20 Desember 2010

Resep Chicken Shrimp Roll


Resep Chicken Shrimp Roll JTT

Selain Chicken Yakiniku yang pernah saya posting sebelumnya, ada satu lagi nih makanan favorit saya jika bersantap di Hoka-Hoka Bento. Kani Roll. Gulungan daging kepiting dan telur yang digoreng ini sangat lezat, pas sekali dicocol dengan mayonaise dan saus sambal membuat saya penasaran bagaimana cara membuatnya. 

Browsing sana sini akhirnya saya menemukan juga resep yang pas. Yang ini bernama Chicken Shrimp Roll karena menggunakan daging ayam dan udang yang dicincang, kemudian dibungkus dengan kulit kembang tahu. Rasanya? Jangan khawatir, hampir mirip kok dengan Kani Roll di Hokben. Tipsnya, cari kembang tahu yang utuh dan tidak pecah agar hasilnya bagus. Rendam dalam air dingin hingga kulit kembang tahu benar-benar lemas. Ketika akan menggoreng roll, sebaiknya celupkan dulu ke dalam telur kocok supaya kulit tahu tidak kering dan mengelupas, hasilnya pun lebih cantik.

Setelah berhasil membuat Kani Roll versi ini saya jadi ketagihan untuk membuatnya lagi karena mudah dan rasanya ... Hmm, yummy!

Yuk dicoba,

Resep Chicken Shrimp Roll JTT

Chicken Shrimp Roll 
Resep diadaptasikan dari Warung Hamburg, Chicken Shrimp Roll

Bahan:
200 gram daging ayam cincang
200 gram daging udang cincang
1 batang wortel, parut kasar
1 batang daun bawang, rajang halus
1 butir telur ayam, kocok lepas
3 sendok makan tepung sagu
2 lembar kulit kembang tahu, rendam air dingin, potong-potong ukuran 10 x 10 cm

Bumbu:
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garlic bubuk (bawang putih parut)
1 sendok teh minyak wijen
1 sendok teh soy sauce/kecap asin
1 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Tambahan:
1 butir telur, kocok lepas untuk pencelup

Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali kulit kembang tahu. Cicipi rasanya. 

Resep Chicken Shrimp Roll JTT
Resep Chicken Shrimp Roll JTT

Letakkan 1 1/2 sendok makan adonan isi disepanjang salah sisi kulit kembang tahu, rapikan. Gulung kulit kembang tahu hingga adonan isi tertutup, biarkan ujung-ujungnya yang terbuka. Lakukan hingga semua adonan dan kulit habis.

Resep Chicken Shrimp Roll JTT
Resep Chicken Shrimp Roll JTT

Kukus selama 20 menit hingga chicken shrimp roll matang. Angkat. 

Kocok lepas telur ayam, celupkan chicken shrimp roll ke dalam telur hingga seluruh permukaannya tertutup telur. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Potong-potong menyerong dan sajikan dengan saus sambal botolan.



63 komentar:

  1. mba,kemarin aku bikin ini, berhasil loh *bangga* anakku yg umur 20bulan aja doyan ternyata (padahal ga pake saus tiram dan kaldu bubuk):)
    minta masukan dong, merk kulit kembang tahu yg "mulus" apa ya?
    btw, makasih banget resepnya.. laik dis yo!

    --Hanif--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Hanif, hehhehe, enak ya rasanya? Saya juga suka banget mana mudah lagi dibuat. Saya suka pakai kembang tahu tipis seperti lembaran kertas, selama ini cuman nemu itu di toko buah All Fresh Mba. Di supermarket belum pernah lihat. Bentuknya lembaran lebar, besar, tipis seperti kertas dan tinggal digunting2 saja sesuai kebutuhan. Kembang tahu ini lemas banget dan nggak perlu direndam pakai air, jadi bisa langsung untuk membungkus shrim roll atau ekkado. ^_^

      Hapus
  2. mba aku seneeeng banget bisa liat2 resepnya, makasih banyaak yaa udah share resepnya smg dpt balasan dr Allah Swt yaa...oiya kapan hari aku liat ada resep just try & taste di warta kota, waah jd semakin seneng berkunjung disini, smg ngga bosen2 bikin kreasi masakan ya mba,smg sukses selalu yaa...

    salam - Fitri -

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fitri, salam kenal dan thanks ya atas komentarnya. Waah saya malah belum lihat artikel resep di Warta Kota hehehe, thanks atas infonya ya Mba.

      Hapus
  3. Dah nyobain nih, mbak.. Enaaakkk... Makasih ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Peni, sip, sama2. Thanks atas sharingnya ya.

      Hapus
  4. Hi mba endang, setelah kemaren saya nyoba resep somay dan berhasil, saya balik lg liat2 resep di blog mba,, akhir nya saya mencoba resep Chicken Shrimp Roll ,, alhamdulillah mba berhasil lg,,, rasa nya yummy :),, sama kaya hoka2 bento,,jangan bosen nulis resep ya mba,, resep mba mudah diaplikasikan,untuk seorang pemula seperti saya,, thxs alot mba,, sukses selalu ^_^
    Vina-Jakarta

    BalasHapus
  5. Mba..., 2 minggu lalu Rin nemu kulit kembang tahu bentuk lembaran kering yg lebar di supermarket Setiabudi Bandung, Langsung angkut ke Jakarta, udah kebayang mau bikin "CSR" ala JTT. Nah malam ini eksekusi...., celakanya lupa tuh beli wortel, hi hi hi. Bongkar kulkas nemu bit, ya sud, pake bit saja. Huahahaha....., pas diadon warna nya jadi merah semua, lucu...,tapi begitu di kukus, berubah jadi orange, dengan semburat merah2 serutan bit. oh ya..., bumbu cair nya semua Rin pake ukuran sendok makan, ganti dari sdk teh, jadi ga perlu tambah garam lagi.
    Begitu keluar kukusan, langsung dicoba...., hmmmm, enakkk, rasanya menurut ku nendang banget. Tapi menurut hubby and daughter lebih enak kalo pake udang aja, tanpa campuran ayam, yah... namanya jadi "SR" dong. TAPI>>>>>, herannya, belon juga digoreng, CSR dah lenyap setengah nya, ternyata lagi diratah sambil dicocol sambel botolan.
    Haduh...., mau bilang apa ya...., padahal dah diperuntuk kan jadi sarapan besok, he he he. Thanks buat resep nya. Slm, Rin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, idenya cemerlang juga pakai bit hehehe, lucu juga kali ya chicken shrimp rollnya. Kulit kembang tahu ini rada2 susah cari di jakarta Mba, hanya ada di beberapa supermarket saja, kalau ketemu saya juga suka kegoda beli, sayangnya bikinnya CSR nya males wakakkaka. Simpan di palstik rapat, jangan taruh di kulkas, nanti kering gak bisa dipakai.

      Hapus
    2. Kulit kembang tahu ada di transmart, pasar modern BSD

      Hapus
  6. Salam kenal mba :-)
    Pagi ini lagi bingung mau masak apa untuk hubby tercinta, eh ternyata ketemu sama blog JTT. Asik sekali banyak resep2 yang sepertinya mesti kucoba, hubby seneng bgt kalau saya punya banyak variasi masakan, dan JTT langsung ku ctrl+D

    Jadinya saya sekarang mau coba masak shrimp roll ini, nanti kuceritakan rasa nya di blog ku hehehe..thanks ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, salam kenal juga ya. Sip silahkan dicoba resepnya ya, semoga mba dan hubby-nya suka ^_^. Link back ya kalau di share di blognya. thanks sharingnya! ^_^

      Hapus
  7. alo mba thanks bgt ya buat resep2 hebat dr mba :)
    ak baru tau ad blog ini..sangat senang hehe

    mba , kalo aku ga mau goreng lagi, bisa ga dimakan stlh dikukus saja?

    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Safira, salam kenal juga. Gak digoreng gak papa,tetap enak. Saya juga suka versi kukusnya, tidak berminyak hehhehe. Silahkan dicoba ya ^_^

      Hapus
  8. Mba Endang, syukurlah akhirnya si sulung sudah lebih baik....sekarang dah sekolah lagi dan sudah agak mau makan (bersyukur ada resep2 dari Mba Endang, sungguh menolong!!!...terimakasih banyak yah Mba :))

    Mba, mau tanya. Kalo untuk CSR ini...kami mau simpan di freezer sebaiknya setelah dikukus atau yg belum dikukus? Terimakasih yah Mba. Motik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Motik, wah senangnya si sulung dah sembuh. Moga makin sehat ya. CSR ini dikukus dulu Mba, baru masuk ke freezer ya.

      Hapus
  9. Ini sama kayak resep ekkado ya mbak?

    BalasHapus
  10. Pengen banget nyobain resep CSR nya Mbak Endang nih.. tp masalahnya suami sama si kecil biasanya gatal2 kalo habis makan udang. gimana nih Mbak Endang..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skip saja udangnya Mba, pakai ayam giling saja. moga suka yaa

      Hapus
  11. Balasan
    1. saya beli di all fresh Mba, di supermarket susah cari kembang tahu lembaran yang bagus sepeti yang saya pakai diatas

      Hapus
  12. mba endang kemarin aku ke carrefour, saya liat ada kembang tahu, tapi ada dua jenis .. yang pertama mirip kerupuk keras.. harganya kisaran 20rb. yang satunya lagi bentuk tipis mirip kertas gitu.. sekitaran 10rb, kalau buat Chicken Shrimp Roll bagusnya pake yg gimana ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba novii, saya suka pakai yang tipis kaya kertas, kalau yang kerupuk keras itu harus direndam air dan mudah pecah, kalau yang kaya kertas bisa langsung digunting2 dan dipakai buat bungkus, lebih praktis ya.

      Hapus
  13. Mba, klo tepumg sagu diganti tepung tapioka bisa? btw tepung sagu sama tepung tapioka itu sama ato beda si mba. ada yg bilang sama ada yg bilang beda, jadi bingung hehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai tapioka, sagu dan tapioka beda ya hanya efeknya memang sama. Sagu dari pati batang pohon sagu, tapioka dari pati singkong. Biasanya memang terkadang ada tepung tapioka merknya pakai sagu tani, padahal isinya tapioka

      Hapus
  14. Mba, enak banget shrimp roll nya. sukses ni meskipun bentuk ga karuan gara2 kembang tahunya sobek :). makasi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, wah thanks sharingnya ya, memang kembang tahu yang kasar itu rada susah, suka pecah2 yaa. Tapi yang penting bs dilipat dan digulung hehhee

      Hapus
  15. mba endang, saya udah nyoba wunak tenan......makasih ya mba, masuk list nih buat bekel anakku.makasih yo mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mb, senang sekali resepnya dsuka yaa, maaf komennya baru dibalas yaa

      Hapus
  16. mbak endang, mau nanya apa ikan lele bisa menggantikan udang ya mbak?sy kesuliatn dapat udang fresh dsni. dan kira2 berpengaruh kah ke teksturnya? makasih banyak atas atas jawaban dan resep2nya ya mbak, sdh banyak yg sy coba dan 90% bikin sy ketagihan hehehe. Btw, salam kenal ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ida, yep bisa ya mba, pakai ikan lele atau ikan berdaging putih lainnya oke ya,

      Hapus
  17. mbak mau nanya kalo pake kembang tahu yang kering terus direndam abis itu waktu di isi adonan terus dikukus apa kembang tahunya tidak lembek bangetnya?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, Nggak ya setahu saya kembang tahu akan keras kembali ketika dingin. dan teksturnya kuat walau dikukus ya.

      Hapus
  18. Halo mba endang. . Kayanya udah 50% resep jtt aku praktekin dan semuanya sukses mba. Kaka ku jg pake resep2 mba endang aku yg rekomendasiin. . Hehe makasih ya mba endang.tp aku cari buku mba endang di gramdia udah ludes semua mba. . Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, Thanks sharingnya ya, senang resep2 JTT disuka dan dicoba. Buku memang rada2 susah yaa, coba googling onlen shop mba, mungkin ada ya

      Hapus
  19. Mba endang chiken shrimp roll nya bisa jd frozen food kah?cara nya gmn yah?lalu awet berapa lama?makasih^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ya, than sampai 3 bulan, ditata diloyang jangan supaya gak lengket bertumpukan dan bekukan.

      Hapus
  20. Ini resepnya hampir sama dengan cara membuat ekado ya mba..

    BalasHapus
  21. mbak, resep nya ini bisa utk berapa porsi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 7 s/d 8 shrimp roll panjang 15 cm dimeter 3 cm ya

      Hapus
  22. Malam mbak, td aku baru cb in resep nya mbak...mantapp bener enkk...kl mau disimpan setelah dikukus bagus nya di freezer atau di bagian kulkas yg biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa disimpan di kulkas, chiller sekitar 3 -4 hari, freezer bs sampai 3 bulan ya

      Hapus
    2. Hallo mba endang, aku ngefans bgt sama resep2 masakannya mba, cocok di lidah. Oya mba, itu kulit kembang tahu nya kalau yg tipis gitu mirip kulit ngohyang ya?

      Hapus
    3. halo Mba Esthi, thanks ya, yep mirip kulit buah ngo hiang.

      Hapus
  23. mba endang kalau di goreng tanpa celup telur hasil nya gimana? apa berpengaruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa3 saja mba, hanya saja telur memang membuat kesan crispy di permukaan gorengan ya

      Hapus
  24. Halo mbak endang udah lama saya jadi silent rider blog nya mba endang, ga cuma saya sih, sekeluarga penggemar blog nya mba endang, cuma baru kali ini saya praktek masak karena jujur aja saya paling males untuk masak, tapi alhamdulillah ini tadi coba masakan yang biasanya jadi fav saya klo lagi beli dimsum, dan voilaaa meskipun bentuknya ga karuan karena kembang tahunya pun ga karuan tapi rasanyaaa maknyusss, thx mba endag resepnya, semoga sehat selalu dan terus berkarya
    salam dari Jogja ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Luklu, thanks shringnya ya, senang resepnya disuka. Saya kalau buat masakan juga bentuknya suka gak kerun wakkaka, yang penting rasanya enak yaa. Salam

      Hapus
  25. Mba minyak ikan yg recommended merk apa yah..
    Thanks 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecap ikan maksudnya ya? Saya pakai merk apapun sebenarnya, tapi sering2 pakai Squid.

      Hapus
  26. Hai hai mbak endang.... ini resep jtt kesekian yang aku eksekusi. Kalo dirata2, 95% sukses ����
    Seasoningnya saya skip oyster sauce, soy sauce dan kaldu bubuk dan tetap enak.
    Karena faktor malas riweh pakai kulit tahu, saya subs dengan telor dadar tipis. Dan tetap enak juga.
    Karena mengurangi konsumsi gorengan, saya steam saja, dicocol dengan homemade chili suace. Guess what, tetap enak ���� Tengkyu mbak endang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba sharingnya yaa, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  27. Mba, waktu masuk freezer uda dibalur tepung panir ato ngga? Ato waktu mau goreng aja br dibalur?

    BalasHapus
  28. Dimodifikasi tanpa kulit tahu dan diganti dadar telur, ayam cincang diganti daging sapi cincang sesuai stock di kulkas. Habis kukus dicoba icip hangat-hangat, enak banget. Nambah lagi deh koleksi resep frozen food praktis buat sarapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap Bunda Ghania, saya lagi mau coba pakai kulit lumpia kek chicken roll nya bento.

      Hapus
  29. tadi siang baru di coba pas suami lagi makan, saya tanya gimana rasanya, katanya enak, makasih ya mbak resepnya

    BalasHapus
  30. Hai mba endang...kalo gak pakai minyak wijen, pengaruh gak ke rasa CSR nya?

    Btw, selama ini udah coba beberapa resep jtt dan rasanya uenak...sampe dipuji mertua. Jtt emang top resep dan langkah2nya itu lho, yg bikin anti gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, pakai minyak wijen lebih enak, tapi gak pakai juga tetap enak kok hehhehe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...