12 Desember 2014

Spaghetti Goreng dengan Kangkung, Jamur dan Udang



Seringkali jika memasak pasta seperti spaghetti, berakhir dengan jumlah pasta yang lebih banyak dibandingkan dengan sausnya. Ini memaksa saya untuk akhirnya menyimpan pasta sisa ini selama berhari-hari di kulkas.Tak terkecuali minggu lalu saat hendak membuat seporsi spaghetti saus udang yang resepnya pernah saya posting di JTT. Ketika sepiring besar pasta telah masuk ke dalam perut hingga seakan rasanya perut ini hendak meledak akibat kekenyangan, ternyata saya masih memiliki banyak sisa spaghetti rebus di panci. Selama empat hari spaghetti ini pun berakhir mendekam di dalam Tupperware di kulkas. Takut si pasta menjadi tidak layak makan, saya pun menyulapnya menjadi spaghetti goreng yang bumbunya mirip dengan mie goreng a la Jawa. Bersama dengan udang, jamur dan daun kangkung, spaghetti goreng ini mantap rasanya dan tak kalah dengan versinya yang terbuat dari mie kuning. 

Nah ide resep ini sebenarnya datang dari teman kantor saya, Ani, yang sering sekali membawa bekal sarapan di kantor berupa spaghetti goreng buatan Ibunya yang terkenal sedap. Ternyata ukuran helai spaghetti yang lebih besar dibandingkan mie kuning umumnya, dengan tekstur yang lebih kenyal serta tidak mudah lembek kala dimasak, membuatnya sangat pas jika diolah menjadi mie godhok atau mie goreng a la Indonesia. Mantap!

Angel Hair dengan Saus Seafood 


Sebelum lanjut ke resep spaghetti goreng, maka ijinkan saya bercerita sejenak. Berbicara tentang  mie goreng, selalu membuat saya teringat dengan masa kuliah di Jogya. Waktu itu saya tinggal di sebuah rumah kos di seputaran jalan Condong Catur, yang dimiliki oleh sepasang suami istri paruh baya. Kecuali masalah si Ibu Kos yang gayanya sedikit sangar dan galak, saya akui rumah kos tersebut cukup menyenangkan untuk ditempati. Bangunannya relatif baru, lokasinya pun strategis dengan harga sewa yang terjangkau oleh budget Bapak saya yang pas-pasan. 

Nah ketenaran Ibu Kos dengan kegalakannya sebenarnya seimbang dengan kehebatannya dalam memasak. Saya akui cita rasa makanan buatannya cukup lezat dan pas bagi lidah saya. Dalam satu kesempatan, dan sepertinya merupakan kesempatan satu-satunya, saat putra bungsunya diwisuda maka Ibu Kos pun mengundang kami dalam pesta selamatan sederhana yang diadakan di rumahnya. Untuk memudahkan anda membayangkan bentuknya maka rumah kos ini berbentuk huruf U dengan sebuah ruangan besar di bagian tengah U sebagai tempat tinggal pemilik kos. Dari acara itu  saya tahu, masakan andalan beliau adalah fu yung hai, bronkos daging dengan buncis dan mie goreng. Momen makan gratis  seperti ini terus terang selalu ditunggu oleh kami semua, para anak kos yang berkantong pas-pasan. 


Selama acara berlangsung si Ibu pun berjalan mondar-mandir seakan mengecek porsi makanan di piring kami. Walau rasa-rasanya saya ingin menumpuk mie goreng di piring hingga setinggi gunung Fuji, namun tatapan angker Ibu Kos membuat saya 'jeper' juga. "Bagaimana rasa masakan Ibu"?! Gelegar pertanyaan Ibu Kos membuat saya hampir tersedak sendok. Ibu Kos memang terkenal selalu berbicara dengan suara yang lantang dan keras. Seakan sebuah paduan suara yang kompak maka puja dan puji akan kelezatan masakan beliau ramai-ramai kami tebarkan ke udara. "Wah, masakan Ibu memang tidak ada duanya," atau "Ini fu yung hai terenak yang pernah saya makan Bu," atau "Kalau Ibu buka restoran pasti laris manis!" Pujian setinggi langit ini bukan tanpa maksud, selain membuat kami bisa menambah porsi makan hingga dua kali lipat tanpa risiko dipelototi dan dicap rakus, juga untuk membangun harapan agar diundang lagi dalam acara makan berikutnya, di lain kesempatan yang entah kapan datangnya. ^_^

Ibu Kos pun terlihat tersenyum, dan wajahnya yang selalu merengut mendadak menjadi cerah. "Karena kalian suka dengan masakan Ibu, bagaimana kalau Ibu buka warung makan di depan kos? Daripada kalian capek-capek harus beli makan jauh-jauh kan"? Saya langsung berhenti mengunyah dan melirik ke beberapa teman yang duduk tak jauh dari situ. Semua terdiam, tidak tahu harus berkomentar apa tapi saya tahu apa yang berkecamuk di dalam kepala mereka. Tinggal di kos yang pemiliknya membuka warung sama artinya dengan bencana! Karena jika dagangannya tidak dibeli Ibu Kos pasti akan kesal hatinya. Namun kalau harus terus-terusan membeli bagaimana jika mulut ini dilanda rasa bosan akan makanan yang itu-itu saja? Atau harganya lebih mahal dibandingkan warteg tetangga? Benar-benar buah simalakama. 

Kangkung
Udang kupas

Anyway busway, bulan berikutnya si Ibu pun membuka warung tepat di depan pintu gerbang kos. Menu andalan beliau apalagi kalau bukan mie goreng dan fu yung hai. Hari pertama, minggu pertama dan bulan pertama sejak beliau membuka warung itu kualitas masakannya masih terjaga, variasinya pun lumayan banyak walau kalau dibandingkan dari sisi harga lebih mahal dibandingkan warung lainnya. Bulan kedua, variasi masakan mulai berkurang jauh, beberapa anak kos pun mulai berhenti membeli di  warung tetapi saya termasuk yang masih tetap setia walau  mulai merasa bosan. Mendekati akhir bulan kedua, mie goreng andalan yang cukup saya sukai mendadak mengalami perubahan. Sayuran yang umum digunakan sebagai campuran mie seperti kol, sawi, dan wortel berubah menjadi bayam. Ibu Kos pun gencar memberikan sosialisasi bahwa mie goreng bayam lebih sedap rasanya dan sehat. Usut punya usut ternyata bayam-bayam yang digunakan adalah bayam kampung yang banyak tumbuh di pelataran halaman kos! Wah ini sih alasan pengehematan, gosip kami setiap kali membicarakan warung kos. 


Walau mie bayam buatan Ibu Kos rasanya menurut saya cukup enak namun tekstur bayam yang empuk lama-lama membuat eneg. Puncaknya saat teman kampus saya, Novi, berkunjung ke kamar kos saya, dia menolak mentah-mentah mie goreng bayam yang menjadi andalan warung Ibu Kos. "Apaan sih ini Ndang? Mie goreng pakai bayam kayanya gak oke banget rasanya. Aneh"! Komentarnya. "Masa sih Nop"? Gumam saya sambil tetap menyendokkan mie ke dalam mulut. Kadang-kadang indra perasa saya sering tidak berfungsi terutama saat perut terasa lapar, sehingga rasa makanan hanya ada dua: enak dan enak sekali. Entah karena sugesti akibat mendengar pendapat Novi, atau memang saya sudah dalam taraf super eneg, di bulan ketiga saya pun berhenti membeli di warung tersebut. Tampang Ibu Kos yang selalu merengut tampak semakin tidak sedap saat kami berpapasan,  namun kami tetap tidak perduli. Di bulan ke-empat warung pun tutup dengan sukses ketika hampir sembilan puluh persen anak-anak kos tidak ada yang membeli di sana. Bagi saya sendiri, ada satu kenangan yang tertinggal di dalam benak setiap kali teringat dengan mie goreng bayam, yaitu rasa eneg yang menyesakkan perut. ^_^


Kembali ke spaghetti goreng yang kali ini saya posting. Menambahkan kangkung ke dalam pasta bukan menjadi maksud saya untuk mengulang memori lama akan mie goreng bayam. Kebetulan
sekantung kecil kangkung telah lama mendekam di kulkas, selain itu saya suka dengan tekstur kangkung yang cruncy dan 'krenyes-krenyes'. Jika anda penggemar mie kangkung yang cukup terkenal di Jakarta, maka anda pasti tahu bahwa mie dan kangkung merupakan kolaborasi yang sedap. Masakan satu ini terbuat dari mie rebus dengan potongan ayam dan kangkung di dalamnya, saya pernah menampilkan resepnya sebelumnya di JTT, silahkan klik pada link di bawah. Kunci utama memasak kangkung adalah jangan menumisnya terlalu lama hingga kangkung menjadi terlalu lunak. Ketika sayuran ini terlihat layu di dalam tumisan bumbu, segera masukkan spaghetti dan campur dengan baik. Kangkung akan melanjutkan pengempukannya di dalam masakan yang panas.

Selain kangkung saya menggunakan jamur champignon di dalam kaleng, dan udang kupas. Tentu saja bahan-bahan ini tidak pakem, anda bisa menggantinya dengan aneka sayuran di kulkas atau bahkan bayam, jika anda berminat untuk mencobanya. Proteinnya selain udang, anda bisa menggunakan irisan daging ayam, cincangan daging sapi atau aneka seafood lainnya. Selebihnya maka membuat spaghetti goreng ini sangatlah mudah. Berikut resep dan prosesnya ya!

Mie Kangkung - Mie Kuah yang Segar dan Sehat


Spaghetti Goreng dengan Kangkung, Jamur dan Udang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Tertarik dengan resep berbahan pasta lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Spaghetti Casserole  - Kenyang, Lezat, Puas!
Spaghetti Meatballs
Angel Hair dengan Saus Seafood 

Bahan:
- 200 gram udang kupas, bisa diganti dengan irisan ayam, daging sapi cincang, irisan sosis atau smoked beef
- 6 buah jamur champignon kaleng, iris tipis. Bisa diganti dengan jamur segar dan jenis jamur lainnya
- 1 batang daun bawang rajang halus
- 1/2 buah paprika merah, potong kotak kecil
- 1/2 buah paprika hijau, potong kotak kecil
- 2 buah cabai hijau besar, buang bijinya dan rajang halus
- 1 ikat kangkung, ambil bagian pucuk muda dan daunnya saja
- 400 gram spaghetti yang sudah direbus hingga al dente

Bumbu:
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan saus tiram
- 3 sendok makan kecap manis
- 2 sendok makan saus tomat botolan
- 1 sendok makan saus sambal botolan
- 1 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin

Pelengkap:
- keju cheddar parut secukupnya (optional)

Cara membuat:


Siapkan semua bahan. Rebus spaghetti hingga al dente, alias pas keempukannya, jangan terlalu lunak dan jangan pula terlalu keras. Siangi kangkung, ambil pucuk dan batang muda serta daunnya saja. Cuci bersih. Sisihkan.


Siapkan panci, atau wajan lebar. Panaskan 1 sendok makan minyak, tumis bawang putih hingga harum dan matang, aduk-aduk selama bawang ditumis, gunakan api sedang saja. Jaga jangan sampai bawang menjadi gosong. 

Masukkan udang, tumis hingga berubah warnanya, tambahkan irisan jamur, aduk dan masak hingga air di dalam tumisan menyusut. Masukkan saus tiram, kecap manis, merica dan garam, aduk hingga rata.


Masukkan semua sisa bahan lainnya kecuali spaghetti, aduk hingga kangkung dan sayuran lainnya layu. Jangan berlebihan memasak sayuran, jika telah layu maka sayur telah cukup ditumis. 

Masukkan spaghetti rebus, aduk rata dan masak selama 1 atau 2 menit hingga semua bahan matang dan bumbu meresap. Cicipi rasanya, sesuaikan garam dan kecap manis. Angkat.


Sajikan panas-panas dan taburkan keju cheddar parut secukupnya jika suka. Super yummy!




19 komentar:

  1. salam mendung yang ceria dr banywuangi,
    wah dapet ide brilliant lagi nih dr resep spaghetti goreng, selama ini setiap masak mie pake sayur mayur, selalu aja mie nya akan berakhirlembek banget setelah matang, patut dicoba menyubtitusi mie dengan spaghetti ini....


    oh iya mbak, aku mau nanya, aku sering dapat sardines kalengan dengan medium minyak biji bunga matahari dan minyak kedelai (canned sardines in sunflower/soybean oil) selama ini bingung sih, mau dimasak apa biar minyaknya ga kebuang, kalo di goreng doang, sayang banget kan itu minyaknya.... kasi ide ya mbak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Nurul, disini juga udah mulai mendung dan jalanan depan kantor sudah mulai macettttt. Saya belum pernah makan sardine kalengan dalam minyak, tapi menurut saya bisa diolah seperti sardine biasa, ditumis saja bersama tomat merah, cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan daun salam. Tambahkan sedikit kecap, merica, saus tiram, nah minyak si sardine bisa dipakai tuh buat numis bumbunya. maknyuss dah

      Hapus
    2. mbak gimana kalo tak kirim sardin kalengan gitu ke rumah pete... jadi mba endang bisa merekarasanya.... #nodong

      Hapus
    3. wakakkaa, gak perlu repot2 Mba, ntar kalau ada sardine dalam minyak di All Fresh saya coba deh hehehhe

      Hapus
    4. feel free mbak, ga repot... itu aku dapetnya juga gratisan, sering banget dapet sampe numpuk entah mau diapain selain dibagiin ke tetangga.... jk mbak endang berkenan sy pengen kirim, hitung2 terimakasih saya karena mbak endang sudah banyak memberi inspirasi bagi keberlangsungan semangat memasak saya... hahaha....

      Hapus
    5. Hai Mba Nurul, waah mantap daah. Oke daaah thanks alot yaaa, susah menolak rejeki gratis wakkakakk.

      bisa kirim ke alamat kantor saya mba:
      endang indriani
      NISP Sekuritas
      OCBC NISP Tower lantai 21
      Jl Prof Dr. Satrio Kav 25 Jaksel
      12940

      Hapus
    6. ok mbak Endang, canned sardines segera terbang dr banyuwangi... hehehe...

      Hapus
    7. haloow mba nurul, sardennya sudah saya terima dari minggu lalu yaaa, cuman belum sempat kasih tahu. waah banyak banget, sampai bingung mau dimulai dari mana wakakkak. thanks yaaa, kalau ada waktu segera dieksekusi sardennya yaa. maakaciiihhh.

      Hapus
    8. alhamdulillah kalo udah nyampek mbak... selamat bereksplorasi rasa dengan mereka.... maaf ya mbak kalau ga banyak ngasihnya, ongkirnya ajegile.... hehehehe

      NB. oh iya... bungkusan kecil2 itu isinya coklat blend untuk bikin hot chocolate... jangan dibuang ya hihihi

      Hapus
    9. waaak mba Nurul, ini saja udah buanyaaak banget wakakka, masih di meja dapur, liburan kemarin belum sempat kutak katik, moga2 minggu ini bs dieksekusi yaaa. Yep, coklat blendnya aromanya harum bangettt, saya udah bikin hot chocolate, mantappp.

      once again, many many thanks yaaa

      Hapus
  2. Manzztaaaab mbak endang, Saya senang sekali, akhir-akhir ini mbak Endang rajin posting, setiap saya kunjungi JTT ada menu baru !!! Oo yaaa mbak ngomong-ngomong mie kangkung, saya jadi ingat lomie, mie kuah kental isi kangkung,ceker, pangsit basah, toge dan krupuk kulit hmmmmm air liur tiba-tiba ngalir ke ujung lidah kebayang enak nya lomie sarijadi, pas dulu masih tinggal di bandung, Jadi gimana nih kalo kapan-kapan posting lomie ala mbak endang ??? ditunggu ya mbak.... Wahyu di Tanjung Pinang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Wahyu, thanks ya Mba! Nah lomie ini salah satu mie yang saya pengen coba buat, mie nya gede2 ya, jadi saya rasa pakai spaghetti bisa itu. memang mantap banget, kental2 dengan rasa gurih. Waah jadi ngiler ngebayanginnya. Kalau ada waktu pasti akan saya eksekusi hehehhe

      Hapus
  3. mba.. udah pernah masak tengkleng blum mba,..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah mba nurul, keknya mirip2 gulai ya, cuman isinya kepala, tulang dan segala macam jeroan kambig ya, di solo tenar banget itu

      Hapus
  4. Kak,klo baca jttjadi bingung mana yg harus dicoba dulu! Semuanya enak,mudah,cocok untuk saya yg pemula,apalagi untuk food photography nya,mantebbb! Kereen kereeen,bisa jadi inspirasi angle untuk saya klo motret makanan:) jadi kangen sama kamera butut saya,weekend kudu nyoba salah satu resepnya dan kudu difoto sekeren web kk ;;) ,terimakasih untuk meng inspirasi semua,bahwa masak itu mudah,berkreasi tiada batas itu bisa,dan foto makanan itu ga boleh ala kadarnya :D dari foto turun ke perut wkwkwkwk,nice weekend kk chantiq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Ima, thanks ya! Senang sekali resep JTT disuka, moga sukses juga setelah dicoba hehheheh. Yepp, ayo dicoba juga memotret makanan, saya juga masih amatir nekat waakak, nekat pamer. Yang penting eksis duluan yaaa hehhehe

      Hapus
  5. Hai mbak ,Ada resep sup ayam yang bumbunya simple? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. sup ayam di JTT banyak mba,
      http://www.justtryandtaste.com/2012/12/sup-ayam-dengan-jagung-manis-wortel.html

      atau
      http://www.justtryandtaste.com/2013/06/sup-krim-ayam-jagung.html

      atau
      http://www.justtryandtaste.com/2011/07/sup-ayam-jagung-manis-asparagus-dan.html

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...