31 Desember 2010

Resep Muffin Selai Nanas


Resep Muffin Selai Nanas JTT

Punya selai yang tidak habis terpakai atau bosan hanya untuk olesan roti tawar? Punya tepung terigu? Dengan sedikit kreatifitas dan usaha kedua bahan itu bisa anda kreasikan menjadi muffin selai yang lezat. Membuatnya mudah dan hasilnya cukup memuaskan.  Untuk resep yang ini saya menggunakan selai nanas. Rasa selai nanas yang asam segar, mantap sekali berpadu dengan muffin yang moist dan lembut. Hmm....Yummy! Nah resepnya sendiri saya adaptasikan dari Muffin Keju Lemon yang pernah saya posting sebelumnya. Begitu fleksibel-nya adonan muffin sehingga ditambahkan isi apa pun tetap saja lezat rasanya. Jika anda meragukan tulisan saya ini, silahkan dicoba sendiri. ^_^ 

Resep Muffin Selai Nanas JTT

Anda bisa menggunakan selai buah lainnya selain nanas, seperti strawberry, raspberry, blueberry. Cari selai yang terbuat dari buah supaya rasa asam segarnya pas berkolaborasi dengan muffin yang manis. Untuk glazur-nya, supaya muffin anda cantik, olesi permukaannya dengan selai yang diencerkan dengan sedikit air kemudian panggang sebentar hingga selai agak mengering dan berkilau. Tips penting untuk pembuatan muffin ini adalah, setelah selai dimasukkan ke dalam adonan muffin, aduk seperlunya saja sehingga selai masih agak menggumpal tujuannya agar tekstur selai masih terlihat.

Yuk kita buat.

Resep Muffin Selai Nanas JTT


Muffin Selai Nanas (Pineapple Jam Muffin)
Resep diadaptasikan dari All Recipes.com, Bacon Cheese Muffins

Untuk 12 buah muffin

Bahan:
- 250 gram tepung terigu serba guna
- 100 gram gula pasir
- 3 sendok teh baking powder, double acting dan pastikan fresh
- 1/2 sendok teh garam
- 1 butir telur
- 235 ml susu cair
- 75 gram mentega/margarine, cairkan
- 200 gram selai nanas botolan

Bahan pengoles:
- 2 sendok makan selai nanas
- 4 sendok makan air matang

Semua bahan pengoles diaduk rata

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 190'C. Siapkan loyang muffin olesi dengan mentega dan tepung terigu atau mangkuk kertas masing-masing dua lapis, ketika kue matang lapisan kertas terluar yang kotor kita singkirkan.

Ayak bahan kering, tepung terigu, baking powder, garam. Sisihkan.

Kocok lepas telur menggunakan kawat pengocok atau garpu, masukkan gula pasir, kocok hingga rata. Tambahkan mentega cair. Aduk rata.

Masukkan tepung terigu dan susu cair secara bergantian ke dalam larutan telur, aduk seperlunya hanya agar adonan basah dan tercampur. Jangan mengaduk terlalu lama dan kuat hingga adonan halus. Biarkan gumpalan-gumpalan adonan seukuran kacang tanah. Adonan muffin harus kental dan agak bergumpal. Terlalu banyak mengaduk akan membuat muffin bantat. 

Resep Muffin Selai Nanas JTT

Masukkan selai nanas, aduk seperlunya dan biarkan selai agak bergumpal sedikit agar memberikan tekstur pada muffin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan muffin atau kertas cupcakes menggunakan sendok es krim agar ukuran adonan sama. Masukkan adonan hanya setinggi 3/4 cetakan saja karena muffin ketika dipanggang akan mengembang.

Resep Muffin Selai Nanas JTT

Panggang muffin selama + 30 - 40 menit atau hingga permukaan muffin kuning keemasan dan mengeras. Jika bagian tengah adonan kita tusukkan dengan lidi maka tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan muffin dari oven, oleskan dengan selai nanas yang diencerkan dengan air hingga menutupi seluruh permukaan muffin. Panggang kembali muffin + 5  menit atau hingga selai nanas mengeras. 

Resep Muffin Selai Nanas JTT

Keluarkan muffin dari oven, biarkan dingin dan keluarkan dari cetakan. Muffin siap disajikan.

Sources:
All Recipes.com, Bacon Cheese Muffins




9 komentar:

  1. mbk sy bru mule nyoba-nyoba buat muffin, tpi ya mash belum berhasil...
    mbk knp ya telurnya berasa banget???
    apa yang salah ???
    mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah telurnya berasa? Resep muffin ini hanya memerlukan 1 butir telur neng. Yakin hanya pakai 1 telur dan bukan 10? Hehehe. Coba tambahkan vanili bubuk ya 1/4 sendok teh, mungkin bisa mengurangi amis telur.

      Hapus
  2. Mungkin yg dimaksud mb Amalia tuh amisnya telur, kali ya? Saya selalu tambahkan vanilla + parutan kulit lemon (kuningnya aja, lapisan putih jgn ikut terparut, tar pahit)apalagi resep diatas yg harusnya dioven, malah saya kukus. Dari pengalaman sih, kue2 serba kukus cenderung keluar amisnya telur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, vanila ekstrak ampuh untuk menumpas bau amis, parutan kulit jeruk lemon juga. Thanks atas sharingnya. ^_^

      Hapus
  3. Mbak End, resep diatas (minus selai) saya ambil sebagai resep dasar, trus saya variasikan se-gokil gokilnya, sesuai pribadi saya sbg lazy & crazy chef...wkwkwk....saya kasih bubuk green tea+almond cincang, pernah saya tambahin cream cheese resep JTT yg gagal (hiks...)+kismis, bahkan ada yg dikasih sosis fiesta goreng dirajang halus + keju parut. Oya, saya juga males mengoven, maka saya kukus ! Untunglah selalu lancar-jaya...jadi pede berkreasi....hmmmm...besok2 divariasi apa lagi ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, modifikasinya sangat kreatif sekali hehhehe. Thanks sharingnya ya! Wkakaka ^_^

      Hapus
  4. Mbak , saya barusan bikin versi seru dari resep muffin diatas, ga pake selai, susu saya kasih air jeruk lemon (buttermilk ala mb Endang kan?)trus saya tambahin parutan wortel & kismis ! Empuk, lembut, ga seret ditelen & pastinya tambah sehat kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, waah senang sekali mendengar modifikasi resepnya, mantapppp. ^_^

      Hapus
  5. Sudah bikin muffin ini,selainya selai strawbery resep jtt,thx ya, saya jadi serba bisa hahahah, lili lipo

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...