20 Desember 2017

Resep Custard Caramel Pudding


Resep Custard Caramel Pudding

Puding custard yang creamy dan sedap ini selalu mengingatkan saya akan Jepang. Ketika traveling kesana beberapa tahun yang lalu, hampir semua Yen saya habiskan di minimarket Swanson. Swanson di Jepang jauh berbeda dengan saudaranya di Indonesia, disini minimarket tersebut tak jauh berbeda dengan kompetitornya yang lain, kurang menarik bahkan cenderung sepi. Tapi di Jepang, aneka makanan dan minuman sedap bisa ditemukan di Swanson. Favorit saya adalah onigiri dengan smoked salmon dan custard caramel pudding. Minimarket tersebut juga selalu ramai terutama ketika pagi dan sore hari saat karyawan kantor cepat-cepat meraih makanan siap saji hangat dan latte panas kala akan berangkat ke kantor, serta sore hari ketika pulang kantor dan perlu mengganjal perut dengan makanan yang tidak terlalu mengenyangkan. 

Asyiknya di Swanson, mereka menyediakan beberapa buah microwave yang berjajar di dekat pintu. Jadi saya dan kakak saya, Wulan, cukup membeli nasi dan memanaskannya disana. Ellan, keponakan saya bahkan mendapatkan ransum hariannya berupa telur rebus dan nasi putih dari Swanson.  Seperti yang pernah saya ceritakan pada link disini, ketika kami ke Jepang, saya membawa banyak rendang, abon ikan dan sambal goreng kentang. Lauk tersebut cukup menghemat Yen selama lebih dari seminggu di Jepang. 😁


Resep Custard Caramel Pudding
Resep Custard Caramel Pudding

Dari sekian banyak snack manis di Swanson, saya paling suka dengan custard caramel puddingnya yang super duper sedap. Creamy, milky, rich, silky, dan mahal! Kalau tidak salah, satu cup puding dibandrol seharga 25 ribu rupiah. Dua puluh lima ribu rupiah yang so worth it untuk dihamburkan karena dimana lagi saya bisa mencicipi caramel pudding selezat itu? Kakak saya tidak terlalu suka dengan puding karamel, dan tentu saja saya menyambutnya dengan suka cita karena bisa menyantapnya sendiri, bebas gangguan setiap kali pulang ke hotel dari Swanson. 


Resep Custard Caramel Pudding

Sebenarnya membuat puding karamel ini super duper mudah. Bahan utamanya hanyalah telur, susu dan gula. Dengan ketiga bahan tersebut kita sudah bisa menciptakan puding yang smooth dan silky. Masalahnya terkadang puding terlalu halus dan mudah hancur, serta beraroma amis, mengingat telur yang cukup banyak porsinya di resep. Biasanya saya lantas menambahkan sedikit tepung maizena (bisa digantikan dengan tepung custard) untuk membuat teksturnya sedikit padat,  dan vanilla extract agar amis bisa berkurang. Tidak seratus persen bebas amis, karena aroma telur memang agak sulit untuk dihilangkan secara total. 


Resep Custard Caramel Pudding

Puding karamel bisa dimasak dengan dua cara yaitu panggang dan kukus. Hal penting kala mengukusnya adalah api kompor yang tidak boleh besar, suhu yang terlalu panas akan membuat puding berlubang-lubang sehingga tampilannya tidak smooth dan cantik. Proses mengukusnya bisa dengan teknik au bain marie, mangkuk berisi puding diletakkan di loyang berisi air panas, tinggi air paling tidak mencapai 1/3 tinggi mangkuk. Loyang berisi mangkuk puding kemudian diletakkan di atas saringan kukusan dan dikukus hingga matang. Atau cara lainnya yaitu dengan meletakkan mangkuk berisi puding kedalam panci berisi air, tinggi air mencapai 1/3 tinggi mangkuk dan puding dikukus dengan api kecil hingga matang. Jika menggunakan cara terakhir pastikan air yang bergolak kala mendidih tidak masuk ke dalam cup puding. 


Resep Custard Caramel Pudding

Memasak puding dengan cara panggang tak kalah mudahnya. Tekstur custard yang lembut harus dipanggang dengan teknis water bath (au bain marie). Jadi letakkan mangkuk puding ke dalam loyang yang cukup tinggi berisi air panas mendidih. Puding kemudian dipanggang pada suhu 160'C hingga matang. Hal terpenting ketika memanggang atau mengukus puding adalah waktu yang tidak boleh terlalu lama. Ketika permukaan puding sudah mengeras, namun bagian tengahnya masih bergoyang ketika cup diguncangkan maka keluarkan puding dari oven. Memanggangnya terlalu lama akan membuat teksturnya yang smooth kurang terbentuk karena puding menjadi terlalu keras. 

Selebihnya membuat custard caramel pudding sangat mudah. Berikut resep dan prosesnya ya. 


Resep Custard Caramel Pudding

Custard Caramel Pudding
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 cup ramekin diameter + 8 cm dan tinggi 6 cm

Bahan karamel:
- 4 sendok makan brown sugar (saya pakai merk Ricoman Light Brown Sugar), bisa digantikan dengan gula pasir
- 2 sendok makan air 

Bahan puding:
- 2 butir telur
- 3 butir kuning telur
- 4 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh vanilla ectract
- 1/6 sendok teh garam
- 400 ml susu cair
- 1 1/2 sendok makan tepung maizena dilarutkan dengan 3 sendok makan susu cair

Cara membuat:


Resep Custard Caramel Pudding

Siapkan 4 buah ramekin atau mangkuk tahan panas lainnya. Set oven di suhu 170'C, letakkan rak pemanggang di tengah oven. 

Siapkan panci kecil, masukkan brown sugar. Masak dengan api kecil hingga meleleh dan kental. Tambahkan 2 sendok makan air, masak hingga mendidih. Agkat segera. Jika menggunakan gula pasir, masak hingga gula meleleh, kental dan berubah karamel. Tambahkan air, aduk hingga rata dan angkat. Terlalu lama gula  dimasak akan terasa pahit. 

Bagi karamel ke dalam 4 buah cup ramekin, sama rata. Pastikan dasar mangkuk tertutup dengan karamel. Sisihkan.


Resep Custard Caramel Pudding

Siapkan mangkuk, masukkan telur, gula, vanilla extract dan garam, aduk hingga rata. Jangan dikocok, agar tidak timbul gelembung busa yang banyak dipermukaan larutan. Tuangkan susu cair dan laurtan maizena, aduk rata. Saring larutan.

Tuangkan larutan susu ke mangkuk ramekin berisikan karamel, bagi sama rata. Tata mangkuk ke sebuah loyang yang cukup dalam. Tuangkan air panas mendidih di loyang, setidaknya air mencapai sekitar 2 cm dari dasar mangkuk ramekin. 

Masukkan loyang ke oven, panggang sekitar 15 - 20 menit, atau hingga permukaan puding mengeras namun masih berguncang ketika loyang digoyangkan. Jangan over baked karena akan membuat puding menjadi keras. Keluarkan dari oven, biarkan sebentar hingga uap panasnya hilang (5 - 10 menit). Tutup permukaan mangkuk dengan plastic wrap dan simpan dikulkas minimal 4 jam atau semalaman. 

Keluarkan puding, sisirkan sebuah pisau ditepian dinding mangkuk. Balikkan mangkuk ramekin di sebuah piring datar hingga puding terlepas. Santap puding dalam kondisi dingin. Super yummy!



26 komentar:

  1. Ooalah, mbak sampeyan ki nge-cut imaginasiku dgn semena-mena, "Creamy, milky, rich, silky, dan mahal! ....marahi njomblak n ngakak..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, iyaaa, memang enaaak tapi mahal, bisa bikin bangkrut dan gendut kalau sering2 wkakakka

      Hapus
  2. Jadi pengen coba... Resepny jtt udah bnyk loh mba aq coba terutama untuk kue kuenya.. Sedikit rubah takaran tp cara buatny sama... Ueeenaaak tenan... Sukses ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mba Mersi sharingnya yaa, senang resep2 JTT disuka, sukses yaa

      Hapus
  3. Ga perlu mixer ya mba ?
    Pake loyang biasa,dan dikukus bisa toh mba?
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. tdk dimikser ya, adonan tidak boleh berbusa, kalau banyak busa pudingnya jelek, berongga. jadi ngaduknya pelan2 saja. Loyang biasa dan kukus boleh ya

      Hapus
  4. Betul Lik Nana...baca sambil ngebayangin puding diswanson yg aduhai creamy,milky,rich,silky tiba-tiba ada benda'mahal'jatuh dr atas...gubrak...gigit jari dah...bikin resep ini ajah...hehe #keep posting ya mbak Endang... tulisannya seru abis.
    Nur_padasan

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum mb End. Mau tny mb, kalo dikukus waktux kira2 brp lma? N kalo buat 1/2 resep telurx jadi brp mb? Thanks sblmx atas jawabannya n sukses selalu buat mb End. Jgn bosen berbagi cerita dan ilmux ya mb ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba Nita, kukus sekitar 15 menit mba. api kecil saja ya. 1/2 resep pakai 1 telur 2 kuning telur ya.

      Hapus
  6. Mba endang...klo gk mau pake telur bisa diganti dgn yg lain gk?makasi mba endang...sukses teruss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk puding ini tidak ya Mba, kalau mau pakai bubuk agar2 saja, jangan pakai bubuk agar2 terlalu banyak mba, supaya teksturnya silky

      Hapus
  7. Baca pengantar cerita resep ini aku jadi faham mbak kenapa kalo aku bikin tim telur gak mulus dan lubang2. ternyata gak boleh dikocok lama dan suhu gak boleh tinggi mbak. selalu baca pengantar dan tips jtt selalu nambah ilmu. hatur nuwun mbak endang. btw ku naksir resep ini. kayaknya kudu mulai ngumpulin ramekin biar g boros beli cup alumunium foil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, dulu saya biki berlubang2 kaya sarang tawon mba, jelek banget jadinya. Ternyata karena api kebesaran atau dimasak tidak dengan cara steam.

      Hapus
  8. Mbak, ini brown sugar kalau dibuat chocolate cookies bisa g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. brown sugar bisa dipakai untuk produk baking apapun mba, sebagai pengganti gula pasir ya.

      Hapus
  9. Mba endang, saya baru 1 bulan nemuin website ini ketika mau bikinin cilok buat anak. Tapii saya dah cobain 4 resep mba endang loh (cilok, singkong Thai, garang asem ayam dan bola bola ubi keju, asliii enakkk) tiap bikin suami slalu bilang ini beli dimana?rasanya enak terharu rasanya....nah pengen cobain resep ini tapi kalo brown sugarnya merknya lain gimana? Sebenernya mau tanya ini aja mba, tapi prolog ya kepanjangan ya mba,..makasih banget y mba resep2nya dan mohon dibalas makasih sekali lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya, senang resep2nya disuka. Brown sugar bs pakai merk apapun ya Mba.

      Hapus
  10. Assalammualaikum mbal mau tanya kalo jumlah telur dikurangi efeknya gmn ya? Trims sebelumnya. Keep posting ya mbak shantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam Mba, sepertinya bs dikurangi, saya belum coba sih.

      Hapus
  11. Hanya dgn telur dan tepung maizena bisa dapat tekstur kenyal sperti pudding?apa tdk ditambah dgn gelatin?pernah 2x coba hanya dgn telur hasilnya tdk dapat tekstur padat sperti puding,sperti santan yg mengental saja tekturnya.apa iya bisa jadi tekstur pudding tanpa pakai gelatin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya nggak penah pakai gelatin, buktinya bisa tuh teksturnya kek puding.

      Hapus
  12. Mbak saya cbain resep ini tp kok bau telurnya msh sangat tajem ya??ooohh ya saya kebhsan vanilla kbtlsn jd sy ganti pk rum sesuai takaran tp ternyata kok tetap bau telurnya yaa??apakah bedanya pk rum vs vanilla

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung selera ya, bs tajam bs gak, cuman custard umumnya begitu. Rum bukan vanila, tidak menumpas amis sebagaimana vanila, dan tergantung kualitas rumnya juga, ada yang aromanya gak kuat

      Hapus
  13. Balasan
    1. apa saja ok, saya beli eceran di titan, gak ada merk

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...