg pake sambel petis udang,bumbunya ditambahin bwg putih kl pake petis. Duuhhhh,malem2 gini jd laper lg. -danik-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh Mba Danik, gak ku ku nih tips nya, jadi asli ngiler hahahha. Mana kulkas di rumah kosong melompong gak ada isi. Kalau nggak malam2 juga saya jabanin hahahah. Thanks ya, next kalau coba resep ini lagi saya pengen cobain tips Mba Danik. Salam. ^_^

      Hapus
  5. istimewa resepnya, jika ditambahi bawang putih apakah akan mempengaruhi rasa ya mbak? mohon sarannya , trims, nafisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, saya nggak rekomen pakai bawang putih ya, kalau mau pakai bawang merah sih oke ya, jadi sambal berambang asem hehehhe

      Hapus
  6. Mbak, saya nyontek resep yah. .
    Bosan masak cah kangkung terus.. .
    Hehehehe.. . Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Titis, monggo ya mba, rujak kangkung ini sedap dan sangat segar, mayan buat variasi kangkung hehehhe

      Hapus
  7. Searching sambal yg cocok untuk empal gepuk, nyangkut disini. Bikin ngiler sambal rujaknya

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...