01 Oktober 2012

Angel Hair Dengan Saus Seafood



Capellini atau jika diartikan adalah 'helaian rambut yang sangat tipis' merupakan varian pasta ala Italia yang memiliki diameter sekitar 0.85 mm dan 0.92 mm. Seperti halnya spaghetti, maka capellini berbentuk seperti silinder yang panjang. Capelli d'angelo, atau angel hair atau angel hair pasta memiliki diameter antara 0.78 and 0.88 mm merupakan jenis capellini yang paling tipis. Umumnya angel hair dijual dalam bentuk seperti sarang burung. Pasta jenis ini menjadi terkenal di Italia sejak abad ke-14. Sebagai jenis pasta super tipis, maka angel hair cocok disandingkan dengan sup atau sebagai 'pasta asciutta' dengan saus seafood atau saus yang ringan lainnya. 


Sebenarnya telah lama pasta tipis ini menjadi incaran saya, walau saya tahu rasanya pastilah sama dengan spaghetti namun tak urung rasa penasaran membuat saya akhirnya memasukkan segepok bungkusan angel hair ke dalam keranjang belanja, kala ke Carefour kemarin. Nah, weekend ini bersama dengan udang dan potongan cumi-cumi yang masih tersisa di kulkas maka saya pun mempersiapkan makan siang berupa angel hair dengan saus seafood yang super lezat. Berhubung di kulkas saya masih ada sekotak kecil whipping cream alias krim kental kali ini iseng-iseng saya mencoba menambahkan 50 ml krim kental ke dalam saus tomat. Hasilnya? Alamak lezatnya! Walau dalam hati saya membatin dengan beratnya kalori saus pasta yang saya buat, namun mulut ini tak henti-hentinya mengunyah dan memuji lezatnya makan siang saya kali ini. ^_^


Untuk merebus angel hair, ikuti instruksi yang tertera di bungkusnya. Karena pasta ini sangat tipis maka tidak memerlukan waktu lama, cukup dua menit saja dan pasta matang sempurna. Gunakan air mendidih yang ditambahkan garam ke dalamnya. Secara keseluruhan menurut saya angel hair ini terlalu lembut jika dibandingkan dengan spaghetti atau pasta lainnya yang kenyal. Pasta ini karena empuk dan lembutnya lebih tepat dikatakan memiliki tekstur seperti mie dan membuat saya membayangkan untuk mengolah sisa angel hair menjadi mie goreng saja. Anda tertarik untuk mencobanya? Berikut resepnya ya.


Angel Hair Saus Seafood
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 porsi

Bahan:
- 200 gram angel hair
- 1 liter air
- 1/2 sendok makan garam

Bahan & bumbu saus seafood
Bahan:
- 100 gram udang, kupas kulit dan belah punggungnya
- 100 gram cumi-cumi, kupas kulit, potong-potong dengan diameter 1 cm
- 50 ml krim kental (saya pakai Elle n Vire whipping cream)
- 2 buah tomat, cincang kasar
- 3 sendok makan puree tomat/pasta tomat

Bumbu:
- 4 butir bawang putih cincang halus
- 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 2 batang cabai merah keriting, cincang halus atau 1 sendok teh cabai bubuk
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Kita persiapkan saus seafood-nya terlebih dahulu.


Siapkan wajan/penggorengan, tuang dan panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, transparan dan sedikit kecoklatan. 

Masukkan cincangan tomat dan cincangan cabai (jika pakai). Aduk hingga tomat layu. Masukkan pasta/puree tomat, garam, merica, pala, kaldu bubuk, dan cabai bubuk (jika pakai). Aduk rata. 


Masukkan potongan cumi-cumi, aduk dan masak hingga cumi-cumi matang, tidak memerlukan waktu lama dan jangan memasak cumi-cumi terlalu lama karena dagingnya akan mengeras. 


Masukkan udang, aduk-aduk hingga udang berubah warna. Masak sebentar. Tambahkan krim kental, aduk dan cicipi rasanya. Masak hingga saus mendidih. Angkat.

Mempersiapkan pasta:


Siapkan panci, beri air dan garam. Masak hingga air mendidih. Masukkan angel hair. Masak selama 2 menit atau ikuti instruksi di bungkusnya. 

Test angel hair dengan menggigit sehelai pasta. Jika telah matang, segera tiriskan dan siram dengan air dingin untuk menghentikan proses pematangan, gunanya agar pasta tidak menjadi terlalu lembek. 

Karena angel hair teksturnya mirip seperti mie dan agak lengket satu sama lain maka saya menyiramnya dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Bisa menggunakan minyak goreng biasa. Atau skip proses ini jika anda tidak ingin menambahkan minyak ke dalam pasta.


Penyajian:
Tata angel hair di piring saji dan siram dengan saus seafood. Santap selagi hangat. Yummy!

Source:
Wikipedia - Capellini 



17 komentar:

  1. mba... kalo saos ini dipakai buat spagheti enak ga?
    mita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, enak2 saja kok, karena angel hair sebenarnya mirip spagheti hanya ukurannya lebih kecil ^_^

      Hapus
  2. ok, klo gitu ntar ku coba ah... tq ya ^-*
    mita

    BalasHapus
  3. hai mba..

    kalo whipping cream nya di ganti cooking cream elle & vire boleh ga ya Mba? kebetulan di rumah ada sisa nih.

    thank you banget yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bisa. Seharusnya memang cooking cream ya, saya pakai whipping cream karena di rumah adanya itu, buat bikin cake wakakkakka

      Hapus
  4. Mba, utk krim kentalnya bisa diganti dengan yang lain ga ya, yg lebih familiar gitu? maklum newbie neh dalam hal masak memasak..
    udah ngubek2 supermarket ga ketemu, apa saya yg ga tau letaknya dimana ya:D

    Tolong arahan ya mba, trims

    -Eci-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Eci, krim kentalnya bisa diganti dengan susu cair ya. Coba cari krim kental di dekat produk keju, yogurt dan susu segar cair atau biasanya disebut dairy product dan diletakkan di dalam lemari pendingin. Ada yang ukuran kecil 200 ml, merknya bisa macem2, biasanya Elle n Vire.

      Hapus
  5. Mbak Endang, kalo diganti susu cair kayak ultra apa pengaruh di rasanya ya mbak? Jadi ga enak gitu kah mbak? Hehhe. Maklum cari yg bahannya aman di kantong. soalnya cream harganya agak mahal. Hehehhee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba anneke, bisa pakai susu cair ultra mba, yang putih ya. rasanya tetap lezat kok, hehehe

      Hapus
    2. Oke makasih banyak mbak... Saya udah beberapa kali nyoba resep yg mbak post di sini dan hasilnya selalu memuaskan. Heheheh. Makasih udah ngasih pencerahan buat yang amatir begini... hehehehe

      Hapus
    3. Okeh Mba Anneke, sama2 ya. senang resepnya disuka. ^_^

      Hapus
  6. Assalamualaikum mba endang..
    Aq udh coba berkali2 resep ini.. baik dgn spaghetti ato dgn pasta lain
    Hari ini buat untk lunch pake fettucine.. seafood sauce nya aq bwt agk kental spy bisa nempel d fettucine nya...
    Mantap deh..
    Makasi byk ya mba Endang.. aq jdi byk resep pasta sauce, suamiku suka bgt pasta soalnya
    Sukses sll ya mba Endang
    Semangat trus berkarya...
    From Kiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba Kiki, thanks atas sharingnya yaa, senang sekali resep pasta ini disuka. Sukses selalu untuk Mba ya! ^_^

      Hapus
  7. Halo mbak endang, aku lg nih.. hehe
    Aku ingin bikin ini bsk, aku liat di resep sausnya ga pake mixed herbs ya mbak? Biasanya resep saus spageti mbak endang kan selalu pake tuh, knp ini ngga ya mbak?
    Apa rasanya tetep enak dan khas itali banget kalo ga pake italian seasoning itu?
    Makasih mbak endang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, yep yang ini beda ya sausnya, tetap enak kok walau gak pakai mixed herbs, kalau mau yang khas italia tambahkan saja mixed herbs ya mba hehhehe

      Hapus
  8. Mbak Endang, nanya2 yg basic ya mklum newbie nih. Sy prnh baca krim kental dipake utk cake, cream hiasan krn rasany yg manis trus utk pasta2an pkny sour cream. Comment di atas ada cooking cream, apalagi tuh ^_^" Mohon pncerahanny yaaa...Thanks, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cooking cream jenisnya macam2 ya mba, tergantung dari kadar lemak di dalamnya. Jenis double cream atau heavy whipping cream biasa dipakai untuk hiasaan cake karena bs dikocok sampai megembang, sedangkan jenis lain yang lebih light atau kadar lemaknya kurang biasa dipakai untuk masakan seperti saus atau sup kental. semuanya masuk dalm katagori cooking cream

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...