07 Desember 2010

Resep Mangut Ikan Pe (Pari) Asap


Resep Mangut Ikan Pe (Pari) Asap


Hari Sabtu kemarin, pagi-pagi saya sempatkan untuk pergi ke pasar Blok A di dekat rumah untuk berbelanja mengisi kulkas yang semakin melompong. Jalan kesana kemari berkeliling di pedagang sayur-sayuran dan bumbu, saya tertarik melihat si Mbak penjual pindang ikan tongkol dan ikan pari (pe) asap. Baik pindang tongkol maupun ikan pe asapnya terlihat masih segar.  Lirak-lirik, si Mbak nawarin. "Ikan pari asapnya segar lho Mba dan murah", tawarnya. Murah? Berapa? Dua ribu rupiah sepotong ukuran separuh telapak tangan saya. "Enaknya dimasak apa ya Mbak?" tanya saya. Beberapa kali saya makan ikan pari paling banter hanya di bakar saja. "Mangut Mba,  sedep. Buatnya juga gampang, yang penting pakai kencur". Hmm, membayangkan ikan pari asap bergelimang bumbu mangut dan santan kental sepertinya lezat sekali. Berbekal resep mangut dari si Mbak penjual ikan sayapun bereksperimen di dapur. Hasilnya memang laziz. 

Ikan Pe Asap


Untuk santannya supaya praktis dan cepat saya selalu menggunakan santan bubuk  siap pakai yang saya simpan di kulkas. Untuk setiap porsi masakan yang saya masak saya hanya menggunakan 1 sendok makan santan bubuk yang diencerkan dengan 200 ml air hangat, cukup untuk mengentalkan dan melezatkan masakan yang memerlukan santan sebagai salah satu bahannya. Sisanya saya bungkus plastik yang terikat rapat. Tentu saja takaran santan yang digunakan untuk anda bisa berbeda tergantung jumlah bahan makanan yang akan dimasak.

Berikut ini resepnya.


Mangut Ikan Pe (Pari) Asap 
Resep diadaptasikan dari Mbak Penjual Ikan Pe Asap

Untuk 5 porsi

Bahan:
- 6 potong ikan pe asap (ikan pari) ukuran kira-kira 5 x 5 cm
- 250 ml air 
- 80 ml santan kental siap pakai (saya pakai santan Kara segitiga)

Bumbu Halus:
- 6 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sendok teh ketumbar
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 5 buah cabai rawit
- 1 cm  jahe
- 2 cm kencur
- 4 butir kemiri sangrai
- 1/2  sendok teh terasi
- 2 sendok teh garam
- 1/2 sendok  makan gula jawa sisir halus (atau gula pasir)

Bumbu lainnya:
- 2 ruas lengkuas, pipihkan
- 2 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk 
- 3 buah cabai hijau besar, iris serong tipis
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan minyak
- 1 batang daun bawang, rajang halus untuk taburan (optional)

Cara Membuat:
Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak dan panaskan hingga benar-benar panas. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, menggunakan api sedang. Masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan cabai hijau, aduk dan tumis hingga rempah layu. 

Masukkan air, masak hingga mendidih. Tambahkan santan kental. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk sesekali, hingga kuah mendidih. Masukkan ikan, garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk-aduk danmasak hingga kuah menyusut, kental dan terlihat nyemek-nyemek. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garamnya.  Masukkan daun bawang, aduk sebentar dan angkat. 

Mangut ikan pe ini berkuah 'nyemek', sedikit kental dan sangat sedap! So yummy!

TESTIMONI PEMBACA


Ly Ummu 
Bismillah
Masak apa hari ini untuk keluarga tercinta? Kemaren ke pasar nemu ikan asap ikan pee alias ikan pari hhmm jadi teringat kpn hari pengen makan mangut.
Masak mangut ini gampang banget dan ga pake byk ngotorin perabot dapur loh saya pake resep dari Justtryandtaste Blogspot yuk di buka.. makasi mb endang...
Rasa jangan ditanya sedapnnyyyaaa... bikin aja deh heheheh
#ssttt rada kekuningan kebanyakan kunyit hihi parinya abis luluran ya?




 




30 komentar:

  1. Ueeenak tenan. Lihat fotonya aja udah ngiler.
    Kalo ke Semarang kayaknya mesti mencicipi nih.

    BalasHapus
  2. Liat mangut goreng dan mangut kuah selera langsung melonjak naik. Di Jakarta ada gak rumah makan yang jual kayak foto diatas?

    BalasHapus
  3. Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng. Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja. Maklum saya dan suami "setan pedas". Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Thanks a bunch, Mbak Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dita, setuju banget sama resep mangut ini, mantaaap banget, makan bisa nambah2 huaaaa. thanks sharingnya ya Mba.

      Hapus
  4. Kalau ditempat saya ditambah tahu yg sudah digoreng ma daun kemanggi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thaks sharingnya ya, makin maknyus kayanya yaa hehehhe

      Hapus
  5. Hai mba Endang, di pasar Blok A tepatnya dimana ya mbak los penjual iwak pe asap ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dibeberapa tempat mba, setahu saya di belakang pasar di gang yang banyak jualan sayuran, ikan dan ayam, ada 1 pedagang yang jual ikan pindang dan asap

      Hapus
  6. kl belimikan pari yg fresh, dipindangbtrus di gorengbatau cukup dipindang aja trus masuk ke santannya mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernh coba ya mba, tapi kayanya pindang plus goreng ya

      Hapus
  7. mba aku barusan masak ini. tapi foto diatas ada ijo-ijonya apaan ya mba? cabe ijo?
    aku akhirnya masak ini plus segambreng cabe ijo keriting yang diiris serong dan tempe. mudah-mudahan suami suka nih mba. rasanya sih udh enak banget. aku cocok banget sama resep-resep mba endang selama ini. helping banget kalo bingung masak buat menu harian. thanks a bunch ya mba endang 😘😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks ya sharingnya. Yep pakai cabai hijau diiris ya, sudah saya revisi resepnya wakakka. ini resep lama, dulu memang kurang teliti nulis resep. Thanks koreksinya yaaa. senang resep2 JTT disuka, sukses yaaa

      Hapus
  8. Di jakarta or bekasi ada warung makan yg jual masakan beginian ga ya? Haduhhh kepingin banget nyidam beneran. Tolong email ke betmonid@yahoo.com ya kalo ada yg tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung dibuat saja mba, ganti ikan pe nya dengan ikan lainnya juga enak kok

      Hapus
  9. Hai mbak endang...
    Makin hari tambah ngefans sama blog jtt ini, smua masakan ada udh kya' wikipedia masak ibu2 nih :D

    Q udh eksekusi resep mangut ini, muantap mbak... tpi pnya q koq warna kuahnya gak sama kya' difoto ya mba.. warnanya kya' gudeg klo pnya liat di foto kya' kuning kehijauan gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Rima, thanks sharingnya ya, warnanya kecoklatan mba, hijau karena pengaruh cabai hijau saja ya.

      Hapus
  10. jadi cuma bisa lap iler nih,,disini ga ada yg jual iwak pe hiks,,waktu msih tinggal di lasem menu ini wjib hadir seminggu sekali, aroma pe asapnya itu lho tak tergantikan. cuman biasanya saya masaknya tahu goreng,tempe ama telur rebus goreng jg d cemplungin hehehh,,ada juga sih mba masakan yang pake ni pe asap,namanya kothok (kata bu mertua)bumbunya mirip2 ama mangut,,cm ga pk kunyit,kuahnya putih gt.daan sama2 syedeeep

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Winda sharingnya, memang ikan asap memiliki aroma yang spesial dan bikin lapeeer ya hehehe

      Hapus
  11. Wah saya doyan banget masakan ini waktu pernah tinggal di Malang. Mesti coba masak sendiri nih biar puas nambah nasi hehehe. Kalau diganti cakalang asap kira-kira cocok ga, mbak Endang? Terima kasih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb maria, pakai ikan apa saja cocok ya resep ini, ayam juga sedap hehhehe

      Hapus
  12. Enak banget ini mbak, aq tambahin rawit iris buat ngebom ditiap suapan, hihiii

    BalasHapus
  13. Mbak kamu lho kok bisa punya semua resep padahal kan ini masakan pantura.. Super sekali.. JTT panduan wajib masuk dapur.. Haha Tinggal di sragen jd kangen mangut.. Eh kok dikasih oleh oleh iwak pe dri kudus.. Tau bnget.. Makasih mbak endang resep bakal dieksekusi..eh ditambah irisan terong enak juga lho mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Devi, resep diatas saya dapatkan dari penjual ikan pari asap di pasar hehehe.Sebagian resep di JTT saya kira2 kalau sudah mencicipi makanannya.

      sukses yaa

      Hapus
  14. Mba, kaldu bubuk itu yg kayak royco atau maggi kah?

    BalasHapus
  15. Salam kenal ya mb Endang 😊 Cuma mau bilang makasiih resep ikan asap nya bener2 maknyuusss 👍🏼 Beberapa kali masak ikan asap pake resep mb Endang hasilnya nasi 1 piring tdk pernah cukup hahaa 😍 Sukses terus ya mb Endang 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba, thanks yaa senang resepnya disuka. memang mangut bikin makan banyaaak hehehhe

      Hapus
  16. Tengkyu mbak endang resepnya.. anak2 juga seneng. Nyuapin jadi gampang, malah bilang "hak" duluan.. lomboknya tak utuhin mbak, jadi ndak pedes, cuma sumer. Buat yang seneng pedes tinggal nglethus lomboknya deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Lini sharingnya yaa, senang resepnya disuka ^_^

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...