11 Desember 2010

Resep Risoles isi Ragout


Resep Risoles isi Ragout JTT

Bagian apa yang membuat anda malas saat membuat risoles? Kalau saya, bagian kulitnya. Ribet dan belum tentu hasilnya memuaskan. Tetapi sore kemarin ketika saya bermaksud untuk membuat schotel jagung panggang, terjadi accident fatal. Saya lupa memasukkan telur ke dalam adonannya! Saya baru menyadarinya setelah capek menunggu 1 jam memanggang, schotel saya tetap lembek dan buyar. Putar-putar otak untuk memanfaatkan schotel gagal ini akhirnya saya teringat dengan risoles isi ragout. Adonan schotel-nya toh sudah mirip dengan adonan ragout hanya memang kurang terigu sedikit. But it's just fine. Akhirnya dengan terpaksa saya membuat kulit risoles juga. Wah, ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan dan prosesnya juga sangat cepat. Risoles saya-pun berakhir sukses! Bye-bye schotel, mungkin next time saya akan mencoba membuatnya :) 

Untuk kulitnya saya ambil resepnya dari buku 500 Resep Kue & Masakah Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati.

Berikut ini resepnya.


Resep Risoles isi Ragout JTT

Risoles Isi Ragout
Resep ragout hasil modifikasi sendiri
Resep kulit risoles diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati.

Untuk 12 risoles

Bahan ragout:
- 200 gram jagung manis pipilan, tumbuk kasar
- 100 gram  wortel, potong dadu kecil
- 1 batang daun bawang, cincang
- 2 sendok makan tepung terigu
- 1 batang sosis, iris korek api
- 100 gram daging cincang
- 150 ml susu cair
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 butir bawang putih cincang halus
- 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
- 1/4 sendok teh pala bubuk
- 1/4 sendok teh cengkeh bubuk
- 2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan margarine untuk menumis

Bahan kulit:
200 gram terigu serba guna
1 butir telur
200 ml susu cair
100 ml air
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh  kaldu bubuk

Bahan lain:
- 1 butir telur kocok
- Tepung panir/tepung roti untuk melumuri permukaan risoles
- Minyak untuk menggoreng risoles

Cara membuat: 

Kulit
Dalam mangkuk, aduk terigu, susu dan air. Tambahkan telur, garam, aduk rata hingga menjadi adonan yang halus. Jika terigu bergumpal, saring adonan kulit atau haluskan dengan blender. 

Dengan menggunakan wajan anti lengket, buat kira-kira 12 buah dadar tipis. Sisihkan. 

Ragout
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan daging cincang, aduk-aduk hingga daging berubah warna.

Masukkan jagung, daun bawang, wortel, sosis, susu cair, terigu, garam, pala, cengkeh, gula pasir dan kaldu bubuk. Aduk hingga semua bahan matang dan menjadi adonan kental. Cicipi rasanya. Angkat. 

Cara membuat: 
Ambil selembar kulit, isi dengan 1 1/2 sendok makan adonan isi. Bungkus segiempat seperti amplop. Celupkan pada telur kocok dan gulingkan ke tepung panir hingga semua permukaan risoles tertutup tepung.

Goreng dalam minyak panas sebentar hingga berwarna kuning keemasan. Tiriskan.

Tips. Tepung panir cepat sekali kecoklatan dan gosong, jangan goreng dengan api besar dan goreng dalam jumlah sedikit saja. Bolak-balik risoles sehingga warnanya merata.



10 komentar:

  1. Hai Mba, salam kenal.
    Saya hobby banget buka blognya karena resep2nya kebanyakan mudah & praktis. Semoga makin rajin upload resep2 praktis lainnya ya Mba.

    Btw, mau tanya tepung terigu serbaguna itu contoh merknya apa Mba?Maklum kurang gaul nih soal bahan kue..he..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Salam kenal juga. Thanks ya atas komentarnya. Tepung terigu serba guna itu tepung terigu protein sedang atau kalau pakai Bogasari merk dagangnya adalah Segitiga biru.Atau tepung terigu kiloan dipasar. Umum dipkai untuk aneka makanan, kue dan gorengan.

      Hapus
  2. Hai mbak endang, mau tanya itu u 12 kulit dadar pke teflon ukuran brp ya? Sy msi awam ni.. hehe. Kl jagung dhilangkan bs gak mbak, krg sk sm jagung soale.. Makasii sblmnya..

    Desi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Desi, pakai teflon ukuran diameter 20 cm kalau gak salah ya, lupa udah lama banget

      Hapus
  3. pagi mba, kemaren nyoba bikin kulit risol mba tapi susu cair saya ganti dgn susu bubuk 1sdm, tepung sagu 1sdm, 1sdm mentega dicairkan katanya sih supaya ngga nempel dan kulit ngga gampang robek, tapi koq kulitnya tebel bgt ya mba, apa kurang air nya? trus nyerap minyak banyak bgt, gara2 apa ya mba? mohon bantuannya ya mba, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, kalau setelah pembuatan dadar pertama dirasa terlalu tebal tambahkan susu cair supaya agak encer. Adonan tebal memang biasasanya karena cairan di adonan kurang. Kalau mau kulit yang lebih elastis gak robek tambahkan 1 atau 2 kuning telur, kuning telur membuat adonan lebih luwes dibentuk.

      menyerap minyak banyak bs karena tepung panir yang dipakai atau minyak kurang banyak dan kurang panas.

      Hapus
  4. Mba endang... Kenalkan sy Arma dr Makassar. Makasih atas semua resep2nya di blog ini. Blog mb endang jd acuan sy kalo nyari resep yg mau di praktekin. Mudah dan murah..hehehe..

    Resep yg sdh sy coba udah banyakkkk sktar 20an.. Tapi baru berani muncul sekarang.. ;)
    Mau nanya ya mb..
    Mb kalo susu cair diganti santan bolehkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba arma, thanks sharingnya ya, senang JTT disuka.

      yep susu cair bs diganti santan ya mba

      Hapus
  5. Halo kak salam kenal aku udah lama banget suka make resep kaka buat praktek di sekolah hehe trus
    Aku pengen tanya kalau kita udah sampe panir si risolnya tapi kalo mau digoreng lusa atau besok itu masih ok ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga ya. Thanks sudah mengikuti JTT. Yep, risol panir bs digoreng besok. Masukkan wadah, tutup rapat jangan kena udara, masukkan ke chiller kulkas ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...